Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance E&M Coding akan Bersinar di 2021 | Mengenal Sistem...

E&M Coding akan Bersinar di 2021 | Mengenal Sistem E&M Coding

-

Kabar baru datang dari dunia IT. Ahli IT memprediksi bahwa E&M Coding akan bersinar. Pun banyak tenaga E&M coding developer akan dibutuhkan di tahun 2021. Ini adalah berita baik sekaligus peluang karir yang tidak boleh Anda sia-siakan.

Mungkin masih banyak dari masyarakat kita yang belum paham apa itu E&M coding. E&M coding adalah istilah singkatan dari Evaluation and Management coding, bisa juga disebut dengan E/M coding. Evaluation and Management coding adalah salah satu bentuk pengaplikasian skill coding pemrograman di dunia non-IT, yakni dunia medis.

Istilah ini sudah cukup terkenal di luar negeri. Bahkan, Evaluation dan Management coding ini sudah diprediksi akan menjadi sebuah trend serta kebutuhan khusus pada tahun 2021.

Ingin tahu seperti apa cara kerja sistem Evaluation and Management coding ini? Yuk berkenalan dengan apa itu Evaluation and Management Coding pada artikel berikut ini. Siapa tahu Anda bisa mengembangkan skill sebagai Evaluation and Management coding developer! Selamat membaca.

Apa Itu Evaluation and Management Coding?

manajemen-coding

Ilmu pengetahuan dan skill teknologi nyatanya bisa diaplikasikan pada banyak ranah atau bidang kehidupan. Semisal pada dunia bisnis, kita mengenal teknologi martech. Sementara di dunia medis, kita punya Evaluation and Management coding.

Evaluation and Management coding merupakan sistem coding khusus untuk pengolahan data di dunia medis. Teknologi coding IT dibutuhkan untuk mempermudah instansi rumah sakit mengelola beraneka program, sistem manajemen, billing serta dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan aktivitas medis. Bahkan di luar negeri, sistem evaluation and management coding ini telah banyak diaplikasikan pada sistem asuransi swasta untuk masyarakat umum serta beraneka program medis rumah sakit.

Sekilas tentang kemunculan pengaplikasian sistem ini, konsep E/M coding pertama kali dipergunakan pada tahun 1995 dan direvisi kembali / disempurnakan pada tahun 1997. Sejak saat itu, banyak lembaga asuransi swasta yang tertarik mencoba sistem ini untuk mempermudah pengelolaan data-data pasiennya. Hingga hari ini, banyak instansi asuransi masih memakai sistem ini untuk bekerja dan pengaplikasian E/M coding juga mulai melebar diadopsi oleh rumah sakit.

Artikel Terkait  Cara Termudah Mengaktifkan Google Autentikasi 2 Faktor

Apa kegunaan dari E/M coding untuk lembaga kesehatan ini? Sistem E/M coding memungkinkan perusahaan rumah sakit untuk lebih cepat mengidentifikasi tipe pelayanan perawatan kondisi pasien, lebih mudah mengelola aneka dokumen pasien dalam database, hingga mengalkulasi tagihan biaya perawatan di rumah sakit untuk setiap pasien.

Bagaimana Sistem dan Keuntungan dari Evaluation and Management Coding?

evaluasi-coding

Sebagai sebuah susunan coding, kira-kira seperti apa struktur sistem yang dimiliki oleh Evaluation and Management Coding? Kode-kode penyusun Evaluation and Management Coding dibuat menggunakan sistem CPT (current procedural terminology) yang juga disempurnakan dengan sistem AMA (American Medical Association).

Diduga, keterlibatan sistem dan aturan AMA ini lah yang menjadikan Evaluation and Management Coding sulit untuk diterapkan di banyak negara selain Amerika. Tentunya karena sistem pengelolaan TIK di rumah sakit Indonesia memiliki aturan yang berbeda. Sehingga untuk bisa menerapkan sistem evaluation dan management coding ini di Indonesia, mungkin akan dibutuhkan sejumlah penyesuaian antara sistem coding E/M dan juga aturan-aturan pengelolaan TIK rumah sakit di Indonesia.

E/M coding memungkinkan pihak medis untuk melakukan banyak kerja secara jauh alias tanpa tatap muka. Susunan kode E/M ini memang sudah ada sejak 1997 silam, namun, susunan koding E/M akan terus berkembang. Terdapat pula kabar bahwa E/M coding set di tahun 2021 akan mengalami major update sehingga menjadikan kinerjanya lebih efektif. Sayangnya belum terdapat informasi lebih lanjut terkait update tersebut. Mari kita tunggu update lebih lanjut yang akan segera hadir di 2021!

Artikel Terkait  5 Strategi Ampuh Melindungi Website Bisnis Anda di WordPress [Terbaru 2021]

Selanjutnya, mungkin Anda bertanya-tanya apa saja manfaat dari mengaplikasikan evaluation dan management coding system ini dalam pengelolaan data-data pasien rumah sakit? Beberapa kemudahan kerja yang dimungkinkan oleh pengaplikasian E/M coding bagi tim manajemen medis di rumah sakit dapat dirangkum antara lain sebagai berikut:

Bekerja Real Time tanpa Kontak Fisik

Tim medis kini bisa menyelesaikan banyak pekerjaan tanpa susah payah berkontak fisik atau tatap muka dengan bantuan E/M coding. Beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan antara lain melaporkan hasil pemeriksaan pasien ke keluarga pasien, merencanakan tes medis dan uji lab kepada pasien, dan lebih mudah mengadakan sesi konseling dan edukasi kondisi pasien ke keluarganya.

Mudah Menyimpan dan Mengakses Modul

Selanjutnya, pihak rumah sakit dapat lebih mudah menyimpan dan mengakses modul data pasien dan data-data lain memakai sistem E/M coding. Semua data-data administratif dari rumah sakit dapat terbackup dengan lebih baik, tidak memakan banyak tempat, dan lebih mudah untuk diakses kapan saja serta dari mana saja.

Artikel Terkait  Siap Dirilis! 10 Software Cyber Security Check Terbaik di 2021

Mudah Memperbaharui Data Pasien

Semua perubahan kondisi dan diagnosa pasien yang dirawat dapat diperbaharui dengan lebih mudah memakai sistem E/M coding. Pihak administrasi rumah sakit tidak perlu  repot-repot membuat dan menumpuk  aneka dokumen baru di setiap kali dokter memperbaharui data kondisi pasien.

Pihak administrasi cukup memperbaharui data yang tersimpan secara digital dan menyimpannya dalam hitungan detik. Selain itu, sistem E/M coding memungkinkan data seluruh pasien terekam dari awal sampai akhir, serta meminimalisir kesalahan perekaman data pasien.

Membantu Lebih Dekat dengan Keluarga Pasien

Manfaat terakhir dari E/M coding adalah membantu pihak medis lebih mudah dekat dengan keluarga pasien. Dengan sistem teknologi digital, pihak medis dapat lebih mudah menjalin konsultasi dan memaparkan kondisi pasien dengan pihak keluarga pasien.

Pihak keluarga juga dapat dengan lebih mudah mendapatkan data-data medis penting terkait kondisi pasien. Kemudahan pengiriman data pasien dari rumah sakit ke keluarga secara online ini akan memperkecil potensi timbulnya kesalahpahaman atau keterlambatan kesadaran dari keluarga pasien terhadap kondisi kesehatan pasien.

Demikianlah pembahasan artikel  edisi kali ini tentang perkenalan Evaluation and Management coding. Bagaimana, setelah membaca artikel edisi kali ini, apakah Anda tertarik untuk berkarir sebagai seorang E&M coding developer? Tentunya Anda juga bisa berkiprah sebagai developer medis di luar negeri!

Semakin banyak Anda mempelajari referensi tentang Evaluation dan Management coding, maka akan semakin besar pula potensi Anda untuk berkiprah di dunia manajemen database medis internasional.

Semoga artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda seputar dunia IT, ya! Sampai jumpa lagi di pembahasan IT menarik lainnya hanya dari Appkey.id. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya