Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming Mengapa Programer Wajib Punya Skill Debugging?

Mengapa Programer Wajib Punya Skill Debugging?

-

Ketika mengembangkan suatu program tentunya tidak selalu berjalan mulus, ada saja eror-eror yang menghantui. Teruntuk Anda para programmer pemula, melihat adanya eror pada kode-kode yang sudah disusun akan membuat pusing tujuh keliling. Oleh karena itu, seorang programmer harus memiliki skill debugging. Ayo simak ulasan berikut

Debugging

debugging-2

Debugging adalah proses yang dilakukan untuk mendeteksi dan memperbaiki eror yang terjadi pada suatu kode. Kode yang eror apabila dibiarkan terus menerus akan memberi dampak negative kepada program yang akan dirancang.

Istilah debugging berasal dari kata bug. Istilah ini ditemukan pertama kali oleh Grace Brewster Murray Hopper. Ia menemukan istilah bug ini saat Grace dan teman-temannya mengerjakan proyek MARK II.

Dalam pengerjaan proyek mesin MARK II ini, sistem yang ada di dalam mesin ini tidak mampu berjalan dengan baik. Lalu setelah diperiksa, penyebab utama tidak berjalannya sistem sesuai dengan yang diinginkan karena adanya serangga yang terjebak pada komponen komputer. Serangga yang terjebak ini menganggu jalannya sistem yang telah dibangun.

Akhirnya hingga saat ini apabila terdapat eror di suatu sistem atau kode yang dirancang dikenal dengan debungging. Ketika suatu program tidak dapat dijalankan dengan baik, maka seorang programmer harus bisa menemukan bug dan mencari penyelesaian dari eror yang ada pada kode.

Perbedaan Testing dan Debugging

Dunia programming tidak hanya ada istilah debugging namun juga terdapat istilah testing. Untuk Anda programmer pemula atau yang sedang mempelajari programming, kedua istilah ini akan sulit untuk dibedakan. Ini dia perbedaan testing dan debugging.

Testing merupakan proses yang dilakukan oleh programmer untuk mengetahui apakah kode dan sistem yang dirancang sesuai dengan yang diinginkan klien. Kondisi yang dilakukan saat testing adalah kondisi yang telah diketahui.

Sementara debugging adalah proses yang kondisinya tidak diketahui, debugging adalah proses yang dilakukan oleh seorang programmer untuk mendeteksi penyebab eror dari kode dan sistem yang di buat.

Testing merupakan proses yang direncanakan dan bahkan wajib dilakukan oleh programmer, sedangkan untuk debugging adalah proses yang sama sekali tidak direncanakan bahkan tidak diinginkan oleh programmer. Perbedaan testing dan debugging berikutnya adalah saat melakukan testing programmer tidak dituntut untuk memiliki pengetahuan terkait ilmu desain programming.

Namun, dalam melakukan debugging para programmer dituntut untuk memiliki ilmu terkait desain programming. Perbedaan yang terakhir, testing merupakan proses yang dapat dilakukan secara otomatis. Sedangkan, debugging adalah proses yang tidak dapat dilakukan secara otomatis, proses debugging biasanya dilakukan secara manual.

Artikel Terkait  9 Tipe Error Ngoding dan Solusi Praktisnya

Bagian-Bagian yang Ada di Debugger

programmer

Pada proses debugging memiliki beberapa bagian-bagian yang dapat digunakan untuk mengontrol proses debugging.

1. Call Stack Watcher

Call stack digunakan untuk menyimpan berbagai informasi yang berkaitan dengan eksekusi suatu function

2. Variable Watcher dan Log Output

Bagian ini biasanya berfungsi untuk melihat nilai dari variabel ketika runtime. Runtime yang dihentikan sejenak akan menggunakan breakpoint. Hal ini dapat membantu Anda untuk memiliki cukup banyak waktu untuk menganalisis nilai-nilai variabel yang terlibat.

3. Debug Control

Bagian ini dilakukan untuk mengontrol proses debugging, seperti melakukan start, stop, pause, atau continue debug.

4. Breakpoint

Breakpoint ini adalah salah satu bagian yang digunakan sebagai penanda agar eksekusi kode program saat proses debugging harus dihentikan sejenak di titik tersebut. Lalu proses lainnya dapat dilanjutkan secara manual.

Cara Meningkatkan Skill Debungging

Seperti yang telah diketahui nyatanya memiliki skill debugging adalah hal wajib yang dimiliki oleh seorang programmer. Bayangkan saja, saat Anda merancang suatu program namun ketika terjadi eror Anda tidak dapat mengindentifikasi dan mencari solusinya. Hal ini akan sangat menyulitkan dan dapat berdampak negatif bagi sistem atau program yang Anda rancang.

Berikut ini akan kami berikan tips-tips agar skill debugging Anda meningkat.

1. Pelajari Hal Dasar dari Tools yang Sering Anda Gunakan

Hal ini sangat penting untuk dipelajari, karena mengetahui hal-hal dasar pada tools yang Anda gunakan dalam mengidentifikasi terjadinya bug. Contohnya ketika Anda menggunakan Java Script, terdapat beberapa pengguna Java Script yang tidak dapat mengingat kode splice (), dan tidak mengetahui perbedaan dari map () dan forEach().

Tidak memahami hal ini tentunya merupakan sebuah awal yang dapat menimbulkan kemunculan bug. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui hal dasar terkait tools yang sering Anda gunakan.

2. Rencanakan Terlebih Dahulu

Seringkali para programmer pemula tidak memperhatikan tahapan awal dalam proses pengembangan suatu sistem. Tahap awal yang sangat penting itu adalah merencanakan.

Programmer pemula biasanya memahami pemograman hanya tentang kode dan kode. Namun merencanakan program yang akan dibuat. Adapun hal-hal yang harus direncanakan oleh seorang programmer adalah apa yang diinginkan oleh klien, merencenakan input yang seperti apa yang akan ditambahkan, bagaimana proses untuk mewujudkannya, dan bagaimana output yang akan dihasilkan dari sistem yang dikembangkan.

3. Ketahui Eror Message yang Sering Muncul

Terkadang sulitnya menyelesaikan eror pada suatu sistem disebabkan karena programmer tidak familiar atau mengetahui jenis-jenis pesan eror yang biasanya muncul. Mengetahui pesan eror menjadikan programmer mengetahui apa saja permasalahan yang ada dan selanjutnya dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Berikut pesan eror yang sering muncul syntax eror, logic eror, compilation eror, resource eror, dan interface eror.

Artikel Terkait  Kegunaan Aplikasi VPN dan Cara Kerjanya

Manfaat Memiliki Skill Debugging

Programmer harus memahami mengapa debugging adalah skill yang sangat menguntungkan. Manfaat memiliki skill debugging bagi programmer tentunya akan sangat memudahkan seorang programmer dalam memastikan program yang dirancang apakah sudah sesuai dengan ekspetasi atau keinginan, dengan adanya skill debugging maka program dijamin akan terhindar dari pesan eror.

Manfaat kedua tentunya akan membantu seorang programmer untuk melakukan proses development. Tanpa dilakukannya debugging maka proses development akan berlangsung lebih lambat, karena disebabkan oleh permasalahan yang selalu muncul di setiap fiturnya.

Manfaat ketiga yaitu mencegah adanya kerugian dan kekecewaan klien. Sebelum suatu program diluncurkan maka harus dilakukan proses debugging, untuk memastikan bahwa program yang akan diluncurkan ini terbebas dari segala bentuk eror.

Manfaat ketiga adalah meningkatkan keamanan dari suatu program, proses debugging mampu digunakan untuk mengenali kelemahan kode program. Kelemahan kode program akan berhubungan dengan masalah keamanan. Jika seorang programmer memiliki skill debugging maka melakukan perbaikan terhadap potensi masalah dan menambahkan keamanan pada kdoe program untuk mengatasi serangan cyber.

Manfaat keempat tentunya adalah memberikan manfaat bagi penambahan skill dan ilmu bagi programmer itu sendiri. Hal ini disebabkan karena kemampuan debugging adalah mengenali kesalahan pada kode program. Maka programmer akan mulai terbiasa untuk memperbaiki penulisan kode dengan baik

Programmer Pemula Harus Siap Belajar Banyak Hal!

Itulah ulasan mengapa debugging dan skill debugging sangat diperlukan bagi seorang programmer. Seorang programmer tentunya tidak hanya ahli dalam membuat kode namun juga harus ahli dalam menyelesaikan eror yang terjadi pada kode-kode yang telah di buat.

Bagi Anda programmer pemula untuk menambahkan tips-tips menarik terkait programming bisa mengunjungi website kami seputar


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya