Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingAnaconda Python, untuk Instalasi Python yang lebih Mudah

Anaconda Python, untuk Instalasi Python yang lebih Mudah

-

Anda mungkin teringat tentang Anaconda yang merupakan sebuah ular besar di dalam salah satu film Hollywood dengan judul yang sama. Namun, Anaconda yang kita akan bahas kali ini berbeda.

Anaconda adalah platform yang digunakan untuk distribusi bahasa pemrograman Python dan R untuk computing scientific seperti data science, machine learning application, prosessing data skala besar, analisis prediktif, dan masih banyak lagi.

Sejarah Singkat Anaconda

anaconda-python-2

Platform ini ditujukan untuk menyederhanakan manajemen dan penyebaran paket bahasa pemrograman seperti Python dan R. Distribusi ini mencakup paket data science yang cocok untuk Windows, Linux, dan macOS.

Anaconda dikembangkan dan dikelola oleh Anaconda, Inc. Perusahaan ini didirikan oleh Peter Wang dan Travis Oliphant pada tahun 2012. Sebagai produk Anaconda, Inc. dikenal juga sebagai Anaconda Distribution atau Anaconda Individual Edition, sedangkan produk lain dari perusahaan tersebut adalah Anaconda Team Edition dan Anaconda Enterprise Edition, namun kedua produk ini yaitu : Anaconda Team Edition dan Anaconda Enterprise Edition tidak tersedia secara gratis. Kedua edisi ini cocok digunakan oleh sebuah perusahaan agensi development.

Anaconda Package

Versi paket di Anaconda dikelola oleh conda manajemen system package. Anaconda package ini dipintal sebagai paket sumber terbuka yang terpisah karena akhirnya berguna untuk dirinya sendiri dan untuk hal-hal lain selain Python.

Ada juga versi bootstrap kecil dari Anaconda yang disebut Miniconda, yang hanya menyertakan conda, Python, paket yang mereka andalkan dan sejumlah kecil paket lainnya.

Pendistribusian Anaconda hadir dengan lebih dari 250 paket yang diinstal secara otomatis dan lebih dari 7.500 paket sumber terbuka tambahan dapat diinstal dari PyPI serta paket conda dan manajer lingkungan virtual. Package ini juga termasuk GUI, Anaconda Navigator dan masih banyak lagi.

Anaconda Python

Sebelum versi 20.3, ketika pip menginstal sebuah package, pip secara otomatis menginstal semua paket Python dependen tanpa memeriksa apakah ini bertentangan dengan Anaconda Package yang diinstal sebelumnya. Hal tersebut akan menginstal sebuah paket dan semua dependensinya terlepas dari status instalasi yang ada.

Oleh karena itu, pengguna dengan instalasi yang berfungsi, misalnya, TensorFlow, dapat menemukan bahwa itu berhenti bekerja setelah menggunakan pip untuk menginstal paket berbeda yang memerlukan versi library NumPy dependen yang berbeda dari yang digunakan oleh TensorFlow.

Dalam beberapa kasus, paket akan tampak berfungsi tetapi menghasilkan hasil yang berbeda secara detail. Sementara pip telah menerapkan resolusi ketergantungan yang konsisten. Perbedaan ini menjelaskan diferensiasi historis dari manajer Anaconda Package

Open-source package dapat diinstal secara individual dari repositori Anaconda, Anaconda Cloud (anaconda.org), atau repositori atau mirror pribadi pengguna sendiri, menggunakan perintah install conda. Anaconda, Inc.

Anda bisa mengkompilasi dan membangun paket yang tersedia di repositori Anaconda itu sendiri, dan menyediakan binari untuk Windows 32/64 bit, Linux 64 bit dan MacOS 64-bit. Apa pun yang tersedia di PyPI dapat diinstal ke lingkungan conda menggunakan pip dan conda akan melacak apa yang telah diinstal sendiri dan pip apa yang telah diinstal.

Artikel Terkait  Benarkah Aplikasi Email iOS Terbaru Mudah Dihack? | Fakta-Fakta Email App iPhone

Keunggulan Anaconda

coding-python

Anaconda adalah sebuah platform yang nyaman dan cepat. Jika Anda mengembangkan di lingkungan Windows, keuntungan paling signifikan adalah kemudahan instalasi. Menginstal paket dan pustaka jauh lebih rumit menggunakan Python default. Oleh karena itu, install Python melalui Anaconda sangat direkomendasikan untuk Anda. Beberapa keunggulan Anaconda:

  • Instal tingkat pengguna dari versi python pilihan Anda.
  • Mudah mencari tahu versi/rilis paket X mana yang kompatibel dengan versi/rilis paket Y mana, yang keduanya diperlukan untuk menginstal paket Z.
  • Mampu menginstal/memperbarui paket sepenuhnya terlepas dari pustaka sistem atau admin previllege.
  • Anaconda tools menginstal paket biner, daripada membutuhkan sumber daya kompilasi seperti pip – sekali lagi, Anaconda berguna jika Anda memiliki hak terbatas untuk menginstal perpustakaan yang diperlukan.
  • Hadir dalam versi full-meal-deal, dengan numpy, scipy, PyQt, spyder IDE, dan masih banyak lagi yang lainnya. Atau dalam versi minimal / alacarte (miniconda) di mana Anda dapat menginstal apa yang Anda inginkan, saat Anda membutuhkannya.
  • Tidak ada risiko mengacaukan perpustakaan sistem yang diperlukan
  • Anaconda juga memungkinkan Anda menautkan ke pustaka aljabar linier yang berbeda dengan cukup mudah.
  • Di sisi lain, menggunakan python default di linux lebih nyaman daripada menggunakannya di Windows.

Anaconda Python : Cara Instalasi Python dengan Anaconda

Inilah langkah-langkah untuk instalasi Python menggunakan Anaconda. Simak sampai akhir!

  1. Download dan Instal Anaconda

Untuk download dan install Anaconda, Anda bisa mengunjungi https://www.anaconda.com/distribution/#windows dan download Anaconda versi untuk Windows.

  1. Download Package Anaconda Python 3 versi untuk Windows

Versi 2 dari Python tidak akan diupdate sampai lewat 2020, oleh karena itu cobalah untuk menggunakan Python versi 3.

  1. Klik dua kali pada tombol executable file

Untuk memulai instalasi Anaconda di sistem operasi Anda, buka file yang dapat dieksekusi di folder Unduh milik Anda.

  1. Klik next
  2. Klik seyuju pada terms and condition. Pastikan Anda membaca dan memahami terms and condition dari aplikasi ini.
  3. Pilih siapa saja yang ingin Anda berikan kepada Anaconda. Ada pilihan ‘Just Me’ dan ‘All Users’. Pilihan kedua cocok untuk Anda yang sudah memiliki tim. Jika Anda memilih ‘All Users’ maka ini akan membutuhkan persetujuan admin.
  4. Pilih lokasi instalasi

Jika Anda telah memilih “Semua pengguna”, secara default, Anaconda akan diinstal di folder C:\ProgramData\Anaconda3. Jadi, pastikan Anda memiliki setidaknya jumlah ruang yang tepat untuk menginstal subdirektori dengan membandingkannya dengan ruang yang dibutuhkan.

Artikel Terkait  11 JavaScript Library Animation Terbaik 2021

  1. Pilih variabel environment

Bergantung pada apakah Anda memiliki versi Python yang sudah diinstal pada sistem operasi Anda, atau tidak, untuk melakukan pengaturan yang berbeda.

– Jika Anda Install Python untuk pertama kali

Periksa “Add Anaconda to my PATH environment variable”. Ini akan mengizinkan Anda untuk menggunakan Anaconda pada command prompt Anda.

– Jika Anda sudah punya Python yang terinstal

Biarkan “ My Add Anaconda to my PATH environment variable” tidak dicentang. Membiarkannya tidak dicentang berarti Anda harus menggunakan Anaconda Command Prompt untuk menggunakan Anaconda.

Kecuali Anda menambahkan PATH nanti, Anda tidak akan dapat menggunakan Python dari command prompt Anda. Python biasanya tidak disertakan secara default di Windows, namun kami dapat memeriksa apakah ada versi yang ada di sistem.

– Cara mengetahui Python sudah terinstal

  1. Pergi ke Start Menu dan ketikkan “Command Prompt” untuk membukanya.
  2. Ketikkan command di bawah ini dan tekan tombol enter “python – version”
  3. Jika tidak ada yang terjadi maka Python Anda belum terinstal. Selain itu, jika Python sudah terinstal maka hasil yang Anda dapatkan:
$ python --version
Python 3.7.0
  1. Klik Next kemudian klik finish
  2. Lihat jika Python sudah terinstal

Jika semuanya berjalan dengan benar, Anda dapat mengulangi langkah 7 dengan membuka command prompt Anda dan memasukkan “python –version”.

  1. Tambahkan Anaconda ke Path

Anda telah membiarkan “My Add Anaconda to my PATH environment variable” Anda? Inilah yang perlu Anda lakukan. Dengan menambahkan Anaconda ke Path Anda, Anda dapat menggunakan Anaconda dari Command Prompt (atau PowerShell, Cmdr, dan lainnya)

Itulah penjelasan tentang Anaconda Python. Tertarik untuk mencobanya? Ayo coba sekarang juga!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya