Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteFront endPanduan Membuat Graphical User Interface Menggunakan Python

Panduan Membuat Graphical User Interface Menggunakan Python

-

Graphical User Interface (GUI) menjadi populer belakangan ini untuk membangun tampilan antarmuka bagi pengguna dengan menampilkan berbagai grafis seperti menu, icon, dan windows. GUI adalah interface yang sering dipakai untuk menggunakan PC, tablet, dan perangkat akhir lainnya.

GUI menggunakan elemen grafis seperti simbol, menu, dan gambar untuk menyederhanakan penggunaan bagi pengguna manusia. Antarmuka pengguna grafis digunakan oleh sistem operasi maupun aplikasi individual. Hampir setiap program untuk pengguna akhir dilengkapi dengan GUI saat ini.

Apa itu Graphical User Interface (GUI)?

graphical-user-interface.

Graphical User Interface atau Antarmuka Pengguna Grafis adalah jenis antarmuka (interface) yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan komputer dan berbagai fiturnya. GUI menyederhanakan interaksi komputer untuk rata-rata orang, sehingga memungkinkan pengguna pemula sekalipun dengan mudah menavigasi berbagai fungsi komputer.

Sebelum munculnya antarmuka pengguna grafis, individu membutuhkan setidaknya pengetahuan dasar tentang pemrograman komputer untuk berinteraksi dengan komputer dan menavigasi jaringan. Ada banyak bagian dari antarmuka pengguna grafis yang telah terbiasa dengan individu. Hal ini termasuk:

  • Pointer yang dikendalikan oleh mouse, layar sentuh, atau perangkat input lainnya.
  • Menu dan ikon yang dapat digunakan untuk mengakses fitur tertentu dengan mudah.
  • Windows yang dapat dialihkan antara dan digunakan untuk menggambarkan perbedaan antara program yang aktif.

Contoh umum Graphical User Interface termasuk Windows, yang sangat meningkatkan popularitas komersial antarmuka pengguna grafis pada umumnya. Namun, ada banyak jenis antarmuka pengguna grafis lainnya, dengan Apple sebenarnya telah membantu mengembangkan versi pertama.

Jenis program ini dulunya dianggap mewah, tetapi seiring dengan berubahnya pemrograman, ketersediaannya pun ikut berubah. Memang, gagasan memiliki komputer tanpa GUI aktif sekarang bahkan tidak dianggap mungkin agar komputer bisa sukses secara komersial.

Cara Kerja Graphical User Interface

GUI adalah antarmuka pengguna yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan komputer. Ini biasanya terjadi dengan menggunakan mouse dan keyboard, meskipun kontrol dengan sentuhan dan gerakan menjadi semakin umum. Saat Anda menggerakkan mouse komputer, kursor yang ditampilkan di layar Anda juga bergerak.

Sinyal perangkat dikirim ke komputer, yang menerjemahkannya ke dalam gerakan serupa di layar. Jika pengguna mengklik simbol program tertentu di menu, perintah yang sesuai dikeluarkan dan program diluncurkan.

Pada dasarnya, Graphical User Interface adalah jenis penerjemah yang berkomunikasi antara manusia dan mesin. Tanpa GUI, Anda perlu mengontrol program dan aplikasi dengan mengetikkan instruksi ke dalam baris perintah. Ini akan terlihat sebagai berikut (contoh membuka explorer):

C:\User\Me>start explorer

Elemen dari Graphical User Interface

GUI menggabungkan desain visual dengan fungsi pemrograman. Oleh karena itu, ia menawarkan tombol, menu tarik-turun, bidang navigasi, bidang pencarian, simbol, dan widget. Pengembang GUI memprioritaskan keramahan pengguna. Komponen Graphical User Interface yang umum meliputi:

  • Entry fields
  • Windows
  • Canvases
  • Frames
  • Buttons
  • Write fields
  • Text fields

Recycle bin adalah contoh yang baik dari elemen yang ditemukan di sebagian besar sistem operasi. Ini diwakili oleh tempat sampah di sistem operasi Windows dan Mac. Hal ini memungkinkan pengguna untuk segera mengenali untuk apa tempat sampah daur ulang: menghapus dokumen dan file.

Saat menulis GUI, pengembang menggunakan pemrograman berbasis peristiwa karena mereka tidak dapat memprediksi tindakan mana yang akan dilakukan pengguna. Untuk alasan ini, GUI tidak dapat diprogram secara linier. Mereka harus ditulis sehingga perintah hanya dijalankan setelah pengguna memberikan sinyal yang tepat.

Artikel Terkait  Apa itu Pure CSS? Mengenal Pure CSS, Alternative untuk BootStrap

Syarat Sebuah GUI

Di atas segalanya, GUI yang efektif harus menyederhanakan kontrol bagi pengguna. Saat merancang antarmuka seperti itu, penting untuk memastikan bahwa GUI memfasilitasi penggunaan intuitif. Namun, ini membutuhkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan preferensi pengguna. Desain berbasis pengalaman pengguna bertujuan untuk menawarkan kepada pengguna apa yang mereka harapkan dari aplikasi. Aspek-aspek berikut harus diingat ketika mengembangkan GUI:

  • Interface yang sederhana: Sebaiknya singkirkan elemen desain yang tidak perlu dan pilih label yang sederhana dan mudah dipahami.
  • Tata letak berbasis tujuan: Setiap halaman harus terstruktur dengan baik dan setiap elemen harus menjalankan fungsi yang jelas.
  • Konsistensi: Saat menggunakan beberapa elemen dan grafik, penting bahwa semua elemen individual dikoordinasikan satu sama lain.
  • Desain dan tipografi: Elemen desain, warna, dan teks harus ditempatkan di latar depan atau latar belakang tergantung pada tujuannya masing-masing. Menggunakan gaya dan ukuran font yang sesuai dan mudah dibaca juga penting.
  • Pembaruan pengguna: GUI juga harus memberikan informasi tentang kesalahan dan perubahan status.

Kekurangan dan Kelebihan Graphical User Interface

Seperti semua program komputer, GUI memiliki banyak jenis kelebihan dan kekurangan. Di satu sisi, berbagai bagian GUI dapat menyederhanakan penggunaan komputer dan membuat komputer sangat mudah diakses oleh semua orang.

Fitur GUI seringkali sangat menarik dan intuitif, dan jika dirancang dengan benar, dapat membuat pengguna komputer menjadi sangat efisien. Selain itu, jika dirancang dengan tepat, akan sangat mudah untuk menemukan file dan mengakses program yang ingin digunakan pengguna.

Namun, fitur GUI memang datang dengan beberapa kelemahan. Untuk satu hal, berbagai bagian dari antarmuka ini sebenarnya dapat membatasi berdasarkan desain. Pilihan desain dapat membatasi apa yang dijelajahi pengguna hingga apa pun yang diputuskan oleh perancang.

Dengan demikian, mereka dapat secara tidak sengaja membatasi seseorang, atau setidaknya membelokkan arah di mana mereka membuat pilihan. Sistem seringkali tidak dapat dengan mudah dikustomisasi, sehingga semakin membatasi pengalaman pengguna secara keseluruhan. Selain itu, antarmuka pengguna grafis seringkali tidak praktis dan memakan banyak ruang di dalam komputer.

Cara Membuat Graphical User Interface

Pembuatan Graphical User Interface bisa sangat rumit atau sangat sederhana. Di satu sisi, membuat versi Anda sendiri dari antarmuka pengguna grafis yang ada relatif sederhana: Biasanya, yang diperlukan hanyalah pengetahuan tentang sistem yang sudah Anda gunakan. Dari sana, Anda dapat menyesuaikan sistem dengan mengikuti perintah bawaan yang memungkinkan Anda mengubah GUI yang Anda gunakan.

Jika Anda ingin membuat antarmuka pengguna grafis dari awal, pengetahuan pemrograman yang lebih maju biasanya diperlukan. Graphical User Interface Anda sendiri dapat diringkas menjadi langkah-langkah berikut:

  1. Tentukan bahasa pemrograman apa yang ingin Anda gunakan.
  2. Pilih elemen visual yang ingin Anda manfaatkan dan tentukan bagaimana elemen tersebut akan diakses.
  3. Pilih menu dan opsi jendela.
  4. Tentukan widget apa yang ingin Anda gunakan.
  5. Ikuti langkah-langkah pemrograman yang sesuai dengan pilihan Anda di atas.

Artikel Terkait  Magento Adalah : Solusi Bagi Anda yang ingin Mulai Membangun Toko Online

Membuat Graphical User Interface dalam Python

Python memberi sejumlah pilihan terkait dengan pengembangan GUI (Graphical User Interface). Dari berbagai metode, tkinter merupakan cara atau metode yang sangat umum dan paling umum untuk digunakan.

Tkinter menjadi Standard Python Interface ke toolkit GUI Tk yang dikirimkan dengan menggunakan bahasa Python. Python dengan tkinter adalah cara tercepat dan termudah untuk membuat aplikasi GUI. Menggunakan tkinter untuk membuat GUI sangatlah mudah. Untuk membuat aplikasi tkinter simak langkah-langkah ini.

  • Mengimpor modul – tkinter
  • Buat jendela utama (wadah)
  • Tambahkan sejumlah widget ke jendela utama
  • Terapkan event Trigger pada widget.

Mengimpor tkinter sama dengan mengimpor modul lain dalam kode Python. Perhatikan bahwa nama modul di Python 2.x adalah ‘Tkinter’ dan di Python 3.x adalah ‘tkinter’.

import tkinter
  1. Tk(screenName=None, baseName=None, className=’Tk’, useTk=1): Untuk membuat jendela utama, tkinter menawarkan metode ‘Tk(screenName=None, baseName=None, className=’Tk’, useTk= 1)’. Untuk mengubah nama jendela, Anda dapat mengubah className ke yang diinginkan. Kode dasar yang digunakan untuk membuat jendela utama aplikasi adalah:
=tkinter.Tk() di mana m adalah nama objek jendela utama

2. mainloop(): Ada metode yang dikenal dengan nama mainloop() yang digunakan saat aplikasi Anda siap dijalankan. mainloop() adalah infinite loop yang digunakan untuk menjalankan aplikasi, menunggu event terjadi dan memproses event tersebut selama window tidak ditutup.

m.mainloop()
Contoh: 
import tkinter
m = tkinter.Tk()
'''
widgets are added here
'''
m.mainloop()

tkinter juga menawarkan akses ke konfigurasi geometris widget yang dapat mengatur widget di jendela induk. Ada terutama tiga kelas kelas manajer geometri.

  • pack() metode: Ini mengatur widget di blok sebelum menempatkan di widget induk.
  • grid() metode: Ini mengatur widget di grid (struktur seperti tabel) sebelum ditempatkan di widget induk.
  • place() metode: Ini mengatur widget dengan menempatkannya pada posisi tertentu yang diarahkan oleh programmer.

Itulah penjelasan tentang Graphical User Interface khususnya ketika membuatnya dengan Python. Revolusi digital tidak akan terpikirkan tanpa antarmuka pengguna grafis. GUI bahkan memungkinkan pengguna pemula untuk memulai program dengan cepat. Simbol yang mudah dipahami dan teks penjelasan memberikan tingkat keramahan pengguna yang tinggi.

Ingin tahu lebih banyak tentang teknologi pemrograman? Jangan lupa kunjungi Web App di https://appkey.id/  atau download aplikasinya di Play Store agar Anda tidak ketinggalan informasi terbaru.

 

 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya