Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebGenerative AI : Konsep dan Implikasinya dalam Industri IT

Generative AI : Konsep dan Implikasinya dalam Industri IT

-

Last Updated on April 19, 2023 by

Kecerdasan buatan (AI) telah mengalami kemajuan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir, menciptakan berbagai terobosan teknologi yang mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia digital. Salah satu konsep AI yang sedang mendapat banyak perhatian adalah Generative AI. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Generative AI, mengapa topik ini menjadi perbincangan, serta hubungannya dengan machine learning. Selanjutnya, kita akan membahas sistem yang menggunakan konsep AI ini, seni dari konsep AI ini, implikasinya, dan beberapa kekurangannya. Yuk langsung saja simak ulasannya!

Apa itu Generative AI?

generative ai

Generative AI mungkin terdengar menakutkan, tetapi sebenarnya merupakan konsep yang mudah dipahami. Konsep AI ini merujuk pada algoritma AI yang menghasilkan atau menciptakan output, seperti teks, foto, video, kode, data, dan rendering 3D dari data yang digunakan untuk melatihnya. Inti dari konsep AI ini adalah menciptakan konten, berbeda dengan bentuk AI lainnya yang mungkin digunakan untuk tujuan lain, seperti menganalisis data atau membantu mengendalikan kendaraan otonom.

Mengapa Generative AI sedang menjadi topik hangat saat ini?

Istilah Generative AI menjadi perbincangan karena meningkatnya popularitas dari program AI , seperti ChatGPT dan DALL-E milik OpenAI. Chatbot percakapan dan generator gambar AI ini menggunakan konsep AI untuk menghasilkan konten baru, termasuk kode komputer, esai, email, keterangan media sosial, gambar, puisi, rap, dan banyak lagi dalam hitungan detik, sehingga menarik perhatian banyak orang.

Artikel Terkait  PyTorch Adalah : Kenali Framework Pembelajaran Mesin Python

ChatGPT telah menjadi sangat populer, mengumpulkan lebih dari satu juta pengguna dalam seminggu setelah peluncuran. Melihat kesuksesan ini, banyak perusahaan lain memutuskan untuk bersaing di ruang teknologi AI, termasuk Google, Bing milik Microsoft, dan Opera. Kepopuleran teknologi AI ini akan terus meningkat seiring banyaknya perusahaan yang bergabung dan menemukan berbagai kasus penggunaan baru.

Hubungan antara machine learning dan Generative AI?

Machine learning merupakan bagian dari AI yang mengajarkan sistem untuk membuat prediksi berdasarkan data yang digunakan untuk melatihnya. Contoh prediksi ini adalah ketika DALL-E mampu menciptakan gambar berdasarkan teks yang dimasukkan dengan memahami makna dari teks tersebut. Oleh karena itu, konsep AI ini merupakan kerangka kerja machine learning.

Sistem yang menggunakan Generative AI?

Konsep AI ini digunakan dalam algoritma atau model yang memanfaatkan AI untuk menghasilkan atribut baru. Saat ini, contoh terkemuka adalah ChatGPT dan DALL-E, serta alternatif lainnya. Contoh lain adalah MusicLM, generator teks ke musik AI milik Google yang belum dirilis. Proyek yang sedang dikembangkan lainnya adalah Google’s Bard.

Apa itu seni Generative AI?

Seni Generative AI diciptakan oleh model AI yang dilatih pada karya seni yang ada. Model ini dilatih pada miliaran gambar yang ditemukan di internet. Model menggunakan data ini untuk mempelajari gaya gambar dan kemudian menggunakan wawasan ini untuk menghasilkan karya seni baru saat dipicu oleh individu melalui teks.

Contoh populer dari seni generatif adalah DALL-E. Namun, banyak generator AI lain di pasar yang memiliki kemampuan serupa dan sesuai dengan kebutuhan yang berbeda. Google memiliki generator seni AI yang belum dirilis bernama Imagen yang masih dalam tahap penelitian.

Dampak seni Generative AI?

generative ai

Untuk menciptakan seni AI, model ini harus dilatih pada miliaran gambar dari internet. Gambar-gambar ini seringkali merupakan karya seni yang dibuat oleh seniman tertentu, yang kemudian diolah ulang dan dimanipulasi oleh AI untuk menghasilkan gambar yang diinginkan.

Artikel Terkait  Google AMP Adalah : Solusi untuk Meningkatkan SEO Situs

Meskipun bukan gambar yang sama, gambar baru ini memiliki unsur dari karya asli seniman, yang tidak dikreditkan kepada mereka. Gaya khas yang unik bagi seniman tersebut, oleh karena itu, bisa direplikasi oleh AI dan digunakan untuk gambar baru, tanpa sepengetahuan atau persetujuan seniman aslinya. Perdebatan tentang apakah seni yang dihasilkan AI benar-benar ‘baru’ atau bahkan ‘seni’ kemungkinan akan berlanjut selama bertahun-tahun.

Kekurangan Generative AI?

Model Generative AI mengambil sejumlah besar konten dari internet dan kemudian menggunakan informasi yang mereka pelajari untuk membuat prediksi dan menghasilkan output berdasarkan teks yang dimasukkan. Prediksi ini didasarkan pada data, tetapi tidak ada jaminan bahwa prediksi tersebut akan benar. Tanggapan yang dihasilkan mungkin juga mencakup bias yang melekat pada konten yang telah dipelajari model dari internet, tetapi seringkali tidak ada cara untuk mengetahuinya.

Model ini tidak selalu tahu apakah hal yang dihasilkan itu akurat, dan kita memiliki sedikit cara untuk mengetahui dari mana informasi tersebut berasal dan bagaimana informasi tersebut telah diolah oleh algoritma untuk menghasilkan konten. Banyak contoh chatbot, misalnya, yang memberikan informasi yang salah atau hanya membuat hal-hal untuk mengisi kekosongan. Meskipun hasil dari teknologi AI ini bisa menarik dan menghibur, akan kurang bijaksana, setidaknya dalam jangka pendek, untuk mengandalkan informasi atau konten yang mereka ciptakan.

Tantangan Etika dan Regulasi Generative AI

Seiring dengan kekurangan teknis, konsep AI ini juga menimbulkan beberapa tantangan etika dan regulasi. Misalnya, bagaimana hak cipta dan kekayaan intelektual akan diterapkan pada karya yang dihasilkan oleh AI? Apakah pencipta AI harus mendapatkan hak atas karya yang dihasilkan oleh model mereka, atau apakah seniman yang karya aslinya digunakan untuk melatih model tersebut seharusnya mendapatkan pengakuan? Pertanyaan-pertanyaan ini menimbulkan perdebatan tentang bagaimana melindungi hak-hak seniman dan menciptakan sistem yang adil bagi semua pihak yang terlibat.

Artikel Terkait  Sora: OpenAI Perkenalkan Model Baru Penghasil Video

Selain itu, masalah bias dan diskriminasi dalam AI menjadi perhatian utama. Karena model Generative AI dilatih pada data yang ada di internet, mereka mungkin mengadopsi dan memperkuat stereotip dan prasangka yang ada dalam konten tersebut. Peneliti dan pengembang harus bekerja keras untuk mengidentifikasi dan mengurangi bias dalam model AI mereka untuk menciptakan solusi yang lebih adil dan inklusif.

Masa Depan Generative AI

Sementara Generative AI telah membuat kemajuan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, masih banyak ruang untuk pertumbuhan dan inovasi. Saat ini, sejumlah besar penelitian sedang dilakukan untuk mengatasi kekurangan yang ada, meningkatkan kualitas output, dan menemukan cara baru untuk menerapkan konsep AI ini dalam berbagai sektor industri.

Beberapa bidang yang mungkin akan mendapatkan manfaat dari kemajuan teknologi AI meliputi pendidikan, periklanan, permainan, dan hiburan, di mana kemampuan AI untuk menghasilkan konten secara otomatis dan kreatif dapat digunakan untuk menyesuaikan pengalaman pengguna, menyederhanakan proses produksi, dan menciptakan konten yang lebih kaya dan menarik.

Kesimpulan

Generative AI adalah konsep yang menarik dan terus berkembang dalam dunia teknologi. Dengan aplikasinya yang beragam, potensi teknologi AI tampaknya tak terbatas. Namun, kita harus tetap waspada terhadap kekurangannya. Seiring waktu, kita akan terus mempelajari dan menemukan cara-cara baru untuk mengoptimalkan kegunaan konsep AI ini sambil mengatasi tantangan yang ada. Semoga ulasan kali ini bermanfaat!

Dapatkan selalu informasi terbaru dan menarik seputar pengembangan aplikasi dan website dengan mengikuti WEBAPP! Klik https://appkey.id/ agar tidak ketinggalan semua artikel terbaru seputar dunia teknologi setiap harinya! Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya