Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Laravel Mengetahui AdonisJS : Framework yang Mirip dengan Laravel?

Mengetahui AdonisJS : Framework yang Mirip dengan Laravel?

-

Adonis JS adalah framework MVC untuk Node.js yang menjalankan semua sistem pengoperasian. Ia menyediakan ekosistem yang stabil untuk menulis aplikasi website sisi server oleh karena itu Anda pun bisa fokus pada kebutuhan Anda untuk memilih paket berlangganan yang mana.

AdonisJS framework juga memberikan kemudahan kepada developer karena memiliki API yang konsisten dan ekspresif untuk membangun aplikasi web full-stack atau API server micro. Kali ini WebApp akan membahas tentang AdonisJS Framework. Yuk simak sampai akhir!

Apa Itu AdonisJS?

adonis-js-2

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Adonis JS adalah framework yang bekerja dengan Node.js yang mana strukturnya sangat mirip dengan Framework PHP yang sangat terkenal yaitu Laravel. Adonis JS adalah framework MVC (Model – View – Controller) yang kompatibel dengan berbagai sistem operasi yang ada saat ini. Hal yang membuat Adonis JS begitu istimewa adalah, ia menawarkan ekosistem yang stabil yang mana bisa membangun aplikasi sisi server yang tangguh.

Adonis sudah termasuk berbagai tools yang dibutuhkan untuk membangun API yang baik pada server Anda. Jika Anda membutuhkan sebuah framework yang cepat dan berisikan berbagai kebutuhan dengan performa yang sangat baik, maka Adonis bisa menjadi pilihan yang baik untuk Anda.

AdonisJs menyertakan beberapa penyedia layanan untuk membangun aplikasi Anda. Oleh karena itu, Anda tidak perlu menginstal lusinan paket seperti BodyParser untuk fungsi dasar tertentu, menjadi titik awal yang bagus untuk pengembangan aplikasi Anda.

Adonis mencoba membakukan paket dan metodologi sehingga banyak pengembang dapat terlibat dalam proyek yang dibuat dengan AdonisJs. Hal ini bertujuan mengurangi biaya pengembangan karena lebih sedikit pelatihan yang diperlukan dan pengembang dapat lebih efisien sejak hari pertama. Cara seperti inilah yang juga diterapkan oleh framework PHP Laravel.

Selain itu, AdonisJs juga mendukung dependency injection, sehingga menghindari tugas berulang tertentu dan memfasilitasi pemeliharaan aplikasi dan pengujian. Ia juga menyediakan query builder, view management, session control, validators, error management, CSRF protection, migrations, factories dan seeds. Selain itu, juga menyertakan API yang terintegrasi dengan Redis.

Artikel Terkait  Kumpulan Tag Heading HTML, Fungsi dan Contohnya

Fitur-Fitur AdonisJS

Adonis memiliki banyak sekali fitur yang membantu Anda untuk memprogram aplikasi yang baik. Beberapa fiturnya yaitu:

  1. Database

AdonisJS memiliki ORM yang dipikirkan dengan baik dan kuat. Muncul dengan pembuat kueri, migrasi, dan model rekaman aktif.

  1. SQL First Design

AdonisJS menggunakan SQL sebagai database utama dalam pembuatan aplikasinya oleh karena itu Adonis mendukung semua server SQL utama seperti MySQL, PostgreSQL, MSSQL, dan laim sebagainya.

  1. Lucid Active ORM

AdonisJS mendukung ORM hebat yang terinspirasi oleh Laravel Eloquent dan Rails Active Record. Ini menawarkan API yang bagus untuk menggunakan kueri SQL yang kompleks dan mengelola hubungan aplikasi.

  1. Migration, Seeds, dan Factories

Fitur ini sebelumnya sudah ada di Laravel. Ia berguna untuk pembuatan database menjadi lebih mudah dengan keamanannya yang sangat baik.

  1. HTTP

AdonisJS memiliki salah satu Sistem Perutean paling canggih di ekosistem Node.js, ia hadir dengan Route Group built-in, Subdomain, pattern matching, dan rute yang banyak akal.

  1. Form Validator

Karena AdonisJS adalah adalah framework pertama yang dapat bekerja dengan TypeScript, AdonisJS membuat dan mengekspos validasi runtime di body request (badan permintaan) dan menambahkan tipe statis secara bersamaan.

  1. Serial JSON

AdonisJS adalah Framework Node.js pertama yang mendukung JSON: API secara langsung. Jika proyek Anda memerlukan JSON: API maka AdonisJS sudah mencakup semua kebutuhan Anda.

  1. Keamanan

AdonisJS 5 memiliki beberapa praktik terbaik keamanan web yang dibangun ke dalam framework seperti Perlindungan CRSF, pelindung web untuk serangan umum seperti XSS, ClickJacking, Script Injection, dan banyak lagi.

  1. Autentifikasi

AdonisJS 5 menyediakan autentikasi bawaan menggunakan Multi Driver Auth yang memberikan fleksibilitas kepada pengembang untuk menentukan driver autentikasi yang berbeda seperti Sesi, token Buram, dan autentikasi dasar. Hal ini juga menyediakan InBuilt RBAC yang merupakan Kontrol Akses Berbasis Peran yang bagus untuk menangani otorisasi.

Mengapa Kita Harus Belajar Framework Adonis?

Mungkin Anda bertanya-tanya, perlukah belajar framework Adonis? Jawabannya bisa perlu bisa tidak. Tapi di sini kami akan memberikan beberapa pertimbangan untuk Anda yang mungkin ingin belajar AdonisJS Framework.

  • Pertama, AdonisJS mengikuti standar yang digunakan oleh Framework paling populer seperti Laravel dan Ruby on Rails. Jadi, jika Anda sudah menguasai JavaScript, TypeScript, atau Node.js, Anda mungkin dapat memulainya dalam sehari. Anda tidak perlu lagi kesulitan memahami Adonis karena berbasis JavaScript meskipun ia juga mengadopsi framework dari bahasa lain juga.
  • Membantu Anda untuk bisa membangun ergonomic aplikasi dan pengembangan cepat adalah fokus utama bagi tim Adonis, jadi jika proyek atau tim Anda sangat peduli dengan pengembangan cepat dan keergonomisan aplikasi Anda maka AdonisJS bisa jadi pilihan utama Anda.
  • Framework ini pun super kecil dan tanpa embel-embel fitur berat seperti Koa atau Express sangat bagus di ekosistem Node.js, tetapi jika Anda pernah mendapat manfaat atau membutuhkan framework full-stack yang tangguh dan memiliki performa yang baik seperti Laravel, Rails di Node.js maka AdonisJS adalah pilihan utama Anda.
  • Jika Anda lebih peduli tentang menulis Sistem Terintegrasi daripada menulis Kode Lem, maka Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih AdonisJS di proyek Anda berikutnya.
  • Terakhir, sintaksnya sangat mudah dan mudah beradaptasi karena mendukung TypeScript sebagai basis utama dalam framework ini. Hal ini pun dapat memperkuat pendatang baru ke TypeScript untuk mengambil dengan sangat cepat, juga mendukung JavaScript juga.

Jelas, itu adalah alasan bagus untuk memilih atau mempelajari AdonisJS sebagai framework Node.js Anda berikutnya atau membangun proyek Anda berikutnya dengannya tetapi pilihan ada di tangan Anda.

AdonisJS Framework vs Framework Node.js Lainnya

Di sini kami mencoba mengkomparasikan Adonis dengan Framework Node.js lainnya yaitu ExpressJS. Mengapa kami memilih ExpressJS? Jawabannya sederhana, karena ExpressJS adalah framework Node.js yang saat ini paling banyak digunakan dan telah masuk sebagai MEAN Stack.

WebApp akan membandingkan kedua framework ini dari 3 sisi yaitu, Routing, ORM, dan Architecture.

Artikel Terkait  Mengenal Lebih dalam Mengenai Algoritma

  1. Routing

Sistem perute-an yang kuat membantu kami mengembangkan aplikasi dengan cepat. Kedua Framework memiliki sistem perutean yang layak. Itu dapat bekerja dengan statis dan dinamis, kedua jenis rute.

Router Express cukup mendasar tetapi berfungsi. Sementara, Adonis memberi kita opsi untuk mengikat rute ke pengontrol, mengelompokkan rute, membuat sumber daya REST dengannya.

  1. ORM

ORM adalah singkatan dari Object Relational Mapping. Setiap Framework berfitur lengkap modern dilengkapi dengan ORM-nya sendiri. ORM sangat membantu saat bekerja dengan kueri database, tabel, hubungan tabel.

AdonisJS memiliki ORM sendiri yang disebut Lucid. Hal ini adalah alat yang sangat kuat yang dapat dengan cepat membuat kueri, membuat dan menangani migrasi, dapat menjalankan seed dan factories, dan juga menyediakan pemodelan data.

Express tidak dikirimkan dengan ORM. Namun, ada beberapa ORM pihak ke-3 yang tersedia untuk NodeJS yang dapat digunakan dengan Express. Sequelize adalah ORM yang sangat bagus untuk NodeJS dan dapat bekerja dengan Express

  1. Authentication

Adonis 5 dikirimkan dengan sistem otentikasinya sendiri yang dapat menghemat waktu Anda dalam produksi. Adonis pun mendukung 3 jenis otentikasi yang berbeda, sesi Web, token API, dan otentikasi HTTP dasar juga. Express JS tidak memiliki sistem otentikasi bawaan. Ada alat seperti Okta yang dapat diintegrasikan dengan ExpressJS untuk menangani otentikasi.

Itulah penjelasan tentang Adonis JS, sebuah Framework yang dipakai untuk menangani aplikasi sisi server Node.js. Anda mungkin akan tertarik menggunakan Adonis melihat performanya yang cukup baik dan setara dengan Laravel.

Jika Anda ingin tahu lebih banyak informasi terbaru seputar dunia koding dan pemrograman, kunjungi www.appkey.id dan allow notification dari situs kami supaya Anda tidak ketinggalan update terbaru. Anda juga bisa download aplikasi WebApp di Play Store sekarang juga!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya