Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming Mengenal Apa itu AMP Google Framework? Yuk Simak!

Mengenal Apa itu AMP Google Framework? Yuk Simak!

-

Tahun lalu, komunitas Search Engine Optimization (SEO)  beramai-ramai membicarakan tentang “Mobilegeddon” atau algoritma mesin pencarian yang ramah dengan perangkat mobile, Google. Tahun ini, buzz mobile SEO difokuskan pada Accelerated Mobile Pages (AMP) Google.

Tapi apa sebenarnya AMP itu? Siapa yang perlu menerapkannya dan mengapa? Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang AMP Google mari simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu AMP Google? : Penjelasan tentang AMP Google

amp-google-2

AMP adalah singkatan dari “Accelerated Mobile Pages”.  AMP adalah proyek open source yang dirancang untuk membantu penerbit web membuat konten yang dioptimalkan untuk seluler yang dimuat secara instan di semua perangkat. Google ingin halaman web dengan banyak konten seperti video, animasi, dan grafik untuk bekerja bersama smart ads dan dimuat secara instan.

Google juga ingin kode yang sama berfungsi di berbagai platform dan perangkat sehingga konten dapat muncul di mana saja dalam sekejap apa pun jenis gadget Anda, baik ponsel, tablet, atau perangkat seluler yang Anda gunakan.

Tujuan Google menciptakan Accelerated Mobile Pages ini adalah untuk memberikan pengalaman mobile/ seluler terbaik kepada penggunanya. Google ingin menyampaikan informasi kepada pengguna akhir secepat mungkin pakar pemasaran penelusuran untuk agensi pemasaran digital iQuanti.

Google tidak ingin pengguna harus menunggu untuk membaca atau melihat sesuatu dari mesin pencarian. AMP Google pun terbilang sangat cepat dibanding halaman non-AMP. Waktu loading rata-rata untuk konten berkode AMP adalah 0,7 detik sementara rata-rata loading halaman non-AMP adalah 22 detik.

Pada 23 Februari 2016, Google secara resmi mengintegrasikan halaman web yang didukung AMP ke dalam hasil pencarian seluler atau mobile-nya. Halaman berkode AMP muncul di “carousel” hasil penelusuran seluler dan menampilkan ikon AMP yang terlihat seperti petir, serta akronim “AMP”.

Google AMP adalah teknologi penerbitan situs web sumber terbuka yang memungkinkan Anda membuat situs web yang dimuat hampir secara instan di perangkat seluler. Google membuat AMP sehingga penerbit dan bisnis dapat menghindari halaman web yang memuat dengan lambat.

Google AMP kompatibel dengan banyak browser web utama, termasuk Chrome, Firefox, Edge, Safari, Opera, dan UC Browser. Banyak merek global telah mengadopsi Google AMP untuk melayani audiens dan pelanggan target mereka dengan lebih baik, termasuk perusahaan besar seperti Facebook, Pinterest, Twitter, BBC News, The New York Times, dan The Washington Post.

Bahkan, kini ada lebih dari 31 juta domain yang telah membuat lebih dari 5 miliar AMP. Jika Anda menjelajahi Google di perangkat seluler dalam setahun terakhir, Anda hampir pasti melihat Google AMP.

Jika Anda menjelajahi Google di perangkat seluler dalam setahun terakhir, Anda pasti melihat Google AMP. Mari kita lihat cara mengidentifikasi halaman seluler yang dipercepat. Lakukan penelusuran di Google pada perangkat seluler Anda. Kemudian Anda akan melihat laman seluler yang dipercepat dengan menampilkan ikon petir yang tersebar di seluruh laman hasil penelusuran.

Bagaimana Cara Kerja AMP Google?

Framework HTML AMP terbuka mendukung teknologi web, tetapi juga memungkinkan pemilik situs membuat halaman web ringan. AMP HTML hanyalah HTML dengan serangkaian spesifikasi. Pengoptimalan ini didukung oleh JavaScript, style dari website Anda dapat disesuaikan melalui CSS3, dan halaman yang di-cache.

Cache Google AMP berfungsi dengan cara yang sama seperti Content Delivery Network (CDN), yang gratis untuk digunakan siapa saja dan berfungsi pada model stale-while-revalidate. Model ini membantu memastikan konten selalu up to date dalam cache. Proses kerjanya cukup sederhana. Ketika permintaan dibuat, klien menerima versi cache sementara dokumen diminta lagi dari server aslinya untuk diperbarui dalam cache.

Pemilik situs dapat menayangkan iklan mereka sendiri melalui Accelerated Mobile Pages Google, walaupun ada batasan ukuran dan penempatan, sebagian besar pemilik situs menayangkan iklan melalui DoubleClick for Publishers (DFP) atau OpenX. Keduanya memang kompatibel untuk AMP.

Artikel Terkait  Apa Itu Frame Work React Dari JavaScript?

Tipe Website yang Harus Menggunakan AMP Google

Awalnya, AMP berfokus pada berita dari publishing online, konten utama yang saat ini dilihat oleh pengguna pencarian Google sebagai halaman AMP di hasil penelusuran seluler. Namun, AMP juga relevan untuk jenis bisnis lain, seperti organisasi e-niaga, yang sangat cocok dengan carousel hasil AMP dan komponen lainnya.

Kemampuan untuk mengembangkan halaman produk berbasis AMP kemungkinan akan menciptakan insentif komersial yang besar bagi situs web untuk mengadopsi standar tersebut. AMP adalah bagian yang sangat penting dari strategi pemasaran yang seimbang untuk penerbit saat ini, mengingat kedekatan proyek dengan hasil mesin penelusuran dan tingkat tayangan iklan.

Adopsinya pun kuat, mengingat persaingan untuk dolar iklan mobile dan fakta bahwa Google memprioritaskan AMP dalam hasil pencarian. Karena itu, Google tertarik untuk mempertahankan orang-orang dalam jaringan iklan mereka, jadi akan menarik untuk melihat apakah iklan lebih sukses di web seluler atau di aplikasi.

Seperti halnya perubahan evolusioner di mesin telusur, orang perlu memperhatikan AMP dan menyesuaikan. Seiring waktu, hal tersebut akan menjadi faktor yang mempengaruhi. Sama seperti Google telah merekomendasikan situs web yang responsif seluler.

Apakah AMP Penting untuk SEO?

seo-website

AMP tidak secara langsung menjadi faktor yang mempengaruhi peringkat mesin pencari, dan situs yang mengadopsi AMP tidak akan mendapatkan peningkatan besar dalam peringkat pencarian. Oleh karena itu, penting mempertimbangkan AMP saat menerapkan SEO.

Kecepatan menjadi salah satu hal yang krusial saat bicara tentang di peringkat mesin pencari. Bayangkan, jika Anda memiliki dua artikel yang dari perspektif penggunaan sinyal memiliki skor yang sama dalam semua karakteristik lain tetapi untuk kecepatan, maka akan ada lebih banyak penekanan pada artikel dengan kecepatan karena itulah yang menurut pengguna menarik dari segi efisiensi dan efektivitas.

AMP juga dapat secara tidak langsung mempengaruhi di mana Google menempatkan halaman di hasil pencarian. Jika AMP mendapatkan lebih banyak klik dan lebih sedikit bias karena lebih cepat dimuat, Google menentukan bahwa halaman tersebut berharga bagi pengguna, dan kemungkinan besar akan mendapatkan penempatan yang lebih tinggi di hasil penelusuran.

Google terus-menerus melakukan perubahan aturan tentang patokan kinerja terbaik dalam pencarian. Apakah situs web Anda mobile-friendly dan lulus uji kecepatan? Jika tidak, bisnis Anda mungkin terpengaruh oleh hasil halaman mesin pencari.

Dengan memanfaatkan perangkat mobil, aka menjadi lebih dan lebih umum di hampir setiap aspek kehidupan. Mayoritas orang menggunakan Google untuk menemukan hampir semua hal, seperti hiburan, informasi, serta pemecahan masalah.

Dari survei Powersuite SEO  terhadap 385 profesional SEO menemukan bahwa 50 persen responden mengharapkan AMP agar secara signifikan mempengaruhi peringkat hasil pencarian seluler mereka.

Artikel Terkait  Bagaimana Cara Melakukan Lokal Testing dengan Selenium WebDriver?

Keunggulan AMP Google khususnya Bidang IT

Kode HTML dan pemrograman terlibat dalam inisiatif AMP, sehingga TI perlu bekerja dengan orang lain untuk pembuatan dan perencanaan konten, tetapi implementasi dan pemeliharaan yang sebenarnya perlu dilakukan oleh TI baik di dalam perusahaan atau oleh perusahaan lepas yang disewa untuk melakukan pekerjaan itu.

TI akan memainkan peran besar dalam mengadopsi standar AMP karena ada beberapa prasyarat di balik layar yang perlu mereka bantu. Misalnya, tergantung pada konfigurasi yang dipilih, admin server mungkin perlu menyiapkan sub-domain tambahan atau menginstal sertifikat aman.

Kemungkinan akan ada koordinasi dengan vendor CDN mana pun. Sebagian besar pekerjaan dapat ditangani oleh pengembang dari sana, tapi pasti ada sedikit pekerjaan teknis yang terlibat.

Apakah AMP Google Memiliki Kekurangan?

Ya! Sama seperti teknologi terbaru lainnya serta perubahan teknologi yang signifikan, Accelerated Mobile Pages, Anda akan membutuhkan waktu untuk memahaminya. Awalnya memang AMP lebih sulit untuk diterapkan, tetapi alat, plug-in, dan add-on berevolusi untuk membuatnya hampir otomatis.

Sekarang plug-in SEO AMP bisa meminta pengguna dengan tepat apa yang harus mereka lakukan untuk meningkatkan peringkat, tanpa harus mengetahui SEO. Plugin AMP yang juga tersedia di WordPress.

Kelemahan lainnya adalah ketika pembaca membagikan tautan ke konten AMP yang mereka klik melalui pencarian Google, tautan tersebut mengarah ke URL Google.com, bukan ke situs pengembang konten, seperti yang ditunjukkan oleh Wired.com.

Perubahan ini dapat berdampak negatif pada lalu lintas situs pengembang konten. AMP menciptakan tantangan potensial di sisi analitik, karena tidak mungkin untuk memastikan 100 persen dari mana konten penerbit akan dimuat, serta komplikasi dengan identifikasi pengunjung karena pembatasan cookie yang ketat.

Demikianlah penjelasan tentang AMP Google. Apakah AMP benar-benar masa depan web seluler?

Kenyataannya, masa depan AMP masih belum pasti. AMP memang berpotensi memiliki implikasi besar untuk web seluler, tetapi semuanya tergantung pada apakah AMP diadopsi secara luas sebagai standar.

Google mendorong adopsi markup Kepengarangan, misalnya, yang mengharuskan penerbit untuk menerapkan perubahan kode dan mendorong penulis mereka untuk menyiapkan dan menghubungkan akun Google+. Namun markup Kepengarangan sekarang tidak relevan.

AMP mungkin memiliki peluang yang lebih baik untuk menjadi standar yang diadopsi secara luas karena kurang eksklusif dibandingkan alternatif, seperti Artikel Instan Facebook atau Apple News. Akibatnya, penerbit mungkin lebih bersedia mengembangkan AMP. Itu dikombinasikan dengan sumber daya yang telah dimasukkan Google ke dalam promosi. Selalu nantikan artikel artikel terbaru dari kami yaa, allow notifikasi dari https://appkey.id/


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya