Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceMengenal Audit Website: Buat Websitemu Tetap Efektif

Mengenal Audit Website: Buat Websitemu Tetap Efektif

-

Last Updated on August 16, 2023 by

Seperti layaknya barang elektronik atau kendaraan, website juga perlu untuk di cek dan servis agar performa dan tampilan website kalian tidak ketinggalan zaman. Sebagai masyarakat yang selalu semangat berpacu untuk berlomba dengan zaman, kalian harus up to date agar tidak mengalami kemunduran, apalagi teknologi di zaman sekarang semakin canggih sehingga memudahkan pekerjaan manusia. Istilah dari pengertian sederhana yaitu cek dan servis website ini dikenal dengan nama Audit Website. Apakah cukup asing? Tanpa berlama-lama lagi yuk kita simak penjelasan mengenai Audit Website di bawah ini!

audit website

Photo by Pankaj Patel on Unsplash

Table of Contents

Apa Itu Audit Website?

Audit website adalah analisis komprehensif terhadap elemen-elemen teknis, konten dan desain suatu situs web untuk menilai kesehatan dan efektivitas keseluruhan. Tujuan utama dari audit website adalah untuk mengidentifikasi area yang memerlukan optimisasi atau koreksi guna memastikan bahwa situs web bersahabat bagi pengguna, ramah mesin pencari dan sejalan dengan tujuan organisasi.

Bagi kalian yang menggeluti bidang bisnis dan menjadikan website sebagai salah satu upaya kalian untuk mempromosikan bisnis kalian, audit website sangat diperlukan sekali guna memudahkan pelanggan kalian untuk melihat dan menjelajahi website bisnis kalian sehingga bisnis kalian akan mudah dikenali oleh orang lain atau bahkan dapat menjadi terkenal.

Jika website kalian mengalami bug, desain tidak menarik karena sudah tertinggal zaman, tidak ramah bagi pengguna, dalam sekilas saja pelanggan akan merasa kesal sehingga menjadi tidak tertarik dan beralih ke situs yang lain.

Cara Audit Website

Melakukan audit website melibatkan serangkaian langkah untuk mengevaluasi berbagai aspek situs web guna mengidentifikasi masalah dan peluang perbaikan. Berikut adalah langkah-langkah umum dalam melakukan audit website

Analisis Tujuan dan Target

Tentukan tujuan utama situs web kalian dan siapa target audiensnya. Ini akan membantu kalian memahami apakah situs web kalian efektif dalam mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan pengunjung.

Teknis Audit

Periksa kinerja situs web, termasuk kecepatan pemuatan halaman dan responsifitas pada perangkat mobile.Identifikasi masalah teknis seperti tautan rusak, pesan error atau kode yang tidak valid.

Pastikan situs web kompatibel dengan berbagai browser.

audit website

Photo by Firmbee.com on Unsplash

Perhatikan SEO

Tinjau elemen SEO on-page seperti judul, deskripsi, tag header dan penggunaan kata kunci.

Evaluasi struktur URL dan penggunaan tautan internal.

Periksa kualitas konten dan apakah konten tersebut mengandung kata kunci yang relevan.

Perhatikan Konten

Evaluasi semua konten situs web, termasuk artikel, gambar, video dan halaman lainnya.

Pastikan konten relevan, akurat, dan memberikan nilai kepada pengunjung.

Identifikasi konten yang perlu diperbarui, ditingkatkan, atau dihapus.

Artikel Terkait  Tertarik dengan Digital Security? Ini Dia Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Digital Security
Desain dan Pengalaman Pengguna

Analisis antarmuka pengguna dan desain keseluruhan situs web.

Periksa navigasi dan kemudahan penggunaan situs.

Pastikan situs web memiliki tata letak yang responsif untuk berbagai perangkat.

Analisis Backlink

Tinjau profil backlink situs web untuk memastikan kualitas dan relevansi.

Hapus backlink yang merugikan dan berpotensi merugikan peringkat SEO kalian.

Keamanan

Pastikan situs web kalian aman dari ancaman keamanan seperti malware atau peretasan.

Periksa sertifikat SSL yang valid untuk enkripsi data.

Analisis Analitik

Gunakan alat analitik seperti Google Analytics untuk memantau lalu lintas dan perilaku pengunjung.

Identifikasi halaman yang paling banyak dikunjungi, tingkat pentalan dan waktu tinggal rata-rata.

Laporan dan Rencana Tindakan

Setelah kalian menyelesaikan audit, rangkumlah apa saja yang kalian temui selama pemeriksaan.

Prioritaskan masalah dan peluang perbaikan berdasarkan dampak dan kompleksitasnya.

Buat rencana tindakan yang jelas untuk mengatasi masalah yang diidentifikasi.

Implementasi Perbaikan

Mulailah menerapkan perbaikan berdasarkan rencana tindakan yang telah kalian buat.

Perbarui konten, perbaiki masalah teknis dan lakukan optimisasi sesuai dengan temuan audit.

Audit website adalah proses yang berkelanjutan. Jadi proses audit website tidak dapat hanya dilakukan sekali seumur hidup atau sekali dalam sepuluh tahun.

Dengan terus memantau kinerja situs web dan melakukan audit secara berkala, kalian dapat memastikan bahwa situs web kalian tetap efektif, mengikuti tren terbaru, dan memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung kalian.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Audit Website

Saat melakukan audit website ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk memastikan analisis yang komprehensif dan mendalam. Berikut adalah beberapa aspek yang perlu kalian perhatikan.

Kinerja dan Kecepatan Pemuatan

Pastikan bahwa halaman-halaman situs web memuat dengan cepat, karena waktu pemuatan yang lambat dapat mengurangi pengalaman pengguna. Gunakan alat pengujian kecepatan untuk memeriksa dan mengoptimalkan waktu pemuatan.

Responsifitas Mobile

Pastikan bahwa situs web kalian memiliki desain responsif yang baik sehingga tampilan dan fungsionalitasnya tetap optimal di berbagai perangkat, termasuk ponsel pintar dan tablet.

Kualitas Konten

Tinjau kualitas konten kalian. Pastikan konten informatif, akurat, relevan dan memberikan nilai tambah kepada pengunjung. Jika ada konten yang sudah usang atau tidak relevan lagi, pertimbangkan untuk memperbarui atau menghapusnya.

SEO dan Kata Kunci

Tinjau strategi SEO. Periksa apakah kata kunci yang relevan digunakan secara efektif dalam konten, judul, deskripsi dan tag-header. Pastikan URL memiliki struktur yang jelas dan deskriptif.

Tautan dan Navigasi

Periksa apakah tautan internal dan eksternal berfungsi dengan baik. Pastikan navigasi situs mudah dipahami dan membantu pengunjung menemukan informasi yang mereka cari.

Keamanan dan Sertifikat SSL

Pastikan situs web kalian memiliki sertifikat SSL yang valid untuk enkripsi data. Periksa juga keamanan umum, seperti adanya malware atau potensi kerentanan.

Artikel Terkait  Lupa Pass Gmail (Google Mail)? Ini Solusinya!
Desain dan User Experience (UX)

Tinjau antarmuka pengguna dan tata letak situs web. Pastikan desainnya menarik dan intuitif bagi pengunjung. Periksa juga navigasi, tombol CTA (call-to-action) dan elemen desain lainnya.

Analitik dan Kinerja

Gunakan alat analitik untuk memeriksa kinerja situs web. Perhatikan data seperti lalu lintas, tingkat pentalan, waktu tinggal dan konversi. Identifikasi tren dan pola pengunjung.

Backlink dan Peringkat SEO

Tinjau profil backlink kalian. Periksa tautan masuk yang berkualitas dan tautan beracun yang mungkin memengaruhi peringkat SEO kalian.

Perangkat Lunak dan Pembaruan

Pastikan bahwa perangkat lunak CMS (Content Management System) dan plugin yang digunakan di situs web kalian selalu diperbarui ke versi terbaru. Ini penting untuk menjaga keamanan dan kinerja.

Kompatibilitas Browser

Periksa situs web kalian di berbagai browser populer untuk memastikan tampilan dan fungsionalitas yang konsisten.

Kesesuaian Hukum dan Kebijakan Privasi:

Pastikan situs web kalian mematuhi hukum dan memiliki kebijakan privasi yang jelas dan sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Analisis Kompetitor

Lakukan perbandingan dengan situs web pesaing untuk memahami bagaimana kalian dapat lebih unggul atau mengejar kesenjangan tertentu.

Tata Letak dan Estetika

Periksa tata letak dan estetika situs web. Pastikan elemen visual, seperti warna dan tipografi sesuai dengan identitas merek kalian.

Hubungan Media Sosial

Tinjau tautan ke platform media sosial kalian dan pastikan ketersediaan dan aktualitasnya.

Manfaat 

Audit website memiliki sejumlah manfaat penting yang dapat membantu meningkatkan kinerja dan efektivitas situs web kalian. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari melakukan audit website.

Mengidentifikasi Masalah Teknis

Audit website membantu mengidentifikasi masalah teknis seperti tautan rusak, kesalahan halaman atau masalah responsifitas mobile. Dengan mengatasi masalah-masalah ini, kalian dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan peringkat SEO.

Optimisasi SEO

Audit website membantu mengidentifikasi kekurangan dalam strategi SEO kalian, seperti penggunaan kata kunci yang tidak efektif, struktur URL yang tidak optimal atau tag meta yang kurang relevan. Dengan mengoptimalkan aspek-aspek ini, kaliandapat meningkatkan visibilitas situs web kalian di mesin pencari.

Peningkatan Kualitas Konten

Kalian dapat menilai kualitas dan relevansi konten pada website kalian. Ini memungkinkan kalian untuk memperbarui konten yang usang, menambahkan konten yang bermanfaat dan memastikan bahwa informasi yang disajikan akurat dan berguna bagi pengunjung.

Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Dengan menganalisis tata letak, navigasi dan desain keseluruhan situs web, audit website membantu meningkatkan pengalaman pengguna. Situs web yang mudah dinavigasi dan menarik secara visual cenderung membuat pengunjung lebih lama tinggal di situs dan berinteraksi lebih banyak.

Keamanan dan Perlindungan Data

Audit website memeriksa potensi masalah keamanan seperti kerentanan terhadap peretasan atau malware. Dengan memastikan situs web kalian aman, kalian melindungi data sensitif pengguna dan reputasi bisnis kalian.

Artikel Terkait  Mari Kenali Apa Itu Spyware Pegasus dan Cirinya!
Meningkatkan Konversi

Dengan memeriksa elemen-elemen seperti tombol CTA (call-to-action) dan formulir, audit membantu meningkatkan peluang konversi. Pengoptimalan ini bisa berupa perbaikan posisi CTA atau penyederhanaan proses konversi.

Mengatasi Kekurangan Analitik

Audit website membantu memeriksa data analitik, seperti lalu lintas dan perilaku pengunjung. Ini memberi kalian wawasan lebih dalam tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu diperbaiki.

Meningkatkan Peringkat SEO

Dengan mengatasi masalah teknis, mengoptimalkan konten dan memperbaiki faktor-faktor SEO lainnya, kalian dapat meningkatkan peringkat situs web kalian di hasil pencarian mesin pencari. Ini dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas organik.

Menghadapi Perubahan Algoritma

Algoritma mesin pencari terus berkembang. Dengan melakukan audit secara berkala, kalian dapat menyesuaikan strategi kalian agar tetap sesuai dengan perubahan terbaru dalam algoritma.

Mengidentifikasi Peluang Perbaikan

Audit membantu mengungkapkan peluang perbaikan yang mungkin tidak kalian sadari sebelumnya. Ini bisa berupa inovasi dalam desain, penyempurnaan konten atau penggunaan fitur baru untuk meningkatkan keterlibatan pengunjung.

Kesimpulan

Dalam era yang semakin modern dan teknologi yang terus berkembang, situs web bukan hanya alat promosi tetapi juga representasi dari bisnis atau identitas online kalian. Oleh karena itu, melakukan audit website adalah tindakan yang penting untuk menjaga kesehatan, kinerja, dan efektivitas situs web kalian.

Audit website melibatkan analisis menyeluruh terhadap berbagai aspek termasuk teknis, konten, desain, dan keamanan. Langkah-langkah yang terlibat dalam audit membantu mengidentifikasi masalah dan peluang perbaikan guna meningkatkan pengalaman pengguna, peringkat SEO dan konversi.

Selain memperbaiki masalah teknis, mengoptimalkan SEO dan meningkatkan kualitas konten, audit website juga memungkinkan kalian menghadapi perubahan dalam algoritma mesin pencari. Dengan mengetahui dan mengatasi masalah yang ditemukan, kalian dapat meningkatkan keterlibatan pengunjung, melindungi data sensitif pengguna dan mengoptimalkan konversi.

Selain itu, audit website membantu kalian mengidentifikasi peluang perbaikan yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya, sehingga kalian dapat terus berinovasi dan meningkatkan situs web kalian sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan pengguna.

Jadi melakukan audit website secara berkala adalah langkah yang penting untuk menjaga situs web kalian tetap relevan, efektif, dan bersaing dalam dunia online yang terus berubah. Dengan demikian, kalian dapat memberikan pengalaman terbaik kepada pengunjung dan mencapai tujuan bisnis kalian dengan lebih baik.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/  agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya