Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingJava 11 Sudah Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

Java 11 Sudah Dirilis, Apa Saja Fitur Terbarunya?

-

Java merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sangat populer di kalangan programmer. Ada banyak perusahaan-perusahaan maupun website-website terkenal yang menggunakan Java. Tidak heran, bahasa pemrograman ini sudah ada sejak lama sehingga lebih banyak orang familiar menggunakannya dibanding bahasa pemrograman lain yang dirilis belakangan.

Oracle merilis Java 11 pada September 2018, hanya 6 bulan setelah versi terdahulunya yaitu versi 10. Java versi 11 adalah rilis dukungan jangka panjang (Long Time Support) pertama setelah Java 8. Oracle juga berhenti mendukung Java 8 pada Januari 2019. Akibatnya, banyak dari kita akan meningkatkan ke Java versi 11.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang Java versi terbaru yaitu versi ke 11 dan membahas apakah Java 11 bisa menjadi pilihan untuk Anda. Kemudian kita akan menjelajahi fitur baru, fitur yang dihapus dari versi sebelumnya dan peningkatan kinerja yang diperkenalkan di Java versi ke- 11.

Mengenal Java 11 dan Berbagai Fitur Terbarunya

java programming

Sebenarnya kita pun belum sepenuhnya memahami di Java 10 dan sekarang sudah ada Java 11. Anda mungkin masih menggunakan Java versi terdahulu bahkan Java versi di bawah versi ke -10.  Java versi ke- 11 juga tetap penting untuk diperhatikan dari beberapa alasan.

Oracle telah mengubah model dukungannya dan menghasilkan rangkaian rilis yang akan membawa pembaruan cepat, kira-kira setiap 6 bulan. Mereka telah mengubah model lisensi dan dukungan yang berarti jika Anda mengunduh Java 11 Oracle JDK, itu akan dibayar untuk penggunaan komersial.

Java versi 11 ini adalah salah satu versi dari bahasa pemrograman Java yang dirilis dengan LTS setelah Java 8. Sejak keberadaan versi terbaru Java ini, Oracle tidak lagi menyediakan versi gratis Java untuk penggunaan secara komersial.

Sementara Oracle JDK tidak lagi gratis, Anda selalu dapat mengunduh Open JDK dibangun dari Oracle atau penyedia lain seperti sebagai AdoptOpenJDK, Azul, IBM, Red Hat, dan lain sebagainya. Sejak Oracle telah membuat aturan baru di mana versi terbaru Java akan muncul setiap enam bulan, jika Anda menggunakan Open JDK gratis oleh Oracle, Anda harus memperbaruinya setiap enam bulan, karena Oracle sulit untuk beradaptasi dengan perusahaan.

Sekarang, Anda bisa membayar dukungan komersial ke Oracle dan migrasikan hanya dari satu versi LTS ke versi LTS berikutnya. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan semua pembaruan dan dukungan untuk Java ke- 11 hingga 2026. Diprediksi juga, Anda dapat mengunduh Java 17 pada tahun 2022.

Hingga saat ini Anda tetap bisa menggunakan versi Java gratis bahkan setelah dukungannya berakhir. Meskipun Anda tidak akan mendapatkan pembaruan keamanan dan itu dapat membuka celah keamanan.

Oracle tidak akan memberikan dukungan atau pembaruan komersial untuk Java 9 dan Java 10. Anda perlu mencari build alternatif lain untuk tetap menggunakannya secara gratis. Anda tertarik untuk menggunakan Java versi ke 11? Simak cara download Java 11 di bawah ini.

Download Java 11 dengan Mudah

Anda ingin download Java 11 dengan mudah? Buka halaman Oracle Java Archive di sini: https://www.oracle.com/java/technologies/downloads/archive/. JDK adalah lingkungan pengembangan untuk membangun aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java. JDK menyertakan alat yang berguna untuk mengembangkan dan menguji program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java dan berjalan di platform JavaTM.

Setelah itu, pilih Java 11 yang sesuai dengan perangkat Anda. Versi JRE dan JDK yang lebih lama ini disediakan untuk membantu pengembang men-debug masalah di sistem yang lebih lama. Untuk penggunaan produksi, Oracle merekomendasikan untuk mengunduh versi JDK dan JRE terbaru dan mengizinkan pembaruan otomatis. Hanya pengembang dan administrator Perusahaan yang harus mengunduh rilis ini.

Mengunduh rilis ini memerlukan akun oracle.com. Jika Anda tidak memiliki akun oracle.com, Anda dapat menggunakan tautan di bagian atas halaman ini untuk mempelajari lebih lanjut tentangnya dan mendaftar secara gratis.

Setelah berhasil mendownload Java 11 yang Anda inginkan, Anda bisa ikuti langkah-langkah yang tertera di sana untuk download versi 11 Java Anda. Instal Java versi 11, tidak lebih dari install aplikasi biasa di perangkat komputer Anda.

Artikel Terkait  Appy Pie Adalah : Penggunaannya dalam Pembuatan Aplikasi yang Harus Anda Ketahui!

Perubahan Penting dalam Java Versi Terbaru

Berikut ini adalah beberapa perubahan penting dan informasi tentang rilis versi 11 ini.

  • Deployment stack, yang diperlukan untuk Applet dan Start Web Application, tidak digunakan lagi di JDK 9 dan telah dihapus di JDK 11.
  • Tanpa Deployment Stack, seluruh bagian browser yang didukung telah dihapus dari daftar konfigurasi JDK 11 yang didukung.
  • Pembaruan otomatis, yang tersedia untuk penginstalan JRE di Windows dan macOS, tidak lagi tersedia.
  • Menginstal JDK di rilis sebelumnya secara opsional menginstal JRE baik Windows maupun MacOs. Di JDK 11, hal ini bukan lagi pilihan.
  • Dalam rilis ini, JRE atau Server JRE tidak lagi ditawarkan. Hanya JDK yang ditawarkan. Pengguna dapat menggunakan Jlink untuk membuat runtime kustom yang lebih kecil.
  • JavaFX tidak lagi disertakan dalam JDK. Sekarang tersedia sebagai unduhan terpisah dari openjfx.io.
  • Java Mission Control, yang dikirimkan dalam JDK 7, 8, 9, dan 10, tidak lagi disertakan dengan Oracle JDK. Sekarang sudah unduhan terpisah.
  • Rilisan sebelumnya diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jepang, dan Cina Sederhana serta Prancis, Jerman, Italia, Korea, Portugis (Brasil), Spanyol, dan Swedia. Namun, dalam Java 11 dan yang lebih baru, terjemahan Prancis, Jerman, Italia, Korea, Portugis (Brasil), Spanyol, dan Swedia tidak lagi tersedia.
  • Format kemasan yang diperbarui untuk Windows telah berubah dari tar.gz menjadi .zip, yang lebih umum di OS Windows.
  • Format paket yang diperbarui untuk macOS telah berubah dari .app menjadi .dmg, yang lebih sesuai dengan standar untuk macOS.

Fitur Terbaru Java 11

  1. Inferention Type untuk Parameter Lambda

Penyebutan pertama di antara fitur Java 11 terbaru dengan contohnya adalah inferention untuk parameter lambda. Sekarang, Anda dapat memilih untuk menentukan jenis parameter lambda atau menghilangkannya saat menulis ekspresi lambda.

  1. String::lines

Fitur baru lainnya di Java 11 adalah ‘String::lines’ yang membantu dalam streaming baris. Fitur Java ke -11 dari String::lines ideal untuk situasi di mana Anda memiliki string multiline.

  1. Karakter, Skrip, dan Blok Baru

Perbedaan mencolok antara versi Java dan Java 11 yang berbeda adalah pengenalan 16.018 karakter baru. Java versi 11 telah menambahkan 128 karakter emoji, 19 simbol ideal untuk standar TV 4K baru, dan tanda Bitcoin. Anda  juga dapat menemukan sepuluh skrip baru dan 18 blok baru.

  1. Klien HTTP Standar

Perbedaan menonjol lainnya antara versi Java dan Java versi 11 yang berbeda adalah standarisasi API client HTTP yang diinkubasi. HTTP Client API menemukan pengenalan di JDK 9 dan telah diperbarui di JDK 10 ke JEP321 HTTP. Sekarang, tidak ada API inkubasi dalam paket “jdk.incubator.http” seperti sebelumnya. Kode yang menggunakan tipe dari paket “jdk.incubator.http” memerlukan pembaruan untuk mengimpor tipe HTTP dari paket standar “java.net.http”.

Artikel Terkait  Peluncuran APP-TOKO: Paket Layanan Pengembangan Aplikasi dan Website

  1. Metode Default .toArray(IntFunction)

Setelah tanggal rilis Java versi 11, fitur baru lainnya di Java terbaru ini juga hadir. Fitur baru adalah metode default .toArray(IntFunction), yang sekarang menjadi bagian dari antarmuka ‘java.util.Collection’. Metode ini membantu dalam mentransfer elemen dalam koleksi ke array yang baru dibuat yang memiliki tipe runtime tertentu.

  1. Epsilon Garbage Collection

Penambahan JEP 318 Epsilon ke fitur Java versi 11 teratas juga merupakan sorotan penting lainnya. No-Op Garbage Collection ideal untuk menangani hanya alokasi memori tanpa menerapkan peralatan reklamasi memori. Grabage Collection membantu untuk perbandingan biaya-manfaat dari pengumpul sampah lain dan pengujian kinerja.

  1. Profiling Stack Overhead yang Rendah

Java terbaru ini menyediakan fitur pendekatan overhead rendah untuk pengambilan sampel alokasi heap Java melalui JVMTI. Desain pendekatan ini sangat ideal untuk mencapai tujuan tertentu. Pertama-tama, overhead rendah berada pada tingkat yang cukup untuk aktivasi default. Manfaat selanjutnya adalah untuk mendapatkan informasi tentang objek Java hidup dan mati.

  1. Mekanisme KeyStore yang Ditingkatkan

Preseden keamanan untuk fitur Java 12 dapat mengambil inspirasi dari Java terbaru ini. Mekanisme KeyStore yang baru dan lebih baik di Java versi 11 pasti dapat memberikan bukti yang valid untuk itu. Anda dapat menemukan properti keamanan baru dengan nama ‘jceks.key.serialFilter’ di Java versi 11.

  1. Z Garbage Collection

Salah satu entri baru yang penting dalam fitur Java versi ke- 11 teratas adalah Z Garbage Collection (ZGC) atau Z. hal ini merupakan sampah latensi rendah terukur yang ideal untuk menangani tujuan tertentu. Z Garbage Collection memastikan bahwa waktu jeda tidak melebihi 10 md. Hal ini juga memastikan bahwa waktu jeda tidak bertambah dengan ukuran heap atau live-set. Terakhir, ZGC juga mengelola tumpukan dengan berbagai ukuran mulai dari 100 megabita hingga multiterabita.

  1. Alokasi Dinamis dari Thread Kompilator

Kontrol dinamis dari utas kompiler dimungkinkan sekarang di Java ke – 11 dengan flag baris perintah baru. Bendera baris perintah adalah ‘-XX: +UseDynamicNumberOfCompilerThreads.’ VM memulai banyak utas kompiler pada sistem dengan banyak CPU dalam mode kompilasi berjenjang.

  1. Metode File Baru

Metode file baru di antara fitur Java versi 11 juga merupakan daya tarik utama dalam rilis Java baru. Metode file baru termasuk ‘writeString()’ , ‘readString()’ dan ‘isSameFile()’. ‘writeString()’ ideal untuk menulis beberapa konten dalam file sementara ‘readString()’ ideal untuk membaca konten dalam file. Metode ‘isSameFile()’ membantu mengetahui apakah dua jalur mengidentifikasi file yang sama.

Demikianlah penjelasan tentang Java 11 dengan berbagai fitur terbarunya. Apakah Java versi terbaru ini lebih baik dari versi sebelumnya? Mengingat versi terbaru ini berbayar, Java versi 11 ini cocok dipakai untuk perusahaan-perusahaan besar.

Ingin dapat berbagai informasi terbaru seputar teknologi website maupun aplikasi? Jangan lupa download aplikasi Web App di Google Play Store atau allow notification dari situs Web App di https://appkey.id/.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya