Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming PHP 8 Sudah Tiba? Menyambut Fitur-Fitur Canggih PHP 8

PHP 8 Sudah Tiba? Menyambut Fitur-Fitur Canggih PHP 8

-

November 2020 kemarin disebut-sebut sebagai PHP 8 release date (tanggal perilisan PHP 8). Untuk Anda yang sudah menanti-nanti PHP 8 Windows, artikel ini adalah kabar bahagia untuk Anda! Sebab, 26 November 2020 kemarin sungguh adalah PHP 8 release date.

Di pengujung tahun 2020 ini kita sudah bisa menikmati fitur-fitur canggih teranyar dari PHP 8. PHP 8 adalah versi terbaru dari bahasa pemrograman PHP, menggantikan PHP 7 yang sebelumnya sudah sering kita gunakan dan sudah sangat stabil. Namun sebagai versi terbaru, sudah tentu PHP 8 adalah software yang dilengkapi dengan beragam update canggih melebihi PHP 7.

Kira-kira apa sajakah update-update terbaru pada PHP 8? Apa perbedaan PHP 8 dengan PHP sebelumnya?

Yuk cari tahu apa saja fitur-fitur canggih dari PHP 8 yang bisa Anda manfaatkan pada artikel edisi kali ini. Selamat membaca!

Mengenal PHP 8 dan Fitur-Fitur Canggihnya

php-8

Setelah dinanti-nantikan begitu lama, akhirnya akhir tahun 2020 menjadi momen perilisan PHP 8. Agak berbeda dengan PHP versi sebelum-sebelumnya, PHP 8 adalah software PHP yang paling komplit dari segi fitur, paling stabil, dan memiliki kinerja yang paling ringkas. Beberapa update menarik dari  PHP 8 adalah kehadiran union types, compiler JIT, set attributes baru, dan masih banyak lagi.

Bahasa pemrograman PHP memang cocok dinobatkan sebagai set bahasa pemrograman yang sangat dinamis. Hal ini dibuktikan dengan kencangnya dinamika perilisan update dan versi terbaru dari PHP. Sebelum kehadiran PHP 8, kita dulu mempunyai PHP 7 yang dikembangkan menjadi branch PHP 7.1 dan PHP 7.2. Namun kedua versi branch PHP 7 tersebut tampaknya masih belum cukup, sehingga pihak resmi PHP akhirnya merilis PHP 8.

Kini, Anda sudah bisa mendownload PHP 8 secara gratis dari website resminya. Link download PHP 8 adalah https://www.php.net/releases/8.0/en.php .

Artikel Terkait  Fitur Terbaru dan Terlengkap Laravel 2020

Setelah mendownload PHP 8, selanjutnya adalah mengenal apa-apa saja fitur update yang tersaji di dalamnya. Tidak perlu cemas, sebab semua rangkuman fitur update terbaru PHP 8 sudah kami sediakan khusus untuk Anda. Update-update tercanggih dan perubahan sistem dari PHP 8 adalah:

Sistem Null Safe Operator untuk Meringkas Kode

Keunggulan pertama PHP 8 adalah memiliki sistem Null Safe Operator yang berguna untuk meringkas kode pemrograman untuk mengecekan hasil coding guna menghindari null. Dulu, untuk mengecek hasil coding dan mengetahui adanya error null atau tidak, kita akan menuliskan validasi null dengan kode is_null. Di PHP 8, penulisan untuk error checking menjadi lebih simpel.

Versi sebelum PHP 8:
<?php

if ($siswa) {
$alamat = $siswa->getAlamat();
if ($alamat) {
$namajalan = $alamat->getNamaJalan ();
}
}

Versi PHP 8:

$namajalan = $siswa?->getAlamat()?->getNamaJalan ();

Penghapusan Sejumlah Sistem

Selain terdapat penambahan sistem yang lebih canggih dan ringkas, perbedaan lain dari PHP 8 adalah terjadi penghapusan sejumlah sistem. Mungkin Anda tidak akan merasakan perubahan signifikan saat mengoperasikan PHP 8 secara general. Namun terdapat sejumlah penghapusan fungsi-fungsi kecil seperti notifikasi E_NOTICE dan E_DEPRECATED, fungsi mcrypt yang sudah rentan dari segi keamanan karena tidak pernah dikelola, dan fungsi mb_ereg_replace() yang tidak lagi konsisten penggunaan parameternya pada beberapa jenis PHP (PHP 7 dan PHP 5).

Kehadiran PHP JIT (Just In Time) Compiler

php-compiler

Ini dia fitur PHP 8 yang paling ditunggu-tunggu dan sukses menjadi sorotan! PHP JIT (Just In Time) Compiler adalah alat bantu untuk memudahkan user PHP saat melakukan proses compile coding. Sebenarnya JIT compiler telah banyak digunakan untuk software lain, namun ia baru bisa hadir khusus untuk PHP pada PHP 8.

Selama ini, bahasa pemrograman PHP memang mempunyai kelemahan dari segi proses compile (menjalankan kode-kode yang sama) karena sifat PHP sendiri yang merupakan bahasa interpreted. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakanlah JIT compiler. JIT adalah teknik kompilasi source code yang berlangsung saat runtime coding dilaksanakan. Tujuan compile ini  tak lain untuk mengetahui komponen mana saja yang bisa dikompilasi berulang kali.

Artikel Terkait  Top Level Domain Adalah? Inilah Contoh Domain TLD Terbaik

Jadi, saat JIT berjalan, user bisa memerhatikan dari semacam monitor / profiler untuk mngetahui kode-kode yang sedang dieksekusi mesin interpreter. Mesin akan menemukan komponen yang dieksekusi berulang kali dan akan memberinya tanda-tanda pengenal seperti ‘warm’ (kode berulang beberapa kali), dan ‘hot’ (kode berulang dalam jumlah banyak). Hasil kompilasi akan dikelompokkan ke beberapa kolom untuk diindex.

Proses kompilasi dari JIT masih berlangsung. Data-data yang sudah diindex akan dicompile sekali lagi untuk menemukan komponen yang sama. Jika ada komponen yang sama berhasil dideteksi, maka hasil compile akan dikirim untuk digunakan dalam coding. Alhasil, struktur coding software Anda akan terhindar dari error interpreted semacam loop.

Lebih Mudah Menulis Class dengan Constructor Property Promotion

Di PHP 8, Anda juga dapat lebih mudah menulis class dengan bantuan constructor property promotion. Kehadiran constructor property promotion menghapus keharusan menulis pola yang sama berkali-kali saat Anda menginput nilai / value pada property class.

Contoh versi penulisan dengan PHP di bawah 8:

<?php

class Siswa
{
public string $nama;
public string $umur;
public string $kelas;
public function __construct(
string $nama,
string $umur,
string $kelas
)
{
$this->nama = $nama;
$this->umur = $umur;
$this->kelas = $kelas;
}
}

Sangat panjang, bukan? Bandingkan dengan sistem penulisan pada PHP 8 :
<?php
class Siswa
{
public function __construct(
public string $nama,
public string $umur,
public string $kelas
) {}
}

Menyelesaikan Lebih  Banyak Masalah dengan Named Arguments

Para programmer spesialis di bahasa pemrograman Python dan Ruby mungkin sudah tidak asing dengan fungsi named arguments, namun tidak demikian halnya dengan user PHP. Perbedaan terakhir dari PHP 8 dalah kehadiran named arguments untuk menyelesaikan beragam permasalahan saat penulisan dan pengembangan coding software memakai PHP. Salah satu kegunaan named arguments adalah bisa digunakan untuk mengatasi error null pada pemrograman.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Freelance | Murah dan Profesional

Contoh penggunaan named arguments pada struktur PHP 8 adalah sebagai berikut:

Contoh project: createPerson() :

function createPerson(string $name, int $age, ?string $address = null, ?string $gender = null) {}

// Cara memakai fungsi

// Versi sebelum PHP 8

createPerson('Andi', 35, null, 'pria');

// Named Arguments PHP 8

createPerson(name: 'Andi', umur: 35, gender: 'pria');

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang PHP 8 Windows. Semoga artikel kali ini mampu menjawab rasa penasaran Anda tentang PHP 8 release date yang selama ini ditunggu-tunggu, ya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, langsung saja download PHP 8 Windows sekarang dan segera coba fitur-fitur menariknya!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini. Jangan lupa simak juga artikel IT informatif dan menarik lainnya hanya dari Appkey.id. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya