Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiMobile ProgrammingMicrosoft Power Apps : Solusi Pengembangan Tanpa Coding!

Microsoft Power Apps : Solusi Pengembangan Tanpa Coding!

-

Last Updated on October 31, 2023 by

Kecepatan dan efisiensi dalam pengembangan aplikasi saat ini menjadi kunci sukses dalam bisnis. Microsoft menawarkan solusi inovatif bernama Microsoft Power Apps. Power Apps adalah platform yang memungkinkan siapa saja, bahkan mereka yang tidak memiliki keahlian pemrograman, untuk membangun dan berbagi aplikasi berkode rendah. Dengan mengintegrasikan berbagai layanan Microsoft dan pihak ketiga, Power Apps membuka peluang baru dalam pengembangan aplikasi bisnis. 

Artikel ini akan membahas secara mendalam apa itu Microsoft Power Apps, fiturnya, cara kerjanya, bagaimana membangun aplikasi dengan Power Apps dan keterbatasan yang perlu diperhatikan. Mari langsung saja cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Microsoft Power Apps?

microsoft power apps

Power Apps adalah platform low code dari Microsoft yang memungkinkan pengembang untuk membangun dan membagikan aplikasi berkode rendah yang kuat dengan cepat. Ini adalah rangkaian aplikasi, layanan, dan platform data yang memfasilitasi pengembangan aplikasi cepat untuk membuat aplikasi kustom berdasarkan kebutuhan bisnis. Pengembang dapat dengan cepat membuat aplikasi bisnis kustom yang terhubung ke data bisnis baik on-premises (Excel, Office 365, SharePoint, dan lainnya) atau platform data (sumber data umum untuk aplikasi).

Inti dari Power Apps adalah platform sebagai layanan yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi yang dapat berjalan di perangkat mobile maupun browser. Tujuan pengembangan Power Apps adalah untuk memungkinkan pengguna membangun aplikasi dengan kemampuan baru tanpa keahlian pemrograman. Microsoft menawarkan desain visual awal untuk PowerApps, dengan fungsionalitas drag and drop. Power Apps memiliki koneksi dengan berbagai aplikasi berbasis Microsoft dan aplikasi pihak ketiga.

Artikel Terkait  Node.js adalah? Memahami Penggunaan dan Keunggulan Node.js

Fitur Microsoft Power Apps

Power Apps dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan Anda membangun aplikasi tanpa coding. Berikut adalah fitur utama dari Power Apps:

  1. Integrasi Mudah dengan Layanan Microsoft Lainnya: Salah satu alasan utama menggunakan Power Apps adalah kemampuannya terhubung dengan mudah dengan layanan Microsoft lainnya seperti Excel, OneDrive, SharePoint, dan lainnya.
  2. Antarmuka yang Ramah Pengguna: Power Apps mendukung antarmuka yang ramah pengguna. Dengan ini, pengembang dapat membangun aplikasi dengan mudah, bahkan jika tidak memiliki pengalaman pengembangan. Buat antarmuka yang dapat melakukan operasi CRUD.
  3. Aplikasi Canvas dan Model-driven: Ada dua cara untuk mengembangkan aplikasi di Power Apps yaitu Pendekatan Canvas dan Model-driven. Pengembang dapat merancang aplikasi hanya dengan menyeret dan menjatuhkan elemen ke kanvas. Dengan aplikasi model-driven, sebagian besar tata letak ditentukan dan ditunjuk oleh komponen yang ditambahkan pengembang.
  4. Konektivitas Cloud: Microsoft Power Apps sangat mudah untuk terhubung ke layanan cloud seperti SQL, Dropbox, Google Drive, dan lainnya.
  5. Pembuatan dan Berbagi Aplikasi: Mendukung antarmuka drag and drop yang mudah untuk pembuatan aplikasi. Pengembang dapat dengan mudah berbagi dengan siapa pun yang diinginkan dengan Power Apps.
  6. Hemat Biaya: Jika ingin mengembangkan aplikasi bisnis yang kaya tetapi tidak mampu menyewa pengembang, mulailah menggunakan alat yang fantastis yang hemat biaya ini. 
  7. Common Data Service (CDS): CDS memungkinkan Anda menyimpan dan mengelola data secara aman yang digunakan oleh aplikasi bisnis. Data dalam CDS disimpan dalam bentuk entitas. Entitas adalah serangkaian catatan yang menyimpan data mirip dengan tabel dalam database. CDS for Apps berisi serangkaian entitas hukum yang mencakup skenario khas. Pengembang dapat membuat entitas kustom khusus untuk perusahaan dan mengisinya dengan data menggunakan Power Query. Pengembang menggunakan Power Apps untuk membangun aplikasi kaya menggunakan data ini.

Cara Kerja Power Apps

PowerApps memfasilitasi pembuatan aplikasi dengan menawarkan berbagai template, konektor, dan aplikasi pihak ketiga untuk pengguna bisnis. Alasan utama yang membuatnya populer di kalangan pengembang adalah konektor. Alat ini memungkinkan pengembang melakukan operasi CRUD dan mendukung sebagian besar sumber data on-premises.

Artikel Terkait  Perbedaan Encoding dan Decoding dalam Komunikasi Data

Langkah Membangun Aplikasi dengan Power Apps

microsoft power apps

Membangun aplikasi dengan Power Apps cukup mudah dan intuitif, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki pengalaman pengembangan aplikasi sebelumnya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk membuat aplikasi dengan Power Apps:

1. Pilih Lingkungan Anda

Ada empat lingkungan yang bisa pengembang gunakan dengan Power Apps dan masing-masing memiliki kemampuannya sendiri. Power Apps Website memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola aplikasi. Power Apps Studio memungkinkan pengguna untuk merancang dan menyesuaikan aplikasi yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis spesifik. Power Apps Mobile tersedia di ponsel dan tablet dan memungkinkan pengguna untuk menjalankan semua aplikasi Power Apps. Power Apps Admin Center memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola lingkungan, strategi Pencegahan Kehilangan Data (DLP), dan peran pengguna.

2. Pilih Tipe Aplikasi Power Apps Anda 

Microsoft Power Apps mendukung dua tipe aplikasi yaitu Canvas dan Model-driven. Aplikasi Canvas memungkinkan pengembang untuk dengan mudah berinteraksi dengan kontrol dan bidang penempatan dalam pengalaman pengguna yang “pixel perfect” untuk menargetkan aplikasi ringan. Aplikasi Model-driven dibangun di atas CDS (Common Data Services) untuk dengan cepat membuat proses, formulir, dan aturan bisnis yang berfokus pada pembuatan aplikasi yang lebih berat.

3. Pilih Tipe Penyimpanan Anda

Memilih sumber data yang tepat sangat penting saat merancang aplikasi. Pengembang dapat memilih antara penyimpanan data di tempat (on-premises) seperti Excel, Office 365, SharePoint dan lainnya, atau platform data (sumber data umum untuk aplikasi).

4. Hubungkan Aplikasi ke Sumber Data On-Premise atau Online 

Power Apps dilahirkan di cloud dan dapat terhubung secara native ke sumber data cloud mana pun. Untuk itu, pengembang perlu mengkonfigurasi gateway data on-premises. Pengembang perlu menggunakan sumber data dari salah satu pilihan berikut yaitu SQL Server, Oracle, SharePoint, Informix, Filesystem, dan DB2.

Artikel Terkait  Mengenal Framework Spring Boot untuk Membangun Aplikasi Java

5. Buat Aplikasi Anda 

Mulai dengan memilih template atau mulai dari awal. Pengembang dapat menyeret dan menjatuhkan elemen ke dalam aplikasi, membuat formulir, tabel, dan grafik, dan menambahkan logika menggunakan fungsi dan ekspresi.

6. Bagikan Aplikasi Anda 

Setelah aplikasi selesai dibuat, pengembang dapat membagikannya dengan siapa pun yang diinginkan di dalam organisasi. Pengembang juga dapat memperbarui dan memodifikasi aplikasi sesuai dengan kebutuhan.

Keterbatasan Power Apps

Dibalik berbagai fitur yang dimiliki oleh Power Apps, platform ini juga memiliki berbagai keterbatasan yang perlu diperhatikan oleh para pengembang yang ingin mengembangkan aplikasi bisnis. Berikut beberapa keterbatasan Microsoft Power Apps yang harus diperhatikan 

  1. Dengan Power Apps, pengembang dapat mengambil maksimal 500 item secara default, tetapi dapat diperluas hingga 2000.
  2. Hanya satu pengembang yang dapat bekerja pada satu waktu jika beroperasi pada Aplikasi Canvas.
  3. Jika SharePoint berjalan di latar belakang, kontrol lampiran akan berfungsi dengan baik. Tetapi jika SQL kustom berjalan di backend, maka kontrol lampiran akan dinonaktifkan.
  4. Integrasi JavaScript tidak mungkin dilakukan dalam formulir Power Apps.
  5. Power Apps tidak dapat dibagi dengan pengguna eksternal. Platform ini dirancang untuk digunakan secara internal untuk tujuan bisnis.

Penutup

Microsoft Power Apps dengan fitur-fiturnya yang kuat dan fleksibel telah menjadi solusi yang dipercaya oleh berbagai perusahaan di seluruh dunia untuk memodernisasi pengembangan aplikasi. Meski memiliki beberapa keterbatasan, manfaat yang ditawarkannya jauh melampaui hambatan tersebut dan membuatnya menjadi pilihan yang ideal bagi bisnis. Pengembang dapat menghemat biaya pengembangan aplikasi dengan adanya platform ini. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda seputar pengembangan aplikasi!

Ikuti WEBAPP untuk dapatkan seluruh info terbaru dan menarik seputar dunia pengembangan aplikasi maupun web! Klik https://appkey.id/ agar tidak ketinggalan banyak info menarik maupun artikel terbaru dari dunia teknologi dan pengembangan software setiap harinya! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya