Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi GameMembuat Game Mudah dan Simpel Dengan Game Engine Love2D

Membuat Game Mudah dan Simpel Dengan Game Engine Love2D

-

Pernahkah Anda berkeinginan untuk membuat beberapa game kecil yang fantastis yang dapat Anda dan teman Anda mainkan bersama?

Jika Anda telah menghabiskan banyak waktu online menjelajahi sejumlah besar game engine yang berbeda untuk digunakan, Anda akan tahu bahwa ada jumlah yang mengejutkan untuk dipilih. Anda memiliki Godot, Phaser, libGDX, OGRE, Box2D, dan daftar panjang lainnya.

Sebuah game engine Love2D, (secara teknis diucapkan Lurve), baru-baru ini game engine ini menarik perhatian para developer game. Dalam artrikel ini kami akan memperkenalkan Game Engine Love2D ini.

Apa itu love2D dan apa yang dapat dilakukan dengannya?

developer-game-1

Game Engine Love2D adalah mesin game sumber terbuka yang secara ketat menangani pengembangan game 2D untuk komputer. Game engine ini banyak menggunakan bahasa pemrograman Lua dan C ++ sebagai kerangka kerjanya. Love2D kemudian menggunakan kerangka itu untuk membuat game 2D kecil yang bagus.

Game engine Love2D dikembangkan lebih dari 10 tahun yang lalu dan telah merilis banyak pembaruan sejak saat itu. Rilis stabil pertama, berjudul ‘Santa-Power,’ dirilis pada 13 Januari 2008. Pengembang secara teratur memperbarui Love2D, semua dengan nama panggilan lucu untuk membedakan semua versi: Salted Nuts, Baby Inspector, Super Toast, dan Jiggly Juice.

Dia diterbitkan di bawah ‘Lisensi zlib,’ yang merupakan lisensi yang memungkinkan pembatasan yang sangat ringan. Faktanya, hanya ada tiga poin utama yang ditekankan oleh lisensi:

  1. Penulisan perangkat lunak asli tidak boleh disalahartikan,
  2. Versi sumber yang diubah tidak boleh disalahartikan sebagai perangkat lunak asli, dan
  3. Pemberitahuan lisensi tidak boleh dihapus dari distribusi sumber.

Yang terpenting, Anda dapat membuat game dengan Love2D.

Fitur Love2D

Lintas Platform

Game engine Love2D tidak hanya gratis dan open source, tetapi juga lintas platform. Ini berarti bahwa pemain dan pengembang dari semua lini dan sistem dapat ikut serta dalam kebaikan pengembangan game. Selama Anda dapat membuat kode dalam salah satu dari dua bahasa berbeda (C ++ dan Lua), Anda akan segera membuat game Love2D.

Platform ini meliputi:

  • Windows
  • Mac
  • iOS
  • Android
  • Linux

Open Source dan Gratis

Mesin permainan ini sepenuhnya gratis, dan bahkan memungkinkan Anda mengedit kode sumber, dengan ketentuan bahwa Anda tidak mengklaim kode tersebut sebagai milik Anda, jadi jangan serakah! Ini adalah kesempatan luar biasa bagi pengembang dan pembuat kode game pertama kali untuk berlatih di atas segalanya.

Artikel Terkait  Bahasa Pemrograman Game Android yang Perlu Dikuasai Para Developer Game
Artikel Terkait  15 Software 3D Terbaik Untuk Para Animator Pemula

Meskipun pembuatan game selalu menjadi yang terdepan, game engine Love2D ini dapat dengan cepat membuat Anda lebih memahami seluk beluk pengkodean dan pemrograman game dan perangkat.

Batasan

Meskipun game engine Love2D adalah mesin open source yang andal, ada beberapa batasan. Langsung saja, game yang digunakan lintas platform tidak dijamin berfungsi di antara versi Löve2D yang berbeda.

Kekuatan

Mungkin batasan yang paling mencolok dari game engine Love2D adalah kurangnya daya. Love2D sama sekali tidak berada di mesin pengembang yang sama dalam hal kekuatan sebagai Unreal atau Unity.

Ini dapat mematikan beberapa pengembang game yang mencari proyek game yang mengesankan untuk mengisi waktu mereka.

Dibandingkan dengan mesin lain, tidak banyak modul untuk bereksperimen dan digunakan. Ini mengurangi kreativitas dan keragaman, yang dapat mempengaruhi opini pengembang.

GUI? Tidak pernah mendengar hal tersebut

Juga, tidak ada antarmuka grafis apa pun untuk game engine Love2D. Ini berarti bahwa tidak ada klien dengan antarmuka pengguna yang keren untuk dikonsultasikan. Anda harus bisa membaca dan menulis kode dan melihat tulang belulang operasi.

Meskipun beberapa orang mungkin menganggap ini bukan rintangan, itu bisa membuktikan membuat proses pembuatan game tidak perlu lebih lama dari yang seharusnya.

Menginstal Love2D

Memasang game engine Love2D mudah dan gratis. Anda juga memiliki opsi, karena ini lintas platform. Mari kita lihat cara mengunduh Löve2D.

  1. Pertama, buka halaman utama Löve2D. Mereka membuat keputusan bagus dengan memiliki semua opsi unduhan tepat di beranda. Di halaman ini, Anda dapat memilih unduhan berdasarkan sistem operasi yang Anda gunakan.
  2. Apabila Anda menggunakan Windows. Anda hanya perlu mengklik ’64 -bit installer.’ Anda juga memiliki opsi antara mengunduhnya sebagai penginstal atau sebagai file zip dengan semua file yang berlaku dalam satu folder. Terserah Anda dan preferensi Anda.
  3. Setelah mengklik penginstal, pengunduhannya dimulai di browser Anda. Ini sudah pasti mengunduh hampir secara instan.
  4. Setelah membuka file yang diunduh, Anda akan disuguhi panduan yang akan memandu Anda melalui langkah-langkah penginstalan.
  5. Ini merekomendasikan agar Anda menutup semua aplikasi lain yang Anda jalankan untuk kinerja optimal, dan untuk menghindari masalah yang tidak perlu.
  6. Ini memberi Anda halaman lisensi untuk mengklik ‘Saya setuju’, kemudian membuat folder disk C untuk semua hal LOVE. Klik langkah selanjutnya, dan itu harus dilakukan dengan agak cepat.

Dan begitulah. Dalam waktu kurang dari dua menit, LOVE ada di sistem Anda. Ingatlah, ini hanya pengalaman Windows via Firefox kami.

Lua

Lua adalah salah satu bahasa pemrograman utama yang digunakan game engine Love2D, bersama dengan C ++. Lua adalah bahasa pemrograman yang kuat untuk membuat game.

Artikel Terkait  Di Mana Tempat Terbaik Menyimpan Game? Membandingkan SSD vs HDD

Anda dapat mempelajari dasar-dasar Lua melalui beberapa tutorial pemrograman berbeda yang diberikan secara gratis oleh situs resmi Lua dan jalur penelitian lainnya. Situs resminya menawarkan potongan kode untuk membiasakan diri Anda dengan berbagai aspek sederhana dari bahasa pengkodean.

Artikel Terkait  Menghidupkan Game dengan PhysX | Hal Penting yang Harus Diketahui dari Software PhysX

Berikut beberapa contohnya:

Jika Anda ingin menulis teks:

fungsi love.draw ()
love.graphics.print (“Hello World!”, 400, 300)
berakhir

Jika Anda ingin menggambar:

function love.load ()
whale = love.graphics.newImage (“whale.png”) fungsi
akhir
love.draw ()
love.graphics.draw (whale, 300, 200)
end

Jika Anda ingin memainkan suara:

function love.load ()
sound = love.audio.newSource (“music.ogg”, “stream”)
love.audio.play (sound)
end

Tutorial

developer-game-2

Oke, sekarang setelah mesinnya terpasang, mari kita ke bagian penjelasan, oke? Mulai dari mana Fitur apa yang perlu Anda ketahui cara menggunakannya? Berikut beberapa tutorial pilihan untuk pemula:

Tutorial resmi untuk game engine Love2D dan sejenisnya selalu merupakan pilihan yang bagus untuk pemula. Seringkali, pencipta dan pengembang mesin atau program adalah beberapa sumber daya terbaik, secara alami.

Ada juga banyak tutorial lain oleh pengembang yang bersemangat yang dapat memberi Anda pandangan berharga tentang apa yang dapat dilakukan mesin. Mari kita lihat lebih dekat.

Tidak ada yang lebih baik dari wiki. Di bagian ini, pengembang dan pengguna game engine Love2D telah mengumpulkan banyak informasi bermanfaat bagi pengguna. Mungkin seri tutorial yang paling berguna adalah seri ‘How to LÖVE’.

Panduan langkah demi langkah yang luar biasa ini akan membawa Anda mulai dari penginstalan hingga membuat platformer dan properti deteksi tabrakan dalam waktu singkat.

Learn2love

Seri tutorial yang dibuat oleh RVA Game Jams ini selangkah lebih maju dari kebanyakan. Ini mengajarkan Anda dasar-dasar pemrograman di Lua serta pengembangan game di mesin itu sendiri. Bagian yang menarik dari tutorial ini adalah bahwa itu selalu dalam pengembangan, seperti mesin itu sendiri.

Berikut adalah bagian tutorial saat ini:

  • Bab 1- Dasar-dasar pemrograman
  • Bab 2- Memperkenalkan LÖVE
  • Bab 3- Pemrograman secara mendalam (sedang berlangsung)
  • Bab 4 – LÖVE secara mendalam (untuk melakukan)

CS50 (Universitas Harvard)

Video ini menarik bagi semua pelajar visual kami karena mengajarkan pemirsa dan pengguna untuk membuat PONG menggunakan Lua dan LÖVE. Ini juga merupakan pengantar yang berharga untuk praktik pengembangan game yang sebenarnya.

Dalam video tersebut, dua presenter, Colten Ogden dan David Malan, bagian dari Divisi Pendidikan Berkelanjutan Harvard, membawa kita melalui langkah-langkah berbeda dalam pengkodean dengan Lua dan game engine Love2D.

Dapatkan makanan ringan dan minuman favorit Anda, karena Anda akan terikat selama sekitar satu setengah jam. Namun, ini tidak membosankan, jadi jangan khawatir!

Ini adalah kursus pengantar, dan mereka berasumsi bahwa Anda tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang semua aspek ilmu komputer atau pemrograman, jadi jangan khawatir.

Artikel Terkait  Mana yang Lebih Baik? CryEngine VS Unreal | Kelebihan CryEngine Adalah

Ini akan menjadi tempat terbaik untuk memulai, menurut pendapat kami, karena ini memperkenalkan konsep dan ide dalam pengembangan game yang menjangkau jauh melampaui mesin game itu sendiri untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengembangan dan teknologi game kepada pengguna.

Artikel Terkait  15 Software 3D Terbaik Untuk Para Animator Pemula

Banyak tutorial lain yang ditujukan untuk pemain dan gaya pengembang yang berbeda, dan Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa di antaranya dengan pencarian sederhana.

Game yang Dibuat dengan Love

Mari kita lihat beberapa game yang dibuat dengan Löve2d.

.lazr.

  • Shoot Them
  • Mac, Windows, Linux
  • .lazr. adalah penembak arena glitch-punk multipemain lokal gratis untuk Anda dan teman Anda. Ini mengingatkan pada perpaduan antara Asteroid, Geometry Wars, dengan sedikit Enter the Gungeon.

Aeternum Blammo

  • Bullet Hell, Action
  • Mac, Windows
  • Siapa pun yang akrab dengan game shoot ’em up lainnya seperti Ikaruga, Galaga, Enter the Gungeon, dan lainnya akan merasa seperti di rumah sendiri dengan game yang dibuat menggunakan game engine Love2D ini.

Pelarian Arne

  • Labirin
  • Mac, Android, Windows
  • Penggemar game Brick akan langsung mengenali dan jatuh cinta dengan Arne’s Breakout. Ini adalah versi yang dibuat dalam mesin open source dan memiliki grafik dan fisika kode tangan, dan mode dua pemain.

Dodgers Bom

  • Teka-teki, Strategi
  • Mac, Windows, Linux
  • Semua pemain Bomberman akan segera merebut gelar ini. Bomb Dodgers sangat mirip dengan game dalam seri Bomberman. Anda harus memenangkan dua dari tiga putaran dengan banyak musuh untuk maju ke bos. Setelah mereka dikalahkan, Anda naik ke level berikutnya.

GunFu Deadlands

  • Penembak
  • Penembak berpenampilan retro ini menyebut dirinya sebagai ‘Penembak 2D bertema Barat Jauh yang menampilkan waktu peluru.’ Apa lagi yang Anda butuhkan? Terletak di kota barat yang liar, pemain harus menangkis penjahat. Game ini bahkan menyertakan editor level.

Jika ini adalah jenis game Anda, yang menghabiskan waktu, melenturkan otot kreatif, dan membuat Anda lebih tertarik pada pembuatan game open source, maka game engine Love2D mungkin akan menjadi upaya pertama Anda ke dunia pengembangan.

Jika Anda bukan seorang script kiddie dan tidak benar-benar tahu Java Anda dari Python Anda, mesin ini sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak kebingungan daripada kesenangan. Namun, jika Anda memiliki beberapa bahasa pengkodean, itu bisa menjadi jalur kreatif Anda.

Meskipun ini mungkin bukan tempat Anda berakhir dalam perjalanan kreatif Anda, ini bukanlah tempat yang buruk untuk memulainya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya