Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Blogspot adalah Platform Blogging yang lebih baik dihindari untuk...

Blogspot adalah Platform Blogging yang lebih baik dihindari untuk digunakan, kenapa? Ini Alasannya!

-

Menulis merupakan sesuatu yang sudah mulai lumrah dilakukan oleh banyak orang walaupun kegiatan ini dilakukan bukan dalam posisi sebagai penulis profesional, misalnya seperti seorang pembuat berita, artikel resmi, novel maupun sebuah buku. Akan tetapi menulis sekarang ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan dari kalangan apa saja.

Mulai dari menceritakan pengalaman pribadi, mengulas sebuah produk berdasarkan pengalaman pribadi. Hingga mencurahkan isi hati melalui sebuah quotes, motivasi ataupun sebuah puisi bisa dapat dengan mudah kita temukan melalui sosial media seperti facebook, instagram, twitter dan masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa dari mereka bahkan sudah ada yang mencoba mencurahkan isi pikirannya dan memposting melalui sebuah blog agar dapat dengan leluasa menyalurkan hobinya pada platform yang tepat. Sekarang ini juga sudah sangat banyak ditemukan platform untuk para blogger mencurahkan isi pikirannya dalam sebuah tulisan baik berbayar maupun tidak berbayar.

Dizaman milenial yang serba canggih ini apapun bisa dilakukan dengan adanya bantuan dari internet. Beberapa orang juga sudah menyadari bahwa dari sebuah hobi bisa menjadi salah satu sumber income bagi mereka walaupun tidak sebesar pekerjaan utama yang dilakukannya.

Menulis juga bisa menjadi sebuah side hustle bagi seseorang, yaitu melakukan kegiatan sesuai dengan passion masing disela-sela kesibukannya. Tidak jarang juga side hustle bisa menjadi salah satu bagian dari sumber income seseorang, karena selain dilakukan dengan passionate dan senang hati maka karya yang dihasilkan akan lebih berkualitas dan menghasilkan sebuah konten yang menarik.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Toko Online Murah dan Berkualitas di Indonesia

Kegiatan menulis ini blogspot adalah selain untuk menyalurkan hobi tetapi juga bisa bersifat informatif bagi orang lain. Sehingga hasil tulisan ini banyak dicari orang sebagai bahan informasi ataupun acuan sebagai referensi sebelum melakukan sesuatu.

Jika saat ini Anda berminat untuk mencoba kegiatan sebagai seorang blogger, atau memasarkan bisnis Anda lewat blog maka ada banyak platform yang tersedia untuk mewujudkan langkah awal Anda yaitu untuk memiliki sebuah tempat untuk menulis secara online.

Mulai dari wordpress, blogspot, tumblr, typepad, wix dan masih banyak lagi platform lainnya yang tersedia. Namun saat ini kita hanya akan membahas 2 platform teratas dan terpopuler paling banyak dikenal bagi para newbie dalam dunia blogger dan tentu saja blog yang disediakan dari 2 platform tersebut diminati banyak orang karena bersifat gratis.

Banyak orang yang belum terlalu familiar dengan dunia blogger ataupun hanya sekedar iseng ingin menulis pada blog akan cenderung memilih 2 platform ini karena prosesnya mudah dan juga gratis. Sebelum membahas mengenai keduanya lebih jauh lagi, kita harus mengetahui kedua platform itu secara dasar terlebih dahulu.

Pengertian Blogspot

 

pengertian
 

Maka apa itu blogspot? pengertian blogspot adalah sebuah platform blog yang berasal dari google. Untuk membuat sebuah blog dari blogspot adalah hanya membutuhkan akun google saja.

Tidak perlu membayar nama domain dan tempat penyimpanan data, penyimpanan data akan terhubung dengan akun google anda yang memberikan 15 GB free untuk ruang penyimpanan. Jika belum memiliki nama domain, blogspot akan membantu merekomendasikan beberapa nama domain yang bisa dipakai tentu saja nama domainnya akan berakhiran dengan .blogspot.com.

Sama seperti pada umumnya sebelum menetapkan sebuah nama domain untuk nama blogspot Anda, dalam pembuatan blogspot adalah harus memastikan bahwa nama tersebut belum ada yang menggunakan. Hal itu akan dicek oleh blogspot saat Anda memasukan nama domain yang Anda inginkan, blogspot akan menginfokan apakah nama tersebut bisa dipakai atau tidak.

Pada blogspot juga ada fitur monetisasi, jadi Anda bisa memasang adsense untuk menghasilkan uang jika sudah memenuhi persyaratan yang diajukan blogspot untuk pemasangan adsense pada blog Anda. Pengaturan yang tersedia dalam blogspot juga cukup mudah untuk dipahami, Anda dapat mengubah warna dan tampilan bisa diubah melalui tools yang tersedia.

Performa yang dimiliki blogspot juga sangat bagus. Karena tampilannya yang simple maka saat proses loading website ini juga cepat jika dibandingkan dengan yang lain, soal keamanan tidak perlu diragukan lagi karena blogspot adalah didukung oleh google namun pengaturan keamanan secara defaultnya tidak dapat diubah sendiri karena ini merupakan platform tertutup (diolah oleh google).

Keuntungan dari penggunaan blogspot adalah pembuatan serta pengelolaan website yang sangat mudah dan cepat bahkan bagi seorang pemula melalui dashboard. Blogspot merupakan wadah yang tepat bagi Anda yang ingin mengasah skill menulis Anda tanpa repot untuk mengelola berbagai macam tampilan dari blog Anda.

Platform ini merupakan tempat yang tepat bagi orang yang baru belajar tentang blog dan orang yang hanya ingin tampilan web yang biasa saja, hanya untuk sekedar sharing. Jika Anda menginginkan tampilan yang lebih menarik dari template yang disediakan maka Anda harus membelinya dari pihak ke 3.

Selain itu, kekurangan dari blogspot adalah Anda tidak memiliki kontrol penuh dari website Anda karena website ini disediakan oleh google. Jadi Anda harus mematuhi persyaratan yang diberikan oleh google dalam mengelola website Anda, jika melanggar bisa saja sewaktu-waktu website Anda dihapus karena tidak memenuhi ketentuan.

Maka penting untuk melakukan backup data untuk konten blog Anda. Serta jika blog Anda sudah berkembang, maka tools default yang disediakan akan dirasa kurang mendukung. Oleh karena itu banyak yang beralih kewordpress, karena tampilan default dari blogspot yang simple dan terbatas.

Artikel Terkait  Buat Website Toko Online | Jual Web Toko Online

WordPress

 

wordpress
 

WordPress adalah website blog yang memiliki CMS (content management system) yang banyak digunakan selain dari blogspot. WordPress dibagi menjadi 2 yaitu wordpress.com dan wordpress.org namun yang akan dibahas disini hanyalah wordpress.com.

Website ini juga menyediakan domain gratis, namun akhiran domainnya akan berisikan .wordpress.com. Situs ini juga menyediakan ruang penyimpanan gratis sebesar 3GB. Kelebihan wordpress dibandingkan dengan blogspot adalah pada tampilannya.

Pada wordpress, Anda bisa menemukan ribuan template gratis dan menarik yang bisa Anda gunakan untuk tampilan website Anda. Selain itu, Anda bisa menambahkan beberapa fitur agar tampilan website Anda jadi lebih menarik dengan hanya menginstall plug-in sesuai fitur yang Anda inginkan.

Fitur yang disediakan pun beragam, sehingga Anda bisa mengeksplor semua tools untuk menghasilkan tampilan website yang menarik. Walaupun bukan berasal dari google, namun tingkat keamanan untuk wordpress tidak kalah dengan blogspot karena wordpress selalu memperbaharui scriptnya secara berkala.

Tetapi sama seperti dengan blogspot, kontrol untuk website Anda tidak sepenuhnya Anda pegang sendiri. Pada platform ini juga kepemilikannya masih terbatas sehingga harus mematuhi aturan yang sudah disediakan dari wordpress.

Jika Anda memiliki tujuan untuk mendapatkan income tambahan dari sebuah blog yang Anda tulis diwordpress, maka Anda salah jalan. Berbeda seperti blogspot yang mendukung adanya adsense pada blog, namun untuk wordpress tidak diizinkan untuk memasang iklan atau sejenisnya.

Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa jika Anda ingin membuat suatu bisnis melalui blog ataupun menjadikan blogging sebagai side hustle yang menghasilkan maka jangan pilih produk FREE.

Hal tersebut tidak akan mendukung Anda untuk mencapai hasil yang maksimal. Lebih baik untuk memiliki domain sendiri sebagai wadah untuk menulis ataupun berbisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan mutlak mengapa Anda harus menggunakan domain sendiri dalam mengelola sebuah blog.

domain-sendiri
 

Memiliki Kontrol Penuh

 

Hal ini pastinya yang pertama jelas untuk mengamankan konten Anda. Karena 2 platform tersebut bersifat gratis serta top level domain (bagian akhir alamat) selalu berakhiran dengan nama platform tersebut, maka sudah sangat jelas Anda harus mematuhi aturan yang ada dari setiap platform jika tidak ingin website yang sudah Anda bangun hilang dengan sia-sia karena dianggap menyalahi aturan. Memilih domain sendiri artinya anda memiliki kontrol penuh pada website Anda.

Bebas Mengatur Tampilan

 

Penggunaan website yang domain gratis karena sifatnya terbatas maka semua fitur dan tampilan yang disediakan pun terbatas, Anda tidak bisa mengembangkan tampilan ataupun plug-in yang Anda mau untuk menunjang website Anda agar terlihat menarik.

Jika menggunakan domain sendiri maka Anda bebas menentukan tampilan website seperti apa yang Anda mau, mulai dari font, warna, animasi, template hingga plug-in apa saja yang Anda rasa dapat menunjang kinerja dari website Anda.

Artikel Terkait  11 Manfaat Internet Bagi Pendidikan

Lebih Mudah Muncul pada Mesin Pencarian

 

Dengan memiliki domain sendiri Anda dapat mengatur top level domain Anda sendiri, apakah akan menggunakan country code top level domain atau global top level domain sesuai dengan kecenderungan dari apa fokus website Anda.

Karena search engine akan cenderung menampilkan top level domain yang bukan berakhiran dari sebuah situs website gratis untuk tampil pada halaman depan dari mesin pencarian.

Profesional

 

Selain itu juga jelas tidak terlihat profesional jika Anda menggunakan website gratis untuk membangun sebuah bisnis karena sangat terlihat pada akhiran dari alamat website (bagian top level domain) yang digunakan.

Pembelian domain juga menyediakan subdomain untuk website Anda. Jika Anda ingin menampilkan tampilan tertentu ataupun kategori tertentu tanpa mengganggu tampilan utama pada web maka Anda bisa memanfaatkan subdomain dalam pembuatannya.

Selain itu pembelian domain juga mendukung Anda dalam menyediakan nama alamat email yang serupa dengan nama domain anda, bukan lagi menggunakan akhiran gmail, yahoo, roketmail atau lainnya yang terlihat lebih personal daripada kesan profesional. Anda juga bebas memasang iklan yang anda inginkan karena website tersebut adalah milik Anda dan bukan dibawah pengawasan pihak ketiga.

Setelah membaca seluruh informasi tentang pengertian blogspot, apa Anda masih yakin ingin membuka blog bisnis Anda hanya dengan mengandalkan platform website yang bersifat gratis? Apa yang Anda tanam itulah yang Anda tuai, platform blog apa yang Anda pilih akan memberikan hasil yang sesuai apa yang Anda keluarkan sebelumnya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Mau Jadi Front-end Developer? Kamu Perlu Menguasai 10 Skill Berikut Ini!

Secara umum untuk membuat sebuah website impian Anda menjadi nyata, Anda hanya perlu datang ke web developer dan menyampaikan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Mockup adalah: Membuat Mockup Design untuk Website

Wireframes adalah kerangka. Prototipe menunjukkan perilaku. Mockup adalah kulitnya. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa mockup sama pentingnya dengan...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Apa Itu Cache Memory? Pengertian dan Fungsinya

Apa itu cache memory? Orang yang setiap hari berinteraksi dengan internet, istilah cache tentu saja bukan lagi istilah yang...

Layout adalah : 4 Prinsip Dasar Desain Layout

Desain layout adalah salah satu bagian dari seni kita semua tahu,  untuk bisa menampilkan seni dengan baik, kita harus...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya