Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Redirect adalah? Jenis-jenis dan Manfaatnya

Redirect adalah? Jenis-jenis dan Manfaatnya

-

Selama menggunakan teknologi yang bernama internet, terutama Anda yang menggunakannya secara aktif setiap hari baik untuk urusan pekerjaan maupun hiburan pasti pernah mendengar istilah redirect.

Jika kita cari artinya di kamus Bahasa Inggris atau Google Translate kita akan menemukah bahwa redirect adalah artinya “mengalihkan jurusan”. Dan dalam dunia internet istilah ini banyak digunakan dalam kontruksi perangkat lunak seperti situs web dan begitu juga dengan aplikasi mobile.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jauh tentang apa itu redirect beserja jenis dan manfaat yang bisa didapatkan jika kita melakukan itu. Langsung saja yuk!

Pengertian Redirect adalah?

 

Artikel Terkait  10 Alternatif Penyedia Google Adsense Untuk Blog di 2020

Redirect adalah cara untuk membawa surfer web ke situs lain. Tindakan ini sangat berguna jika dilakukan dengan benar. Karena alih-alih membuat pengguna mendapatkan pesan error yang menyatakan bahwa halaman tidak dapat ditemukan, Anda dapat mengarahkan mereka ke halaman yang membantu mereka untuk menemukan apa yang dicari. Ini sangat berguna karena itu artinya kita tidak perlu memiliki situs web terpisah untuk setiap URL situs yang kita kelola.

Redirect itu bisa dikatakan jelek adalah ketika mereka bersifat “terbuka”. Situs web seharusnya tidak memungkinkan penggunanya untuk menggunakannya untuk mengarahkan seseorang ke lokasi lain.

Dalam surel, pengalihan adalah opsi yang ditemukan pada klien surel yang mirip dengan penerusan atau yang sering kita sebut sebagai “forward”, dengan pengecualian bahwa badan teks biasanya tidak ditampilkan sebagai teks yang dikutip. Selain itu bidang Dari (atau) Pengirim akan menampilkan alamat email pengirim asli, dan dalam tanda kurung itu akan menampilkan informasi Anda. Misalnya jika Anda menerima email dari “me@me.com” dan alamat email Anda adalah “thisisme@me.com”, ketika Anda mengarahkan email ini ke penerima lain, informasi pengirimnya mungkin akan muncul seperti ini:

Dari: me@me.com (“Nama Anda” <thisisme@me.com>)

Manfaat Redirect adalah

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, redirect adalah cara untuk meneruskan pengunjung dan mesin pencari dari satu URL ke URL lainnya. Ini berguna saat kita sebagai pengelola situs memindahkan konten ke URL baru, saat menghapus halaman atau ketika mengubah nama domain atau menggabungkan situs web.

Dalam membuat atau mengelola sebuah situs web sebisa mungkin hindari menggunakan proses pengalihan ini, namun ketika Anda harus menggunakannya, pastikan agar Anda melakukan beberapa hal di bawah ini:

  • Hindari pengalihan berantai: satu pengalihan seharusnya tidak meneruskan ke pengalihan yang lain.
  • Arahkan ulang ke versi situs web pilihan Anda, menggunakan protokol yang tepat (http atau https), nama domain (www atau non-www) dan notasi jalur (dengan atau tanpa trailing slash).
  • Gunakan pengalihan 302-untuk memberitahu pemirsa Anda bahwa situs Anda sedang tidak aktif dan
  • Gunakan pengalihan 301 untuk konten yang dihapus secara permanen.

Beberapa manfaat yang kita dapatkan dengan melakukan URL redirect adalah sebagai berikut:

Membuat URL jadi lebih pendek

 
Fungsi utama layanan pengalihan URL adalah untuk mempersingkat URL. Seringkali situs web menggunakan kueri besar sehingga url menjadi sangat panjang untuk kita ingat. Ini bisa dibuat jadi lebih sederhana dengan melakukan pengalihan.

Membuat URL yang berarti

 
Layanan pengalihan URL sering memungkinkan Anda untuk memberikan nama yang bermakna ke URL yang dipersingkat. Seperti contoh yang sudah saya sebutkan di atas tadi. Tapi jika Anda belum faham, saya punya contoh lain. Apakah Anda menganggap https://appkey.id/layanan/SEO/jasa-penerapan-SEO-murah-di-indonesia/ mudah diingat? Saya tahu saya tidak dapat mengingatnya bahkan jika hidup saya bergantung padanya. Jadi mari kita gunakan layanan pengalihan URL dan beri nama sesuatu yang lebih pendek tetapi lebih mudah diingat. Seperti https://tinyurl.com/jasaSEO. Ini adalah URL yang sama tetapi sekarang bahkan saya dapat mengingatnya.

Lewati Peringkat Halaman

 
Sebagian besar layanan pengalihan URL yang layak menggunakan 301 redirect (direct redirect) directive untuk meneruskan browser ke lokasi aktual. Ini memiliki manfaat tambahan dengan meneruskan peringkat halaman ke URL tujuan, sehingga membuat halaman asli lebih penting (peringkat halaman bijaksana) di mata mesin pencari. Namun Anda harus benar-benar memverifikasi fitur ini sebelum mengadopsi layanan pemendek URL. Saya tahu pasti tinyurl melewati pagerank dengan cara ini.

Menghindari kebingungan URL

 
Pengalihan URL sangat berguna untuk mengaburkan URL sumber. Ketika Anda menggunakan tautan afiliasi, yang biasanya cenderung menjadi gobbledygook (seperti misalnya untuk tautan ini untuk penyedia hosting web VPS yang luar biasa – https://affiliates.westhost.com/z/9/CD291/), Anda dapat menggunakan layanan pengalihan URL untuk tidak hanya mempersingkat dan membuatnya lebih bermakna tetapi juga membuatnya lebih sulit untuk dikenali hanya dengan melihatnya atau dimanipulasi oleh orang jahat. Pemasar afiliasi sering menggunakan layanan pengalihan URL karena alasan ini. Banyak skrip berbahaya yang berada di browser dan / atau sistem operasi yang dikompromikan (baca windows) diketahui mengenali dan memodifikasi tautan afiliasi untuk menguntungkan pemiliknya.

Artikel Terkait  Referensi Image Hosting Gratis Terbaik | Bikin Ngoding Semakin Gampang!

Akses API ke data

 
Banyak layanan pengalihan URL seperti bit.ly, misalnya, menyediakan akses ke data klik dan lalu lintas melalui API. bit.ly, dalam hal ini mengekspos data menggunakan antarmuka REST. Ini memungkinkan Anda untuk melapisi produk dan layanan Anda sendiri di atas layanan tersebut.

Penghasilan Iklan

 
Setiap kali sebuah layanan menjadi populer, pendapatan pasti akan mengikuti. Adjix adalah salah satu layanan yang memungkinkan Anda memperoleh penghasilan dari URL singkat yang Anda poskan di twitter menggunakan layanan mereka. Jadi, jika Anda seorang twitterer mania, Anda bisa mendapatkan sesuatu untuk usaha Anda juga dan tanpa biaya tambahan. Sayangnya Adjix menggunakan frame untuk menayangkan iklan di konten lain yang dianggap tidak etis dan juga tidak adil untuk situs web lain tersebut. Secara pribadi saya tidak merekomendasikan Adjix. Setelah mengatakan bahwa ada cara lain di mana layanan pemendek url dapat dimonetisasi secara etis. Nanti jika ada kesempatan, akan kita bahas lagi.

Menjaga URL tepat dan bermakna

 
Ambil Google sebagai contoh. Untuk menjaga keamanan dan enkripsi, mereka telah begitu maju dengan menggunakan URL yang pasti. Kita bahkan mungkin bisa mengadakan kontes untuk mengingat URL sesi google tertentu, dan orang yang menang di kontes ini akan diberikan penghargaan memori paling tajam. Lol. Tapi di sini ada kekurangan yang jelas terlihat juga. Untuk mewakili hierarki data, struktur perintah, jalur transaksi, dan informasi sesi, bahkan URL tetap (yang tidak terikat satu sesi) dapat terlihat sangat aneh dan tidak mungkin diingat. Itulah sebabnya, Anda dapat memilih layanan Pengalihan URL untuk membuatnya pendek dan tepat dan juga mudah diingat, Anda dapat memberikan pengunjung ide samar tentang apa yang akan dikliknya.

Layanan redirection URL sebagai basis data

 
Saya yakin Anda belum pernah mendengarnya, bukan? Menariknya, salah satu tinyurl adalah layanan pengalihan URL paling awal dan paling populer juga dapat digunakan sebagai database berbasis web yang besar, sebuah Hashtable persisten sederhana jika Anda mau. Inilah cara Anda dapat menggunakan tinyurl untuk menyimpan secara online database besar secara anonim.

Kerugian menggunakan layanan pengalihan URL

 

Kebingungan

 
Sayangnya pengalihan URL dapat dengan mudah digunakan untuk mengarahkan orang ke situs jahat yang tidak relevan.

Pengarahan ulang URL dan phishing terkait satu sama lain dengan sangat erat. https://security.commerceflow.com dapat mengarah ke https://phisher.com dengan proses sederhana. Pengalihan yang menerjemahkan referensi ke satu URL ke URL lain biasanya digunakan dalam pemrograman web. Jika seorang programmer yang ceroboh di lembaga yang ditargetkan meninggalkan akses redirect terbuka yang dapat digunakan untuk mengarahkan ulang ke lokasi yang sewenang-wenang, phisher dapat dengan senang hati menerima celah itu dan memberi Anda URL yang tampak sah yang akan mengarahkan ulang ke situs mereka.

Beberapa mesin pencari tertipu oleh ini di masa lalu. Satu halaman dapat menunjukkan istilah pencarian populer ke mesin pencari tetapi mengarahkan pengunjung ke halaman target yang berbeda dan dengan demikian meningkatkan peringkat halaman. Meskipun itu merupakan pelanggaran yang dapat dihukum sekarang.

Akuntabilitas penyedia layanan pengalihan URL

 
Anda memiliki penyedia layanan pengalihan URL tepercaya yang telah mempersingkat, membuat, dan menempatkan jutaan halaman yang dialihkan dengan program mereka. Bagaimana jika suatu hari, mereka menghentikan layanan mereka. Ya Tuhan, jika tinyurl atau shorturl mendapat masalah dan memutuskan untuk berhenti, saya bertanya-tanya berapa banyak perusahaan hosting web yang akan menjadi korban! Tautan mereka akan mati, mereka tidak akan meninggalkan perusahaan untuk memulihkan semua tautan situs web yang dialihkan dan memulainya lagi, jika memungkinkan. Jadi masalah akuntabilitas ini akan selalu ada kecuali Anda menggunakan layanan pengalihan URL dari server dan domain Anda tanpa menggunakan pihak ketiga mana pun.

Beberapa jenis Redirect Website adalah

 
Beberapa kondisi yang mengharuskan kita sebagai pengelola website untuk mengalihkan halaman web diantaranya adalah karena adanya perbaikan situs dan pemindahan kontennya. Dan proses redirect adalah bertujuan untuk beberapa hal itu. Beberapa jenis kegiatan pengalihan yang umum dilakukan adalah seperti di bawah ini:

Redirect 301

 

Pengalihan URL jenis ini merupakan jenis redirect permanen. Redirect ini bertujuan untuk melakukan perpindahan atau pengalihan isi situs dari situs lama ke situs web yang baru secara permanen untuk sebagian atau seluruh kontennya. Untuk mengenali perpindahan ini, mesin pencari biasanya akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengenali situs baru yang kita tuju tergantung dari proses yang kita lakukan.

Redirect 301 sangat penting dilakukan jika sedang dalam kondisi seperti:

  1. Ketika mengganti nama domain website ke yang baru
  2. Apabila ingin membuat URL situs perusahaan menjadi terpusat, meskipun kita memiliki beberapa website yang berbeda. Dalam hal ini kita bisa menjadikan domain dengan peringkat terbaik sebagai website utama, sisanya bisa dialihkan dari sini.
  3. Ketika kita memiliki 2 halaman situs yang sama atau sejenis dan ingin menaikkan peringkat salah satunya.

Redirect dapat diterapkan pada domain WWW ke non WWW.

Artikel Terkait  Buat Website Toko Online dengan Lapak Instan (Fitur Lengkap)

Hal ini sering kita temukan pada situs web yang menggunakan WordPress untuk membuatnya. Untuk menerapkannya kita bisa lakukan melalui pengaturan umum di admin panel wordpress itu sendiri.

Redirect 302 Temporary

 
Seperti namanya, pengalihan ini bersifat sementara atau alamat baru yang kita tuju bersifat sementara. Dalam pengalihan ini search engine bukan mengindeks URL tujuan seperti di 301 namun tetap url aslinya. Satu kesamaannya adalah ini bisa dilakukan untuk internal url dan juga eksternal URL. Ridirect ini dapat dilakukan pada kondisi website kita sebagai berikut:

  1. Sedang menjalankan maintenance
  2. Ketika kita menginginkan url asli tetap diindeks namun agar pengguna mengunjungi halaman yang lain.
  3. Apabila page yang mengandung penjualan ada pada page tujuan

Itulah, beberapa penjelasan dan contoh penerapan proses redirect. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan pemirsa. Terima kasih.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya