Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingBingung Memilih Hosting Terbaik? Ini Tipsnya!

Bingung Memilih Hosting Terbaik? Ini Tipsnya!

-

Memilih jasa hosting harus dilakukan dengan hati-hati dan butuh pertimbangan matang. Hal ini dikarenakan pentingnya hosting itu sendiri dalam dunia jejaring internet. Sembarangan memilih jasa web hosting murah bisa mengakibatkan banyak akibat fatal pada pengembangan website Anda, salah satunya seperti menyebabkan loading website yang lambat.

Memilih hosting yang bagus memerlukan banyak ketelitian. Jika diibaratkan, layanan hosting bisa disamakan dengan tempat bernaung atau rumah dari website Anda di dunia maya. Tak cukup hanya dengan mengenali kebutuhan website Anda saja, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan saat memilih hosting terbaik untuk WordPress.

Namun bukan berarti mendapatkan jasa hosting terbaik untuk WordPress sama dengan keharusan memilih jasa layanan yang mahal. Tidak. Anda masih bisa mendapatkan jasa web hosting murah dengan kualitas yang baik. Jika Anda sudah mengetahui trik dan poin-poin pertimbangan dalam memilih jasa web hosting murah, lantas mengapa tidak mencoba berburu layanan hosting yang murah meriah?

Yuk langsung kita simak serangkaian tips dan poin penting yang harus Anda pertimbangkan saat memilih jasa web hosting murah! Selamat membaca.

Apa Itu Hosting? Komponen, Jenis dan Ciri Hosting yang Bagus

apa-itu-web-hosting

Sebelum mulai dengan cara memilih jasa web hosting murah berkualitas, mari cari tahu terlebih dahulu seperti apa ciri-ciri hosting yang bagus agar Anda tidak salah menjatuhkan pilihan.

Hosting yang baik dan pas untuk website adalah hosting yang mampu memenuhi kebutuhan dari website Anda. Jadi sebelum memilih hosting, Anda perlu untuk memastikan apa saja kebutuhan dari website yang sudah dimiliki atau hendak dibuat.

Apakah website Anda ramai dikunjungi oleh pengunjung setiap harinya? Jika iya, apakah Anda perlu kapasitas hosting yang besar dan akses loading yang cepat atau sudah cukup dengan kualitas standar? Apakah Anda perlu menambahkan akses SSH? Berapa kapasitas terbaik agar website Anda tidak overloading? Apa sajakah istilah-istilah dalam dunia hosting yang harus Anda pahami definisi dan fungsinya?

Semua pertanyaan di atas sesungguhnya dapat dijawab dengan memahami apa saja resource yang terdapat dalam layanan web hosting. Terlebih jika ini adalah pertama kalinya Anda hendak memilih jasa web hosting murah. Tidak apa-apa jika Anda belum paham apa saja resource dalam sistem hosting. Berikut ini kami sajikan penjelasannya.

Artikel Terkait  Layanan VPS Murah di Indonesia | Terbaik dan Lebih Cepat

Komponen Resource dalam Sistem Hosting

Ada 12 resource yang selalu ada dalam sistem hosting:

  • CPU (Central Processor Unit) adalah perangkat komputer untuk menjalankan aneka program. CPU untuk hosting memiliki standar Core 0,5 GHz dan 1 GHz untuk website biasa dan 2 GHz untuk website e-commerce.
  • Bandwidth adalah kapasitas jumlah transfer data dalam hitungan bps (bit per second) untuk melancarkan komunikasi internet.
  • SSD (Solid State Drive) adalah media penyimpanan data serupa harddisk (HDD) namun lebih canggih dan bagus. Untuk mengetahui perbedaan SSD dan HDD, Anda bisa membaca artikel khusus Appkey bertajuk ‘SSD VS HDD’.
  • RAM (Random Access Memory) adalah memori penyimpanan data sementara untuk menjalankan aneka program komputer.
  • PMEM dan VMEM atau Physical Memory dan Virtual Memory. Kedua elemen ini berguna untuk mendukung RAM dan menjadikan proses kinerja website lebih kencang.
  • Inodes adalah besar jumlah total file yang dapat dimuat untuk 1 akun
  • Akses SSH (Secure Shell) untuk memantau semua aktivitas dalam server.
  • DNS Manager yang merupakan sebuah kontrol panel untuk menjalankan aneka tugas DNS management.
  • FTP (File Transfer Protocol) untuk melancarkan tugas uploading file di web hosting.
  • Memcached yang berguna untuk mempercepat kinerja web dinamis dan menjadikan kinerja web hosting lebih ringan meskipun website Anda memiliki plugin, widget dan tema yang lumayan banyak dan agak berat.
  • IO (Input Output) dan IOPS (Input Output Per Second) yang berpengaruh langsung terhadap kecepatan upload dan download di setiap detiknya.
  • EP (Entry Processes) dan ENPROC yang berfungsi untuk mengatur jumlah script website yang dijalankan setiap milisecond. Khusus ENPROC, tugasnya bertambah dengan pengelolaan database dan aplikasi web server.

3 Jenis Hosting Berdasar Tipe Web

Setelah mengetahui  komponen-komponen dalam hosting, selanjutnya Anda juga perlu tahu apa saja jenis hosting. Jenis hosting dapat dibedakan berdasarkan jenis website yang mampu ia handle atau tangani. Beberapa jenis hosting adalah:

  • VPS adalah hosting yang banyak digunakan untuk high-traffic blog, e-commerce / bisnis online dan website-website project. Website ini memiliki kapasitas hosting yang sangat besar dan kualitas terbaik, sehingga website tidak akan mudah jebol atau down meski dibanjiri arus trafik koneksi dalam jumlah besar setiap hari.
  • Shared Hosting adalah hosting sederhana, standar dan memiliki ukuran kapasitas yang tidak terlalu besar. Bahkan, kapasitas shared hosting masih lebih kecil dibandingkan cloud hosting. Itulah yang menyebabkan shared hosting pada blog dan website personal yang daya trafiknya tidak setinggi e-commerce banyak digunakan.
  • Cloud Hosting adalah tipe terakhir hosting. Cloud hosting adalah hosting dengan kapasitas menengah. Cloud hosting banyak digunakan untuk website-website perusahaan, media berita, dan toko online yang baru dirintis. Sebab, kapasitas cloud hosting tidak terlalu besar seperti VPS, namun masih jauh lebih besar dibanding shared hosting.

Poin 4S yang Wajib Disimak dari Jasa Web Hosting Murah
Terakhir, Anda harus paham apa saja kriteria penting yang harus diperhatikan saat memilih layanan jasa web hosting murah. Berikut poin-poin yang harus Anda amati saat membaca deskripsi jasa web hosting murah:

  • Support : Pastikan bahwa jasa web hosting murah pilihan Anda mempunyai support bantuan selama 24 jam yang dapat dengan mudah dihubungi andai website tiba-tiba mengalami masalah hosting. Beberapa jenis support center yang wajib ada dan mudah dihubungi pada sebuah layanan hosting adalah live chat, phone support, atau e-mail customer service.
  • Speed : Pastikan kualitas speed dari layanan hosting web pilihan. Anda bisa mencari dan membaca deskripsi resources hosting yang tersedia pada kolom deskripsi produk sebelum membeli.
  • Scalability : Cek apakah jasa layanan hosting menyediakan paket yang sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, maka jangan memaksakan diri untuk membeli  paket yang ditawarkan.
  • Security : Layanan hosting harus menyediakan jaminan web security seperti proteksi dari malware, free SSL dan serangan DDoS.

Artikel Terkait  Apa Itu Sitemap? Fungsi dan Cara Membuatnya

Sesungguhnya mengamati poin 4S di atas sudah cukup menjadi pedoman sederhana dalam menentukan produk jasa web hosting murah terbaik. Namun tak sedikit user yang melakukan sejumlah pertimbangan lanjutan agar merasa lebih yakin dengan pilihan jasa hosting mereka. Tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mencoba mengaplikasikan pertimbangan-pertimbangan lanjutan pada pembahasan selanjutnya ini.

[Bonus] 5 Tips Cermat Memilih Jasa Hosting

tips-memilih-web-hosting

Masih ragu apakah jasa web hosting murah incaran Anda sudah benar-benar menawarkan  produk yang terbaik? Jika iya, tetap tenang dan cobalah melakukan pengamatan-pengamatan berikut ini:

Harga Sesuai Budget (Terjangkau)

Jangan memaksakan diri untuk membeli jasa layanan hosting yang tidak sesuai harganya dengan kemampuan dompet Anda ataupun perusahaan. Cobalah untuk mengumpulkan sebanyak mungkin data berupa daftar nama penyedia layanan hosting dan harga-harga layanan yang diberikan. Trik ini juga mampu menjadi cara agar Anda bisa memperoleh layanan yang baik dengan harga lebih murah. Jangan sampai Anda justru menyesal  telah membayar mahal, padahal bisa mendapat jasa hosting berkualitas yang lebih baik dengan harga lebih murah.

Namun jangan juga cepat tergiur dengan harga hosting super murah. Cobalah untuk mengedepankan rasa curiga dan meneliti betul-betul seperti apa pelayanan yang diberikan oleh jasa hosting tersebut. Sebab logikanya, tidaklah mungkin untuk bisa mendapatkan jasa hosting baik dengan harga super murah. Besar kemungkinan paket penawaran super murah yang Anda baca merupakan janji manis belaka.

Cari Tahu Bagaimana Persisnya Kualitas Performa Server
Selanjutnya, cari tahu bagaimana persisnya kualitas performa dari layanan  hosting server yang diberikan. Pengamatan ini penting agar layanan hosting yang Anda beli ternyata tidak “menipu” dalam artian memiliki dan mengakibatkan banyak masalah di kemudian hari.

Anda bisa mengecek lokasi layanan host berada, meninjau informasi-informasi resources yang dimiliki seperti tipe dan kecepatan processor, pemakaian tipe harddisk, kualitas RAM dan bandwidth serta masih banyak lagi sesuai dengan 12 komponen resources yang telah dijelaskan sebelumnya. Jika Anda punya pertanyaan terhadap deskripsi layanan, maka Anda bisa menghubungi customer service yang tersedia.

Melihat Kolom Testimoni Pembeli Sebelumnya

Sebuah lapak hosting yang baik pastinya akan menyediakan sejumlah testimonial atau kolom review khusus bagi konsumen mereka. Di sinilah para konsumen bisa memberikan penilaian terhadap pembelian yang sudah mereka lakukan. Sebagai calon konsumen, Anda bisa mengamati kolom review tersebut terlebih dahulu untuk mendapatkan kesan dan pengalaman penggunaan hosting yang jujur dari setiap konsumen.

Di sini pula Anda bisa mendapatkan gambaran terkait kelebihan dan kekurangan asli dari layanan hosting yang diberikan. Semisal terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan atau kebutuhan Anda,  maka Anda bisa beralih mencoba layanan jasa hosting lain.

Menyediakan Layanan Fitur Tambahan

Saat ini ada banyak juga layanan hosting yang menyediakan layanan fitur tambahan untuk mengoptimalkan performa website Anda. Layanan fitur tambahan tersebut bisa berupa proteksi keamanan dari spam dan malware, paket domain, atau perlindungan tambahan untuk data-data kartu kredit dan debit user di website Anda.

Jika Anda ingin mencari layanan hosting dengan fitur tambahan yang dibutuhkan, sekali lagi, cermati deskripsi khusus layanan tambahan yang disediakan oleh  penyedia host. Anda juga bebas bertanya apakah ada harga paket khusus yang lebih murah jika membeli lebih dari 1 layanan sekaligus cara yang lebih hemat dan untung saat berbelanja, bukan?

Memberikan Garansi Uang Kembali

Untuk berjaga-jaga dari kerugian atas masalah-masalah dalam paket hosting yang dibeli, Anda bisa mencari jasa host yang menyediakan garansi berupa uang kembali. Paket garansi ini biasanya lebih diprioritaskan oleh konsumen karena jika terjadi error dan masalah yang tak bisa dibenahi dalam proses hosting, Anda tidak akan rugi terlalu banyak.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Desa Murah | Desain Profesional

Selain itu, perusahaan yang berani memberikan garansi uang kembali merupakan perusahaan yang kredibel dan terpercaya kualitasnya. Mereka pastinya adalah perusahaan yang selalu mengutamakan kepuasan pelanggan agar uang yang telah dibayarkan bisa mereka terima sepenuhnya, bukankah begitu?

Ada banyak sekali perusahaan hosting yang menjamin garansi  uang kembali saat ini. Namun setiap perusahaan host pastinya memiliki syarat dan ketentuan pengembalian yang berbeda-beda. Sekali lagi, jangan lupa untuk  membaca rincian syarat dan ketentuan yang berlaku secara rinci, ya!

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang cara memilih hosting terbaik untuk WordPress. Bagaimana, apakah kini kegalauan Anda sudah ‘tercerahkan’ mengenai cara memilih hosting yang bagus? Semoga artikel di atas mampu menambah pengetahuan dan wawasan Anda, ya. Selamat mulai memilih hosting yang bagus!

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Jangan lupa untuk mengecek aneka tips, trik dan tutorial menarik lainnya seputar dunia IT hanya dari Appkey.id. Sampai jumpa!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya