Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidRekomendasi Aplikasi Pencari Kerja, Cocok Bagi Freshgraduate

Rekomendasi Aplikasi Pencari Kerja, Cocok Bagi Freshgraduate

-

Last Updated on November 8, 2023 by APPKEY-YOGI

Aplikasi pencari kerja adalah salah satu media yang mengantarkan kita pada informasi lowongan pekerjaan. Mencari kerja adalah salah satu keharusan demi keberlangsungan hidup. Jika tidak kerja, kita tidak dapat untuk sekedar membeli makan dan kebutuhan lainnya atau biasanya jika orang lain melihat kita kebanyakan diam dirumah atau dengan kata lain nganggur, bukan cuma orang tua saja yang marah-marah setiap hari tapi juga bisa jadi bahan gosip tetangga.

Banyak yang mengatakan jika tidak mendapat pekerjaan jauh lebih menyakitkan daripada menjalani pekerjaan dengan beban bertumpuk-tumpuk. Tapi tetap saja tergantung kepada kekuatan mental seseorang. Ada yang bodo amat jika digosipkan, ada juga yang langsung merasa menjadi makhluk yang tidak berguna di muka bumi ini karena selalu menjadi merasa menjadi beban orang tua, jangan sedih, kami akan memberikan rekomendasi aplikasi pencari kerja yang terbaik. Yuk simak!

aplikasi pencari kerja

Table of Contents

JobStreet

Salah satu aplikasi pencari kerja yang lumayan diketahui banyak orang adalah jobstreet. Aplikasi ini tidak hanya memberikan informasi lowongan di Indonesia saja, tapi di negara lain seperti Malaysia, Singapura, Vietnam dan Filipina pun juga bisa kalian lihat dan mengakses lowongannya.

Pada awal setelah kalian membuka aplikasi, kalian bisa memilih negara untuk mencari lowongan. Setelah memilih, kalian tidak bisa langsung menelusuri lowongan. Jika kalian adalah pengguna baru, kalian wajib untuk daftar. Setelah mengisi nama depan, nama belakang, alamat email dan kata sandi, lanjut untuk mengisi status saat ini.

Pada halaman status saat ini, kalian isi tempat tinggal kalian, nomor telepon, kewarganegaraan dan gaji yang diharapkan. Setelah itu, lanjut untuk harus mengisi perihal pendidikan kalian. Pada halaman pendidikan, kalian harus mengisi tingkat pendidikan (S3, S2, S1, D3, SMU/SMK/STM), institusi (dimana kalian berkuliah atau bersekolah), bidang studi, lokasi, tahun kelulusan, bulan kelulusan, nilai (optional) dan informasi tambahan jika ada.

Artikel Terkait  Daftar 10 Aplikasi Mengembalikan Foto yang Terhapus : 100% Ampuh!

Setelah mengisi pendidikan, lanjut untuk mengisi pengalaman kalian saat bersekolah atau berkuliah dulu, jika tidak ada, kalian bisa memilih “saya mahasiswa/lulusan baru” dan lanjut untuk mengarah ke halaman selanjutnya.

Halaman selanjutnya kalian diarahkan ke halaman profil, kalian bisa melengkapi profil kalian atau mengubah kesalahan dalam pengisian. Jangan lupa untuk memverifikasi email kalian. Setelah itu mulailah untuk berpetualang mencari lowongan.

Aplikasi pencari kerja ini sangat mudah untuk digunakan, selain berisi tentang lowongan, kalian juga bisa melihat video-video yang berguna untuk untuk melatih kemampuan serta tips-tips lainnya tergantung apa yang kalian butuhkan saat ini.

KitaLulus

Aplikasi ini pernah mendapat penghargaan sebagai Google Play Best App pada tahun 2022 dengan jumlah download lebih dari 5 juta dan 83.5 ribu reviews. Pada App Store aplikasi ini mendapat peringkat ke tiga dalam kategori bisnis. Untuk pembaruan versi terbaru (1.20.0) aplikasi ini bisa menandai pekerjaan yang menarik minat kalian dan pembaruan pada halaman akun.

Pada halaman awal, terdapat tulisan “ada 90 ribuan loker menanti untuk dilamar” ini menandakan jika lowongan yang terdapat pada aplikasi ini sangat banyak. Sebelum memulai perjalanan petualangan mencari lowongan, kalian harus mendaftar terlebih dahulu. Bisa memasukkan email secara manual atau langsung masuk dengan akun google atau apple kalian. Jika sudah punya akun, kalian hanya tinggal masuk dengan mengklik tulisan masuk yang terletak pada bagian paling bawah halaman.

Setelah mendaftar, kalian bisa langsung masuk untuk mencari lowongan pekerjaan. Cukup simple. Kalian bisa memilih lokasi lowongan dengan maksimal 5 lokasi. Setelah memilih, akan keluar semua lowongan yang terkait atau tersedia di lokasi yang kalian pilih.

Glints

Aplikasi pencari kerja ini menjanjikan lamar kerja yang cepat dan langsung bisa chat dengan HRD. Kalian bisa langsung mendaftar dengan menggunakan apple id, google, facebook, linkedin atau kalian bisa lanjut dengan email. Selanjutnya kalian akan diarahkan ke jenis pekerjaan yang kalian inginkan. Maksimal 5 skill yang bisa kalian pilih. Pada halaman ini juga terdapat kategori yang populer sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan dan referensi kalian.

Artikel Terkait  12 Cara Menemukan Ide Aplikasi Terbaru dan 25 Inspirasi Aplikasi Gratis

Setelah memilih jenis pekerjaan, kalian diarahkan ke halaman lokasi pekerjaan. Kalian bisa memilih maksimal tiga lokasi. Lalu kalian memasukkan nomor whatsapp aktif, tapi karena ini optional, kalian bisa langsung menuju ke halaman selanjutnya.

Pada halaman selanjutnya kalian akan diberikan rekomendasi lowongan sesuai dengan data yang kalian masukkan sebelumnya.

Indeed

Pada aplikasi pencari kerja ini kalian tidak harus mendaftar untuk mencari atau melihat lowongan pekerjaan yang tersedia. Selain itu kalian juga bisa langsung memilih lokasi dimana kalian ingin bekerja.

Pada halaman awal dibawah pencarian terdapat fitur masuk, untuk pencari kerja (yang berisi pusat bantuan, ulasan perusahaan, telusuri lowongan kerja), untuk perusahaan (yang berisi pasang lowongan kerja), pusat bantuan dan event perusahaan) dan tentang yang berisi informasi mengenai aplikasi indeed.

Pada saat akan masuk, kalian bisa melanjutkan dengan google, apple atau bisa memasukkan alamat email secara manual. Setelah itu akan langsung ditampilkan halaman lowongan pekerjaan. Kalian bisa langsung mencari pekerjaan yang sesuai dengan skill atau jurusan kalian dan lokasinya.

LinkedIn

Aplikasi pencari kerja ini tentu saja sudah sangat tidak asing terdengar di telinga kalian. Disinilah para recruiter mencari orang-orang yang sekiranya berpotensi dan cocok untuk bergabung di perusahaan mereka dan para pencari kerja berkesempatan untuk terhubung dengan para professional, mendapat kesempatan magang, mencari lowongan serta mempelajari keahlian yang dibutuhkan.

Cara agar kalian bisa dilirik oleh para recruiter adalah dengan melengkapi profil kalian dengan sebaik-baiknya. Tulis secara lengkap namun ringkas tentang kalian secara personal, lulusan mana, apa saja kegiatan yang kalian ikuti, jika ada pengalaman kerja tentu akan lebih mempercantik profil kalian, lalu penghargaan serta sertifikasi apa saja yang kalian terima.

Artikel Terkait  Objective-C to Swift: Tahapan Untuk Memigrasi Proyek Aplikasi Anda

Kalian juga harus mengisi bio kalian dengan baik karena melalui bio lah para recruiter dapat melihat sekilas tentang kalian. Kalian tidak perlu menulisnya dengan panjang agar mudah dilihat seluruhnya. Tulis apa yang sekiranya bisa menunjukkan skill kalian, misalnya bila kalian memiliki skill di bahasa jepang kalian bisa menulis “JLPT N2” karena biasanya para recruiter melihat skill itu sebagai bahan pertimbangan.

aplikasi pencari kerja

Kesimpulan

Mendapatkan pekerjaan adalah impian seluruh freshgraduate. Tidak hanya freshgraduate, orang yang sudah bekerja dan butuh pekerjaan lain juga tentunya sangat membutuhkan informasi lowongan kerja. Kalau dahulu informasi lowongan kerja bisa kita dengar dari mulut ke mulut, pamphlet atau koran, kini kita bisa mencari dan mendaftar dengan mudah melalui aplikasi pencari kerja.

Ada beberapa aplikasi pencari kerja yang kami rekomendasikan pada artikel ini, yaitu jobstreet, kitalulus, glints, indeed dan linkedin. Cara menggunakannya cukup mudah untuk dimengerti, kalian hanya harus membuat akun saja untuk bisa memakai aplikasi tersebut. Setelah itu, isi informasi sesuai dengan yang diminta pada aplikasi dan kalian siap untuk menjelajahi dunia pencari kerja. Semangat para pencari kerja!

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya