Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Desain Design Web Tips untuk Membuat Desain Web Portofolio Kreatif yang Sempurna

Tips untuk Membuat Desain Web Portofolio Kreatif yang Sempurna

-

Untuk Anda yang sedang mencari pekerjaan di bidang kreatif atau di bidang IT. Portofolio yang baik adalah yang Anda butuhkan. Karena ini akan membantu Anda memajukan karis dengan menarik klien dan menarik perhatian para profesional di bidang ini. Portofolio merupakan profile Anda sepanjang berkarir, sehingga bisa dibilang pembuatannya memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Mengapa? Karena, portofolio adalah kartu nama visual Anda, yang memberikan informasi kepada klien target Anda tentang apa yang telah Anda capai dan apa yang Anda mampu. Kita memang sedang membicarakan tentang bagaimana membuat desain web portofolio yang hebat.

Akan tetapi, baik secara online ataupun cetak, cara kita membuat portofolio tetap sama. Penting untuk diingat bahwa portofolio yang baik adalah yang terus berkembang dan Anda mungkin tidak melakukannya dengan benar pada saat membuatnya pertama kali. Penglihatan yang jeli dan pengeditan yang baik akan membantu Anda mendapatkan hasil portofolio yang sesuai harapan.

Jadi, bagaimana cara membuat desain web portofolio yang sempurna? Setelah mengetahui ceruk dan kualitas diri Anda, kini saatnya Anda berbagi kualitas diri Anda dengan dunia dan menarik perhatian klien yang membutuhkan jasa Anda dengan menyuguhkan portofolio yang juga sempurna.

Tips Membuat Desain Web Portofolio Kreatif yang Sempurna

membuat-desain-portofolio

Berikut bebeberapa saran untuk Anda membuat desain web portofolio yang baik.

Cukup Masukkan Karya Terbaik Anda

Berfikir kritislah saat Anda memutuskan untuk memasukkan karya Anda ke dalam portofolio. Meski Anda hanya memiliki sedikit karya yang baik, itu lebih baik daripada menunjukkan banyaknya karya namun dengan kualitas yang buruk. Misalnya, jika Anda ingin menunjukkan diri sendiri sebagai jurnalis foto, sangat tidak masuk akal jika Anda menempatkan foto pernikahan teman Anda sebagai salah satu project yang pernah Anda kerjakan.

Pastikan juga agar pekerjaan yang Anda cantumkan adalah yang paling baru. Klien potensial biasanya akan melihat pekerjaan baru, jadi pastikan agar Anda selalu memperbarui karya Anda dan sunting juga agar Anda terlihat saat melangkah maju dalam karier Anda.

Artikel Terkait  User Research | Mengenal Perilaku User dan Kebutuhannya Terhadap Aplikasi

Tunjukan Semua Kemampuan yang Anda Miliki

Pastikan agar semua kemampuan Anda tercantum di dalam web fortofolio Anda. Ini bisa termasuk menggunakan proyek pribadi atau pekerjaan eksperimental yang dapat membantu Anda menjaring jenis klien yang potensial. Pastikan tunjukan karya yang berbeda karena jika semua karya Anda terlihat sama, klien mungkin menganggap bahwa kreativitas Anda terbatas dan Anda hanya mengerjakan satu proyek saja.

Lihat Gambaran Besarnya

Sangat mudah untuk terjebak dalam melihat portofolio Anda, gambar demi gambar, tetapi sangat penting bahwa Anda juga mengambil tampilan makro dari karya tersebut. Melalui hal ini, Anda akan menyadari pentingnya menunjukkan variasi keseluruhan terbaik dan karya yang disajikan sesuai dengan identitas merek yang Anda buat.

Gunakan pandangan kritis dan tanyakan pada diri Anda, Apakah karya ini mewakili artis seperti saya dan artis yang saya inginkan? Anda juga dapat menentukan bagaimana urutan karya Anda untuk dilihat oleh calon pemirsa, serta apakah proyek tersebut jelas atau tidak, hal ini dapat dibuat dengan menambahkan penjelasan teks singkat.

Lebih Baik Gunakan Gambar dengan Resolusi yang Tepat

Sebagai pengguna saya tidak pernah merasa nyaman melihat foto beresolusi rendah dengan pencahayaan redup apalagi pecah dalam desain web portofolio. Penyajian yang tidak benar bisa membuat kerja keras Anda sia-sia. Saat ini sudah bukan masalah lagi untuk mengambil gambar berkualitas tinggi bahkan dengan menggunakan ponsel.

Ada alternatif lain dalam memilih pencahayaan, yakni dengan menggunakan cahaya alami jika memungkinkan agar semua detail pekerjaan Anda bersinar. Tidak perlu ragu untuk menampilkan gambar yang close-up karena itu juga bisa menampilkan pekerjaan Anda secara detail.

Kumpulkan Opini

mengumpulkan-opini

Opini berperan penting untuk menumbuhkan ketertarikan. Itulah mengapa Anda harus meminta pendapat, dan tidak hanya dari teman dan keluarga yang mungkin tidak jujur. Mentor, mantan kolega, dan klien tepercaya semuanya dapat memberikan wawasan yang bagus tentang bagaimana portofolio Anda bekerja untuk mereka.

Mungkin mereka akan mengingat proyek hebat yang telah Anda abaikan atau mendorong Anda untuk mengambil lebih banyak peluang dengan apa yang Anda sertakan. Pandangan luar adalah cara yang bagus untuk merasakan bagaimana portofolio Anda akan diterima sebelum mempublikasikannya ke dunia luar.

Situs desain web portofolio adalah cara tercepat dan termudah untuk menampilkan karya Anda sebagai desainer. Bahkan jika Anda memiliki portofolio fisik, situs web masih merupakan tambahan yang diharapkan – dan sangat penting untuk membuat pekerjaan Anda menarik.

Tidak semua orang memiliki keterampilan desain web untuk merasa nyaman membuat situs web dengan tata letak yang menakjubkan dan mudah digunakan. Kiat-kiat ini akan membantu mengisi celah pengetahuan itu dan membuat situs web Anda online dalam waktu singkat.

Untuk inspirasi desain web portofolio lainnya, lihat contoh portofolio yang menakjubkan ini. Dan pilihan tema portofolio desain grafis gratis terbaik kami, dan tema portofolio WordPress berbayar akan membuat milik Anda terlihat sangat profesional.

Jadilah Diri Sendiri

Jangan menyalin desain situs orang lain hanya karena menurut Anda itu terlihat bagus. Sangat penting bahwa situs desain web portofolio Anda menunjukkan siapa Anda dan apa yang Anda lakukan dengan membuat situs web asli, Anda akan membantu memastikan bahwa hal itu terlintas dalam pikiran saat orang-orang menelusuri layanan Anda.

Artikel Terkait  Percantik Aplikasi Anda dengan Font Gratis yang Keren Ini, Berikut Cara Downloadnya!

Buatlah Diri Anda Tersedia

Jika situs Anda tidak menjelaskan bagaimana pengunjung dapat menghubungi Anda, mereka tidak akan berusaha keras untuk mengetahuinya. Luangkan ruang di beranda Anda untuk memberi tahu orang bagaimana mereka dapat menghubungi Anda. Setiap orang lebih menyukai metode kontak yang berbeda, jadi sediakan beberapa cara yang dapat mereka lakukan dan buat mudah bagi mereka.

Tunjukkan Beberapa Kepribadian yang Anda Miliki

Saat pengunjung melihat situs web Anda, mereka ingin tahu siapa Anda. Tambahkan sedikit kepribadian, mungkin dengan foto diri Anda yang bagus, untuk memberi tahu mereka bahwa Anda adalah orang yang nyata dengan gaya dan identitas Anda sendiri. Kreativitas adalah tentang orisinalitas dan terkadang orang tidak tertarik dengan situs web perusahaan yang tidak berwajah.

Buat Situs Portofolio Anda Speedy dalam Pemanggilan Halamannya

Rata-rata orang menunggu kurang dari tiga detik untuk memuat halaman sebelum meninggalkan situs web sama sekali. Memilih paket hosting yang sesuai yang memungkinkan kecepatan pemuatan halaman yang cepat sangat penting untuk keberhasilan situs web Anda. Tidak semua host web sama jadi pilihlah dengan hati-hati untuk menghindari situs yang lambat.

Buat Konten Situs Anda Selalu Segar

konten-situs

Google menyukai konten segar, jadi cara terbaik untuk meningkatkan peringkat pencarian situs Anda adalah dengan terus memperbaruinya melalui blog. Usahakan postingan Anda tetap relevan dan ditautkan dengan postingan Anda yang sebelumnya, karena orang akan tertarik melihat postingan Anda sejak awal. Google juga menyukai video, seperti halnya pengunjung video pendek dan menarik dapat membantu orang-orang berada di situs Anda lebih lama.

Sedikit Pamer Juga Tidak Masalah

Situs web portofolio Anda seperti CV yang hidup konten di dalamnya harus mutakhir dan menjelaskan kepada orang-orang apa yang dapat Anda lakukan. Ini adalah sarana untuk menunjukkan profesionalisme dan bakat Anda, jadi pastikan Anda memamerkan proyek dan keterampilan baru segera setelah siap untuk dilihat dunia.

Promosikan Klien Anda

Cara lain untuk membuktikan silsilah Anda adalah dengan memamerkan klien Anda sebelumnya. Ini memberi tahu calon klien baru bahwa Anda telah dipercaya untuk melakukan pekerjaan penting sebelumnya dan menunjukkan bahwa Anda memiliki rekam jejak. Jika Anda pernah bekerja dengan perusahaan atau merek terkenal, hal itu akan menambah bobot keterampilan Anda.

Dapatkan Rekomendasi

Mengapa seseorang harus mengambil kata-kata Anda untuk betapa hebatnya Anda? Kutipan langsung dari klien Anda bertindak sebagai ulasan layanan Anda dan dapat dipublikasikan di situs Anda. Kesaksian ini menambah tingkat kepercayaan, kepastian, dan keaslian, yang semakin membuktikan pengalaman dan kemampuan Anda untuk menghasilkan karya berkualitas tinggi.

Sediakan Contoh Real

Menautkan ke bagian pekerjaan yang ada yang saat ini digunakan klien Anda sebelumnya menunjukkan lebih jauh kehebatan Anda sebagai seorang profesional. Menunjukkan bahwa orang lain berinvestasi dalam keterampilan Anda dan mempercayai pekerjaan Anda dapat membantu meyakinkan klien atau pemberi kerja baru bahwa Anda benar-benar sebaik yang Anda katakan.

Artikel Terkait  Hati-Hati Merugi! Inilah Kesalahan Desain Olshop yang Sering Anda Tidak Sadari

Perhitungkan Bahasa Target

Siapa audiens target Anda dan apa tujuan keseluruhan dari situs web Anda? Situs portofolio Anda harus menunjukkan keahlian dan kepribadian Anda, jadi luangkan waktu untuk memikirkan dengan tepat apa pesan Anda dan siapa tujuannya sebelum mempertimbangkan cara terbaik untuk mengomunikasikannya. Anda ingin pesan yang dikirimkan situs Anda konsisten dengan pekerjaan yang Anda lakukan.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya