Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingTips dan Trik Python Programming untuk Pemula

Tips dan Trik Python Programming untuk Pemula

-

Bagi pemula dalam bahasa pemrograman, Python adalah salah satu bahasa pemrograman terbaik untuk dipelajari. Python tidak hanya berguna dalam pengembangan perangkat lunak, tetapi juga berguna untuk kebutuhan lainnya seperti analisis data, visualisasi data, dan masih banyak lagi. Cara terbaik untuk belajar Python adalah mengetahui bagaimana Python Programming bekerja. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan memberikan 11 tips dan trik Python Programming untuk para pemula.

11 Tips dan Trik Python Programming untuk Pemula

pyhon-programming..

1. Latihan Setiap Hari

Konsistensi sangat penting ketika Anda belajar bahasa baru. Membuat coding setiap hari akan membantu Anda semakin mudah memahami bahasa pemrograman tersebut. Cobalah untuk berlatih setiap hari untuk melatih otot dan pikiran Anda dalam melakukan Python Programming. Mulailah dengan berlatih coding Python selama 25 menit sehari.

2. Buatlah Catatan Kecil

Penelitian menunjukkan bahwa mencatat dengan tangan paling efektif untuk retensi jangka panjang. Cara ini akan sangat bermanfaat bagi mereka yang bekerja untuk mencapai tujuan menjadi Full-time Developer, khususnya dalam spesialiasi Python Programming.

Jika Anda baru mulai mengerjakan proyek dan program kecil, menulis dengan tangan juga dapat membantu Anda merencanakan kode sebelum memindahkannya ke komputer. Menuliskan fungsi dan kelas mana yang diperlukan dan bagaimana mereka berinteraksi dapat menghemat banyak waktu.

3. Jadilah Interaktif

Baik Anda belajar tentang struktur data dasar Python (string, list, dictionary, dan lain-lain.) untuk pertama kalinya, atau Anda sedang men-debug aplikasi, shell Python interaktif akan menjadi salah satu alat pembelajaran terbaik Anda.

Untuk menggunakan shell Python interaktif (juga kadang-kadang disebut “Python REPL”), hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan Python diinstal di komputer Anda. Guna membuat shell Python aktif dan interaktif, Anda hanya perlu membuka terminal Anda dan jalankan python atau python3 bergantung pada pengaturan Anda.

4. Ambil Istirahat Sejenak

Ketika Anda belajar, penting untuk mengambil istirahat sejenak dan menyerap konsep. Teknik Pomodoro banyak digunakan dan dapat membantu ketika belajar Python: Anda bekerja selama 25 menit, istirahat sejenak, lalu ulangi prosesnya. Istirahat sangat penting untuk  sesi belajar yang efektif, terutama saat terpapar banyak informasi baru.

Istirahat sangat penting saat Anda melakukan debugging. Jika Anda menemukan kesalahan dan tidak tahu cara mengatasinya, istirahatlah. Anda dapat meninggalkan komputer, mengobrol dengan teman, atau berjalan-jalan.

Dalam Python Programming, kode Anda harus mengikuti aturan bahasa dan logika dengan tepat, jadi bahkan menghilangkan tanda kutip akan merusak segalanya. Mata segar membuat perbedaan besar.

5. Jadilah Pemburu Bug

Program apapun, baik sederhana maupun yang kompleks, akan selalu terdapat bug di dalamnya. Jangan biarkan bug membuat Anda frustrasi. Jangan biarkan bug membuat Anda frustasi. Anggaplah bug tersebut adalah harta karun, dan jadilah pemburu bug!

Saat melakukan debug, sangat penting untuk memiliki pendekatan sistematis yang dapat membantu Anda mencari tahu letak kesalahan kode Anda. Menelusuri kode sesuai urutan eksekusinya dan memastikan setiap bagian berfungsi adalah cara yang bagus untuk melakukan ini.

Setelah Anda memiliki gagasan tentang di mana hal-hal yang mungkin rusak, masukkan baris kode berikut ke dalam skrip import pdb Anda; pdb.set_trace() dan jalankan. Ia merupakan debugger Python dan akan berada dalam mode interaktif.  Debugger juga dapat dijalankan dari baris perintah dengan python -m pdb <my_file.py>.

Artikel Terkait  Mengenal Lebih Jelas Tentang Node js | Fungsi, Kekurangan dan Kelebihannya

6. Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Yang Sedang Belajar

Meskipun pengkodean mungkin tampak seperti aktivitas tersendiri, cara paling baik untuk belajar Python Programming saat Anda bekerja dan belajar bersama. Belajarlah dengan orang-orang yang bertujuan sama dengan Anda.

Jangan khawatir jika Anda tidak mengenal siapa pun yang juga sedang belajar coding. Ada beragam cara untuk menemukan orang-orang dengan semangat tinggi dalam belajar Python. Ikutilah berbagai grup belajar Python yang ada di forum seperti Quora, Telegram, atau ikuti kursus gratis yang ada di mana-mana sekarang ini.

7. Ajarkan yang Sudah Anda Pelajari

Mengajarkan kepada orang lain hal-hal yang sudah Anda pelajari adalah cara terbaik untuk menghafal semua yang udah Anda pelajari. Ada banyak cara untuk mengajarkan orang lain tentang Python Programming seperti menulis posting blog yang menjelaskan konsep yang baru dipelajari atau membuat video di mana Anda menjelaskan sesuatu yang Anda pelajari.

8. Lakukan Pair Programming

Pair programming atau pemrograman berpasangan adalah teknik di mana dua pengembang bekerja pada workstation yang sama untuk menyelesaikan tugas. Driver bertugas menulis kode, sedangkan navigator membantu memandu pemecahan masalah dan meninjau kode seperti yang tertulis.

Pair Programming memiliki banyak manfaat salah satunya memberi Anda kesempatan untuk tidak hanya meminta seseorang meninjau kode Anda, tetapi juga melihat bagaimana orang lain mungkin memikirkan suatu masalah.

Terpapar berbagai ide dan cara berpikir akan membantu Anda dalam pemecahan masalah ketika Anda kembali ke pengkodean sendiri.

10. Ajukan Pertanyaan GOOD

GOOD adalah akronim dari Giving, Outline, Offer, dan Demo. Selalu dikatakan bahwa tidak ada pertanyaan yang buruk, tetapi Anda dapat mengajukan pertanyaan yang buruk dalam hal pemrograman.

Saat Anda meminta bantuan dari seseorang yang memiliki sedikit atau tidak ada konteks pada masalah yang Anda coba selesaikan, yang terbaik adalah mengajukan pertanyaan GOOD, seperti di bawah ini.

  • G: Giving. Giving yang dimaksud adalah memberi konteks tentang apa yang Anda coba lakukan, dengan jelas menggambarkan masalahnya.
  • O: Outline. Buatlah outline dari permasalahan Anda dan coba uraikan hal-hal yang telah Anda coba untuk memperbaiki masalah.
  • O: Offer. Offer yang dimaksud adalah memberi tebakan terbaik Anda tentang apa masalahnya. Ini membantu orabf mengetahui apa yang Anda pikirkan. Selain itu, hal ini juga berguna untuk mengetahui bahwa Anda sedang memikirkan sesuatu untuk diri Anda sendiri.
  • D: Demo. Lakukan demo dan sertakan kode, pesan kesalahan penelusuran balik, dan penjelasan tentang langkah-langkah yang Anda jalankan yang mengakibatkan kesalahan. Dengan cara ini, orang yang membantu tidak harus mencoba membuat ulang masalah.

Cara ini adalah cara yang bagus dapat menghemat banyak waktu. Melewatkan langkah-langkah ini dapat menyebabkan konflik.  Sebagai seorang pemula, Anda ingin memastikan bahwa Anda mengajukan pertanyaan yang bagus sehingga Anda berlatih mengomunikasikan proses berpikir Anda, dan agar orang yang membantu Anda dengan senang hati akan terus membantu Anda.

10. Cobalah Mengembangkan Sesuatu

Untuk pemula dalam Python Programming, ada banyak latihan kecil yang akan sangat membantu Anda menjadi percaya diri dengan Python, serta mengembangkan memori otot yang kita bicarakan di atas.

Setelah Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang struktur data dasar (string, list, dictionary, set), pemrograman berorientasi objek, dan kelas menulis, saatnya untuk mulai mengembangkan sesuatu secara nyata.

Kamu akan memberikan daftar ide untuk memulai proyek Python.  Berikut adalah beberapa ide Python Programming untuk Anda mulai:

  • Permainan tebak angka
  • Aplikasi kalkulator sederhana
  • Simulator lempar dadu
  • Layanan Pemberitahuan Harga Bitcoin

Artikel Terkait  5 Jenis Trend AI 2022 yang Diprediksi Paling Top

11. Berkontribusi pada Open Source

Dalam model open source, kode sumber perangkat lunak tersedia untuk umum, dan siapa pun dapat berkolaborasi. Ada banyak Python Library yang merupakan proyek open-source, di mana Anda dipersilakan untuk membuat kontribusi.

Selain itu, banyak perusahaan menerbitkan proyek sumber terbuka. Dapat diartikan bahwa Anda akan bekerja dengan kode yang ditulis dan dibuat oleh para engineer yang bekerja untuk perusahaan-perusahaan ini. Berpartisipasi dalam proyek Python open source adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman belajar yang berharga.

Katakanlah Anda memutuskan untuk mengajukan permintaan perbaikan bug, Anda bisa kirim permintaan untuk menambahkan perbaikan  ke kode Anda. Manajer proyek kemudian meninjau pekerjaan Anda dan memberikan komentar dan saran. Hal ini merupakan cara yang bagus untuk mempelajari praktik terbaik  pemrograman Python dan melatih komunikasi dengan developer lainnya.

Itulah tips dan trik yang bisa Anda terapkan dalam belajar Python Programming. Jika Anda ingin tahu lebih banyak lagi materi tentang Python, kunjungi Web App di https://appkey.id/ dan dapatkan informasi terbaru seputar bahasa pemrograman khususnya Python.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya