Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWeb ProgrammingNgoding Semakin Lancar dengan 15 PHP Editor Terbaik untuk...

Ngoding Semakin Lancar dengan 15 PHP Editor Terbaik untuk Tahun Ini

-

Kabar gembira bagi Anda sang PHP programmer! Di tahun 2021 nanti akan ada 15 PHP code editor terbaru, terbaik dan free yang wajib dicoba untuk untuk memperlancar ngoding website.

PHP code editor adalah software wajib yang harus dipunyai kapanpun Anda melaksanakan koding pemrograman. Tanpa adanya PHP online editor, Anda otomatis tidak punya tempat untuk menulis, mengedit, menghapus, atau memperbaharui struktur koding dari website. Alhasil, memilih PHP editor free terbaik sekaligus berkualitas merupakan hal yang wajib.

Apa sajakah rekomendasi PHP editor free terbaik untuk tahun 2021 mendatang? Daripada penasaran, yuk langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini. Selamat membaca!

15 PHP Code Editor Terbaik di 2021, Mana Favorit Anda?

php-editor-2

Semua web programmer profesional tentunya akan bekerja memakai PHP online editor berkualitas baik demi meminimalisir kesalahan saat ngoding. Salah saat ngoding tentunya dapat berakibat fatal seperti website yang error dan tidak bisa diakses.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab 15 PHP editor free online berikut ini sudah dilengkapi dengan aneka fitur untuk mempermudah proses ngoding, IDE, dan support PHP di cross-platform (Mac, Windows dan Linux). Penasaran apa saja rekomendasinya? Yuk dicatat!

1. Geany

PHP online editor pertama rekomendasi kami adalah Geany. Geany adalah PHP online editor lightweight yang juga mudah dikustomisasi dengan menambah aneka plugin sesuai kebutuhan developer.

Beberapa fitur unggulan Geany adalah code navigation, folding, snippets, syntax highlighting dan lain-lain. Sedangkan untuk pluginnya, Anda bisa menambah beberapa plugin lain seperti:

  • Classbuilder (membuat source file dari class type baru)
  • Split Window (membagi layar editor menjadi dua)
  • Save Actions (fitur autosave dan backup copy)

2. Eclipse PDT

Rekomendasi kedua adalah PHP online editor Eclipse PDT yang akan selaras penggunaannya jika Anda bekerja memakai platform Eclipse. Anda cukup membuka Eclipse Marketplace > klik add project tools untuk PHP > klik add Eclipse PDT.

Namun kalau Anda tidak memiliki platform Eclipse, Anda bisa mendownload Eclipse PDT di website resmi Eclipse (https://www.eclipse.org/pdt/).

Editor ini bersifat open source yang dilengkapi beragam fitur seperti:

  • Content Assist (memasukkan kode yang belum lengkap otomatis)
  • Syntax Validation (validasi code otomatis)
  • PHP Coding Fixer Integration (otomatis memastikan kode sudah standar)

3. Komodo IDE

Komodo IDE PHP online editor merupakan IDE sekaligus code editor. Fungsinya yang 2-in-1 ini sukses menjadikan Komodo IDE banyak digunakan oleh perusahaan ternama seperti Vmware dan Siemens. PHP online editor ini pun bisa digunakan via browser setelah Anda membuat akun di website Komodo (https://www.activestate.com/products/komodo-ide/).

Kabar gembiranya, Komodo IDE bisa dipadukan dengan framework PHP lain seperti Laravel, support multi-platform OS, dan memiliki fitur-fitur canggih gratis seperti:

  • Multiple Selection (membuat beberapa perubahan coding sekaligus)
  • Splitview (membantu multitasking)
  • Track Changes (melakukan revert code pada file)

Artikel Terkait  Mengenal Deno JS, Runtime TypeScript dan JavaScript yang Lebih Cepat

4. Visual Studio Code

Berikutnya ada Visual Studio Code yang dikembangkan oleh Microsoft untuk PHP programming. Seluruh tools di software ini gratis, dan Anda bisa mendownload plus menginstal banyak tools dari dalam 1 aplikasi saja.

Fitur unggulan Visual Studio yang paling banyak diandalkan adalah InteliSense untuk memudahkan mengetahui code yang dikerjakan dengan dukungan smart completion dan syntax highlighting.

5. Notepad++

Notepad++ adalah PHP online editor ‘legendaris’ milik para pengguna Windows, sebab Notepad sudah sangat lawas dan masih eksis digunakan sampai hari ini. Dengan Notepad++, Anda bisa mengetik aneka kode dan langsung menyimpan sebagai file PHP sederhana. Notepad++ kini bisa ditambahkan aneka plugin eksternal, seperti:

  • SnippetExecutor (compile snippet otomatis)
  • Multiclipboard (automatic copy-and-paste code)
  • Auto Indent (otomatis mengindentasi code agar lebih rapi)

6. CodeLite

Ingin mencari PHP online editor yang ringan dan cepat? CodeLite adalah jawabannya! CodeLite bisa digunakan untuk ngoding PHP, JavaScript dan C++ dengan cepat, ringan, plus mempunyai fitur lengkap seperti:

  • Compiler Support (memperoleh informasi tooltip jika ada error)
  • Integrated GDB Support
  • Refactoring Function (implementasi inherited virtual function, rename symbols dan file otomatis)

7. Adobe Dreamweaver

Dreamweaver sesungguhnya lebih dari sekadar PHP online editor karena software ini sesungguhnya merupakan tool web development utuh gratis. Jadi, Anda bisa mengembangkan web utuh dengan Dreamweaver yang juga support coding CSS dan HTML. Beberapa fitur unggulannya seperti code highlights, sync stting dan live view editing.

8. Brackets

Brackets juga dikembangkan oleh Adobe sebagai PHP editor free open source. Brackets dapat dipasangi aneka plugin unggulan, serta mempunyai banyak fitur keren seperti find references, linting untuk diagnosa kode dan code and parameter hint.

9. Atom

Selanjutnya ada Atom yang merupakan PHP editor built-in package manager, jadi Anda bisa menginstal aneka package baru untuk mendukung project langsung dari app. Anda pun tidak perlu takut jika mengalami kendala karena ada banyak komunitas Atom yang siap diajak sharing. Beberapa fitur unggulan Atom: themes, find and replace, dan multiple panes untuk multitasking.

10. Aptana Studio

Untuk mengembangkan web basic, Aptana Studio sudah dirasa sebagai tool yang cukup. Aptana Studio mempunyai built-in terminal, PHP debugger, dan integrasi Git yang baik untuk bekerja membangun web sederhana bersama tim.

11.NetBeans

Dikembangkan oleh Apache Software Foundation, NetBeans adala PHP IDE dan editor free open source dengan kaya fitur seperti code folding, code templates dan smart code completion. NetBeans mendukung aneka framework lain seperti Zend dan Sympony.

Artikel Terkait  Mengapa Website Bisnis Harus Responsive Web?

12. AWS Cloud 9

AWS Cloud 9 adalah PHP IDE dan editor cloud-based. Jadi, Anda tidak perlu melakukan instalasi software; cukup jalankan secara online di browser. Fitur-fitur dan fungsi unggulan AWS Cloud 9 seperti:

  • Konektivitas ke semua Linux server.
  • Kolaborasi real-time.
  • Built-in image editor untuk mengedit gambar.
  • File revision history untuk kembali ke kode awal sebelum diedit.

AWS Cloud 9 gratis dipakai untuk 1 tahun, namun setelahnya, Anda perlu berlangganan versi premium dengan kalkulasi harga yang disediakan di web layanan AWS.

13. Sublime Text

Berikutnya adalah Sublime Text yang kami rekomendasikan untuk Anda yang ingin ngoding dengan cepat dan gratis. Sublime Text bisa diunduh di Linux, Windows dan Mac. Editor ini sangat ringan, mempunyai banyak pilihan tema, dan juga dilengkapi fitur-fitur canggih seperti:

  • Package Control (mudah mencari dan memakai aneka package khusus)
  • GoTo Anything (mudah membuka file sekaligus auto-direct ke baris dan symbol tertentu)
  • Multiple Selection (untuk mengedit banyak variable sekaligus di baris yang berlainan)

Seluruh fitur di Sublime Text gratis, namun Anda akan menemui notifikasi yang agak mengganggu kapanpun Anda hendak menyimpan file coding. Anda bisa membeli lisensi Personal seharga $80 untuk menghilangkan notifikasi tersebut.

14. PHPEd

PHPEd adalah PHP editor sekaligus tool untuk melakukan deploy dengan aman, cepat dan mudah. PHPEd sudah disupport oleh PHP versi 7.4 dan framework PHP lainnya seperti CodeIgniter dan CakePHP. Tool ini bisa digunakan gratis trial 14 hari, dan untuk pemakaian seterusnya Anda bisa membeli lisensi Personal $74. Nantinya, Anda akan menemukan sejumlah fitur unggulan seperti:

  • SmartSync untuk sinkronisasi file lokal.
  • Dynamic Syntax Highlighting untuk lebih fokus kerja dengan auto switch ke coding dan bahasa pemrograman yang sedang dipakai.
  • Parallel Debugging untuk melakukan sejumlah debug sekaligus.
  • Worksets untuk mengambil snapshot IDE secara lebih efisien – cocok dipakai untuk Anda yang sering berganti-ganti dari satu project ke yang lain.

Artikel Terkait  Apakah Perbedaan Website dengan Web App? Yuk Simak!

15. phpDesigner 8

Rekomendasi PHP online editor terakhir adalah phpDesigner8 dengan aneka buil-in editor lengkap seperti PHP editor, HTML5, JavaScript dan CSS3. Nama phpDesigner8 sudah sangat terkenal di seluruh dunia. Sampai hari ini, sudah ada lebih dari 1 juta user phpDesigner8, lho!

Kepopuleran phpDesigner8 dikarenakan tampilan UI/UX software yang sangat intuitif plus dilengkapi workspace yang bebas dikustomisasi. Selain itu ada juga beraneka jenis fitur unggulan phpDesigner8 untuk Anda coba seperti:

  • PHP Debugging untuk menganalisis error (bug) dan memperbaikinya.
  • Code Insight yang disupport oleh OOP Support untuk ngoding lebih cepat.
  • Syntax Highlighter untuk memperjelas area coding yang sedang digarap.

Sama seperti sebelumnya, phpDesigner8 bisa digunakan gratis 30 hari. Setelahnya Anda bisa berlangganan lisensi Personal 2-in-1 $42. Tertarik untuk mencoba?

Demikianlah pembahasan artikel rekomendasi code PHP editor terbaik untuk tahun 2021 nanti. Sudahkah Anda menemukan code PHP editor terbaik? Jika belum, kami sarankan untuk memilih software code PHP editor yang paling sesuai dengan kebutuhan ngoding saat ini.

Semisal jika Anda hanya perlu text editor untuk belajar coding sederhana, Anda bisa memakai Notepad++. Namun untuk project development website yang kompleks, tidak ada salahnya untuk mencoba software yang lebih lengkap IDE-nya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya