Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebYuk Lihat Perkembangan Handphone dari Masa Ke Masa

Yuk Lihat Perkembangan Handphone dari Masa Ke Masa

-

Last Updated on November 6, 2023 by APPKEY-YOGI

Smartphone merupakan salah satu barang yang tidak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari bangun tidur hingga malam untuk tidur lagi. Zaman sekarang kalau tidak ada smartphone, cukup menyulitkan untuk beraktivitas sehari-hari. Dahulu smartphone hanya disebut dengan handphone atau hp karena hanya bisa melakukan sms dan panggilan, itupun terbatas dan mahal. Penasaran dengan perkembangan handphone dari masa ke masa? Yuk simak selengkapnya dibawah ini!

perkembangan handphone

Sejarah Handphone

Sebelum kita masuk ke model-model ponsel dari dulu hingga masa kini, ada baiknya kita pahami dulu sejarahnya.

Tanggal 3 April 1973, handphone pertama kali ditemukan oleh Martin Cooper. Cooper adalah seorang karyawan Motorola pada kala itu. Ide yang dicetuskannya waktu itu adalah alat komunikasi yang bisa dibawa kemana saja, berbentuk kecil dan fleksibel.

Cooper bersama dengan timnya pertama kali mengalami kesulitan ketika memasukkan semua material elektronik ke dalam benda kecil. Setelah kesulitan dapat dilalui, akhirnya terciptalah sebuah telepon genggam pertama kalinya dengan berat sekitar 2kg. Dengan biaya produksi yang lumayan yaitu sebesar US$1juta.

Setelah Cooper berhasil menciptakan telepon genggam, sekarang yang dia harus lalui adalah bagaimana mengadaptasi materialnya sehingga dapat mendukung komunikasi dengan jaringan. Lalu 1G pun mulai tercipta dan telepon genggam kini berganti menjadi telepon seluler.

Berkat temuannya itu, ia lalu dijuluki sebagai “Bapak Telepon Seluler”. Meskipun orang-orang menganggap penemuan telepon itu karena berkat Cooper, tapi ia selalu mengatakan bahwa hasil temuannya adalah buah dari kerjasama tim.

Setelah telepon seluler ditemukan, sejak saat itu telepon seluler terus mengalami perkembangan dan perubahan. Telepon seluler yang dulunya hanya bisa digunakan untuk menelpon, lambat laun bisa digunakan untuk SMS, membuat video, memotret foto dan lain sebagainya.

Artikel Terkait  WhatsApp Web Adalah? Fungsi dan Cara Penggunaannya

Perkembangan Handphone

Seperti yang dijelaskan diatas, telepon genggam pertama kali diproduksi dengan berat sekitar 2kg. Tentu saja sangat berbeda dengan smartphone sekarang yang sangat ringan dan tidak berat. Penasaran bagaimana bentuk handphone dari masa ke masa? Yuk kita lihat!

Handphone Generasi 1

Ini adalah handphone yang ditemukan oleh Cooper pertama kali. Memiliki bobot sekitar 2kg dan memiliki panjang 25cm sehingga belum benar-benar praktis untuk ditaruh di kantong atau dibawa dalam waktu yang lama di tangan. Hanya bisa digunakan untuk menelpon dan baterainya hanya tahan selama 20 menit. Telepon ini dikenal dengan nama DynaTAC (Dynamic Adaptive Total Area Coverage).

Handphone Generasi 2

Generasi ini muncul sekitar tahun 1990-an. Teknologi saat itu sudah semakin maju ditandai dengan penggunaan chip dan menggunakan teknologi 2G. Pada masa ini Amerika Serikat sudah menggunakan teknologi CDMA dan Eropa menggunakan teknologi GSM. Sinyal yang tadinya analog berubah menjadi sinyal digital.

Fungsi handphone yang tadinya hanya bisa melakukan panggilan saja, pada generasi 2 ini, sudah bisa mengirim pesan dan panggilan tunggu. Contoh dari handphone generasi 2 ini bisa kita temukan pada nokia 1011 dan Motorola StarTAC.

Handphone Generasi 3

Handphone generasi ini mulai berkembang sekitar tahun 2000-an. Pada masa ini telepon seluler mulai memakai 3G. Jangkauan sinyal tentunya mulai semakin luas dan komunikasi semakin nyaman. Telepon generasi ini juga dimasukkan sistem operasi sehingga hampir menyamai komputer. Pada era inilah telepon seluler kemudian dikenal dengan nama smartphone atau ponsel pintar.

Handphone Generasi 4

Generasi yang paling baru dan saat ini kita memasuki era handphone generasi 4 yang dimulai sekitar tahun 2010-an. Pada generasi ini menggunakan 4G atau dikenal dengan teknologi Fourth Generation. Handphone generasi ini sudah bisa melakukan banyak aktivitas didalamnya seperti menonton film, game online, menggunakan sistem operasi kapan saja, jangkauan sinyal mencapai global dan masih banyak lagi.

Artikel Terkait  Website Development Adalah? Pengembang Web?

Sekarang, orang-orang juga mulai bisa menikmati jaringan 5G namun hal itu belum sepenuhnya dapat dinikmati oleh semua orang.

perkembangan handphone

Fungsi Handphone

Tentu saja fungsi handphone sudah banyak yang tahu, tapi siapa tahu setelah menyimak ini kalian mungkin akan mendapatkan pengetahuan baru mengenai fungsi handphone.

Komunikasi

Fungsi yang satu ini adalah fungsi dasar yang diperlukan oleh semua pengguna handphone. Melalui handphone, kalian bisa melakukan panggilan kepada siapa saja dan dengan jarak berapa saja, teknologi canggih membuat tembok penghalang antar manusia di dunia runtuh sehingga kita bisa menghubungi siapa saja tanpa terbatas oleh jarak dan waktu.

Selain panggilan suara, kalian bisa menghubungi seseorang melalui video call, SMS, Chatting dan sebagainya. Ini tentu saja memudahkan ketika kalian sedang dalam keadaan tidak bisa bertemu langsung dengan orang yang akan dihubungi.

Keadaan Darurat

Untuk keadaan darurat seperti pergi kerumah sakit, menghubungi dokter atau pemadam kebakaran, kalian tidak perlu repot lagi repot karena semuanya bisa melalui handphone. Bayangkan saja jika rumah kalian terbakar dan kalian harus mendatangi kantor pemadam baru api bisa dipadamkan, tentunya akan sangat memakan waktu.

Dengan handphone, kalian hanya perlu menghubungi nomor pemadam dan mereka akan cepat datang dan memadamkan apinya. Bahkan di handphone juga terdapat mode SOS yang sangat berguna ketika kalian sedang dalam keadaan yang darurat.

Penyimpanan Data

Dengan menggunakan handphone, kalian bisa dengan mudah menyimpan kontak, lagu, video, audio ataupun catatan penting lainnya. Tentu saja ini sangat berguna karena kalian tidak perlu untuk repot-repot mencatatnya di buku dan terhindar dari kehilangan data akibat kerusakan buku akibat basah, dirobek bahkan hilang.

Artikel Terkait  FileZilla Adalah? Pengertian Hingga Cara Menggunakannya

Bermain Game

Kalau dulu kalian hanya bisa memainkan game di komputer, sekarang kalian bisa memainkan game sederhana hingga kompleks di handphone. Selain itu juga, kalian bisa main game sambal rebahan dan dimana saja tanpa harus repot mencari sumber listrik atau membawa perlengkapan yang merepotkan.

Menggunakan Aplikasi

Zaman sekarang, sudah banyak aplikasi yang tersedia dengan kegunaan masing-masing. Baik itu untuk mencari makan, mencari kendaraan, promosi, sosial media, mencari jodoh dan sebagainya. Kalian bisa memenuhi tujuan kalian hanya dengan klik-klik saja sambil santai rebahan di rumah.

Kesimpulan

Handphone tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Handphone dahulu pertama kali ditemukan oleh seorang karyawan Motorola bernama Martin Cooper. Pada tahun 1973, Cooper dan timnya menciptakan ponsel genggam dengan bobot sekitar 2 kg dengan memakai jaringan 1G.

Perkembangan handphone dibagi dalam empat generasi, yaitu generasi pertama pada tahun 1973, lalu generasi kedua pada tahun 1990-an, generasi ketiga pada tahun 2000-an dan generasi keempat sekitar tahun 2010-an. Sekarang juga sudah ada jaringan 5G hanya saja belum meluas penggunaannya dan belum bisa dinikmati rata oleh seluruh masyarakat dunia.

Fungsi handphone adalah komunikasi, keadaan darurat, penyimpanan data, bermain game dan menggunakan aplikasi. Tentu, masih banyak fungsi handphone lainnya yang kami jelaskan pada artikel kali ini dan semoga kami bisa menjelaskannya lagi dilain waktu.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya