Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceAutentikasi Akun Google : Cara Mudah Melakukannya Lengkap

Autentikasi Akun Google : Cara Mudah Melakukannya Lengkap

-

Last Updated on July 26, 2023 by

Keamanan berjejaring menjadi PR yang tak habis-habisnya bagi masyarakat di abad teknologi kekinian. Maraknya peretasan dan beragamnya cara hacker untuk membobol akun-akun Anda dan mendapatkan data-data penting turut mendorong developer untuk mengembangkan sistem keamanan yang lebih canggih lagi. Salah satunya adalah sistem autentikasi akun Google.

Untuk Anda yang menggunakan smartphone Android, mungkin Anda pernah mendapatkan pesan “Diperlukan autentikasi akun Google” pada bar notifikasi. Apa itu Google autentikasi dan mengapa diperlukan autentikasi akun Google?

Tidak perlu panik, karena artikel berikut ini akan membahas lengkap seputar cara autentikasi akun Google pada sistem Google Authenticator dan Google Prompt. Yuk langsung kita meluncur ke pembahasan berikut ini!

Apa Itu Autentikasi Akun Google?

autentikasi akun google, cara autentikasi akun google

Sebelum beranjak lebih jauh, mungkin ada baiknya kita menelaah terlebih dahulu apa arti dari pesan ‘diperlukan autentikasi akun Google’ yang pernah Anda terima. Apa arti kata autentikasi?

Menurut kamus, kata autentikasi atau otentikasi sendiri berarti sebuah aktivitas untuk membuktikan suatu pernyataan semisal identitas pengguna (user). Autentikasi tidak sama dengan identifikasi, ya! Identifikasi adalah proses pengenalan identitas user, sementara autentikasi adalah proses membuktikan kebenaran identitas user. Jadi dapat dikatakan bahwa autentikasi adalah proses lanjutan dari identifikasi.

Mengapa autentikasi diperlukan dalam sistem Google? Penyebabnya ada beraneka ragam. Bisa jadi Anda diminta untuk melakukan autentikasi karena ada data-data dari akun Google yang belum sinkron atau diupdate. Jika iya, maka Play Store akan otomatis mencurigai keaslian atau validitas Anda selaku user.

Artikel Terkait  8 Penyebab Server Down Pada Website dan Cara Mengatasinya

Penyebab lainnya bisa jadi karena koneksi WiFi yang tidak stabil. Semisal Anda terhubung ke internet WiFi yang sinyalnya terputus-putus. Saat sinyal terputus, maka otomatis sistem sinkronisasi tidak dapat berlangsung dengan lancar. Alhasil, muncullah pesan permintaan melakukan autentikasi ini.

Pentingkah bagi kita untuk melakukan autentikasi Google? Jawabannya “iya”. Sangat penting, malah. Dengan fitur autentikasi Google ini, Anda bisa mencegah akun melakukan pembelian di Play Store secara tidak sengaja. Pun autentikasi juga bermanfaat untuk melindungi data-data dan perangkat Anda agar tidak mudah diretas, sebab data baru bisa diakses setelah user memasukkan password dan keterangan lainnya.

Namun untuk lebih memperkuat keandalan sistem keamanan satu ini, Google akhirnya meluncurkan sistem autentikasi akun Google 2 faktor (2FA). Autentikasi akun Google 2 faktor ini sangat berguna sebagai sistem perlindungan keamanan tingkat lanjut dan memperkuat privasi dari user. Terlebih lagi, akun Google Anda adalah akun yang amat penting karena tertaut ke beragam media sosial dan otomatis, memuat banyak data-data privasi penting.

Lantas, bagaimana cara melakukan autentikasi akun Google 2 faktor? Yuk lanjutkan scroll untuk mengetahui jawabannya!

Wajib Tahu, Inilah 3 Cara Autentikasi Akun Google

autentikasi akun google, cara autentikasi akun google

Anda telah memahami bahwa betapa pentingnya mengaktivasi sistem autentikasi 2 faktor untuk akun Google yang Anda miliki. Autentikasi 2 faktor pun sebenarnya sudah diaplikasikan pada banyak aplikasi, tak hanya Google saja. Seperti misalnya WhatsApp yang terkenal dengan sistem keamanan 2FA ini.

Sesuai namanya, autentikasi 2 faktor akan melindungi akun Anda secara ‘dua lapisan’. Jadi, Anda tidak perlu cemas jika password pertama dibobol, karena masih ada lapisan perlindungan kedua yang masih melindungi akun dan lapisan tersebut ada dalam kendali Anda selaku user asli.

Sebagian orang mengira proses mengaktivasi autentikasi akun Google 2 faktor sangat rumit dan berbelit-belit. Padahal, terdapat cara-cara mudah untuk melakukan autentikasi akun Google, lho. Anda bisa melakukan autentikasi Google 2 faktor dengan memakai 3 cara yakni perintah Google, Google Authenticator dan Google Prompt.

Seperti apa mekanisme cara-cara tersebut? Yuk disimak bersama satu per satu!

Cara 1: Perintah Google

Metode pertama untuk melakukan autentikasi Google adalah dengan memakai perintah Google. Perintah Google sendiri adalah sebuah notifikasi bagi user kapanpun mereka log in di device yang berbeda. Notifikasi perintah ini akan muncul pada gadget yang sudah dimasuki oleh akun Google Anda (semisal smartphone), untuk memastikan bahwa akun Anda yang login ke device baru (semisal laptop) memang betul Anda sendiri.

Cara mengaktifkan autentikasi dengan perintah Google sangat mudah, sebab Anda hanya memerlukan akses link di browser saja. Tahap-tahapnya adalah:

  1. Buka link myaccount.google.com > login ke akun Google Anda.
  2. Cari menu security di tab sebelah kiri. Klik tab tersebut.
  3. Cari opsi 2-Step Verification > klik mulai > Anda akan kembali ke halaman log in Google > input password akun Google.
  4. Anda akan mendapatkan informasi gadget mana yang akan memperoleh instruksi verifikasi 2 langkah > klik try it now (coba sekarang).
  5. Cek gadget Anda yang menerima informasi verifikasi 2 langkah > lakukan konfirmasi verifikasi > klik yes.
  6. Kalau cara ini tidak berhasil, Anda bisa mengganti metode verifikasi memakai kode OTP SMS > request kode OTP > masukkan kode ke website > klik next.
  7. Klik ‘turn on’ untuk mengaktivasi verifikasi 2 faktor > selesai. Sekarang, kalau Anda ingin login ke device / gadget yang tidak terdeteksi, maka akan ada notifikasi muncul ke device yang tertaut pada akun Google.
Artikel Terkait  White Box Testing Adalah : Developer Wajib Tahu!

Cara 2: Google Authenticator

Selain memakai perintah Google, Anda bisa juga menggunakan Google authenticator. Google authenticator adalah sebuah aplikasi Google untuk memberikan kode acak yang bisa dipakai dalam autentikasi 2 faktor. Cara menggunakan Google authenticator adalah:

  1. Buka browser > login ke myaccount.google.com > cari halaman 2-Step Verification yang sudah diaktifkan.
  2. Scroll ke bawah > klik ‘set up aplikasi authenticator’ > pilih tipe smartphone yang digunakan > klik next.
  3. Buka Google Play Store > search Google Authenticator > install.
  4. Tunggu hingga instalasi selesai.
  5. Begitu instalasi selesai, buka app > klik begin > klik scan a barcode. Di sini, jangan lupa klik ‘allow’ untuk mengizinkan akses kamera melalui aplikasi > scan barcode yang muncul.
  6. Kembali ke browser > klik next > input kode yang tertera di aplikasi authenticator > klik verify. Selesai.

Cara 3: Google Prompt

Cara autentikasi ketiga sekaligus yang paling populer digunakan adalah dengan memakai Google Prompt. Untuk mengaktivasi autentikasi 2 faktor dengan Google Prompt adalah:

  1. Buka myaccount.google.com > masuk ke akun Google Anda.
  2. Klik menu ‘security’, lalu cari 2FA dan pilih ‘get started’ diikuti memasukkan password akun Google.
  3. Masukkan nomor telepon Anda yang aktif ke box informasi yang tertera. Nomor telepon ini akan bermanfaat sebagai opsi pencadangan kalau metode Google Prompt tidak berfungsi dengan baik.
  4. Anda akan mendapatkan SMS OTP kode untuk diverifikasi ke sistem. Input kode OTP, kemudian klik ‘turn on’ untuk menjalankan autentikasi 2 faktor. Selesai!
Artikel Terkait  Tertarik dengan Digital Security? Ini Dia Bahasa Pemrograman Terbaik untuk Digital Security

Kelebihan dan Kekurangan Autentikasi Akun Google 2 Faktor

Menggunakan sistem autentikasi 2 faktor di akun Google Anda memang sangat dianjurkan demi keamanan. Namun, seperti halnya teknologi lain, ada kelebihan dan kekurangan dari sistem ini. Berikut beberapa poin kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan

  • Keamanan Bertingkat: Dengan adanya dua lapisan perlindungan, kesempatan bagi hacker untuk membobol akun Anda menjadi sangat kecil.
  • Kontrol Lebih: Anda akan mendapatkan notifikasi saat ada upaya masuk ke akun Anda dari perangkat yang tidak dikenal, sehingga Anda dapat memutuskan untuk mengizinkan atau menolak upaya tersebut.
  • Perlindungan Data: Data-data pribadi Anda, seperti email, foto, dokumen, dan lain-lain yang tersimpan di akun Google Anda akan jauh lebih aman.
  • Penyadaran Aktivitas Mencurigakan: Jika ada aktivitas login yang mencurigakan, Anda akan segera mendapatkan notifikasi.

Kekurangan

  • Ketidaknyamanan: Meskipun memang dirancang untuk keamanan, proses autentikasi dua faktor bisa menjadi sedikit merepotkan bagi beberapa orang, terutama jika Anda sering berganti perangkat atau lupa dengan metode verifikasi kedua Anda.
  • Kehilangan Akses: Jika Anda kehilangan ponsel Anda atau tidak memiliki akses ke metode verifikasi kedua (seperti aplikasi authenticator), Anda mungkin akan kesulitan masuk ke akun Anda.
  • Mengandalkan Jaringan Seluler: Untuk metode yang menggunakan SMS, terkadang ada keterlambatan pengiriman kode atau kode tidak dikirim sama sekali, terutama jika sinyal ponsel Anda lemah.
Artikel Terkait  Redirect adalah? Jenis-jenis dan Manfaatnya

Manfaat Tambahan Autentikasi Google 2 Faktor bagi Bisnis

Tidak hanya bagi pengguna pribadi, autentikasi Google 2 faktor juga memiliki manfaat besar bagi para pelaku bisnis. Melihat semakin tingginya intensitas serangan siber, penggunaan autentikasi 2 faktor dalam lingkungan bisnis menjadi sangat penting. Berikut beberapa manfaat tambahannya bagi dunia bisnis:

1. Perlindungan Data Perusahaan 

Perusahaan dengan sumber daya informasi yang besar pasti ingin melindungi data tersebut dari serangan siber. Autentikasi 2 faktor dapat meminimalisir potensi kebocoran informasi penting perusahaan.

2. Meningkatkan Kredibilitas 

Pelanggan dan klien akan lebih percaya kepada perusahaan yang menerapkan tingkat keamanan tinggi, termasuk penggunaan autentikasi 2 faktor.

3. Hemat Biaya 

Meskipun mungkin ada biaya awal untuk implementasi, namun jika dibandingkan dengan potensi kerugian dari serangan siber, biaya tersebut menjadi investasi yang sangat berharga.

4. Melindungi Reputasi 

Sebuah serangan siber yang berhasil bisa merusak reputasi perusahaan dalam sekejap. Dengan autentikasi 2 faktor, risiko tersebut dapat diminimalisir.

Artikel Terkait  Memahami Lebih Dalam Mengenai Spyware

Tips Memaksimalkan Keamanan dengan Autentikasi 2 Faktor

Berikut beberapa faktor untuk memaksimalkan keamanan akun dengan autentikasi akun google 2 faktor.

  • Pelatihan Karyawan: Pastikan semua karyawan memahami pentingnya keamanan siber dan bagaimana autentikasi 2 faktor dapat membantu. Latih mereka untuk selalu memastikan autentikasi 2 faktor aktif dalam setiap akun penting.
  • Review Rutin: Selalu lakukan peninjauan rutin terhadap metode autentikasi yang digunakan. Jika ada metode baru yang lebih aman, pertimbangkan untuk beralih.
  • Kombinasi dengan Metode Keamanan Lain: Autentikasi 2 faktor seharusnya bukan satu-satunya lapisan keamanan. Kombinasikan dengan firewall, antivirus, dan metode keamanan lainnya untuk perlindungan maksimal.
  • Selalu Update: Seperti aplikasi lainnya, pastikan selalu melakukan update untuk metode autentikasi yang Anda gunakan. Hal ini untuk memastikan Anda mendapatkan patch keamanan terbaru.
Artikel Terkait  Regression Testing Adalah? Yuk, Cari Tahu Cara Kerjanya!

Ketahui Batasan Autentikasi 2 Faktor

Sementara autentikasi 2 faktor memang memberikan lapisan keamanan tambahan yang signifikan, penting untuk memahami bahwa tidak ada sistem yang sepenuhnya kebal dari risiko. Mari kita telusuri beberapa batasan dari autentikasi 2 faktor:

1. Potensi Kehilangan Akses 

Jika Anda kehilangan perangkat (seperti ponsel) yang Anda gunakan untuk autentikasi 2 faktor, Anda mungkin menghadapi tantangan dalam mengakses akun Anda sendiri. Ini memerlukan proses pemulihan akun yang mungkin memakan waktu.

2. Serangan Man-in-the-Middle (MITM) 

Beberapa hacker telah mempelajari cara untuk melakukan serangan MITM, di mana mereka dapat mencegat dan mengambil alih sesi autentikasi.

3. Phishing 

Meskipun autentikasi 2 faktor dapat membantu melawan serangan phishing, jika pengguna tidak waspada, mereka mungkin masih tertipu untuk membagikan kode autentikasi dengan pihak yang tidak sah.

4. Ketergantungan pada Jaringan Seluler 

Untuk metode yang bergantung pada pesan teks, jika ada gangguan pada jaringan seluler, mungkin ada keterlambatan atau kegagalan dalam menerima kode autentikasi.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang cara autentikasi akun Google. Bagaimana, sudah siap mencoba mempraktekkan cara autentikasi akun Google? Selamat mencoba, ya!

Terima kasih ya sudah membaca artikel edisi kali sampai habis. Jangan lupa pantengin terus sosial media dan website Appkey.id agar Anda selalu mengetahui lebih banyak informasi terkini seputar dunia IT lainnya. Sayonara!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya