Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Maintenance Web Lambat Karena Gambar? Cara Terpraktis Mengatasi “Serve Scaled...

Web Lambat Karena Gambar? Cara Terpraktis Mengatasi “Serve Scaled Images” di Web

-

Membicarakan optimalisasi website memang tidak pernah ada habisnya. Pasalnya, ada banyak sekali faktor dalam website yang bisa dioptimalkan atau justru menjadi sumber masalah dari terkendalanya performa website terbaik.

Salah satu kondisi yang harus Anda waspadai agar website bisa tetap beroperasi dengan lancar adalah Serve Scaled Images WordPress.

Saat Anda mengembangkan website dengan basis WordPress, maka Anda perlu memerhatikan kondisi Serve Scaled Images WordPress. Serve Scaled Images WordPress adalah kondisi di mana website WordPress Anda bisa menjadi lambat diloading gara-gara faktor gambar yang terlalu berat dalam website.

Artikel kali ini akan membahas lebih detil seputar Serve Scaled Images WordPress beserta cara mengatasinya. Yuk langsung saja kita simak pembahasannya berikut ini!

Mengenal Serve Scaled Images WordPress: Pengertian dan Mengapa Ia Penting untuk Web Anda

images-1

Sebelum melompat ke pembahasan mengatasi Serve Scaled Images WordPress, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu Serve Scaled Images WordPress.

Fakta mengejutkan juga datang dari komponen website yang satu ini, di mana 50% developer website masih sering lupa mengatur Serve Scaled Images WordPress saat mengembangkan website! Alhasil, kelupaan tersebut berujung pada kelambanan website ketika diloading atau dimuat oleh user.

Scaled Images sejatinya adalah gambar-gambar dan foto-foto yang ukurannya harus mengikuti ketentuan pada kode theme CSS atau HTML. Sehingga, Serve Scaled Images WordPress adalah proses penyesuaian ukuran dan dimensi foto agar sesuai dengan ketentuan dimensi yang sudah ada.

Penyesuaian ini penting, mengingat hampir semua foto maupun gambar mempunyai resolusi, ukuran dan dimensi yang berbeda-beda. Sebuah website pun tentunya memerlukan gambar untuk mempercantik tampilan dan memperindah konten.

Namun, gambar-gambar dan foto yang tidak disesuaikan ukurannya dapat membebani kinerja website dan berakibat pada penurunan kecepatan loading web.

Sebuah website dengan kecepatan loading yang buruk merupakan awal dari buruknya penilaian kualitas website di mata Google. Jika dibiarkan, website Anda tidak mungkin bisa menduduki peringkat teratas SEO dan memiliki jumlah traffic yang sedikit. Selaku pengelola web, Anda harus bersikap waspada.

Pasalnya, pihak Google secara resmi mengumumkan bahwa kecepatan loading website adalah salah satu faktor penentu sebuah website layak menduduki peringkat tertinggi di search engine.

Semakin cepat website Anda diloading, akan semakin puas pengunjung yang mendatangi website Anda. Akhirnya, traffic dan peringkat website Anda akan terus meningkat mengalahkan website-website milik kompetitor lain.

Artikel Terkait  Apa Itu VPN Private? Kegunaan dan Fungsinya

Seperti Apa Kesalahan Serve Scaled Images?

Faktanya, banyak pengelola web tidak menyadari bahwa mereka sendirilah yang berkontribusi memunculkan kesalahan Serve Scaled Images. Ya, Anda tidak salah membacanya. Contoh sederhana kejadian error Serve Scaled Images biasanya terjadi dalam scenario seperti ini:

Website Anda hanya memerlukan dimensi thumbnail sebesar, katakanlah, 250 x 250 pixel saja. Otomatis, ideal dimensi gambar yang harusnya Anda unggah sebagai thumbnail hanyalah 250 x 250 pixel saja. Namun Anda justru mengunggal gambar dengan dimensi 1000 x 1000 pixel alias jauh lebih besar dari ketentuan.

Masalah tidak akan langsung muncul ketika Anda mengunggah gambar tersebut, dan hal inilah yang menjadikan banyak developer beranggapan tidak masalah mengunggah gambar apa saja ke website. Masalah Serve Scaled Images baru muncul ketika user yang meloading website Anda.

Browser pengunjung website-lah yang akan bekerja mengecilkan dimensi gambar agar website Anda bisa ditampilkan sepenuhnya dengan baik. Alhasil, semakin besar dimensi gambar yang Anda unggah ke web, maka akan semakin lama pula browser meloading web.

Jitu Mengatasi Serve Scaled Images dengan GTMetrix

images-2

Setelah memahami apa itu Serve Scaled Images, kini tibalah kita melihat bagaimana cara mengatasi Serve Scaled Images WordPress. Ada banyak sekali cara mudah untuk mengatasi Serve Scale Images, salah satunya menggunakan Serve Scaled Images WordPress plugin “GTMetrix”.

Serve Scaled Images WordPress plugin GTMetrix adalah solusi yang paling banyak digunakan oleh para pengelola website karena menyediakan fitur dan fungsi terlengkap. Dengan Serve Scaled Images WordPress plugin GTMetrix, Anda bisa mulai mengecek kelambanan website, menganalisa faktor, hingga mengatur ulang Serve Scale Images pada web.

GTMetrix memiliki fitur yang amat lengkap untuk mendeteksi masalah Serve Scaled Images. Beberapa fitur unggulan dari GTMetrix adalah:

YSlow

YSlow merupakan tool pengecek kecepatan web milik Yahoo. Anda bisa mengecek seberapa lama waktu yang diperlukan oleh website untuk muncul di search engine Yahoo.

Page Speed

Mirip dengan YSlow, Page Speed merupakan tool untuk mengecek kecepatan situs Anda tetapi di peramban Google. Tool ini bisa Anda dapatkan di developer.google.com.

WebMaster Tools

WebMaster Tools adalah tool milik Google yang diperuntukkan untuk melakukan improvisasi performa website di search engine Google. Tool ini juga tersedia di developer.google.com.

WebPagetest

WebPagetest yang dapat digunakan untuk mengecek performa website secara lebih mendetil dengan model tampilan waterfall. Laporan yang akan Anda dapatkan bisa lebih rinci dan mendalam.

Kemudian, bagaimana cara mengecek dan memperbaiki error Serve Scaled Images dengan GTMetrix? Tenang, Anda bisa mengikuti langkah-langkah runut berikut:

Artikel Terkait  Mengapa Kita Perlu Memakai Domain XYZ? | Rekomendasi Domain Murah Meriah

Step 1: Melakukan Tes Kecepatan Web

Pertama-tama, Anda harus mencari tahu seberapa tingkat kecepatan website meloading halaman-halamannya dengan GTMetrix. Identifikasi ini penting untuk memastikan jika website Anda memang lambat karena masalah Serve Scaled Images, bukan karena masalah lain.

Cara mengetes website dengan GTMetrix cukup mudah. Anda cukup membuka web GTMetrix di www.gtmetrix.com, kemudian menginput link web di kolom uji coba yang tersedia. Tunggu beberapa saat, hingga GTMetrix memberikan hasil laporan berupa data kecepatan website Anda.

Jika dideteksi adanya masalah Serve Scaled Images, maka Anda akan mendapat laporan dengan tampilan gambar-gambar yang bermasalah, lengkap dengan rekomendasi ukuran resolusi yang pas dan lokasi masalah pada web.

Step 2: Memperbaiki Resolusi Gambar

Begitu berhasil menemukan gambar dan foto yang bermasalah di web, klik link gambar yang ditampilkan dalam laporan Serve Scaled Images. GTMetrix biasanya sudah otomatis memperlihatkan link postingan website yang bermasalah.

Klik link tersebut, dan Anda akan otomatis diarahan ke halaman web di mana gambar yang bermasalah berada. Begitu menemukan gambar yang menjadi problem, download gambar tersebut agar bisa diubah resolusi dan dimensinya memakai aplikasi editing gambar secara offline. Anda bisa memakai aplikasi pengedit gambar apa saja, seperti Photoshop, PiscsArt, PhotoEditor, dan lain-lain.

Perkecil ukuran gambar dengan aplikasi, semisal dengan melakukan ‘resize’, compress gambar, memotong gambar (crop), atau mengatur ulang besaran width dan height gambar secara manual mengikuti rekomendasi dari GTMetrix. Begitu selesai, simpan gambar baru, kemudian upload kembali gambar baru ke website untuk mengganti gambar sebelumnya.

Step 3: Test Ulang Kecepatan Web

Begitu gambar baru selesai terupload di web menggantikan gambar yang lama, Anda cukup menyimpan perubahan dan melakukan tes ulang kecepatan di GTMetrix. Ulangi tahap-tahap pengecekan seperti pada step pertama di atas.

Jika masih terdapat gambar yang dideteksi terlalu besar menurut GTMetrix, maka ulangi tahapan pengompresian gambar di step 2. Saat GTMetrix tidak menemukan Serve Scaled Images error lagi, barulah website Anda sudah bisa dikatakan aman.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara mengatasi Serve Scaled Images? Selamat mencoba mendeteksi dan mengatasi masalah Serve Scaled Images dengan GTMetrix. Cara simpel di atas masih terbukti menjadi solusi terbaik untuk mengatasi Serve Scaled Images di beragam website.

Punya masalah lain dengan website Anda, atau masih bingung bagaimana cara mengatasi serve scaled images ini sendirian? Tidak perlu cemas, lebih baik segera konsultasikan semua permasalahan pada website Anda kepada Appkey!

Tak sedikit para pemilik website yang memutuskan untuk berdiskusi dengan tenaga web developer profesional untuk mendapatkan solusi terbaik atas permasalahan yang dihadapi pada websitenya. Konsultasi dengan ahli terkadang memang dibutuhkan agar Anda tidak semakin tersesat atau keliru dalam mengatasi beragam permasalahan pada website.

Appkey adalah perusahaan pengembangan website dan aplikasi terbaik yang siap membantu Anda untuk memiliki website terbaik. Appkey akan menemani setiap langkah Anda, mulai dari tahap konsultasi, pengembangan website beserta optimalisasinya dalam 1 paket layanan terlengkap dan dengan harga terjangkau.

Penasaran? Yuk intip informasi lebih lengkap seputar paket pengembangan website di www.appkey.co.id sekarang juga! Anda juga bisa membeli paket aplikasi e-commerce, jasa delivery makanan, aplikasi taksi online, dan aplikasi-aplikasi bisnis lain dengan harga murah meriah langsung dari www.appshop.co.id.

Sudah banyak orang terbantu dengan layanan IT terlengkap, terbaik sekaligus termurah dari Appkey. Apakah Anda juga akan menjadi salah satunya?


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya