Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceTertarik dengan Digital Security? Ini Dia Bahasa Pemrograman Terbaik...

Tertarik dengan Digital Security? Ini Dia Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Digital Security

-

Digital security adalah hal yang sangat penting bagi banyak orang khususnya mereka yang berkecimpung dalam teknologi digital. Digital security atau keamanan digital ini adalah istilah kolektif yang menggambarkan sumber daya yang digunakan untuk melindungi identitas online Anda, data, dan aset lainnya. Alat-alat ini termasuk layanan web, perangkat lunak antivirus, kartu SIM ponsel cerdas, biometrik, dan perangkat pribadi yang diamankan.

Dengan kata lain, keamanan digital adalah proses yang digunakan untuk melindungi identitas online Anda. Sementara keamanan digital sendiri diterapkan dalam cyber security. Cyber security atau keamanan siber adalah penerapan teknologi, proses, dan kontrol untuk melindungi sistem, jaringan, program, perangkat, dan data dari serangan siber.

Keamanan siber ini bertujuan untuk mengurangi risiko serangan dunia maya dan melindungi dari eksploitasi sistem, jaringan, dan teknologi yang tidak sah.

Ingin menjadi developer handal di bidang cyber security? Simak penjelasan tentang bahasa pemrograman terbaik untuk digital security di bawah ini.

Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Digital Security

digital-security.

Memahami pemrograman sangat berguna untuk memeriksa perangkat lunak dan menemukan kerentanan keamanan, mendeteksi kode berbahaya, dan menjalankan tugas yang melibatkan keterampilan analitis dalam keamanan siber.

Memilih bahasa pemrograman yang ingin Anda pelajari untuk keamanan siber pun tidaklah mudah. Bahasa yang harus dipelajari bergantung pada konsentrasi Anda. Ada bahasa yang berupa forensik komputer, keamanan untuk aplikasi web, keamanan informasi, analisis malware, atau keamanan aplikasi. Bahasa apa pun yang akan nanti Anda pakai akan sangat bervariasi menurut peran, pengalaman pemrograman menawarkan keunggulan kompetitif yang lebih tinggi bagi pakar keamanan siber dibandingkan yang lain.

Dan meskipun tidak semua posisi  dalam cyber security memerlukan latar belakang pemrograman, namun kemampuan dalam bahasa pemrograman adalah keterampilan penting yang harus dimiliki untuk keamanan cyber tingkat menengah dan atas.

Pemahaman yang kuat tentang bahasa pemrograman membantu para pakar keamanan digital dunia untuk bisa menangani berbagai permasalahan kejahatan di dunia maya, dan memiliki pemahaman yang baik tentang arsitektur suatu sistem berarti lebih mudah untuk mempertahankannya. Ini dia 6 Bahasa Pemorgraman Terbaik untuk Digital Security

1. C dan C++

C dan C++ adalah yang perlu Anda ketahui sebagai profesional keamanan cyber. Bahasa C atau pun C++ adalah bahasa pemrograman tingkat rendah karena ia menyediakan akses ke infrastruktur Teknologi Informasi tingkat rendah seperti RAM dan proses sistem yang jika tidak dilindungi dengan baik. Hal ini membuat peretas dapat dengan mudah mengeksploitasinya.

Bahasa pemrograman C bisa dibilang Ibu dari sebagian besar sistem operasi. C adalah bahasa yang ramping, fleksibel, dan efisien yang dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai tugas seperti kriptografi, pemrosesan gambar, dan jaringan soket.

Pada dasarnya, C++ biasanya dianggap sebagai sister dari C . C++ adalah bahasa fantastis yang sebagian besar didasarkan pada kode sumber C. Ada beberapa program keamanan siber yang dibuat menggunakan C++. Misalnya, Nmap, alat pemetaan jaringan, dibuat menggunakan C++.

Jika Anda berpengalaman dalam menggunakan bahasa pemrograman C/C++, sebagai seorang yang berpengalaman di bahasa pemrograman tersebut, Anda pun akan tahu cara merespons serangan yang menargetkan operasi tingkat rendah dalam lingkungan komputasi Anda.

Artikel Terkait  Siap Dirilis! 10 Software Cyber Security Check Terbaik di 2021

2. Python

Python semakin populer di kalangan pakar dunia maya sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi (high level programming language). Python mempunyai daya tarik terutama karena kepatuhannya terhadap keterbacaan kode, sintaksis yang jelas dan sederhana, dan ketersediaan sejumlah besar perpustakaan.

Jadi, tugas apa pun yang ingin Anda lakukan, Anda selalu dapat menyelesaikannya dengan mudah dengan Python. Misalnya, Anda dapat menggunakan bahasa tersebut untuk mengirim paket TCP ke mesin, melakukan analisis malware, dan membuat sistem deteksi penyusupan dengan ketergantungan minimal pada alat pihak ketiga.

Namun, tidak seperti C/C++, Python mungkin tidak memberikan visibilitas yang cukup ke sumber daya perangkat keras. Mempelajari Python untuk cyber security akan memberi Anda keunggulan dalam karier Anda. Dengan Python, Anda akan dilengkapi dengan keterampilan pemrograman yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kerentanan dalam digital security dan menemukan cara memperbaikinya.

3. JavaScript

JavaScript adalah bahasa pemrograman yang sering disebut sebagai “lingua franca” web. JavaScript adalalah high level programming language dengan penggemar yang sangat banyak. Ia adalah teknologi inti yang menggerakkan Internet. Terutama, ini adalah bahasa yang menambahkan interaktivitas ke halaman web.

Meskipun JavaScript pada awalnya hanya diterapkan di sisi klien di browser web, sekarang dimungkinkan untuk menggunakan bahasa tersebut di jenis infrastruktur host lainnya, seperti sisi server dalam database dan aplikasi offline seperti program PDF.

Oleh karena itu, karena penggunaannya yang luas, mempelajari JavaScript dapat membuat Anda selangkah lebih maju dari para hacker yang ingin meretas perangkat Anda. Anda akan memahami konsep cara kerja situs web dan aplikasi lain serta desain terbaik yang digunakan untuk menangkal hacker dan mampu memperkuat cyber security Anda.

Misalnya, skrip lintas situs adalah serangan berbasis JavaScript yang melibatkan penyerang yang menanamkan kode berbahaya dalam aplikasi web. Jika Anda berpengalaman dalam menggunakan bahasa pemrograman JavaScript, Anda dapat mencegah terjadinya serangan semacam itu.

4. PHP

PHP adalah bahasa pemrograman sisi server (server-side) untuk mengembangkan situs web. Karena sebagian besar situs web dibuat menggunakan PHP, mempelajari bahasa akan memungkinkan Anda mengetahui cara menangkis hacker.

Misalnya, serangan DDoS (Denial-of-service) biasanya Anda bisa menangkisnya dengan mencoba membuat aplikasi web tidak tersedia untuk pengguna yang dituju. Dengan pengetahuan pemrograman PHP, ditambah dengan keterampilan dalam teknologi lain seperti JavaScript, Anda dapat menerapkan solusi yang kuat untuk mengamankan aplikasi web serta menerapkan cyber security pada website Anda. Lihat penjelasan lebih lengkap tentang PHP di sini: https://www.php.net/.

5. SQL

SQL (Structured Query Language) banyak digunakan dalam mengelola data yang disimpan dalam database. Karena ledakan sistem penyimpanan data saat ini, SQL banyak digunakan untuk memelihara dan mengambil data.

Demikian pula, meskipun hacker semakin mampu mengatur bahasa untuk merusak atau mengekstraksi data yang disimpan. Misalnya, serangan injeksi SQL melibatkan eksploitasi kerentanan SQL untuk mencuri atau memodifikasi data yang disimpan dalam database.

Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang baik tentang bahasa SQL sangat penting dalam karir digital security Anda. SQL adalah bahasa pemrograman yang sangat aman untuk digunakan sebagai bahasa untuk membangun backend.

Artikel Terkait  Mengenal Jenis dan Varian CSS : Internal CSS Hingga CSS 3

6. Assembly

Assembly adalah bahasa yang dapat dibaca dan dipahami manusia sebagai bahasa tingkat rendah. Bahasa pemrograman ini pun sangat dimengerti atau intuitif. Level berikutnya turun ke biner 1 dan 0. Salah satu kelemahan terbesar dari Assembly adalah khusus untuk jenis arsitektur.

Hal ini berarti Assembly Linux sangat berbeda dari Assembly Windows. Namun, mampu memahami Assembly memberikan wawasan tentang pengoperasian komputer yang tidak mungkin dilakukan dengan bahasa lain.

Program yang ditulis dalam Assembly akan memiliki instruksi yang memungkinkannya berinteraksi dengan lokasi memori, register, dan menyediakan kontrol yang tidak mungkin dilakukan dengan bahasa lain. Instruksi dalam Assembly ini adalah hal yang harus dimiliki oleh siapa saja yang ingin mengembangkan eksploitasi mereka sendiri atau memahami cara kerja dasar dari sebuah malware. Hal inilah yang membuatnya sangat baik dalam cyber security.

Bahasa pemrograman Assembly memang bukan bahasa yang mudah dipelajari atau bahasa yang kemungkinan besar akan Anda gunakan di setiap profesi keamanan siber, tetapi bahasa ini akan memberi Anda wawasan tentang dunia yang kebanyakan orang tidak menyadarinya.

Demikianlah penjelasan 6 bahasa pemrograman terbaik untuk dipakai dalam digital security maupun cyber security. Ingin tahu lebih banyak tentang bahasa-bahasa pemrograman yang disebutkan di atas? Kunjungi situs WebApp di https://appkey.id/ atau download aplikasinya di Google Play Store.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya