Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiTips Mencari Pengembang Software yang Tepat Untuk Merealisasikan Ide...

Tips Mencari Pengembang Software yang Tepat Untuk Merealisasikan Ide Anda

-

Salah satu strategi terbaik untuk meluncurkan produk digital Anda dengan cepat dan efisien adalah dengan mengalihdayakan pengembangan perusahaan ke developer software yang berpengalaman.

Pengembangan produk digital seperti aplikasi seluler atau aplikasi berbasis web memerlukan perencanaan dan investasi yang signifikan dan saat mencari perusahaan yang tepat, Anda akan melihat ada ribuan perusahaan yang dapat dipilih. Bagaimana Anda dapat benar-benar memutuskan mitra pengembangan mana yang tepat untuk Anda?

8 Pertanyaan yang dapat Anda tanyakan ke perusahaan Developer Untuk pengembangan produk digital Anda

web-development

Jawaban hanya sebaik pertanyaan yang Anda ajukan dan jika Anda mengajukan pertanyaan yang buruk, Anda akan mendapatkan jawaban yang buruk. Pada artikel ini, kami telah memberi Anda 8 pertanyaan yang harus Anda tanyakan kepada Perusahaan developer yang potensial di pikiran Anda.

Jawabannya akan membantu Anda memutuskan apakah perusahaan yang Anda ajak kerjasama tepat untuk proyek Anda. Kami juga telah memberikan jawaban dari sudut pandang kami di Appkey untuk digunakan sebagai patokan.

Sudahkah Anda mengembangkan aplikasi dengan jenis solusi yang mirip dengan produk saya?

Fokus di sini adalah pada jenis solusi. Jauh lebih menguntungkan bagi Anda jika perusahaan telah melakukan pengembangan produk digital yang menawarkan solusi yang sama dengan yang Anda cari daripada hanya bekerja di industri yang sama.Coba dan cari tahu bagaimana solusi dalam aplikasi memecahkan masalah bisnis dan temukan kesamaan dalam produk Anda.

Di Appkey kami memiliki pengalaman membangun produk digital seperti Appshop Navi yang memerlukan sistem lengkap dari beberapa aplikasi, baik seluler dan berbasis web serta dasbor, panel admin, dan alat analisis data.

Solusi untuk membuat algoritma kompleks berdasarkan lokasi penyedia layanan, ketersediaan, keahlian, dll dalam hubungannya dengan kebutuhan langsung pengguna dapat diterapkan tidak hanya di aplikasi berbagi perjalanan, tetapi juga aplikasi telemed, aplikasi pengiriman dan aplikasi jenis layanan rumah, atau aplikasi lain yang memerlukan pemesanan, pembayaran dan menghubungkan penyedia layanan ke pengguna akhir berdasarkan pemrosesan data geolokasi.

Artikel Terkait  10 Tren Pengembangan Aplikasi Seluler Teratas pada tahun 2021

Apakah Anda memiliki pengembang internal atau apakah Anda melakukan outsourcing pekerjaan ke perusahaan dan pekerja lepas lain?

Ada beberapa perusahaan di industri ini yang akan mewakili diri mereka sebagai perusahaan yang terdaftar dan bekerja sama di Perusahaan raksasa seperti Google, Facebook dll, tetapi mereka mengalihdayakan pengembangan produk ke perusahaan pihak ketiga atau pekerja lepas dari negara lain.

Ini dapat menyebabkan risiko besar pada proyek Anda karena perusahaan yang Anda tangani tidak memiliki kendali penuh atas tenaga kerja yang digunakan, dan mungkin ada inkonsistensi dalam prosedurnya.

Di Appkey, semua layanan teknologi inti kami disediakan oleh pengembang internal yang berlokasi di Denpasar, Bali. Tim kami memiliki bagian-bagian lengkap yang dapat menangani semua hal yang Anda perlukan dalam pengembangan Aplikasi ataupun website.

Bagaimana Perusahaan memastikan untuk tetap dalam anggaran Perusahaan?

Waspadalah jika jawabannya adalah ‘harga tetap’. Ini mungkin tampak seperti pilihan teraman untuk Anda, tetapi mari kita pertimbangkan mengapa itu bisa menjadi keputusan terburuk untuk proyek Anda.

Sebagian besar pengembangan perangkat lunak khusus memerlukan banyak pengembang untuk membangun banyak fitur selama beberapa bulan. Tidak ada aplikasi yang sama sehingga tidak mungkin untuk mengetahui secara pasti berapa lama waktu yang dibutuhkan atau berapa biayanya.

Jika perusahaan pengembang menawarkan harga tetap, mereka memiliki margin keuntungan yang cukup untuk mengimbangi keterlambatan apa pun yang berarti Anda membayar lebih untuk layanan mereka. Atau, mereka akan kehabisan anggaran di beberapa titik dalam proses pembangunan dan membahayakan kualitas proses pembangunan atau gagal memberikan sama sekali.

Skenario kasus terburuk adalah bahwa Anda berakhir dalam perselisihan hukum yang pahit di tengah jalan melalui proyek yang memaksa Anda untuk membayar ekstra untuk hal-hal yang ‘di luar ruang lingkup’ menciptakan hubungan bisnis yang sangat buruk.

Cari perusahaan developer yang memiliki kartu tarif yang jelas dan memahami susunan tim yang dibutuhkan dan dapat memperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan berdasarkan jenis solusi yang serupa (lihat pertanyaan ke 1).

Di Appkey, kami percaya rahasia untuk membangun perangkat lunak kelas dunia adalah pendekatan yang benar-benar gesit dan transparansi penuh. Untuk alasan itu kami lebih suka bekerja di bawah pengaturan waktu & material di mana Anda hanya membayar waktu yang dihabiskan tim untuk proyek Anda tanpa ‘inflasi’ harga untuk menutupi “skop merayap”.

Untuk memiliki kendali maksimum atas biaya Anda, kami bekerja dalam sprint 2 minggu dan setuju dengan klien tentang akan memberikan nilai tertinggi pada proyek. Dengan berfokus pada nilai bisnis tertinggi, klien kami selalu memiliki produk terbaik dibandingkan dengan batasan waktu dan anggaran.

Apakah saya akan memiliki hak Kekayaan Intelektual dan kapan saya akan mendapatkan kode sumbernya?

Jika Anda memiliki ide ratusan juta dan memutuskan untuk berinvestasi dalam pengembangan produk digital, hasil terburuk yang mungkin terjadi adalah sampai pada titik di mana Anda menyadari ‘dalam cetakan kecil’ bahwa Anda sebenarnya tidak memiliki kode sumbernya.

Pastikan bahwa perusahaan developer memiliki proses yang jelas untuk mentransfer hak Kekayaan Intelektual kepada Anda dan bahwa mereka tidak memiliki hak hukum untuk memiliki kode sumber Anda. Proses pemindahan kode sumber aktual dan kepemilikannya secara teratur harus sangat jelas.

Beberapa perusahaan akan menawarkan Anda kondisi yang menguntungkan sebagai imbalan atas kepemilikan sebagian dari kode sumber tetapi Anda perlu mempertimbangkan apakah Anda ingin memberikan kendali atas kode sumber Anda kepada seseorang yang tidak benar-benar Anda kenal. Dalam beberapa kasus, ini mungkin solusi yang baik untuk proyek Anda, tetapi Anda harus mencari nasihat hukum sebelum menempuh rute ini.

Di Appkey, bisnis inti kami adalah memecahkan masalah bisnis klien kami dengan solusi perangkat lunak khusus. Oleh karena itu kami memperjelas dalam semua kontrak kami proses pengalihan hak Kekayaan Intelektual untuk semua kode sumber secepat dan sepraktis mungkin, tergantung pada jenis proyek.

Apa proses jaminan kualitas Anda?

Beberapa perusahaan pengembang mungkin hanya memiliki programmer dan tidak terlalu menekankan pengujian QA selama proses berlangsung. Banyak perusahaan akan menawarkan layanan pengujian setelah pengembangan selesai, tetapi Anda harus mencari perusahaan yang memperlakukan pengujian sebagai bagian integral dari proses pengembangan.

QA adalah singkatan dari Quality Assurance dan kualitas harus terjamin, sangat penting bagi engineer QA untuk memahami tujuan proyek sejak awal sehingga mereka dapat membantu membuat skenario pengujian yang tepat dan terus-menerus melakukan pengujian selama pengembangan.

Di Appkey, teknisi QA kami terlibat sejak awal proyek. Mereka bertanggung jawab untuk membuat skenario pengujian, menyediakan pengujian di seluruh fase pengembangan dan memastikan skenario pengujian dan dokumentasi tetap up-to-date saat produk berubah. Bergantung pada strategi yang disepakati dengan klien, kami menyediakan pengujian QA komprehensif untuk backend dan frontend, termasuk pengujian manual dan otomatis.

Artikel Terkait  Cara Masuk ke cPanel Hosting

Teknologi apa yang akan digunakan untuk proyek saya?

web-development

Ini semacam “pertanyaan jebakan” untuk melihat bagaimana perusahaan memperlakukan rekomendasi teknis. Tentu saja, berdasarkan persyaratan tingkat tinggi Anda, perusahaan pengembang perangkat lunak terkemuka sudah memiliki gagasan tentang teknologi apa yang dapat digunakan untuk pengembangan produk digital Anda.

Namun, waspadalah terhadap perusahaan yang akan mendorong teknologi tertentu pada Anda sejak awal tanpa memahami tujuan bisnis proyek Anda, atau mengetahui ‘titik sakit’ dari pengguna target.

Satu solusi teknologi mungkin lebih cocok untuk satu proyek tetapi tidak cocok untuk proyek berikutnya. Teknologi harus selalu menjadi yang kedua dari model bisnis.

Misalnya, jika sebuah perusahaan hanya memiliki pengembang seluler React Native, maka mereka akan mencoba untuk mendorong React Native sebagai solusi ‘terbaik’ untuk proyek Anda, padahal pada kenyataannya ketika fitur konferensi video atau integrasi Bluetooth diperlukan, pendekatan native mungkin lebih baik.

Penting bagi Anda, pada tahap ini, untuk melihat apakah mereka terbuka untuk teknologi yang berbeda, bagaimana mereka akan mengidentifikasi teknologi yang paling sesuai dan apakah mereka memiliki pengembang di berbagai teknologi yang berbeda.

Di Appkey, setiap proyek dimulai dengan rapat dan konsultasu untuk menganalisis persyaratan bisnis, persyaratan pengguna, dan persyaratan sistem.

Setelah latihan ‘penyelaman mendalam’ ini selama beberapa hari, programmer kami akan membuat rekomendasi teknologi berdasarkan teknologi dan arsitektur terbaik untuk memberikan tujuan bisnis klien.

Untuk alasan ini, kami memiliki developer yang terampil dalam berbagai teknologi dan kerangka kerja modern untuk memastikan kami dapat menciptakan solusi yang tepat, apa pun jenis proyeknya.

Artikel Terkait  15 Tren Pengembangan Web di Tahun 2021

Apakah saya akan memiliki akses ke tim selama proses pengembangan?

Kesulitan umum bagi banyak orang yang memutuskan untuk mengalihdayakan pengembangan mereka adalah akses ke tim. Sangat sering dalam pengembangan perangkat lunak, Anda perlu mengajukan pertanyaan, membuat perubahan, mendapatkan pembaruan, dan mencari saran. Ini hampir tidak mungkin jika Anda tidak dapat berbicara dengan tim.

Tidak dapat berbicara dengan tim dapat disebabkan oleh kurangnya keterampilan bahasa, tim yang tersebar di beberapa zona waktu, atau kurangnya saluran komunikasi yang disiapkan di awal pengembangan.

Jika tidak ada kontak reguler dengan tim, itu bisa menjadi sulit ketika terjadi kesalahan, dan pada saat Anda membutuhkan jawaban ‘radio silence’ adalah musuh terburuk Anda. Pastikan ada proses yang jelas untuk rapat rutin, laporan, dan akses ke tim.

Kami menggunakan sejumlah solusi yang tersedia secara komersial yang dirancang untuk membantu cara kerja yang gesit. Kami melakukan konferensi video Google Meet untuk rapat online, rapat ‘pendirian harian’, perencanaan sprint, dan sesi demo.

Selain itu, kami menggunakan integrasi berkelanjutan untuk selalu membuat versi terbaru dari perangkat lunak tersedia untuk klien kami, dan kami memberikan laporan rutin.

Mengapa saya harus bekerja sama dengan perusahaan kalian?

Setelah mendapatkan jawaban atas semua pertanyaan yang tercantum di atas, pertanyaan terakhir yang harus diajukan adalah “Mengapa saya harus bekerja sama dengan kalian?”  Ini mungkin hanya karena hubungan yang dapat Anda bangun selama proses RFP.

Ketika mereka menjawab pertanyaan ini, dengarkan hal-hal yang membedakan perusahaan mereka dengan orang lain yang Anda ajak bicara.

Apa yang harus Anda cari adalah mitra yang ingin bekerja dengan Anda dalam jangka panjang dan akan menjadi bagian penting dari bisnis Anda, sehingga di masa depan Anda dapat bekerja bersama tim pilihan Anda untuk pengembangan produk selama bertahun-tahun yang akan datang.

Kami menjadi mitra bisnis bagi klien kami daripada hanya menjadi penyedia layanan, karena kami menyediakan tim tangkas yang berdedikasi menggunakan metodologi Scrum untuk membangun perangkat lunak yang memberi mereka fleksibilitas dan transparansi yang mereka butuhkan untuk membangun perangkat lunak kelas dunia untuk memenuhi tujuan komersial mereka.

Kami harap pertanyaan dalam artikel ini membantu Anda saat Anda memulai proses memilih perusahaan untuk pengembangan produk digital Anda berikutnya . Jika Anda ingin mendiskusikan proyek Anda dengan tim kami di Appkey, silakan hubungi kami di https://appkey.co.id/. Simak terus artikel dari https://appkey.id/ yaa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya