Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWordpressCara Terbaik Melindungi WordPress dengan Plugin Wordfence

Cara Terbaik Melindungi WordPress dengan Plugin Wordfence

-

Kabar gembira untuk Anda pengguna WordPress, karena kini ada plugin cyber security terbaik bernama Wordfence. Anda tidak perlu pusing lagi mencari aneka plugin atau jasa pengamanan website yang bagus untuk memproteksi web WordPress Anda dari aneka malware. Dengan Wordfence, semua masalah ancaman keamanan cyber Anda sudah teratasi dengan baik.

Hal inilah yang menjadikan Wordfence adalah plugin wajib WordPress. Tingginya aksi kejahatan cyber dari tahun ke tahun menuntut kita untuk selalu waspada terhadap berbagai ancaman yang mungkin saja muncul dan menyerang di saat kita lengah. Jika Anda tidak memasang plugin wajib WordPress Wordfence, maka web WordPress Anda akan sangat rentan oleh paparan bahaya.

Apa itu plugin wajib WordPress Wordfence? Bagaimana cara setting Wordfence security ini untuk website WordPress Anda?

Daripada semakin lama bertanya-tanya sendirian, yuk kita langsung simak pembahasan lengkap plugin wajib WordPress Wordfence dan cara setting Wordfence security berikut ini. Selamat membaca!

Apa Itu Plugin Wajib WordPress “Wordfence”?

wordpress-1

Banyak developer sengaja memilih mengembangkan website menggunakan WordPress karena ada banyak kemudahan yang bisa didapatkan dari WordPress. Kemudahan-kemudahan tersebut terwujud dalam beragam rupa plugin wajib WordPress. Wordfence adalah salah satu plugin wajib WordPress tersebut.

Wordfence adalah plugin WordPress yang ditujukan khusus untuk mengamankan website Anda dari beragam serangan hacker, seperti penyusupan, injeksi malware, dan pembobolan data. Lebih bagus lagi, Wordfence adalah plugin WordPress yang bersifat gratis. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba memakai Wordfence sebagai mekanisme perlindungan website WordPress dari beragam  aksi hacker.

Kegunaan utama Wordfence adalah untuk melindungi website dari serangan virus dan malware. Plugin ini bisa memberikan notifikasi jika terjadi percobaan aksi hack pada website, memonitor aktivitas mencurigakan pada web, dan menyajikan peringatan kalau Anda memakai password website yang terlalu lemah dan mudah ditebak.

Lebih canggih lagi, Wordfence bisa memblacklist semua bot dan user yang mencoba melakukan metode hacking password untuk memperoleh akses ke laman admin dashboard WordPress. Benar-benar bermanfaat bukan?

Cara Setting Wordfence Security

wordpress-2

Tertarik untuk memasang Wordfence? Yuk baca cara setting Wordfence security di bawah ini! Kami sudah merangkum cara setting Wordfence security secara lengkap dan praktis hanya untuk Anda:

1. Aktivasi dan Instalasi Plugin

Untuk bisa menggunakan plugin wajib WordPress Wordfence, Anda harus mengaktivasi plugin dan menginstallnya terlebih dahulu. Plugin ini sudah tersedia di laman WordPress web Anda. Cara instalasi Wordfence yakni:

  • Buka dashboard website WordPress Anda.
  • Klik menu ‘Plugin’.
  • Klik opsi ‘Add new’.
  • Cari menu pencarian (kolom search) > ketik “Wordfence” > tekan enter.
  • Tunggu hingga pencarian plugin selesai dan Anda mendapatkan hasil.
  • Klik plugin Wordfence > klik tombol ‘instal dan aktifkan’. Tunggu lagi hingga proses pemasangan otomatis selesai.
  • Selanjutnya, Anda akan menemukan halaman pop-up Wordfence dan diminta untuk memasukkan e-mail website ke kotak yang sudah disediakan  > isi nama e-mail > ketik ‘continue’.
  • Selesai! Wordfence sudah terpasang.

Artikel Terkait  Panduan Belajar 4 Method Array JavaScript untuk Pemula

2. Setting Lisensi Wordfence

Sekarang, lanjutkan dengan mengatur Wordfence pada WordPress agar plugin ini bisa bekerja dengan baik untuk melindungi website. Caranya adalah:

  • Anda akan menemukan pop-up baru secara otomatis setelah mengisi e-mail di pop-up yang pertama. Pada laman pop-up ini, Anda akan diminta untuk menginput kode lisensi Wordfence premium.
  • Jika tidak punya kode lisensi, Anda bisa cukup mengklik tombol ‘no, thanks’. Namun jika Anda punya kode lisensi, Anda bisa memasukkannya ke kolom tersebut dan mengklik ‘finish’. Untuk bisa mendapatkan kode lisensi, Anda bisa berlangganan Wordfence versi premium. Berlangganan Wordfence premium juga bermanfaat untuk meningkatkan proteksi Wordfence.

3. Mengatur Plugin Wordfence

Tahap ketiga adalah mengatur plugin Wordfence pada WordPress. Ada beberapa opsi yang bisa Anda konfigurasi di sini, yakni  Firewall, Dashboard, Scan, All Options dan Tools. Berikut adalah tahap-tahapan mengatur plugin Wordfence.

Mengatur Firewall

  • Klik menu Wordfence > klik opsi Firewall
  • Download file User.ini dan Htaccess untuk backup data dan melancarkan aktivasi Firewall dari link yang disediakan > klik ‘continue’.
  • Firewall sudah berjalan secara otomatis.
  • Klik ‘Manage firewall’ untuk mulai mengustomisasi pengaturan firewall jika dibutuhkan. Namun jika tidak disetting pun tidak apa-apa karena firewall sudah aktif bekerja otomatis untuk perlindungan Brute Force, scamming, spoofing dan ancaman lainnya.

Mengatur Dashboard

Dashboard mengandung bagian utama dari pengelolaan Wordfence. Salah satu fitur penting Wordfence yang terdapat pada bagian dashboard adalah pengaturan untuk fitur auto-update Wordfence. Untuk mengaktivasi auto-update ini, Anda bisa mengikuti langkah mudah ini:

  • Buka dashboard .
  • Pilih menu ‘auto update’.
  • Klik tanda ‘aktivasi’ > klik ‘save’. Selesai.

Nantinya, plugin Wordfence akan terupdate otomatis setiap ada versi terbaru yang dirilis. Jadi Anda tidak perlu khawatir kualitas proteksi Wordfence pada website WordPress Anda menurun karena lupa diupdate.

Setting Scan

Scan adalah menu selanjutnya dari Wordfence untuk memindai file-file yang dimuat blog WordPress dan memastikan semua konten tidak disusupi malware. Dengan adanya fitur scan, Anda bisa lebih waspada dengan konten-konten Anda.

Sebab bukan tidak mungkin untuk konten website Anda disusupi oleh malware baik dari hacker atau mungkin Anda sendiri secara tidak sengaja menyertakan backlink yang mengandung malware berbahaya.

Cara aktivasi menu Scan di Wordfence pada WordPress adalah:

  • Buka dashboard.
  • Klik menu ‘scan dashboard’.
  • Klik ‘new scan’.
  • Pilih ‘normal scan’ > klik ‘run’.
  • Anda bisa menunggu scan otomatis berlangsung.

Artikel Terkait  Trik Mudah Membuat Pop-Up Website WordPress

Mengetahui Tools dan All Option

Pengaturan terakhir adalah tools dan all option. Sebenarnya tidak banyak konfigurasi yang perlu Anda lakukan di sini, karena semua sudah menyala otomatis dan bekerja sesuai sistem standar Wordfence.

Setidaknya, Anda harus tahu beberapa fitur penting yang terdapat dalam menu tools dan all options yaitu:

  • Email alert dan preferences.
  • Activity report.
  • General Wordfence options.
  • View customization.
  • Two factor authentication.
  • WhoIs Lookup.
  • Live Traffic.
  • Website diagnostic.
  • Import dan Export options.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang cara setting Wordfence untuk melindungi website WordPress Anda dari aneka serangan malware.

Semoga ilmu yang dipaparkan pada artikel edisi kali ini bermanfaat menambah pengetahuan Anda tentang menanggulangi serangan cyber pada website, ya.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya