Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming Bahasa Perl : Tutorial dan Pembahasan Perl untuk Belajar...

Bahasa Perl : Tutorial dan Pembahasan Perl untuk Belajar Programming

-

Sementara komputer hanya memahami 0 dan 1 (bahasa biner/bahasa mesin/ bahasa tingkat rendah), sangat sulit untuk memprogram dalam bahasa biner bagi kita manusia.

Sekarang ada masalah komputer tidak dapat memahami bahasa tingkat tinggi yang dapat dengan mudah kita pahami sebagai manusia. Untuk itu, diperlukan sesuatu yang dapat menerjemahkan bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah. Di sini penerjemah datang untuk membantu kita.

Interpreter adalah bagian dari perangkat lunak yang mengubah program yang ditulis dalam bahasa tingkat tinggi ke bahasa tingkat rendah agar komputer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang ditulis dalam program. Oleh karena itu, Perl adalah bahasa pemrograman yang ditafsirkan.

Untuk pembahasan kali ini kita akan belajar programming dengan menggunakan bahasa perl dan mengupas tuntas apa itu bahasa perl.

Apa Itu Perl?

Perl adalah bahasa pemrograman dinamis tingkat tinggi, tujuan umum, dan untuk ditafsirkan. Perl adalah istilah singkatan dari “Practical Extraction and Reporting Language” meskipun tidak ada akronim untuk Perl. Bahasa ini diperkenalkan oleh Larry Wall pada tahun 1987.

Bahasa Perl dirancang khusus untuk pengeditan teks. Tapi sekarang, ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan termasuk perancangan sistem di Linux, pemrograman jaringan, pengembangan web, dll.

Perl adalah bahasa pemrograman yang menggunakan elemen bahasa umum, kata-kata yang digunakan dalam bahasa Inggris umum dan, oleh karena itu, lebih mudah dipahami oleh manusia (bahasa tingkat tinggi).

Di Mana Perl Dapat Digunakan?

perl-2

Penggunaan Perl yang paling populer adalah dalam pengembangan Web, Perl juga digunakan untuk mengotomatisasi banyak tugas di server Web dan pekerjaan administrasi lainnya, secara otomatis dapat menghasilkan email dan membersihkan sistem.

Perl masih digunakan untuk tujuan aslinya yaitu mengekstrak data dan menghasilkan laporan. Itu dapat menghasilkan laporan tentang penggunaan sumber daya dan memeriksa masalah keamanan dalam jaringan. Karena alasan ini, Perl telah menjadi bahasa populer yang digunakan dalam pengembangan web, jaringan, dan juga bioinformatika. Terlepas dari semua ini, Perl juga dapat digunakan untuk pemrograman CGI.

Perl juga dapat digunakan untuk pembuatan & manipulasi gambar. Selain itu jaringan melalui telnet, FTP, dll, Pembuatan Antarmuka Pengguna Grafis, elektronik VLSI & untuk membuat filter email untuk mengurangi praktik spam adalah beberapa kasus penggunaan Perl

Perl juga dikenal untuk belajar programming berupa implementasi praktik OOP (pemrograman berorientasi objek) dan mendukung semua bentuk pewarisan (sederhana, banyak & berlian), polimorfisme, dan enkapsulasi. Perl cukup fleksibel untuk mendukung prosedural serta praktik OOP secara bersamaan.

Perl juga memiliki modul tambahan yang memungkinkan Anda untuk menulis atau menggunakan kembali kode yang ditulis dengan Python, PHP, PDL, TCL, Oktaf, Java, C, C++, Basic, dan Ruby dalam skrip Perl Anda. Ini berarti Anda dapat menggabungkan Perl dengan bahasa pemrograman tambahan ini daripada menulis ulang kode yang ada.

Artikel Terkait  Belajar JavaScript: Cara Menggunakan Map Array atau Array Method yang harus Anda Ketahui

Mengapa Menggunakan Bahasa Perl?

Memang benar ada bahasa pemrograman lain yang bisa digunakan untuk melakukan semua hal yang telah disebutkan di atas, lalu mengapa harus menggunakan Perl secara khusus? Perl sangat mudah dipelajari, terutama jika Anda memiliki latar belakang pemrograman komputer.

Perl dirancang agar mudah bagi manusia untuk menulis dan memahami daripada membuatnya mudah untuk diproses oleh komputer. Ini menggunakan ekspresi reguler. Gaya bahasa alaminya berbeda dari bahasa pemrograman lain yang menggunakan tata bahasa dan sintaksis tertentu, oleh karena itu, Perl sangat fleksibel dan tidak memaksakan pada Anda cara tertentu untuk memikirkan solusi atau masalah.

Perl sangat portabel. Bahasa ini dapat berjalan di sistem operasi apa pun yang memiliki juru bahasa Perl terinstal, sehingga platform independen. Semua Sistem Operasi Linux otomatis terinstal dengan Perl, sehingga Anda dapat memulai coding Perl di Linux.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Perl begitu terkenal di Web. Hal ini sederhana karena sebagian besar hal yang terjadi di web adalah TEXT dan Perl sangat baik dalam pemrosesan teks. Jika kita membandingkan Perl dengan salah satu bahasa, maka Perl akan menjadi bahasa terbaik yang unggul dalam penanganan File, pemrosesan teks, dan pelaporan output

Salah satu keuntungan terbaik dari Perl adalah gratis untuk digunakan. Komunitas Perl sangat percaya bahwa perangkat lunak harus tersedia secara bebas, dapat dimodifikasi secara bebas dan didistribusikan secara bebas. Beberapa programmer dari komunitas Perl berusaha untuk membuat bahasa pemrograman sebaik mungkin.

Hubungan Perl Dan CGI

Salah satu dari banyak hal yang belajar programming Perl lakukan dengan baik adalah memproses teks. Oleh karena itu, Perl sangat baik dalam memproses data dari Internet melalui CGI.

Apa itu CGI, CGI adalah singkatan dari Common Gateway Interface; Hal itu adalah cara untuk menerima dan memproses informasi di server. User mengirimkan informasi ke server, server memprosesnya dengan cara tertentu, lalu mengirimkannya kembali. CGI memiliki banyak kegunaan, ia dapat melakukan apa saja mulai dari mengambil informasi dari database hingga membuat robot yang mampu merayapi seluruh Internet.

Memproses informasi yang dikirim ke skrip CGI dengan tangan bisa sangat sulit, kita harus khawatir tentang berbagai jenis permintaan, kesalahan transmisi, masalah keamanan, dll.

Kelebihan Dan Kekurangan Perl

Kelebihan Perl

  • Dibandingkan dengan bahasa Pemrograman lainnya Perl paling kuat untuk penanganan teks dan Parsing
  • Perl adalah bahasa yang ditafsirkan dengan waktu eksekusi yang cepat karena tidak perlu mengkompilasi skrip Perl
  • Sederhana dan mudah diprogram dan dipahami.
  • Bahasa ini berorientasi objek.
  • Pustaka CPAN memudahkan pengembangan Perl.
  • Digunakan dalam pengembangan Web untuk sebagian besar Gateway Pembayaran.
  • Digunakan dalam Otomasi dan untuk menguji sebagian besar hal terkait Jaringan dan Penyimpanan.

Kekurangan Perl

  • Ada dukungan GUI minimal dibandingkan dengan bahasa Pemrograman lainnya.
  • Anda perlu merujuk ke modul perpustakaan yang kompleks yang tidak begitu mudah dimengerti.
  • Memahami Pola kompleks membutuhkan pengalaman.

Variabel Perl

Sekarang, kita akan berbicara tentang variabel. Anda dapat membayangkan variabel seperti jenis wadah yang menyimpan satu atau lebih nilai. Setelah didefinisikan, nama variabel tetap sama, tetapi nilai atau nilai berubah lagi dan lagi.

Ada 3 Jenis Variabel:

  • Skalar
  • Array
  • Hashes

Variabel Skalar

Jenis variabel ini memiliki nilai tunggal. Namanya dimulai dengan tanda dolar dan pengenal Perl

$variable_name

Konvensi penamaan

Jika Anda terbiasa dengan bahasa pemrograman lain, maka Anda akan tahu bahwa ada aturan tertentu tentang penamaan variabel. Demikian pula, Perl memiliki tiga aturan untuk penamaan skalar.

  1. Semua nama skalar akan dimulai dengan $. Sangat mudah untuk mengingat awalan setiap nama dengan $. Anggap saja sebagai $scalar.
  2. Seperti PHP. setelah karakter pertama $, yang khusus dalam Perl, karakter alfanumerik yaitu a sampai z, A sampai Z dan 0 sampai 9 diperbolehkan. Karakter garis bawah juga diperbolehkan. Gunakan garis bawah untuk membagi nama variabel menjadi dua kata. Tapi karakter Pertama tidak boleh berupa angka.
  3. Meskipun angka dapat menjadi bagian dari nama, angka tersebut tidak dapat muncul segera setelah $. Ini menyiratkan bahwa karakter pertama setelah $ akan berupa alfabet atau garis bawah. Mereka yang berasal dari latar belakang C/C++ harus segera dapat mengenali kesamaannya.

Contoh Skalar

$var;

$Var32;

$vaRRR43;

$name_23;

Variable Array

Apa itu Perl Array?

Array adalah tipe khusus dari variabel yang menyimpan data dalam bentuk daftar; setiap elemen dapat diakses menggunakan nomor indeks yang akan unik untuk setiap elemen. Anda dapat menyimpan angka, string, nilai floating, dll.

Jadi bagaimana kita membuat array di Perl? Di Perl, Anda dapat mendefinisikan array menggunakan karakter ‘@’ diikuti dengan nama yang ingin Anda berikan. Mari kita pertimbangkan belajar programming array di Perl.

@array saya;

Ini adalah bagaimana kita mendefinisikan sebuah array di Perl; Anda mungkin berpikir bagaimana kita perlu menyimpan data di dalamnya. Ada berbagai cara untuk menyimpan data dalam array. Ini tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakannya.

saya @array=(a,b,c,d); print @array;

Output:

abcd

Ini adalah array dengan 4 elemen di dalamnya.

Indeks array dimulai dari 0 dan diakhiri dengan ukuran maksimum yang dideklarasikan, dalam hal ini, ukuran indeks maksimum adalah 3.

gambar 1

Variable Hash

Mengapa kita membutuhkan Hash?

Kita sudah belajar tentang skalar dan array di bagian sebelumnya.

Apa sebenarnya skalar lakukan? Itu hanya menyimpan bilangan bulat dan string.

Apa sebenarnya yang dilakukan array? Ini adalah kumpulan skalar, di mana Anda mengakses setiap elemen array menggunakan indeks. Tapi, apakah ini ide yang bagus untuk menggunakan array ketika Anda memiliki ratusan dan ribuan record? Kita akan lupa indeks mana yang memiliki nilai itu. Untuk mengatasi situasi ini, kami merekomendasikan Hash.

Apa itu Hash?

Sebuah hash juga dapat menampung sebanyak mungkin skalar yang dapat ditampung oleh array. Satu-satunya perbedaan adalah kami tidak memiliki indeks apa pun, kami memiliki kunci dan nilai.

Hash dapat dideklarasikan, dimulai dengan % diikuti dengan nama hash tersebut. Mari kita lihat contoh bagaimana kita dapat mendefinisikan hash Perl dan bagaimana kita dapat membedakannya dari array

Pertimbangkan contoh tiga orang dan usia mereka diwakili dalam sebuah array.

@array=(‘Sainath’,23,’Krishna’,24,’Shruthi’,25); #Inilah tampilan array. print @array;

Dengan cara ini sulit untuk mengetahui usia individu karena kita perlu mengingat lokasi indeks nama dan usia semua orang. Mungkin sederhana ketika Anda memiliki 3 nama, tetapi ketika Anda memiliki 1000 atau lebih? Anda tahu jawabannya. Ini bisa kita atasi dengan menggunakan hash.

gambar 2

Kesimpulan

Sulit untuk bekerja di bisnis web saat ini tanpa mengerti tentang Perl. Perl adalah salah satu bahasa paling populer yang digunakan saat ini, sepenuhnya gratis, bersumber terbuka, dan mudah untuk belajar programming dengan bahasa Perl serta komunitas yang handal.

Untuk pemula yang belum paham mengenai bahasa Perl namun ingin membangun website maupun aplikasi dengan Perl, jangan ragu hubungi perusahaan kami, Appkey.

Di Appkey, kami selalu berkonsultasi dengan klien terlebih dahulu tentang bagaimana gambaran aplikasi maupun website yang mereka inginkan, barulah setelah itu kami mulai merancang dengan tim kami yang kompeten dan berpengalaman.

Tim Appkey mendiskusikan semua ide dan mengusulkan solusi yang sesuai dengan harapan dan tujuan bisnis. Kemudian mereka membuat lebih banyak gambar rangka, dan prototipe untuk menguji konsep dan menemukan peningkatan sebelum gambar rangka hi-fi dan desain akhir diserahkan ke tim produksi.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya