Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressCoba Langkah ini untuk Meningkatkan Kinerja Situs WordPress Anda

Coba Langkah ini untuk Meningkatkan Kinerja Situs WordPress Anda

-

WordPress adalah aplikasi sumber terbuka (Open Source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (Blog Engine), daya tarik dari aplikasi ini terletak di plugin yang bisa dimodifikasi oleh penggunanya. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (Database) MySQL.

WordPress adalah bukti nyata bahwa software gratis tidak lantas menghasilkan website yang murahan dan berkualtas rendah. Buktinya WordPress banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Beberapa diantaranya adalah SONY Music, Microsoft News Center, Mercedes-Benz, dan masih banyak lagi.

Seiring berjalannya waktu, tentunya para pengguna WordPress sering menjumpai masalah-masalah dalam menggunakan aplikasi ini. Seperti pada waktu pemuatan yang lambat dan konten yang bermasalah, tentunya hal tersebut sangat mengganggu.

Hal tersebut juga akan berdampak negatif pada pengalaman pengguna, merusak SEO WordPress Anda, mengurangi tampilan halaman, rasio klik-tayang, pengembalian investasi, dan banyak lagi.

Hal yang membuat halaman WordPress Anda menjadi lambat

wordpress

Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan lambatnya pemuatan halaman WordPress? Hal ini sangat tidak mudah untuk diidentifikasi, tetapi sering kali WordPress bermasalah karena beberapa faktor, diantaranya :

Ukuran Gambar

Gambar yang diunggah tidak dioptimalisasi dengan benar

Plugin yang Rusak
Plugin dengan kode yang buruk dapat memperlambat kinerja web secara besar-besaran

Skrip Eksternal
Iklan, pemuatan font, dan lain-lain

Konfigurasi WordPress
Jika situsWordPress Anda tidak tersimpan di cache, maka server akan terbebani dan menyebabkan situs web Anda mengalami perlambatan atau bahkan crash seluruhnya

PHP
Jika versi WordPress yang digunakan sudah ketinggalan zaman, hal ini sangat mempengaruhi kinerja situs web Anda

HTTPS
Tidak menggunakan HTTPS dapat memperlambat kinerja, dan tidak memanfaatkan protokol HTTP2 juga dapat berdampak negatif terhadap waktu pemuatan halaman

Artikel Terkait  Cara Terbaik Melindungi WordPress dengan Plugin Wordfence

Tips WordPress Website yang bisa dilakukan untuk mengatasi lambatnya pemuatan situs

wordpress-1

Untuk mengatasi lambatnya kinerja situs WordPress Anda, mencari akar permasalahannya adalah hal yang terbaik. Misalkan Anda tidak yakin masalah diatas yang mana yang menjadi penyebab yang menjadi penyebab lambatnya pemuatan situs web Anda. Cobalah lakukan hal ini!

Jalankan Tes Kecepatan

Jika Anda kebingungan untuk mengatasi lambatnya pemuatan situs, tes kecepatan adalah solusi pertama yang dapat dilakukan. Untungnya, Anda dapat menggunakan beberapa alat pengujian kecepatan online gratis untuk menentukan dengan tepat seberapa cepat situs Anda. Beberapa perangkat lunak pengujian kecepatan bahkan menyediakan infografis dengan persentase pengunjung yang tepat yang dapat Anda lihat.

Lakukan beberapa penelitian

Meskipun plugin memiliki begitu banyak manfaat, ada beberapa pluugin yang dapat menurunkan kinerja situs web Anda. Pencarian Google cepat menyediakan daftar lengkap dari beberapa plugin WordPress paling lambat di pasar. Jika Anda menggunakan salah satu dari ini, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk beralih ke pesaing yang lebih cepat.

Seluk-beluknya

Sebelum kita menyelami tips optimasi WordPress yang lebih bernuansa, ada baiknya untuk memulai dengan tips-tips yang ada di atas. Hal tersebut terhitung cepat, lugas, dan memberikan Anda gambaran tentang jenis perubahan yang perlu dilakukan ke depannya untuk situs Anda.

Jika Anda tidak yakin ke arah mana selanjutnya, raksasa perangkat lunak dan pembuat web, Elementor ada disini dengan beberapa kiat profesional dan berharga untuk meningkatkan kinerja situs WordPress Anda.

Output Optimized DOM

Output Optimized DOM  bertujuan untuk mengurangi jumlah elemen pembungkus yang ada dalam kode HTML situs web Elementor WordPress Anda. Untuk menerapkan fitur Output Optimized DOM, buka tab Elementor di dasbor WordPress Anda. Kemudian, klik ‘Setelan’ diikuti oleh ‘Eksperimen’, dan atur Output Optimized DOM ke ‘aktif’. Hal Ini menyederhanakan keluaran kode dan meningkatkan keterbacaan yang dapat mempercepat kinerja situs web Anda.

Catatan : Jika Anda menggunakan kode khusus di situs Anda, Anda harus memeriksa keluaran situs Anda karena Output Optimized DOM menyertakan beberapa perubahan markup ke situs Anda.

Peningkatan pemuatan aset

Fitur yang ditawarkan oleh Elementor ini dapat mengoptimalkan efisiensi front-end situs web dengan hanya memuat fungsionalitas yang paling sesuai untuk setiap halaman. Fitur yang saat ini merupakan eksperimen, secara default memuat lebih sedikit JavaScript, menghasilkan waktu muat halaman yang lebih cepat dan skor kecepatan halaman yang lebih tinggi.

Selain itu, dengan memecah proses pemuatan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, halaman HTTP2 situs web mendapat manfaat dari waktu pemuatan yang lebih singkat dengan multiplexing (Proses penggabungan beberapa sinyal informasi untuk dapat ditransmisikan ke satu communication chanel). Ini memungkinkan browser untuk meminta semua properti situs web secara bersamaan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pilih tab ‘pemuatan aset yang ditingkatkan’ di bawah tab ‘Output Optimized DOM ‘ dan setel ke ‘aktif’.

Gunakan tema yang ringan dan ramah pengguna

Salah satu fitur WordPress yang paling menarik adalah pilihan tema gratis dan premium yang beragam dan hampir tak ada habisnya. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, Anda tidak akan pernah kekurangan estetika yang menarik untuk menghiasi situs web Anda.

Sayangnya, bagaimanapun, dengan banyaknya pilihan ini, muncul banyak tema yang belum dikembangkan secara memadai. Terkadang ini dikemas penuh dengan fitur yang tidak perlu.
Elementor merekomendasikan penggunaan tema yang ringan dan ramah pengguna untuk meningkatkan kinerja situs web Anda, seperti tema ‘Halo Elementor’. Ini dapat diunduh secara gratis dari repositori tema WordPress.

Template memberi pengguna kanvas kosong untuk membuat situs web mereka. Menurut pengujian Elementor sendiri , ini sangat efisien dan mampu meningkatkan kinerja situs web dengan hasil yang mengesankan.

Artikel Terkait  Apa itu Sidebar WordPress dan Apa Manfaatnya? Berikut 13 Tipe Sidebar untuk Inspirasi Websitemu!

Hapus tema yang tidak digunakan

Dengan setiap update WordPress utama, tema baru diinstal secara otomatis. Saat Anda men-debug situs Anda, akan sangat membantu jika Anda menginstal tema “siaga” jika Anda membutuhkannya. Namun, tidak perlu menyimpan banyak toko tema. Sebagai gantinya, hapus templat cadangan dengan memilihnya dan menekan ‘hapus’.

Lakukan tinjauan plugin

Sangat membantu untuk meninjau plugin yang telah Anda instal di situs WordPress Anda. Idealnya, Anda harus menggunakan plugin sesedikit mungkin untuk mengoptimalkan kinerja. Lihatlah plugin yang digunakan dan lihat apakah Anda dapat menghilangkan yang tidak perlu.

Selain itu, Anda juga harus melakukan penelitian plugin secara teratur untuk melihat apakah Anda dapat menemukan alternatif yang lebih efisien. Misalnya, Elementor menyediakan beberapa fitur bawaan, seperti kode Google Analytics, sehingga tidak perlu memasang plugin Google Analytics pihak ketiga.

Jika perlu menggunakan plugin untuk mengelola situs WordPress Anda, tetap perbarui ini. Sebagian besar plugin menawarkan pembaruan rutin yang mengoptimalkan kinerja dan meningkatkan keamanan. Memperbarui plugin Anda bukanlah tugas yang bisa diabaikan  hal itu dapat membahayakan kinerja dan keamanan situs web Anda di WordPress.

Semoga artikel kali ini bisa memberikan pencerahan buat para pengelola situs WordPress. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya