Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteLaravelMengenal Laravel Pagination : Definisi dan Cara Menerapkannya

Mengenal Laravel Pagination : Definisi dan Cara Menerapkannya

-

Ketika bekerja dengan data base yang memiliki ribuan database, Anda mungkin akan membutuhkan pagination untuk memudahkan kinerja Anda. Laravel Pagination bisa kamu terapkan dengan mudah menggunakan metode paginate().

Bagaimana cara menerapkan metode paginate() pada Laravel? Simak terus penjelasannya berikut ini.

Table of Contents

Apa itu Laravel Pagination?

Dalam framework lain, pagination bisa sangat menyulitkan. Namun, dengan Laravel, pagination bisa dilakukan dengan mudah. Paginator Laravel terintegrasi dengan QueryBuilder dan EloquentORM untuk menyediakan entri basis data pagination dengan konfigurasi nol yang nyaman dan mudah digunakan.

Secara default, HTML yang dihasilkan oleh paginator kompatibel dengan kerangka kerja Tailwind CSS; namun, dukungan pagination Bootstrap juga tersedia. Current page pada Laravel dideteksi oleh nilai argumen string kueri halaman pada permintaan HTTP.

Nilai ini secara otomatis terdeteksi oleh Laravel dan secara otomatis dimasukkan ke dalam tautan yang dihasilkan oleh paginator. Misalnya, orang sering membuat kode mereka untuk pagination, yang salah. Sebagai gantinya, gunakan metode Laravel Helper, yang merupakan cara yang bersih.

Cara Menerapkan Laravel Pagination

Untuk melakukan pagination di laravel, Anda hanya perlu menggunakan fungsi paginate () alih-alih semua () atau fungsi get() seperti yang digunakan dalam waktu maksimum. Metode paginate mengambil angka sebagai parameter. Ini menentukan berapa banyak data yang ingin Anda tampilkan pada satu halaman atau bagian.

paginate(5);

Di sana tertera paginate(5) berarti, lima data akan ditampilkan pada satu halaman atau bagian. Anda akan mengerti lebih baik dalam contoh yang diberikan di bawah ini.

Laravel Query Builder

Laravel Data Query Builder menyediakan interface yang lancar dan mudah untuk membuat dan menjalankan kueri basis data. Ini menggunakan metode tabel untuk memulai kueri. Contoh syntax:

$variableName= DB::table('nama tabel database')->all();

Nama tabel harus ditulis di dalam tanda kurung di dalam tanda kutip. Setelah itu, ketika kita menulis fungsi seperti all() atau get() ia mengambil nilai dari database.

Laravel Eloquent ORM

Laravel menyediakan Eloquent ORM (object-relational mapper), yang membuatnya lebih mudah untuk berinteraksi dengan database Anda.

ORM fasih bekerja dengan objek database. Kita lebih mengenal mereka sebagai Model. Di Laravel, setiap tabel database memiliki “Model” yang serupa. Saat kita memanggil model, itu mendapatkan semua data dari tabel tersebut dengan nama yang mirip.

Untuk menyelesaikan proyek ini, Anda harus memiliki pemahaman dasar tentang HTML, PHP, dan laravel.

Di sini, dalam contoh ini, Anda dapat melihat bahwa kita memiliki pengontrol laravel dasar, dan di dalamnya ada fungsi yang disebut viewData(). Nama model database kami adalah “Karyawan” dan nama tabel database kami adalah “karyawan”.

Pada operasi pertama, kami menggunakan pembuat kueri tempat kami melakukan metode paginasi pada tabel “karyawan”. Ini mengembalikan semua data karyawan dari database dan membuat Laravel Pagination

<?php

namespace App\Http\Controllers;
use Illuminate\Http\Request;
use App\Models\Karyawan;
use DB;

class HomeController extends Controller
{
    public function viewData(){

        $showKaryawanData= DB::table('karyawan')->paginate(4); //Query Builder
    //Or you can use
        $showKaryawanData= Karyawan::paginate(4); //Eloquent ORM

        return view('Karyawan.view', compact('showKaryawanData'));
    }
}

Setelah mengambil data dari database, kami hanya melakukan pernyataan loop foreach untuk melihat data di interface. Selain itu, links() adalah metode pada kelas paginator laravel. Kelas paginator dikembalikan ketika kita memanggil paginate pada model.

Dalam contoh ini, nama variabelnya adalah $showKaryawanData. Tetapi Anda dapat menggunakan nama variabel apa pun yang nyaman dan bermakna bagi Anda dan proyek Anda.

Artikel Terkait  Panduan Lengkap Laravel Install Manual | Seri Belajar Laravel

<div class="container">
    <h1>Laravel pagination</h1><hr>
        <table class="table">
          <thead>
            <tr>
              <th scope="col">Karyawan id</th>
              <th scope="col">Nama Karyawan</th>
            </tr>
          </thead>
          <tbody>
            @foreach($showKaryawanData as $data)
            <tr>
              <td>{{$data->id}}</td>
              <td>{{$data->nama}}</td>
            </tr>
            @endforeach
          </tbody>
        </table>
    <h5>Pagination:</h5>
    {{ $showKaryawanData->links() }}
 </div>

Itulah penjelasan tentang Laravel Pagination. Dalam tutorial ini, kita belajar bagaimana menggunakan pagination di laravel dan juga menyelesaikan sebuah proyek kecil. Padahal, ada beberapa cara untuk membuat halaman item.

Tapi ini adalah cara termudah untuk menggunakan metode paginate. Ini adalah contoh dasar untuk melakukannya. Jika Anda memahami dan mempraktikkannya, Anda dapat membuat interface pengguna Anda lebih ramah pengguna.

Jika ingin tahu lebih banyak informasi seputar bahasa pemrograman, jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id/ dan dapatkan berbagai informasi dan tutorial terbaru tentang pengembangan web dan aplikasi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya