Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Backend 12 Istilah Sakral yang Penting Dimengerti Oleh Cloud Developer

12 Istilah Sakral yang Penting Dimengerti Oleh Cloud Developer

-

Cloud computing? Apakah Anda tidak asing dengan istilah ini? Istilah cloud computing atau penyimpanan awan muncul akibat adanya perkembangan secara bertahap dan revolusi pada internet. Pada tahun 1999 storage.salesforce.com pertama kali menggagas pertama kali agar suatu perusahaan dapat menggunakan aplikasi yang dijalankan berbasis internet.

Selanjutnya perkembangan komputasi awan di Indonesia digunakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Komputasi awan adalah terobosan baru dari penggunaan dan pemanfaatan komputasi.

Dimana dengan terobosan baru ini menjadikan sumber daya akan terukur secara dinamis dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet.

Penyimpanan awan setiap tahunnya akan terus berkembang, dan di masa depan diprediksi para pelaku bisnis akan menggunakan teknologi cloud ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan serta operasional bisnis mereka, mengingat kemudahan transfer data yang ditawarkan oleh teknologi komputasi awan dalam transfer data yang tidak lagi dilakukan secara fisik dan tidak harus berada di tempat si pengirim data.

Oleh karena itu, para cloud engineer dan cloud developer merupakan profesi yang menjadi profesi yang sangat menjanjikan di masa depan.

Tugas Cloud Developer

Seorang yang memiliki skill teknologi komputasi awan disebut cloud developer atau cloud engineer. Menjadi cloud engineer merupakan salah satu keahlian yang sangat diperlukan oleh banyak perusahaan.

Oleh karena itu seorang cloud developer wajib mengetahui tanggung jawabnya di dalam suatu perusahaan. Tugas utama dari seorang cloud developer adalah untuk merancang infrastruktur cloud dari suatu perusahaan.

Para cloud developer tidak hanya merancang infrastruktur cloud suatu perusahaan, namun juga berkewajiban untuk menjaga keamanan dari penyimpanan cloud yang telah dirancang.

Hal ini disebabkan karena perusahaan besar yang menggunakan teknologi komputasi awan akan menyimpan data-data perusahaan di penyimpanan awan tersebut, sehingga sangat penting untuk melakukan pengamanan terhadap infrastruktur cloud computing yang dilakukan.

Prediksi Perkembangan Komputasi Awan 2021

cloud-computing-1

Perkembangan teknologi yang setiap tahunnya semakin meningkat tentunya akan mempengaruhi perkembangan teknologi cloud di tahun 2021. Penyimpanan awan tentunya sangat amat berperan bagi kelangsungan perusahaan-perusahaan di tengah menghadapi masa pandemi.

Hal ini dikarenakan teknologi cloud ini menghadirkan kemampuan untuk mengkases dan mentransfer data tanpa harus berada di suatu tempat yang sama dan hanya mengandalkan internet.

Tentunya penerapan komputasi awan ini dapat membantu proses bisnis dan pekerjaan hanya dari rumah saja. Tahun 2021 merupakan tahun kehadiran atau kemunculan berbagai usaha baru yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. Dengan demikian, kebutuhan akan cloud computing dapat diprediksi juga akan meningkat.

Kebutuhan akan transfer data yang meningkat di suatu perusahaan, merupakan kabar baik bagi para cloud engineer atau cloud developer. Oleh karena itu, soerang cloud developer harus mengetahui juga tren cloud computing yang akan berkembang selama tahun 2021 ini.

Artikel Terkait  Apa itu Underscore JS? Kegunaan Underscore JS untuk Melengkapi jQuery

1. Kehadiran Multi Cloud

Kemunculan multi cloud akan menuntut para cloud developer untuk membangun jembatan penguhubung antar platform yang disediakan oleh suatu perusahaan tertentu. Mengingat banyaknya perusahaan besar yang mulai untuk mengembangkan berbagai produk namun menggunakan model bisnis yang sama. Hal inilah yang akan mendorong cloud developer untuk membangun jembatan tersebut.

Multi cloud menekankan pada pendekatan penyimpanan awan dengan konsep kolaboratif. Multi cloud ini juga membantu memudahkan para konsumen dan juga para pemasok yang berada dalam rantai supply suatu perusahaan.

2. Penerapan Artificial Intelligence (AI)

Penerapan artificial intelligence pada sistem penyimpanan awan tentunya akan membantu perkembangan dan meningkatkan kinerja cloud computing agar lebih terbuka dan dapat digunakan untuk berbagai perusahaan dengan sektor dan ukuran perusahaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, dengan penerapan AI ke dalam infrastruktur cloud dapat memberikan alogritma yang lebih pintar dan mengoptimalkan kinerja penyimpanan awan.

3. Game, Musik, dan Film akan Dikirimkan melalui Cloud

Cloud dengan kemampuan yang mampu memberikan konsumsi akan game, music, dan film akan memberikan jaminan yang lebih cepat untuk mengakses berbagai layanan hiburan. Cloud dengan kemampuan yang dapat mentransfer data hiburan seperti ini memiliki library yang lebih besar dibandingkan cloud pada umumnya.

4. Virtual Cloud Desktop

Tren komputasi awan akan lebih banyak menggunakan vritual cloud desktop. Virtual cloud desktop merupakan layanan yang bekerja dengan memanfaatkan lingkungan dari pusat data yang selanjutnya dikirimkan ke komputer atau desktop dimanapun karyawan suatu perusahaan ingin bekerja.

Layanan penyimpanan awan seperti ini akan memudahkan para pemilik usaha untuk memastikan efisiensi dan efektivitas kinerja para pekerja. Layanan seperti ini juga membantu untuk meningkatkan keamanan dari sistem cloud yang sudah dirancang.

12 Istilah Sakral yang Harus Dipahami Cloud Developer

cloud-computing-2

Untuk meningkatkan skill komputasi awan yang Anda miliki, ada baiknya Anda juga mengenal lebih dekat istilah sacral yang sering digunakan dalam dunia cloud computing.

1. Cloud

Metafora yang mengacu pada infrastruktur dan jaringan server yang diakses melalui internet

2. On-premise

Perangkat lunak atau infrastruktur yang dijalankan di komputer atau gedung (secara fisik) baik itu adalah milik individu atau sebuah organisasi

3. Serverless

Metode penyediaan layanan cloud yang memungkinkan pengguna dapat mengembangkan dan mendeploy aplikasinya tanpa perlu memperdulikan infrastruktur yang menjalankannya.

4. Container

Metode pengemasan atau penyimpanan untuk semua kode dan library yang dibutuhkan menjadi satu unit perangkat lunak sehingga bisa berjalan dengan cepat dan andal dari satu lingkungan ke lingkungannya.

5. Microservice

Istilah ini adalah istilah yang digunakan apabila ingin menjelaskan terkait cara merancanga apliaksi dimana aplikasi ini terdiri dari serangkaian layanan kecil yang dideploy secara independen.

6. Encryption

Istilah ini merujuk pada metode yang digunakan untuk mengubah dan menyembunyikan informasi lalu mengubahnya menjadi kode rahasia agar tidak mudah dibaca oleh orang yang tidak berwenang mengakses data.

7. Loosely Coupled

Model arsitektur yang antar komponennya tidak saling terikat dan berhubungan erat. Setiap sistem dapat bekerja secara independen sebagai bagian dari sistem yang lebih besar.

Artikel Terkait  10 Pilihan Framework Node.Js yang dapat Anda Gunakan di Tahun Ini

8. Latency

Istilah ini berhubungan dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk mengirimkan data dari titik awal pengiriman data ke titik tujuan pengiriman.

9. Load Balancing

Merupakan istilah saat dilakukannya proses pendistribusian lalu lintas dan beban kerja ke berbagai server.

10. Scalability

Hal ini berkaitan dengan kemampuan para cloud developer untuk menambah atau mengurangi sumber daya sesuai kebutuhan atau untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan dari suatu perusahaan atau pelanggan yang terus berubah-ubah.

11. DevOps

Kombinasi antara development & operations. Keduanya merupakan praktik yang berfungsi mengotomatiskan dan menintegrasikan proses antara pengembangan dan operasional IT sehingga dapat membangun, menguji, merilis aplikasi dengan lebih cepat dan juga mudah.

12. Service Level Agreement (SLA)

Istilah ini merupakan istilah yang mengacu pada kontrak perjanjian antara penyedia layanan cloud computing dengan pelanggan untuk menentukan hal-hal yang berkaitan dengan layanan, ketersediaan layanan, dan kinerja penyedia layanan.

Selain memahami istilah-istilah yang sering digunakan di dunia cloud computing, bagi Anda seorang cloud developer pemula juga harus menguasai bebeerapa skill dan ilmu pemrograman yang menjadi skill dasar bagi seorang cloud engineer salah satunya adalah Bahasa pemrograman python dan SQL.

Menguasai Bahasa pemograman python dan SQL dapat dilakukan dengan cara yang sangat mudah melalui artikel-artikel di website kami. Webiste kami merupakan media pembalajaran Bahasa pemrograman yang juga menyediakan tips-tips yang sangat berguna bagi Anda para cloud developer pemula klik disini https://appkey.id/

APPKEY juga menyediakan software berbasis cloud, hal ini tentunya pilihan yang tepat juga bagi Anda para pemilik bisnis baru yang ingin menerapkan sentuhan teknologi dalam pelaksanaan dan efisiensi bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait software berbasis cloud bisa klik disini. 


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya