Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceCara Mengecek Website Down serta Kemungkinan Penyebabnya

Cara Mengecek Website Down serta Kemungkinan Penyebabnya

-

Media internet telah memberi kesempatan para pemilik bisnis untuk mengembangkan skala usahanya lebih lanjut. Salah satu hal yang dibutuhkan agar bisnis dapat mengembangkan eksistensinya di internet adalah dengan memiliki situs web atau website.

Memiliki website sendiri punya beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan hanya sekadar memiliki profil di media sosial. Jika suatu bisnis memiliki website sendiri, mereka mempunyai tempat khusus untuk memperlihatkan dan menjelaskan produk atau jasa yang mereka punya, serta tentang bisnisnya secara keseluruhan. Website juga mempertegas keberadaan suatu bisnis dan mempermudah mereka dalam mempromosikannya di mesin pencari seperti Google dan media lainnya.

Namun dengan memiliki website, otomatis perlu usaha tersendiri agar website tersebut tetap dapat diakses para calon pelanggan. Salah satu mimpi buruk bagi setiap pemilik website, terutama website yang dikelola bisnis adalah saat pengunjung sama sekali tidak dapat mengakses sebagian atau keseluruhan fitur website atau yang disebut dengan website down.

Baik bisnis maupun pelanggan akan merasa dirugikan jika hal ini terjadi. Jangan sampai kita menjadi rugi karena kehilangan para pelanggan setia dan potensial karena website kita tidak bisa diakses. Pada artikel kali ini kami akan sedikit membahas penyebab website down dan juga cara mengecek website down.

Apa yang bisa menyebabkan website down?

Website dikatakan down saat pengunjungnya tidak dapat mengakses website tersebut secara penuh. Proses pemuatan atau loading seringkali tidak terselesaikan dan biasanya muncul pesan error setelah browser berusaha menghubungkan Anda dengan server website yang dituju. Kira-kira apa saja penyebab website down? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Banyaknya pengunjung

Semua pemilik bisnis akan mengharapkan website mereka ramai pengunjung. Namun jika website Anda tidak dipersiapkan untuk hal ini, maka server akan kewalahan untuk menangani perintah demi perintah yang datang dari para pengunjung website. Akibatnya website menjadi down.

2. Masalah di DNS

Permasalahan di DNS atau Domain Name Server bisa jadi merupakan penyebab dari down-nya suatu website. DNS berfungsi mengaitkan halaman web Anda yang berada di suatu alamat IP dengan alamat web yang sudah dipilih. Dengan DNS, pengunjung akan lebih mudah untuk mengingat website. Nah, agar alamat web tersebut dapat terarah ke website Anda, DNS harus diatur dengan baik. Saat DNS bermasalah, alamat web itu pun tidak berfungsi sehingga website Anda tidak ditemukan.

3. Serangan siber dan malware

Website juga tidak luput dari ancaman serangan siber. Salah satu bentuk serangan siber adalah DDoS (Distributed Denial of Service) yang bisa disebabkan oleh malware atau celah keamanan yang ditemukan oleh hacker (peretas).

Saat website terkena DDoS, lalu lintas jaringan akan dibanjiri data yang banyak dan bot yang sudah dirancang oleh peretas. Hal ini mengakibatkan server kewalahan dan menghabiskan banyak resource sehingga layanan tidak bisa diakses.

4. Kesalahan pada hosting

Jika Anda memiliki website, otomatis website itu menggunakan suatu layanan hosting. Hosting berguna untuk menyimpan seluruh data di website, seperti script, database, gambar, video, dan lain-lain.

WordPress adalah salah satu penyedia hosting yang terkenal. Saat layanan hosting yang digunakan mengalami gangguan, otomatis website Anda juga akan terganggu. Penyebab gangguan hosting juga sama seperti penyebab website down.

5. Kesalahan pada koding

Website yang tidak dapat diakses juga bisa disebabkan oleh kodingan yang salah. Kesalahan ketik dan perubahan cara kerja karena pembaruan versi terbaru dapat membuat website tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Maka dari itu koding dari website perlu dicek secara berkala agar tidak terjadi gangguan.

6. Permasalahan di database, software atau hardware

Website down dapat juga disebabkan karena error di database, entah karena ada file yang terubah atau terhapus secara tidak sengaja atau tanpa sepengetahuan admin. Selain itu, bisa juga website tidak termuat dengan baik karena plug-in yang terinstal di website tidak cocok. Bisa jadi juga karena ada perangkat keras yang tidak dapat bekerja dengan baik, entah karena ada kerusakan atau mati listrik.

Artikel Terkait  Apa itu Underscore JS? Manfaatnya untuk Melengkapi jQuery

7. Akses IP terblokir

Pengunjung juga tidak bisa mengakses website karena terlalu sering mengaksesnya dalam satu waktu. Di saat seperti ini, biasanya sistem keamanan akan menduga Anda akan menyerang sistem dengan DDoS sehingga akses terblokir. Biasanya jika Anda tidak dapat mengakses website karena IP terblokir, cara paling tepat adalah menghubungi penyedia layanan internet Anda.

Cara mengecek website down

Setelah mengetahui mengapa website dapat mengalami gangguan, Anda dapat dengan lebih mudah mencari solusinya. Misalnya saat website down karena hosting atau DNS down, Anda perlu tetap terhubung dengan pihak hosting atau DNS untuk mengetahui perkembangan dari gangguan tersebut.

Jika website mengalami masalah karena koding salah, Anda perlu menghubungi pengembang web untuk membantu menyelesaikan masalah. Anda juga perlu memperkuat sistem keamanan website dan memperbesar kapasitas server agar dapat menangani banyaknya pengunjung.

Umumnya cara mengecek website down melibatkan bantuan layanan khusus yang fokus me-monitor apakah akses ke website terganggu atau tidak. Berikut adalah beberapa cara mengecek website down dengan bantuan tools:

  1. Ping di CMD

Cara mengecek website down yang paling mudah adalah menggunakan terminal. Pada komputer Windows, buka program Command Prompt, kemudian ketikkan perintah ‘ping [nama website yang dicek]’.

Pada Linux, tekan tombol CTRL + ALT + T untuk masuk ke terminal, lalu ketik perintah yang sama. Untuk pengguna Mac, Anda dapat mencari Network Utility pada Spotlight untuk menemukan tool Ping, kemudian masukkan alamat IP atau alamat web yang ingin dicek, lalu klik Enter.

Jika website dapat diakses dengan baik, maka hasilnya kurang lebih akan seperti ini:

cara mengecek website down 1

Namun jika website sedang down, akan muncul pesan “request timed out”.

2.Websiteplanet

cara mengecek website down 2

Jika Anda perlu lebih banyak informasi mengenai ketersediaan suatu website, Anda dapat menggunakan salah satu tool sederhana yang tersedia secara online bernama Website Planet. Anda hanya perlu memasukkan alamat web yang ingin dicek, kemudian klik tombol ‘check’. Maka Anda akan langsung diberi laporan tentang website yang diperiksa.

cara mengecek website down 3

3. Host-tracker.com

Host-tracker adalah alternatif cara mengecek website down lainnya. Layaknya Websiteplanet, Anda juga dapat melakukan pengecekan suatu website secara gratis pada bagian tengah website ini, di bagian Check site.

Cara menggunakannya cukup sederhana, yaitu memasukkan alamat website yang ingin dicek dan memilih lokasi simulasi pemuatan website. Dengan layanan ini, Anda dapat memeriksa apakah website Anda saat ini mengalami gangguan saat diakses di berbagai belahan dunia.

cara mengecek website down 4

cara mengecek website down 5

Selain mampu mengecek gangguan suatu website, layanan ini juga dapat memeriksa faktor lainnya, seperti kecepatan akses website dari beragam perangkat, cek kecepatan ping, cek apakah website diblok oleh DNS lain, dan bahkan mengecek informasi whois seperti dimana website tersebut terdaftar.

Host-tracker juga memiliki layanan tambahan, seperti pengecekan beberapa website selama 7×24 jam dan mengirimi notifikasi apabila situs Anda mengalami gangguan. Namun layanan tambahan ini hanya dapat digunakan jika Anda memiliki akun berbayar.

  1. Site checker lainnya

Masih ada banyak layanan lainnya di internet yang dapat Anda coba untuk mengecek keadaan situs Anda apakah sedang online atau down. Di antara layanan-layanan tersebut, yang dapat Anda gunakan secara gratis misalnya downforeveryoneorjustme.com, Down.com, isitdownrightnow.com, dan downinspector.com.

Jika Anda bersedia membayar karena memerlukan fitur-fitur yang lebih komplit dari sekadar pengecekan, ada Host-tracker yang sebelumnya kita bahas. Selain itu juga ada Site24x7, Sitechecker.pro dan Uptrends. Seluruh layanan site checker berbayar ini menyediakan masa uji coba (trial) gratis selama 30 hari jika Anda ingin mencoba-coba terlebih dahulu sebelum berlangganan pada layanan tersebut.

Demikian pembahasan kami mengenai penyebab website down serta cara mengecek website down, mudah-mudahan bermanfaat untuk Anda.

Saat kita berhasil menyediakan layanan dengan lancar di setiap waktu, tentu akan semakin banyak pelanggan baru yang percaya kepada kita, maka dari itu penting untuk memperkuat ketahanan website dari segala ancaman agar kita dapat terhindar dari situasi website down.

Masih ingin tahu hal-hal lain yang menarik tentang pengembangan web? Yuk ikuti terus appkey.id agar tidak ketinggalan pembahasan kami selanjutnya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Mau Jadi Front End Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya