Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Cara Mendaftar Akun Developer di Google Play Store dan...

Cara Mendaftar Akun Developer di Google Play Store dan App Store

-

Apakah Anda seorang Android developer atau iOS developer baru yang ingin mempublikasikan aplikasi Anda? Artikel ini khusus di buat untuk Anda! Bagi Anda yang ingin mengunggah aplikasi buatan Anda, sangat penting untuk membuat akun developer terlebih dahulu baik di Google Play Store (untuk aplikasi Android) dan App Store (untuk iOS).

Berikut kami sajikan untuk Anda cara membuat akun developer di Google Play Store dan Apple Developer Account.

Membuat Akun Developer di Google Play Store

akun-developer-2

Akun developer Google Play ini berguna untuk memberi Anda kemudahan untuk membuat aplikasi Anda tersedia di Play Store untuk pengguna Android. Karena pedoman dan kebijakan Google, Anda diwajibkan untuk menyiapkan akun developer Anda sendiri agar aplikasi Anda dapat dipublikasikan.

Kabar baiknya adalah karena aplikasi akan ada di bawah akun Anda, Anda akan memiliki kontrol lebih terhadapnya dan itu akan mempertahankan branding bisnis Anda di daftar Google Play Store. Berikut ini adalah cara membuat akun developer di Google Play Store untuk Anda para Android Developer.

  1. Pertama, daftar untuk Akun Developer menggunakan Akun Google Anda. Anda dapat melakukan sign up secara otomatis dengan akun Google Anda di https://play.google.com/console/u/0/signup. Jika Anda belum memiliki Akun Google, Anda bisa membuat terlebih dahulu Akun Google Anda. Setelah Anda membuat Akun Google dan Akun Developer, Anda pun dapat menggunakan Konsol Play untuk mempublikasikan serta mengelola aplikasi Anda. Anda bisa login di https://developer.android.com/distribute/console.
  2. Setelah itu, nanti Google Play akan meminta Anda untuk meninjau dan menerima perjanjian distribusi developer Google Play. Anda bisa cek di sini: https://play.google.com/about/developer-distribution-agreement.html. Anda perlu meninjau dengan baik perjanjian ini sebelum Anda menyetujuinya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan di kemudian hari.
  3. Membayar biaya pendaftaran. Biasanya biaya pendaftaran satu kali yang harus Anda bayarkan saat membuat akun developer ini adalah sebesar $25 USD atau sekitar 359 ribu rupiah (kurs: Rp 14.367). Adapun kartu kredit dan kartu debit yang dapat digunakan adalah MasterCard, Visa, American Express, dan Visa Electron.
  4. Jangan lupa melengkapi beberapa informasi tambahan yang diperlukan.
  5. Sesudah melakukan pembayaran dan melengkapi informasi, Anda sudah dapat menggunakan Konsol Play. Di Konsol Play ini Anda sudah bisa mengunggah aplikasi Anda. Namun nantinya, Anda akan menemukan beberapa item seperti navigasi, kategori, dan halaman berikut di tiap aplikasi.

Selain langkah-langkah di atas, ada juga beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan seperti Monetisasi dan Kebijakan. Jika Anda sudah memahami semuanya, Anda pun sudah siap mempublikasikan aplikasi Anda dan bisa mendapatkan penghasilan dari aplikasi tersebut.

Artikel Terkait  Mengenal Float dan Double Data pada Bahasa Pemrograman C++

Membuat Apple Developer Account

app-store

Bicara tentang publikasi aplikasi, tentunya tidak lengkap jika kita tidak bicara tentang akun untuk para iOS Developer. Sama seperti Google Play Store, Anda juga membutuhkan akun developer. Anda harus membuat Apple Developer Account jika ingin mempublikasikan aplikasi berbasis iOS. Namun ketentuan Apple sedikit berbeda dengan Play Store.

Aplikasi iOS ini dikirimkan langsung oleh penyedia konten aplikasi menggunakan Apple Developer Account mereka sendiri. Jika aplikasi dan akun developer tidak cocok, Apple berpotensi menolak aplikasi tersebut. Berikut ini kami sajikan cara membuat akun developer iOS.

1. Tentukan Jenis Pendaftaran Anda. Apakah Anda ingin mendaftar sebagai individu atau organisasi. Ada beberapa ketentuan:

– Mendaftar sebagai individu

Jika Anda adalah individu atau pemilik tunggal / bisnis perorangan, masuk dengan ID Apple Anda untuk memulai. Anda harus memberikan informasi pribadi dasar, termasuk nama dan alamat resmi Anda.

– Mendaftar sebagai Organisasi

Jika Anda mendaftarkan organisasi Anda, Anda memerlukan ID Apple serta berikut ini untuk memulai:

  • Nomor DUNS®

Organisasi Anda harus memiliki Nomor DUNS sehingga Apple dapat memverifikasi identitas organisasi dan status badan hukum Anda. Nomor sembilan digit unik ini ditetapkan oleh Dun & Bradstreet dan digunakan secara luas sebagai pengenal bisnis standar.

Anda dapat memeriksa untuk melihat apakah organisasi Anda sudah memiliki Nomor DUNS dan memintanya jika perlu dan hal ini gratis di sebagian besar negara. Namun untuk permintaan DUNS nomor ini biasanya memerlukan proses 5 hari kerja, jadi Anda harus sedikit bersabar menunggu permintaan DUNS nomor Anda dikeluarkan oleh pihak Apple.

  • Status Badan Hukum

Organisasi Anda harus merupakan badan hukum agar dapat mengadakan kontrak dengan Apple karena Apple sendiri tidak menerima DB, bisnis fiktif, nama dagang, atau cabang.

  • Otoritas Pengikat Hukum

Sebagai orang yang mendaftarkan organisasi Anda di Program Developer Apple, Anda harus memiliki kewenangan hukum untuk mengikat organisasi Anda pada perjanjian hukum. Anda haruslah pemilik / pendiri organisasi, anggota tim eksekutif, pimpinan proyek senior, atau memiliki kewenangan hukum yang diberikan kepada Anda oleh karyawan senior.

  1. Jika sudah menentukan jenis pendaftaran Anda, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah membuat akun iOS Developer. Pertama-tama kunjungilah link ini: https://developer.apple.com/enroll/ dan kemudian klik pilihan “Start your Enrollment” jika Anda sudah memutuskan untuk mendaftar sebagai individu atau organisasi.
  2. Setelah itu perhatikanlah Apple Developer Agreement atau perjanjian Apple Developer. Jika Anda setuju dengan perjanjian tersebut silakan klik box konfirmasi jika Anda sudah membaca dan setuju. Klik submit.
  3. Konfirmasikan semua informasi Anda dengan benar lalu pilih entitas. Berikut ini kami sajikan penjelasan Apple tentang entitas sebelum Anda memilih. Penjelasan dari Apple:

Nama Developer yang terdaftar di App Store didasarkan pada jenis akun yang dipilih dari opsi di bawah ini. Aplikasi yang diterbitkan ke Akun Developer Individual akan menampilkan nama yang tercantum di Akun Developer iOS. Aplikasi yang dipublikasikan ke Akun Developer Perusahaan / Organisasi akan menampilkan Nama Perusahaan yang dimasukkan dalam Akun Developer iOS.

Entitas:

– Perorangan / Pemilik Tunggal / Bisnis Orang Tunggal: Perorangan atau perusahaan tanpa bisnis yang diakui secara resmi (perusahaan tanpa nomor Dun dan Bradstreet). Akun ini hanya memungkinkan untuk membuat satu login utama ke Akun Developer iOS

– Perusahaan / Organisasi: Perusahaan yang diakui secara hukum dengan nomor Dun dan Bradstreet dapat memilih opsi ini. Ini akan memungkinkan banyak login pengguna dibuat dan dikelola dengan berbagai kemampuan izin untuk setiap login. Lihat di sini untuk memeriksa apakah perusahaan Anda adalah perusahaan yang diakui hukum dengan nomor Dun and Bradstreet (DUNS).

  1. Jika Anda sudah mengerti, lanjut isi detail kontak Anda untuk akun developer. Setelah itu perhatikan Apple Developer Program License Agreement atau Perjanjian Lisensi Program Apple Developer. Jika Anda sudah membaca dan setuju dengan perjanjian klik Continue.
  2. Konfirmasikan bahwa semua informasi yang dimasukkan sebelumnya benar dan klik lanjutkan.
  3. Klik ‘Purchase’ untuk mendaftar dan membayar Akun Developer iOS tahunan Anda. Jangan lupa centang kotak Pembaruan Otomatis jika Anda ingin keanggotaan Anda diperpanjang secara otomatis.
  4. Masuk dengan ID Apple Anda dan isi informasi penagihan Anda. Kemudian klik lanjutkan untuk menyelesaikan pengaturan Akun Developer iOS Anda.
  5. Isi informasi yang tersisa di halaman-halaman berikutnya. Dalam 24 jam Anda akan menerima email konfirmasi dari Apple yang memberi tahu Anda bahwa pengaturan Akun Developer iOS Anda telah berhasil.
  6. Setelah Akun Developer iOS Anda disiapkan sepenuhnya, masukkan informasi akun developer iOS Anda di CMS di bawah Publikasikan. Anda pun sudah siap untuk mempublikasikan aplikasi Anda.

Artikel Terkait  Android Studio Lelet? Ini 6 Tips Mempercepat Kinerja Android Studio

Pembuatan Apple Developer Account memang lebih rumit ketimbang membuat akun developer Google Play Store. Namun pada intinya keduanya sama saja.

Itulah penjelasan tentang cara membuat akun developer di Google Play Store dan App Store. Bagi Anda yang belum bisa membuat aplikasi, Google Play Store merekemondasikan beberapa pembelajaran pembuatan aplikasi android melalui Akun Developer yang sudah Anda miliki.

Pastikan Anda membuat aplikasi sebaik mungkin agar lebih banyak digunakan orang-orang serta Anda sendiri pun bisa mendapatkan benefit dari aplikasi yang Anda hasilkan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya