Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

DesainDesign UIIni Dia Python Module Terbaik untuk Graphical User Interface

Ini Dia Python Module Terbaik untuk Graphical User Interface

-

Python module hanyalah file dengan ekstensi “. py” yang berisi kode Python. Kode-kode ini dapat diimpor ke dalam Program Python lain. Secara sederhana, kita dapat menganggap modul sama dengan pustaka kode atau file yang berisi sekumpulan fungsi yang ingin Anda sertakan dalam aplikasi Anda.

Beberapa modul python ini juga berbentuk framework yang bisa mempermudah pengguna untuk membuat suatu aplikasi dan berbagai program lain, salah satunya adalah Graphical User Interface.

Framework GUI Python mungkin terdengar membingungkan bagi pengembang tingkat menengah atau pemula karena beragamnya pilihan tetapi tidak terlalu sulit untuk memulai. Berdasarkan analisis StackOverflow, Python adalah bahasa pemrograman yang paling disukai, dan sebagian besar pengembang di seluruh dunia siap untuk menjelajahi opsi pengembangan ekstrem di Python.

Tetapi bagaimana jika mereka tersesat di tengah-tengah ketika sedang mengembangkan aplikasi? Oleh karena itu penting untuk mengatur keseimbangan yang tepat antara kinerja, keamanan, dan kecepatan yang akan membantu mereka membangun, mengembangkan aplikasi yang lebih intuitif dan berpusat pada pengguna yang UI-nya yaitu User Interface yang kuat, intuitif, dan pada saat yang sama ia bisa berjalan dengan mulus.

Inilah Python Module Terbaik untuk Anda yang ingin membuat graphical user interface.

10 Python Module Terbaik untuk GUI

python-module

Anda bisa menjadi salah satu yang berkontribusi secara mulus terhadap semakin populernya pembuatan aplikasi Pythonic yang open-source, menarik secara visual, dan mudah digunakan untuk jangka waktu yang Anda harapkan.  Berikut adalah 10 Python Module Terbaik.

1. PyGUI

Ini adalah framework interposing untuk membangun GUI. Apakah interposing sangat penting di sini? Dengan kemampuan interposing PyGUI, developer dapat membuat aplikasi yang terdiri dari fitur unik Python dengan memasukkan kode yang lebih kecil antara aplikasi yang dibuat dan fasilitas yang mendasari Platform GUI pythonic ini.

Selain itu, pengguna bisa mengimplementasikan proyek GUI ini pada mesin Windows, sistem berbasis Unix, dan terakhir, pada versi lain dari Perangkat Mac OS yang trendi. Dokumentasi Python Module ini ditulis sedemikian rupa sehingga pengembang atau pemrogram lain dapat membuat pengembangan User Interface (UI) dengan banyak kemudahan dan tanpa merujuk lagi ke pustaka GUI lainnya. PyGUI juga mudah dijangkau dari Python 2 Dan 3 karena sudah tersinkronisasi dengan Python.

2. PySimpleGUI

PySimpleGUI dikembangkan oleh Mike B pada tahun 2018. Framework ini telah membuat pengembangan GUI Python benar-benar fleksibel dan tidak menyulitkan bagi para pemula. Dengan Python Module ini Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari seluk-beluk opsi pengembangan GUI tingkat lanjut yang ditingkatkan dengan mudah untuk pengembang.

Tidak diragukan lagi, cara kerangka kerja ini telah mengadopsi dengan baik manfaat dari 4 GUI – TKinter, Remi, Qt, dan WxPython, yang telah berhasil menurunkan tingkat kesulitan implementasi kode boilerplate sehingga membantu pemula secara intuitif membuat user interface melalui aksesibilitas yang mudah dari berbagai visual elemen.

Artikel Terkait  Cara Mendesain Splash Screen Terbaik untuk Aplikasi Anda

3. Kivy

Kivy pada dasarnya adalah campuran keduanya – Python & Cython (lihat penjelasan tentang Cython: https://tau-data.id/cython-semudah-python/). Melalui open source framework ini, dan lebih dari 20 Widget yang dikemas dalam toolkitnya, pengembang berpotensi membuat user interface yang dicakup dengan fungsionalitas multi-touch.

Kivy mendukung pengembangan Native User Interface dan memiliki banyak interaksi dalam pengembangan Native User Interface. Secara inovatif, Kivy juga merupakan kabar baik bagi perancang antarmuka karena mereka sekarang akan menulis kode sekali dan kemudian, menyebarkannya di berbagai platform bersama dengan penggunaan yang tepat dari desain dan teknik grafis yang kuat.

Python Module ini dapat dengan mudah terlihat di aplikasi iOS dan Android, dan semua user interface Windows, Mac OS, Raspberry Pi, dan Linux. Apa yang harus Anda lakukan sekarang, untuk memulai dengan kerangka kerja GUI yang sangat dapat diperluas ini, adalah menambahkannya ke lingkungan Python Anda sesuai dengan petunjuk penginstalan yang disediakan di situs resminya.

4. Pyside2

Pyside 2, yang dikenal sebagai “Qt for Python” untuk mengisi ulang semua aplikasi Python yang sudah dibuat dan dikembangkan oleh developer maupun programmer.  Selain itu, Anda dapat melihat komunitas yang percaya pada pertukaran ide dan pembelajaran 1M Plus Python atau pengembang perangkat lunak lain untuk mengembangkan aplikasi Qt dengan cara yang menyenangkan.

Untuk saat ini, framework GUI ini secara resmi dijuluki sebagai Modul Python lintas-platform di mana Py. (Python) pengembang dapat secara layak mengakses koleksi perpustakaan/alatnya untuk secara fleksibel membuat user interface yang luar biasa dan dinamis. Khawatir dengan kerumitan bagian dokumentasinya!! Anda lebih baik merasa santai karena hal yang sama telah disederhanakan melalui panduan video, contoh, tutorial, dan Dokumen API tambahan.

Selanjutnya, tanpa membuang waktu lagi, Anda sekarang harus melibatkan diri Anda dengan berbagai topik seputar Kerangka GUI ini dan mendapatkan pengakuan di pasar berteknologi maju ini seperti halnya perusahaan teknologi tinggi seperti TomTom, AMD, dan sebagainya telah menetapkan nilai pasar mereka.

5. Tkinter

Tkinter menyambut banyak Developer Python untuk melengkapi Tk GUI Toolkit-nya. Tkinter mengeluarkan perpustakaan elemen dasar Widget GUI yang dengannya seseorang dapat membangun Graphical User Interface yang sederhana dan open-source.

Beberapa Widget GUI yang diperoleh dengan berbagai tingkat kemampuan penyesuaian dalam Python Module adalah:

  1. Button – dapat digunakan untuk menerima input pengguna
  2. Chcekbutton – dapat digunakan untuk menyatukan pilihan seperti warna, gambar monokrom, ukuran batas
  3. Dialog file – untuk mengunggah & mengunduh file dari/ke aplikasi
  4. Label – untuk menunjukkan info tekstual.
  5. Canvas – memberi ruang pengembang untuk menggambar serta melukis plot, grafik
  6. Frame – memberikan fleksibilitas pada struktur aplikasi Anda

Hal yang perlu Anda lakukan sekarang adalah mengambil lebih banyak tindakan pada Dokumentasi TKinter. Cobalah untuk belajar agar lebih familiar dengan banyak elemen GUI untuk membuat aplikasi GUI desktop atau Python.

6. LibAvg

LibAvg adalah framework yang dapat membangun GUI intensif untuk para developer Python. Module Python ini ditulis dalam C++ dan dikembangkan oleh Alfred Bigler. Anda dapat menggunakan platform ini untuk pengembangan tingkat tinggi serta mengembangkan UI dengan lancar untuk perangkat yang sebagian besar berbasis touch screen.

Meskipun demikian, framework ini telah digunakan di banyak proyek komersial seperti GlobalData, SimMed, dan C-Base Scan. Module Python ini dapat berjalan dengan baik di Windows, Linux, dan Mac OS X. LibAvg lebih cepat dengan berbagai elemen tampilan seperti teks, vektor grafis, video, output kamera, dan gambar.

Selain itu, shader OpenGL & GPU dengan lancar menangani H/W yaitu akselerasi Hardware sehingga memungkinkan pengembang melanjutkan tindakan mereka dalam mengembangkan visual yang kaya grafis. Untuk saat ini, yang harus Anda lakukan adalah melihat petunjuk pemasangannya dengan mengunjungi halaman situs web resmi LibAvg dan kemudian, akses semua internalnya.

7. Wax

Wax telah membuat pengembangan GUI lebih mudah dan skalabel untuk pengembang Python melalui abstraksi yang berguna yang berhasil menghapus aspek GUI tingkat rendah. Dengan kelebihan ini, pengembang tidak perlu berinteraksi dengan Windows, Mac OS, atau Linux pada tingkat abstraksi rendah sehingga menghasilkan efek visual siap pakai hanya dengan menulis lebih sedikit baris kode.

Selain itu, Wax lebih ramah pengembang daripada Kerangka GUI Python lainnya yang dibungkus dengan widget grafis asli. Wax paling sering diimplementasikan sebagai modul Python berekstensi yang memungkinkan Anda untuk membangun banyak aplikasi lintas platform yang kompatibel dengan lebih dari satu OS yaitu Sistem operasi seperti Windows.

Oleh karena itu, Anda bebas menikmati tingkat kecepatan dan efisiensi yang disediakan oleh modul Python sehingga Anda dapat membuat versi Antarmuka Pengguna yang lebih sederhana dan fleksibel tanpa harus bertarung dengan angin ekstrem tingkat abstraksi rendah.

Artikel Terkait  Tips Kombinasi Warna UI/UX Website Terbaik

8. PyQt5

PyQt5 adalah framework GUI lintas platform yang sederhana namun menggembirakan untuk Python Developer. Dalam rentang waktu yang lebih singkat, Anda dapat membuat aplikasi yang mendukung Mac OS X, Linux, Windows, Android, dan Raspberry Pi secara substansial.

Terdiri dari beberapa widget GUI seperti slider, List-Box, Buttons, dan sebagainya yang diatur di dalam jendela, memungkinkan untuk menyesuaikan tema dan membuat desain grafis estetika terpadu melalui PyQt5 yang sangat memanjakan pengguna.

Modul Python ini memungkinkan pengembang mempertahankan konsistensi dan penggunaan kembali kode secara keseluruhan sambil mengembangkan Antarmuka Pengguna melalui manipulasi data langsung.

Selain itu, PyQt5 telah menurunkan modularitas Bahasa Python melalui ekstensinya sehingga pengembang dapat dengan kuat membuat aplikasi skala kecil maupun skala besar dengan sangat mudah.

9. wxPython

wxPython adalah framework GUI yang cocok untuk pengembang dan pemrogram Python pemula serta menengah. Anda dapat menjalankannya di Mac OS atau berbagai sistem Unix, kemampuan lintas platformnya akan membalas dengan cara yang sama tanpa biaya tambahan atau nol.

Dibungkus dengan widget pythonic multiguna seperti ComboBox, ToggleButton, StatusBar, StaticLine, dan banyak lagi, wxPython memungkinkan pengembang pemula atau menengah benar-benar membuat UI asli untuk aplikasi Python mereka dengan sedikit atau tanpa modifikasi. Hal terpenting, framework GUI ini gratis untuk digunakan semua orang. Fitur-fitur di dalamnya memungkinan memperbaiki kesalahan kode atau peningkatan dalam bentuk peningkatan keterbacaan kode meningkat.

Oleh karena itu, para pengembang tidak perlu terlalu khawatir dengan biaya pengembangan aplikasi Python berkualitas tinggi karena sifat open-source wxPython fleksibel dengan peningkatan kode di mana saja, kapan saja. Jadi, Anda sekarang harus mencoba pip install wxPython untuk menginstal framework GUI yang sesuai ini.

10. PyGame

PyGame, selain menjadi framework GUI yang berguna, PyGame telah menjadi primer khusus untuk pemrograman game melalui Python. Alasan paling umum adalah bahwa dengan grafik dan pustaka suara yang menarik secara visual berada di dalam koleksi modul Python.

Developer Game pun dapat menulis VG (yaitu Video Game). Dengan SDL (Simple Direct Media) Layer library yang futuristic sehingga generasi berikutnya dapat mengejar minat mereka dalam pengembangan game komputer secara real-time.

Itulah 10 Python Module terbaik yang bisa Anda pakai untuk membangun Graphical User Interface. Jika Anda seorang developer User Interface dan memahami bahasa pemrograman Python, Anda bisa coba salah satu modul Python terbaik ini untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Dapatkan informasi seputar user interface di Web App melalui link: https://appkey.id/ atau download aplikasi Web App di Google Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi teraru.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya