Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingRekomendasi Buku Coding Terbaik Untuk Belajar Programming!

Rekomendasi Buku Coding Terbaik Untuk Belajar Programming!

-

Last Updated on September 26, 2023 by

Coding atau dalam bahasa yang mudah dipahami disebut dengan komputer programming. Kegiatan coding ini merupakan sebuah kegiatan untuk menginstruksikan komputer agar bisa melakukan apa yang kita inginkan. Ada banyak sekali buku coding yang bisa jadi bahan pembelajaran untuk siapapun yang saat ini atau ingin menjadi seorang programmer.

Sekarang ini, di mana teknologi sudah menjadi kebutuhan bahkan lifestyle semua orang. Hal ini membuat banyak sekali yang kemudian berminat untuk menjadi seorang programmer atau biasa disebut juga dengan development. Profesi ini amat sangat dibutuhkan di masa seperti sekarang, terlebih lagi dalam dunia IT (informasi teknologi).

Tujuan dari adanya coding ini sebagai bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia kepada komputer agar mampu memecahkan suatu masalah ataupun menyelesaikan satu tugas tertentu. Proses komunikasi ini berupa perintah oleh manusia yang dikonversikan ke dalam sebuah kode yang mampu dipahami oleh mesin komputer.

Semua website, aplikasi, dan berbagai perangkat teknologi di dalamnya terdapat rangkaian kode yang merupakan output dari kegiatan coding. Adapun manfaat coding dalam dunia IT ialah untuk menciptakan sesuatu yang lebih berguna, coding merupakan syarat utama dalam menciptakan atau mengembangkan sebuah aplikasi.

Rekomendasi Buku Coding Terbaik

buku coding, buku coding untuk pemula, belajar programming

Dalam mempelajari coding sebenarnya bisa dilakukan otodidak di rumah. Banyak sekali penunjang ataupun media yang bisa menjadi sumber belajar programming untuk siapapun yang ingin serius belajar coding ini. Salah satu media pembelajaran yang cukup ampuh untuk bisa memberikan insight positif baik bagi pemula maupun yang sudah profesional adalah buku.

Berikut ini beberapa buku coding untuk pemula terbaru dan terlengkap yang dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa pemrograman. Jadi, bagi yang ingin menjadi seorang programmer, sangat wajib untuk  memiliki buku-buku di bawah ini.

Artikel Terkait  TypeScript vs JavaScript : Apa bedanya?

1. Introduction To Alogarithms

Rekomendasi buku pertama yang bisa menjadi media belajar programming secara otodidak adalah Introduction to Alogarithms, sebuah karya dari Thomas H. Cormen, Charles E. Leiserson, Clifford Stein, dan Ronald L. Rivest.

Buku ini dianggap sebagai solusi tepat untuk pengembangan karir dari para programmer professional. Introduction to alogaristhms ini memuat banyak sekali kunci pemrograman.

Salah satu kunci dasar dalam pemrograman yang sangat penting ialah struktur dasar dan juga algoritma. Pembahasan secara mendalam, luas dan juga mendasar pada buku ini akan memberi banyak informasi seputar coding. Bagi yang berlatar belakang sarjana ilmu komputer mungkin sudah pernah melihat atau bahkan membaca buku ini.

Tak hanya berisi hal-hal mendasar seputar coding saja, pada buku ini juga memberikan solusi tentang bagaimana cara memecahkan masalah dengan studi kasus yang mudah dipahami.

Bahkan buku ini telah dijadikan sebagai standar para ahli yang digunakan hampir seluruh universitas dunia. Hadir dalam beberapa 3 edisi, pada edisi pertama memuat tentang  struktur dasar algoritma, edisi kedua peran algoritma, analisis probabilistic, serta algoritma acak, dan untuk edisi terakhir berisi struktur van Emde Boas trees dan algoritma multithreaded.

2. Alogorithms to Live By

buku coding, buku coding untuk pemula, belajar programming

Brian Christian and Tom dalam bukunya yang berjudul Algorithms to Live By: The Computer Science of Human Decisions merupakan salah satu buku coding untuk pemula yang sangat direkomendasikan.

Terlebih lagi bagi mereka yang masih sangat awam mengenai dunia pemrograman, terutama soal algoritma. Para penulis buku coding ini membuat hubungan yang sangat cemerlang antara ilmu komputer dan psikologi dari manusia.

Sebuah inovasi yang sangat cemerlang dalam menghubungkan pemikiran yang ada dalam algoritma dengan masalah yang biasa terjadi dalam keseharian manusia. Inovasi ini akan sangat membantu siapapun dalam memecahkan case dan melihat bagaimana cara kerja dari pikiran manusia. Dengan membaca buku ini, seseorang akan bisa memecahkan masalah sehari-hari dengan menggunakan algoritma.

Tidak hanya berfungsi dalam memecahkan masalah yang berhubungan dengan coding saja, namun buku ini juga bisa digunakan di dalam konteks luar editor teks. Tentunya buku ini sangat membantu bagi siapapun yang hendak memperdalam ilmu tentang coding dan bercita-cita membuat sebuah aplikasi ataupun website.

Artikel Terkait  Mengenal Novi HTML Visual Editor : Membangun Website Keren Tanpa Coding

3. The Pragmatic Programmer

The Pragmatic Programmer by Andrew Hunt and Dave Thomas merupakan salah satu buku coding yang juga sangat cocok untuk semua programmer, baik yang pemula maupun para expert.

Mengapa? Karena, buku ini akan memberikan pandangan baru yang akan membuka pikiranmu mengenai pemrograman. Dengan mempelajari buku ini, banyak sekali pandangan yang akan mengubah seseorang menjadi programmer yang lebih expert lagi.

Banyak sekali dalam buku ini yang membahas hal-hal serius dan diberikan solusi tentang bagaimana menemukan solusi dalam memecahkan sebuah case. Buku ini akan memberikan insight mengenai penelusuran pada pemrograman, pengaturan tim, pemilihan alat, dan cara untuk bisa meminimalisir pengulangan diantara banyak topik yang ada di dalamnya.

Hal menarik lain dari buku ini yang tidak ditemukan dalam buku lain adalah, buku ini tidak hanya berfokus pada satu bahasa pemrograman saja.  Meskipun demikian, buku ini tetap memberikan informasi yang dibutuhkan dan bahanya mudah dimengerti baik oleh pemula maupun para expert coding atau pemrograman.

4. Cracking the Coding Interview

Salah satu buku coding ini sebenarnya tak terlalu recommended untuk programmer pemula. Hal ini disebabkan pada buku ini dikhususkan untuk para programmer yang ingin mengembangkan skillnya.

Meskipun demikian, buku By Gayle Laakmann McDowell bahasanya masih mudah dimengerti secara universal atau bisa dibaca oleh semua kalangan.

Diciptakan khusus untuk para programmer yang hendak mengembangkan skill codingnya, di mana dalam buku ini tersedia pertanyaan beserta solusinya dalam memecahkan sebuah case. Tentunya ini akan menambah wawasan mengenai pemahaman dan skill coding. Berfokus pada bahasa coding JAVA, dan dalam buku ini juga terdapat bab yang berisi bahasa C++.

Berisi tentang cara seorang programmer mempersiapkan wawancara yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai development aplikasi atau pengembang aplikasi yang profesional.

Artikel Terkait  Microsoft Power Apps : Solusi Pengembangan Tanpa Coding!

5. The Mythical Man-Mouth

Terakhir adalah buku coding karya Frederick P. Brooks Jr yang berjudul The Mytichal Man-Mouth. Mencakup topic-topik tentang manajemen proyek, kesalahan-kesalahan yang harus dihindari, pengembangan perangkat lunak, dan juga control kualitas. Ini juga sangat cocok bagi programmer yang sedang membangun ataupun mengelola sebuah proyek.

Dalam buku ini juga, seseorang akan diperlihatkan perspektif-perspektif keberhasilan dan juga kegagalan saat membuat ataupun mengelola sebuah proyek. The Mythical Man-Mouth ini sangat cocok untuk direkomendasikan kepada pimpinan karena sangat cocok untuk diterapkan pada kerja-kerja tim dalam membangun sebuah aplikasi.

Mengapa buku ini sangat cocok digunakan dalam bekerja dengan tim? Karena dalam buku ini akan diajarkan bagaimana dan seperti apa menerapkan disiplin ilmu dalam bekerja dengan tim. Ini akan sangat membantu siapapun yang ingin mengembangkan skillnya dalam coding atau pemrograman. Bagi yang ingin menjadi programmer, teruslah mengembangkan skill setiap harinya ya.

6. Kode bersih: Petunjuk tentang cara menggunakan perangkat lunak yang fleksibel

Robert C. Martin, yang juga dikenal dengan Uncle Bob, memiliki keahlian mendalam dan pengalaman panjang di bidang teknologi informasi. Melalui bukunya “Clean Code”, ia berbagi warisan pengetahuannya untuk generasi pengembang saat ini dan yang akan datang. 

Melalui contoh-contoh konkret dan ilustratif dalam buku ini, Uncle Bob memberikan gambaran tentang apa yang membuat kode menjadi “kotor” dan bagaimana menghindarinya. Dengan demikian, ia menekankan pentingnya kualitas kode daripada kuantitas kode.

Sebagai tambahan, buku ini juga membahas mengenai bagaimana mengorganisir kode agar lebih struktural dan modular, serta memberikan panduan tentang refactoring kode untuk meningkatkan kualitasnya. 

Konsep seperti Test-Driven Development (TDD) juga menjadi salah satu hal yang dibahas oleh Martin, yang memandang TDD sebagai salah satu kunci dalam menciptakan kode yang bersih dan berkualitas. Dengan mendalami isi buku ini, programmer akan diajak untuk lebih kritis dan introspektif dalam setiap baris kode yang ditulisnya.

7. Structure and Interpretation of Computer Programs

“Structure and Interpretation of Computer Programs” (sering disebut sebagai SICP) tidak hanya fokus pada aspek teknis pemrograman, tetapi juga pada pemikiran konseptual di baliknya. Abelson dan Sussman dengan cermat menggali ke dalam esensi dari apa yang membuat pemrograman menjadi sebuah seni dan ilmu yang memadai. 

Melalui pendekatan mereka, pembaca diajak untuk memahami bahwa pemrograman bukan hanya tentang menulis kode, tetapi juga tentang pemecahan masalah dan pemikiran kritis.

Salah satu hal yang menonjol dari SICP adalah pendekatannya yang abstrak dan mendalam terhadap konsep-konsep dasar pemrograman, seperti abstraksi, rekursi, dan modularity. Buku ini bukan hanya mengajarkan bagaimana cara menulis kode, tetapi juga bagaimana berpikir secara algoritmik dan merancang solusi yang efisien untuk berbagai masalah. 

Konsep-konsep yang diajarkan dalam buku ini relevan bagi berbagai bahasa pemrograman dan paradigma, sehingga pengetahuan yang diperoleh dari buku ini dapat diterapkan dalam konteks yang lebih luas.

Artikel Terkait  Cara Membuat CRUD PHP dan MySQL dengan Mudah

8. You Don’t Know JS

“You Don’t Know JS” (sering disingkat sebagai YDKJS) telah menjadi salah satu sumber belajar programming paling populer bagi mereka yang ingin menggali lebih dalam ke dalam seluk-beluk JavaScript. 

Meskipun JavaScript merupakan salah satu bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan, banyak programmer yang hanya memahaminya di permukaan tanpa benar-benar memahami mekanisme internal dan fitur-fitur canggihnya. Kyle Simpson mengidentifikasi kesenjangan ini dan menciptakan YDKJS untuk membantu developer memahami nuansa dan intricacies dari JavaScript.

Salah satu kekuatan utama dari seri buku ini adalah kemampuan Simpson untuk mendemistifikasi konsep-konsep yang sering dianggap esoterik atau membingungkan. Dia membahas topik-topik seperti closure, prototypal inheritance, asynchronous programming, dan scope dengan penjelasan yang jernih dan contoh-contoh kode yang relevan. 

Dengan pendekatan ini, pembaca mampu memahami ide-ide dasar yang membentuk JavaScript dan bagaimana memanfaatkan fitur-fitur ini untuk menulis kode yang lebih bersih, efisien, dan dapat dipertahankan.

Demikianlah tadi beberapa rekomendasi buku coding yang bisa kamu gunakan dalam menambah wawasan seputar pemrograman. Sekian artikel kali ini dari Appkey.id, semoga bisa menjadi insight dan sumber bacaan yang bermanfaat untuk semuanya ya. Semoga bermanfaat.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya