Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingLow Code Platform : Ulasan dan Pilihan Terbaiknya Lengkap!

Low Code Platform : Ulasan dan Pilihan Terbaiknya Lengkap!

-

Last Updated on May 15, 2023 by

Dalam dunia digital saat ini, pembuatan aplikasi telah menjadi elemen penting dari strategi bisnis banyak perusahaan. Namun, proses pengembangan aplikasi tradisional bisa menjadi tugas yang memakan waktu dan memerlukan keahlian coding yang mendalam. Inilah mengapa low code platform menjadi semakin populer. 

Dalam artikel ini kita akan membahas apa itu platform low-code, manfaatnya, beberapa platform terbaik, faktor penting yang perlu diperhatikan, serta studi kasus dari penggunaannya dalam berbagai industri. Mari simak selengkapnya dibawah ini!

Apa Itu Low Code Platform?

low code platform

Low code platform adalah platform pengembangan perangkat lunak yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi dengan sedikit atau tanpa penulisan kode sama sekali. Platform ini menggunakan antarmuka visual dan fungsi drag and drop untuk menyederhanakan proses pengembangan aplikasi dan menjadikannya mudah diakses oleh pengguna dengan berbagai tingkat pengalaman coding.

Platform low-code biasanya menawarkan template, komponen, dan konektor bawaan yang dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam aplikasi dan mengurangi kebutuhan coding ekstensif. Pengguna dapat membuat alur kerja khusus, antarmuka pengguna, dan logika bisnis melalui lingkungan pengembangan visual, menghilangkan kebutuhan akan bahasa coding tradisional.

Pada tahun-tahun terakhir, platform low-code semakin populer karena menawarkan cara yang lebih cepat dan efisien untuk mengembangkan aplikasi tanpa memerlukan keahlian coding ekstensif. Platform ini telah diadopsi oleh bisnis di berbagai industri, termasuk kesehatan, keuangan, dan ritel.

Manfaat Menggunakan Low Code Platform

Penggunaan low code platform memberikan dampak yang cukup signifikan dalam dunia pengembangan aplikasi dan mampu memberikan banyak manfaat di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat utama menggunakan platform low-code.

Waktu Rilis Lebih Cepat

Low code platform memungkinkan bisnis untuk membuat aplikasi dengan cepat dan efisien. Dengan semakin cepatnya pengembangan, maka dapat mengurangi rilis untuk produk dan layanan baru.

Artikel Terkait  Tutorial Kivy Phyton : Membangun Attractive Aplikasi Mobile Di Phyton

Penghematan Biaya

Dengan menghilangkan kebutuhan coding ekstensif, bisnis dapat menghemat biaya pengembangan dan mengalokasikan sumber daya ke bidang bisnis lainnya.

Agilitas Meningkat

Platform low-code memungkinkan bisnis untuk cepat beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar dan permintaan pelanggan, memungkinkan mereka untuk tetap unggul dalam persaingan.

Kolaborasi yang Lebih Baik

Low code platform menyediakan antarmuka visual yang memungkinkan beberapa anggota tim untuk bekerja sama dalam proyek yang sama guna meningkatkan kolaborasi dan komunikasi dalam organisasi.

Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Platform low-code memungkinkan bisnis untuk membuat aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna spesifik. Target yang lebih spesifik tersebut dapat membantu untuk menghasilkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi.

Rekomendasi 10 Low Code Platform Terbaik

Untuk melakukan pengembangan dengan platform low code, memilih platform terbaik adalah salah satu hal yang paling penting. Berikut ini rekomendasi 10 low code platform terbaik yang dapat dipertimbangkan.

1. Microsoft Power Apps

Microsoft Power Apps adalah platform low-code berbasis cloud yang memungkinkan pengguna untuk membangun aplikasi bisnis khusus. Power Apps menyediakan antarmuka seret-lepas visual yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi tanpa menulis kode. Power Apps juga terintegrasi dengan produk Microsoft lainnya seperti Power BI dan Dynamics 365 untuk memudahkan pembuatan aplikasi komprehensif.

2. SalesforceLightning Platform

Platform Lightning Salesforce adalah low code platform yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi kustom menggunakan antarmuka visual. Platform ini menyediakan berbagai alat dan layanan yang memungkinkan pengguna membangun aplikasi dengan cepat dan mudah. Salesforce Lightning Platform juga terintegrasi dengan produk Salesforce lainnya seperti Sales Cloud dan Service Cloud yang menjadikannya platform ideal untuk bisnis yang sudah menggunakan Salesforce.

3. OutSystems

OutSystems adalah low code platform yang memungkinkan pengguna untuk membangun dan menerapkan aplikasi dengan cepat. Platform ini menyediakan lingkungan pengembangan visual yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi tanpa menulis kode. OutSystems juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi yang menjadikannya solusi komprehensif bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

4. Appian

Appian adalah platform low-code yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi kustom dengan cepat dan mudah. Appian menyediakan antarmuka seret-lepas yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi tanpa menulis kode. Appian juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi, menjadikannya platform ideal bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

Artikel Terkait  Tools yang Akan Membantu Mengecek Keamanan Website

5. Mendix

Mendix adalah platform low-code yang memungkinkan pengguna membangun dan menerapkan aplikasi dengan cepat. Mendix menyediakan lingkungan pengembangan visual yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi tanpa menulis kode. Mendix juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi, menjadikannya solusi komprehensif bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

6. Google App Maker

Google App Maker adalah platform low-code yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi kustom menggunakan antarmuka visual. Google App Maker menyediakan berbagai template dan alat yang memungkinkan pengguna membangun aplikasi dengan cepat dan mudah. Google App Maker juga terintegrasi dengan produk Google lainnya seperti G Suite dan menjadikannya platform ideal bagi bisnis yang sudah menggunakan produk Google.

7. Betty Blocks

Betty Blocks adalah platform low-code yang memungkinkan pengguna membangun aplikasi kustom tanpa menulis kode. Betty Blocks menyediakan lingkungan pengembangan visual yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi dengan cepat dan mudah. Betty Blocks juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi dan menjadikannya solusi komprehensif bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

8. Zoho Creator

Zoho Creator adalah platform low-code yang membantu pengguna membangun aplikasi kustom tanpa menulis kode. Zoho Creator menyediakan antarmuka seret-lepas yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi dengan cepat dan mudah. Zoho Creator juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi, menjadikannya solusi komprehensif bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

9. Quick Base

Quick Base adalah platform low-code yang memungkinkan pengguna untuk membuat aplikasi kustom dengan cepat dan mudah. Quick Base menyediakan antarmuka seret-lepas yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi tanpa menulis kode. Quick Base juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi, menjadikannya platform ideal bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

10. Kintone

Kintone adalah low code platform yang memungkinkan pengguna membangun aplikasi kustom menggunakan antarmuka visual. Kintone menyediakan berbagai template dan alat yang memungkinkan pengguna membangun aplikasi dengan cepat dan mudah. Kintone juga mencakup berbagai alat untuk pengujian dan penyebaran aplikasi, menjadikannya platform ideal bagi bisnis yang ingin membangun aplikasi kustom.

Artikel Terkait  Percantik Tampilan Website Anda dengan Framework Wordpress Ini!

Faktor Penting dalam Pemilihan Low Code Platform

low code platform

Saat memilih platform low-code terbaik, ada beberapa faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam proses pemilihan. Berikut faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih platform terbaik.

Kemudahan Penggunaan

Platform yang akan digunakan harus memiliki antarmuka yang ramah pengguna yang memungkinkan pengguna membuat aplikasi dengan cepat dan mudah tanpa pengetahuan pemrograman yang ekstensif.

Integrasi

Platform yang baik harus dapat terintegrasi dengan sistem dan alat lain yang digunakan oleh bisnis untuk membuat aplikasi komprehensif yang selaras dengan alur kerja yang ada.

Scalability

Platform pengembangan low code harus dapat menangani pertumbuhan bisnis dan berskala sesuai, memungkinkan bisnis untuk terus membuat aplikasi tanpa batasan.

Keamanan

Selain kemudahan penggunaan, platform juga harus menyediakan langkah-langkah keamanan yang memadai untuk melindungi data dan aplikasi bisnis dari ancaman cyber.

Dukungan

Platform harus menawarkan dukungan pelanggan yang andal dan komprehensif untuk memastikan operasi yang lancar dan resolusi cepat untuk masalah apa pun yang mungkin muncul.

Studi Kasus Penggunaan Low Code Platform

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana perusahaan dari berbagai industri telah menggunakan low code platform untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas mereka:

  1. Dalam bidang perawatan kesehatan, platform low-code dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi yang memudahkan pengelolaan data pasien dan koordinasi perawatan.
  2. Dalam industri keuangan, platform low-code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang memudahkan pengelolaan portofolio dan analisis risiko.
  3. Dalam sektor ritel, platform low-code dapat digunakan untuk membuat aplikasi yang memudahkan pengelolaan inventaris dan penjadwalan staf.

Penutup

Low code platform menawarkan solusi yang efektif dan efisien untuk mengembangkan aplikasi kustom dengan cepat dan mudah. Fitur dan kemampuan yang ditawarkan platform low code memungkinkan bisnis dari berbagai industri untuk merespons kebutuhan dan permintaan pelanggan dengan lebih cepat dan efisien. Saat memilih platform low-code, pertimbangkan faktor-faktor penting untuk dapat memanfaatkan potensi penuh dari teknologi low-code dan membawa bisnis ke tingkat berikutnya. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan Anda seputar pengembangan aplikasi!

Ikuti terus WEBAPP untuk mendapatkan seluruh informasi terbaru dan menarik dari dunia pengembangan aplikasi maupun website! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh informasi menarik maupun artikel terbaru dari dunia teknologi dan pengembangan software setiap harinya! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya