Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenance10 Cara Mengatasi Malware Terefektif yang Patut Dicoba!

10 Cara Mengatasi Malware Terefektif yang Patut Dicoba!

-

Last Updated on February 15, 2023 by

Malware mengacu pada semua jenis perangkat lunak berbahaya yang mencoba menginfeksi komputer atau perangkat seluler. Peretas menggunakan malware untuk sejumlah alasan seperti, mengekstraksi informasi pribadi atau kata sandi, mencuri uang, atau mencegah pemilik mengakses perangkat mereka. Malware merupakan istilah umum yang dipakai untuk merujuk ke berbagai bentuk perangkat lunak yang dianggap mengganggu. Tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah komputer Anda terinfeksi malware atau tidak serta bagaimana cara mengatasi malware tersebut, karena akhir-akhir ini penjahat cyber akan berusaha keras untuk menyembunyikan kode mereka dan menyembunyikan apa yang sedang dilakukan program-program mereka pada komputer yang terinfeksi.

Jika menyadari laptop Anda mungkin terinfeksi virus atau malware mengkhawatirkan, Anda perlu mengambil tindakan yang hati-hati dan tegas, bisa jadi menghapus virus lebih cepat dan lebih mudah daripada yang mungkin Anda pikirkan. Oleh karena itu, cara menghapus malware merupakan pengetahuan penting bagi Anda yang memiliki laptop atau komputer.

Artikel Terkait  Cara Mengelola Website Yang Baik dan Tidak Membosankan

Bagaimana Cara Mendeteksi Virus?

cara mengatasi malware, cara mengatasi malware di android, cara mengatasi malware pada pc

Tidak selalu jelas bahwa komputer Anda terinfeksi. Sangat sulit untuk memberikan daftar gejala khas komputer yang terinfeksi karena gejala yang sama juga dapat disebabkan oleh ketidakcocokan perangkat keras atau ketidakstabilan sistem, namun berikut adalah beberapa contoh yang mungkin menunjukkan bahwa laptop Anda telah terinfeksi.

Beberapa tanda peringatan PC atau laptop Anda mungkin terkena virus adalah.

  • Komputer yang berjalan sangat lambat
  • Pesan pop-up yang muncul entah dari mana dan sulit untuk dihilangkan
  • Program komputer mulai yang tidak Anda kenal atau tidak Anda mulai sendiri
  • Anda dapat mendengar suara hard drive secara konstan

Salah satu dari gejala ini mungkin disebabkan oleh virus. Jika Anda mengalami dua atau tiga sekaligus, itu indikasi kuat bahwa laptop Anda terkena virus. Jika Anda belum memiliki antivirus, segera unduh program antivirus.

Artikel Terkait  Topologi Star Adalah: Bagaimana Cara Kerjanya?

10 Cara Mengatasi Malware Paling Mudah dan Efektif

cara mengatasi malware, cara mengatasi malware di android, cara mengatasi malware pada pc

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi malware. Bagaimana cara menghilangkan malware dengan cepat? Malware merupakan salah satu jenis virus jahat yang gampang-gampang susah untuk dihilangkan. Coba cara ini untuk mengatasinya.

Cara Menghilangkan Malware dengan Memutus Koneksi Internet

Dari sekian banyak malware, internet merupakan salah satu jalan malware masuk ke PC Anda. Ketika PC terdeteksi malware, putuskan koneksi internet dahulu pada PC yang terhubung dengan internet. Hal ini merupakan salah satu cara mengatasi malware pada PC yang tepat sebelum melakukan tindakan lainnya.

Melalui internet, transmisi data mungkin saja terjadi untuk mengumpulkan informasi pribadi Anda sampai password pun ikut tersikat. Dengan putusnya koneksi internet, kerusakan yang lebih parah dapat dihindari.

Jika belum meng-install perangkat lunak antivirus yang digunakan untuk memindai malware dan menghapusnya, segeralah download dan install sebelum koneksi internet diputus. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti semua password akun dan aktifkan multifactor authentications.

Cara Menghilangkan Malware dengan Menghapus Virus

Langkah 1: Masuk ke Mode Aman

Lakukan ini dengan mematikan dan menghidupkan kembali laptop Anda. Kemudian, segera setelah Anda melihat sesuatu di layar, tekan tombol F8 berulang kali. Ini akan memunculkan menu Advanced Boot Options. Dari sana, pilih Safe Mode with Networking dan tekan Enter. Ketika melakukan ini, nonaktifkan internet di laptop Anda.

Langkah 2:  Hapus File Sementara

Saat Anda dalam Safe Mode, Anda harus menghapus File Sementara Anda menggunakan alat Pembersihan Disk.

  • Buka menu Start
  • Semua Program (atau hanya beberapa Program)
  • Aksesoris
  • Alat Sistem
  • Pembersihan disk
  • Gulir daftar Files To Delete, dan pilih Temporary Files

Menghapus file-file ini dapat mempercepat pemindaian virus yang akan Anda lakukan.

Langkah 3 : Unduh Pemindai Virus

Jika Anda tidak memiliki pemindai virus yang diinstal, ini saatnya untuk terhubung kembali ke internet dan mengunduhnya. Bahkan jika Anda tidak dapat terhubung ke internet, Anda mungkin masih dapat mengunduh Microsoft Safety Scanner karena Anda memulai komputer Anda dalam Safe Mode with Networking.

Langkah 4: Jalankan Pemindaian Virus

Jalankan pemindaian virus. Anda dapat mengidentifikasi virus dan menghapusnya. Jika perlu, hapus virus secara manual. Beberapa virus harus dihapus secara manual. Anda hanya boleh mencoba ini jika Anda berpengalaman menggunakan Windows Registry dan tahu cara melihat dan menghapus file sistem dan program. Jika cara menghilangkan malware di laptop ini tidak ampuh, Anda perlu mencoba cara lainnya. Selain itu, jika Anda tidak yakin, hubungi pakar TI yang berspesialisasi dalam menghapus virus.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Website Marketplace Murah | Fitur Lengkap

Cara Menghilangkan Malware dengan Pulihkan atau Install Kembali File atau Perangkat Lunak yang Rusak

Ketika melakukan pemindaian, mungkin Anda bisa mendeteksi virus dan menemukan file yang dirusak virus. Dalam hal ini, Anda mungkin perlu menginstal ulang semua file atau program yang rusak oleh virus.  Di sinilah cadangan sangat berguna, dan kami sangat menyarankan Anda membuatnya secara teratur.

Cara Menghilangkan Malware dengan Meningkatkan Pertahanan Anda

Ada dua langkah untuk bisa meningkatkan pertahanan di laptop Anda, yaitu.

  • Selalu perbarui perlindungan Anda

Memperbarui perangkat lunak antivirus Anda akan membantu melindungi laptop Anda dari virus dan malware. Menjaga agar tetap mutakhir sangat penting karena virus baru bisa saja sedang ada yang membuat  jadi walaupun Anda membeli antivirus sebulan yang lalu, mungkin perlu diperbarui sekarang.

  • Buat cadangan

Buat cadangan file Anda secara teratur dan simpan di hard drive eksternal. Ini dapat membantu mencegah hilangnya informasi penting jika Anda mendapatkan virus lain. Jika Anda belum pernah membuat cadangan sebelumnya, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Artikel Terkait  Alternatif Cpanel Gratis Untuk Mengelola Website Anda

Cara Menghilangkan Malware dengan Mengambil Langkah Proaktif untuk Mencegah Mendapatkan Langkah Lain

Berikut ini beberapa hal cepat dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk menghindari mengunduh virus lagi.

  • Install pembaruan perangkat lunak terbaru untuk Windows
  • Instal program antivirus
  • Cadangkan data Anda secara teratur
  • Hindari mengklik pesan pop-up yang mengklaim telah mendeteksi masalah dengan komputer Anda
  • Berhati-hatilah dalam membuka email dari alamat yang tidak Anda kenal, terutama jika mengandung tautan atau lampiran

Cara Menghilangkan Malware dengan Gunakan Rkill untuk Menghentikan Program yang Mencurigakan

cara mengatasi malware, cara mengatasi malware di android, cara mengatasi malware pada pc

RKill adalah program yang akan berusaha untuk menghentikan semua proses berbahaya yang terkait dengan infeksi sehingga Anda akan dapat melakukan langkah selanjutnya tanpa terganggu oleh perangkat lunak berbahaya.

Karena Rkill ini hanya akan menghentikan proses berbahaya dan tidak menghapus file apa pun, setelah menjalankannya Anda tidak boleh mem-boot ulang komputer Anda.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan program Rkill.

  • Unduh Rkill.
  • Klik dua kali pada ikon RKill.

Klik dua kali pada program Rkill untuk menghentikan program jahat berjalan.

  • Tunggu hingga pemindaian RKill selesai.

RKill sekarang akan mulai bekerja di latar belakang, harap bersabar sementara dalam mencari proses berbahaya dan mencoba untuk mengakhirinya.

  • RKill akan menghentikan program jahat. Lanjutkan dengan langkah-langkah lainnya.

Ketika alat Rkill telah menyelesaikan tugasnya, itu akan menghasilkan log. Jangan reboot komputer Anda setelah menjalankan RKill karena bisa saja program malware akan mulai lagi.

Artikel Terkait  Apa itu OOP? Cara Menjelaskan Kepada Pemula

Cara Menghilangkan Malware dengan Memeriksa Ulang Program Jahat dengan Emsisoft Emergency Kit

Cara menghilangkan virus malware berikutnya adalah dengan Memeriksa Ulang Program Jahat dengan Emsisoft Emergency Kit. Emsisoft Emergency Kit adalah pemindai on-demand gratis dan kuat yang dapat digunakan untuk menghapus virus, trojan, spyware, adware, worm, dan program jahat lainnya.

Meskipun pemindaian sebelumnya lebih dari cukup, kami merekomendasikan Emsisoft Emergency Kit kepada pengguna yang masih memiliki masalah terkait malware atau hanya ingin memastikan laptop mereka 100% bersih.

Anda dapat menggunakan Emsisoft Emergency Kit dengan langkah-langkah berikut:

  • Unduh Emsisoft Emergency Kit.
  • Instal Emsisoft Emergency Kit.

Klik dua kali pada file pengaturan Emsisoft Emergency Kit untuk memulai proses instalasi, lalu klik tombol “Instal”. Klik pada tombol Install

  • Mulai Emsisoft Emergency Kit.

Di desktop Anda, folder “EEK” (C: \ EEK) sekarang harus terbuka. Untuk memulai Emsisoft, klik file “Start Emsisoft Emergency Kit” untuk membuka program ini.

Dalam penyajiannya, bisa muncul dialog Kontrol Akun Pengguna yang menanyakan apakah Anda ingin menjalankan file ini. Jika ini terjadi, Anda harus mengklik “Yes” untuk melanjutkan instalasi.

Izinkan Emsisoft dijalankan di laptop Anda

  • Klik pada “Malware Scan”.

Emsisoft Emergency Kit akan mulai dan akan meminta Anda untuk memperbaruinya sendiri. Setelah proses pembaruan selesai, klik pada tab “Scan”, dan lakukan “Malware Scan”.

Lakukan Pemindaian Malware dengan Emsisoft Emergency Kit.

Emergency Emsisoft Kit sekarang akan memindai laptop Anda untuk file berbahaya. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit.

  • Klik pada “Quarantine selected”.

Setelah pemindaian selesai, akan ada tampilan layar yang melaporkan file berbahaya yang terdeteksi di komputer Anda. Untuk menghapus program jahat, klik ” Quarantine selected”.

Klik pada Karantina yang dipilih untuk menghapus program jahat

Ketika proses penghapusan virus selesai, Emsisoft Emergency Kit perlu me-restart komputer Anda. Klik tombol “Reebot” untuk memulai kembali PC Anda.

Artikel Terkait  Mengenal Lebih dalam Mengenai Algoritma

Cara Menghilangkan Malware dengan Mengatur Ulang Pengaturan Browser ke Default Aslinya

Cara menghilangkan malware lainnya adalah dengan mengatur ulang pengaturan browser ke default aslinya. Jika browser Anda sedang diarahkan atau melihat iklan yang tidak diinginkan, Anda perlu mengatur ulang pengaturan browser web ke default aslinya. Langkah ini perlu Anda lakukan jika masalah belum terpecahkan oleh langkah-langkah sebelumnya. Dalam pembahasan kali ini, kita ambil contoh Google Chrome.

Google Chrome memiliki opsi yang akan mengatur ulang sendiri ke pengaturan default. Menyetel ulang pengaturan browser Anda akan mereset perubahan yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh menginstal program lain. Namun, bookmark dan kata sandi yang Anda simpan tidak akan dihapus atau diubah.

  • Buka menu “Settings” Chrome.

Klik tombol menu utama Chrome, diwakili oleh tiga garis horizontal. Saat menu muncul, pilih opsi berlabel “Settings”.

  • Di bagian bawah, klik “Advanced”.

“Settings” Chrome sekarang harus ditampilkan di tab atau jendela baru, tergantung pada konfigurasi Anda. Selanjutnya, gulir ke bagian bawah halaman dan klik tautan “Advanced”.

  • Di bawah bagian “Reset,” klik “Reset”.

Pengaturan lanjutan Chrome sekarang harus ditampilkan. Gulir ke arah bawah hingga bagian “Reset and clean up”. Langkah berikutnya adalah klik tombol “Reset settings to their original defaults”.

  • Konfirmasikan dengan mengklik “Reset”.

Dialog konfirmasi  harus ditampilkan, karena komponen yang akan dikembalikan ke keadaan default jika Anda melanjutkan dengan proses reset. Untuk menyelesaikan proses pemulihan, klik tombol ““Reset Settings”.

Cara Menghilangkan Malware pada Android

Tidak hanya pada PC atau laptop. Malware juga bisa menyerang melalui perangkat mobile, terutama pada android. Berikut ini adalah cara mengatasi malware di android.

  1.     Hidupkan Google Play Protect pada aplikasi Google Play Store. Jika misalnya Anda mendownload aplikasi yang di luar dari Google Play Store, Anda dapat mengaktifkan Improve Harmful Detection.
  2.     Pastikan bahwa keamanan dan perangkat Anda selalu ter-update. Segera update perangkat jika terdapat notifikasi untuk memperbarui perangkat.
  3.     Segera uninstall atau force close it aplikasi yang mencurigakan dan tidak penting, terutama pada aplikasi yang diunduh di luar dari Google Play Store dan aplikasi yang tidak merasa Anda download. Anda dapat mengeceknya melalui pengaturan perangkat pada bagian Apps. 
  4.     Matikan perangkat dan reboot dengan mode aman. Anda dapat menekan tombol power untuk mengakses opsi power. Kebanyakan dari perangkat android akan muncul dengan opsi restart pada mode aman.
  5.     Meng-install aplikasi anti-malware atau antivirus. Anda dapat menggunakan yang gratis ataupun yang berbayar. Tetapi pastikan bahwa aplikasi antivirus tersebut terpercaya dan aman, karena banyak aplikasi yang berkedok antivirus tetapi menjadi virus atau malware untuk perangkat Anda.
  6.     Jika telah mencoba semua langkah, tetapi masih ada malware, maka caranya adalah dengan me-reset perangkat ke pengaturan pabrik. Jadi, selalu pastikan juga data-data Anda rajin untuk dicadangkan untuk menghindari hilangnya data ketika terserang malware.

Cara Menghilangkan Malware dengan Malwarebytes

Selain menggunakan RKill dan Emsisoft Emergency Kit, ada salah satu perangkat lunak yang efektif sebagai cara mengatasi malware pada PC, yaitu dengan Malwarebytes. Download dan install perangkat lunak tersebut, tetapi jika dalam kondisi tidak dapat mengakses internet, Anda dapat mendownloadnya di komputer atau perangkat lain dan simpan pada flashdisk dan sambungkan ke PC yang terkena malware.

Jika telah di-install, jalankan Malwarebytes dan Anda akan mendapat versi free trial tanpa dikenakan biaya ketika masa percobaan telah berakhir. Namun, jika Anda tertarik untuk mengambil yang berbayar, Anda akan mendapat fitur pemindaian secara real-time.

Jalankan pemindaian melalui Scan tab, dan terdapat opsi “Threat Scan”, pilih dan klik tombol Start Scan. Pemindaian akan berjalan 5 – 20 menit. Selain itu, Malwarebytes akan menampilkan jumlah file yang telah dipindai dan jumlah file-file yang terindikasi malware ketika pemindaian sedang berjalan.

Jika terdapat file yang terkena malware, Anda dapat mengklik tombol Remove Selected untuk menghapus file yang terkena malware. Setelah itu, Anda dapat me-restart ulang PC sebagai proses untuk menghapus malware.

Tidak hanya pada PC, Malwarebytes juga tersedia untuk perangkat mbile. Sehingga, perangkat lunak ini dapat juga digunakan sebagai cara mengatasi malware di android maupun iOS.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya