Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming 15 Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari di Tahun...

15 Bahasa Pemrograman yang Harus Kamu Pelajari di Tahun 2021

-

Saat ini, situasi masih kurang baik akibat meningkatnya penyebaran virus Covid-19 serta  pemberian vaksin untuk virus Covid-19 yang masih menjadi perdebatan di masyarakat . Semua orang mulai kembali membatasi kegiatan diluar demi memutus mata rantai penyebaran virus setelah meningkatnya kasus Covid-19 akibat New Normal yang tidak terkendali dengan baik.

Maka dari itu semua pelayanan yang berbasis online lebih diminati. Masyarakat cenderung lebih memilih kegiatan yang berbasis online. Beberapa contohnya seperti, mallsupermarket dan bahkan minimarket menawarkan calon pembelinya untuk melakukan pembelanjaan online melalui website ataupun aplikasi mereka dan barang tersebut akan langsung diantarkan kerumah.

Tidak hanya mall, tapi semua toko bahkan sudah gencar untuk membuat website ataupun menjajankan produk mereka melalui media sosial agar kegiatan jual beli tetap berjalan walaupun tidak ada kegiatan tatap muka.

Banyak hal juga yang mulai memanfaatkan aplikasi dan website untuk menghadapi perubahan yang ada, maka dari itu hal ini merupakan kesempatan yang bagus bagi para programmer ataupun web developer.

Makin banyak orang yang ingin melakukan bisnis online ataupun menciptakan solusi melalui sebuah aplikasi dari masalah yang ada disekitar karena tidak bisa keluar rumah sesering dahulu.

Hal ini bukan hanya membuka kesempatan bagi programmer dan web developer saja, siswa, mahasiswa IT bahkan masyarakat juga bisa mempelajari bagaimana cara membuat suatu program ataupun website secara online.

Pengertian Bahasa Pemrograman

Dikarenakan ada banyak karyawan yang dirumahkan ataupun dikurangi intensitas kerjanya, maka akan banyak tersedia waktu luang untuk belajar otodidak di rumah secara online baik berbayar maupun gratis.

Untuk pembuatan suatu program ataupun website, Anda harus belajar pemrograman yang dimengerti oleh komputer terlebih dahulu sebagai sebuah dasar. Untuk menjalankan hardware dan software pada komputer diperlukan program untuk berkomunikasi satu sama lain dalam menjalankan sebuah instruksi atau perintah.

Jadi bahasa pemrograman adalah suatu sistem komunikasi untuk memberikan instruksi atau perintah pada komputer menggunakan aturan logika yang sistematis agar bisa menjalankan fungsi tertentu. Sama halnya pada program dan website yang pemrogramannya dirancang untuk menampilkan atau menjalankan fungsi tertentu sesuai dengan bahasa yang dibuat masing programmer  ataupun web developer.

Tingkat Kedekatan dengan Mesin Komputer

mesin-komputer

  • Bahasa mesin, adalah memberikan perintah terhadap komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110.
  • Bahasa tingkat rendah, yang juga dikenal sebagai istilah bahasa rakitan (bahasa Inggris Assembly) yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode singkat (kode mnemonic). Contoh kode mesin MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP dan lainnya.
  • Bahasa tingkat menengah, adalah bahasa komputer yang menggunakan campuran instruksi dalam kata bahasa manusia (lihat contoh bahasa tingkat tinggi dibawah ini) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dan lain sebagainya.
  • Bahasa tingkat tinggi, adalah bahasa komputer yang menggunakan instruksi berasal dari unsur kata bahasa manusia. Contoh begin, end, if, for, while, or, dan lain-lain.

Sebagian besar bahasa pemrograman dapat dikelompokan sebagai bahasa tingkat tinggi, hanya bahasa C yang dikelompokan sebagai bahasa tingkat menengah dan assembly yang termasuk bahasa tingkat rendah.

Langkah awal pada proses pembuatan program adalah menulis source code dalam bentuk teks, Anda juga bisa menuliskannya pada aplikasi komputer bawaan yaitu notepad.

Kemudian dilanjutkan dengan proses pengubahan source code menjadi bahasa mesin agar bisa dieksekusi oleh CPU. Hal itu dilakukan dengan dua macam cara, yaitu kompilasi dan interpretasi. Ada banyak sekali bahasa program yang tersedia, seperti java, HTML / CSS, C + +, perl, python, ruby, visual basic, php, C, javascript, actionscript dan masih banyak lagi. Berikut beberapa rekomendasi bahasa pemrograman yang saat ini banyak digunakan di seluruh dunia:

Artikel Terkait  Artificial Inteligence: Implementasinya pada Website

1. JAVA

Bahasa pemrograman java adalah bahasa yang multifungsi dan juga salah satu contoh populer serta termasuk bahasa tingkat tinggi. Java sendiri memiliki syntax seperti bahasa pemrograman C++, sehingga para programmer yang menggunakan bahasa C++ akan merasa familiar dengan java.

Java juga memiliki keunggulan dibandingkan dengan C++, yaitu berkonsep OOP (Object Oriented Programming) tidak seperti C++ yang bisa dianggap semi berorientasi pada objek. Hal ini menjadi salah satu faktor, java dianggap sebagai peningkatan dari bahasa program C++.

Java juga memiliki library yang lengkap untuk memudahkan programmer dalam membangun aplikasinya. Maka dari itu java banyak digunakan untuk pembuatan aplikasi desktop ataupun mobile terutama pada android.

Bahasa ini juga dapat digunakan pada pembuatan webJava juga dikenal dengan tagline write once, run anywhere” karena bisa dijalankan dibeberapa sistem operasi. Contohnya jika bahasa ini dibuat pada sistem operasi microsoft maka saat dipindahkan keperangkat dengan sistem operasi linux, maka java tetap berjalan dengan baik, hasilnya bisa langsung dijalankan tanpa adanya perubahan akibat adanya pergantian sistem operasi.

Adanya kelebihan ini juga disertai dengan kekurangan. Sampai saat ini java masih belum bisa digunakan pada apple dengan mac os sebagai sistem operasinya. Kode pemrograman java (source code) harus dikompilasi dan diinterpretasi untuk diubah ke bahasa mesin dan dimengerti oleh CPU.

2. PYTHON

python

Bahasa pemrograman python adalah termasuk bahasa tingkat tinggi yang berkonsep OOP (object oriented programming) pemrograman objek, pemrograman imperatif, dan pemrograman fungsional.

Phyton menggunakan cara interpretasi untuk mengubah source code menjadi bahasa mesin serta bisa dipakai untuk berbagai jenis tujuan (general-purpose). Salah satu contoh aplikasi terkenal yang menggunakan bahasa pemrograman ini adalah pinterest.

Python juga dapat digunakan diberbagai sistem operasi termasuk mac os. Bagi para pemula, bahasa python ini akan dirasa mudah karena syntax yang digunakan mudah dibaca. Kode program yang digunakan lebih sederhana jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman yang lain bahkan untuk menyelesaikan masalah yang sama.

Hal ini dapat dilihat pada website resmi python di www.python.org yang berisikan tagline python is a programming language that lets you work quickly and integrate systems more effectively”. Sama seperti javapython juga mempunyai library yang lengkap.

Ini juga dapat digunakan untuk aplikasi desktop maupun mobile. Aplikasi ini juga bersifat project open source, sehingga bersifat gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja. Selain dua contoh bahasa program tadi, ada juga bahasa yang digunakan pada web.

Bahasa pemrograman web adalah suatu sistem komunikasi yang memberikan instruksi berdasarkan aturan logika yang sistematis untuk menampilkan website ataupun fungsi tertentu yang terdapat didalamnya serta membuat tampilan website yang dinamis.

Dikarenakan tampilan dan fungsi pada website akan selalu berubah seiring dengan zaman dan juga kebutuhan. Berikut ini merupakan bahasa pemrograman web yang harus Anda ketahui.

3. JavaScript

Java dan javascript adalah dua hal yang berbeda. Javascript dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape, sedangkan java dikembangkan dari Sun Microsystems tetapi javascript didasari pada syntax java.

Perbedaan diantara keduanya yaitu, java adalah bahasa OOP dan javascript yaitu scripting OOP. Maka dari itu, java harus dikompilasi kedalam bahasa mesin dan kode javascript harus ditulis kedalam teks.

Javascript sangat mudah beradaptasi dengan bahasa program lain dibandingkan dengan beberapa bahasa yang lain, karena sangat sederhana jika dibandingkan salah satunya dengan bahasa program PHP.

Selain itu, kelebihan javascript tidak membutuhkan resource memory yang besar. Dalam pembuatan websitejavascript ini berfungsi membuat website menjadi menarik dan lebih interaktif seperti memvalidasi data formulir untuk mengembangkan permainan, pembuatan animasi dan banyak yang membuatnya lebih dinamis maka dari itu banyak website yang menggunakannya.

Serta bahasa program ini dapat langsung dijalankan melalui web browser. Sebagai skrip untuk pemrograman webjavascript memiliki hubungan yang banyak dengan HTML. Skrip dapat disisipkan langsung pada kode HTML ataupun dibuat dalam berkas terpisah. Selain berfungsi pada websitejavascript juga digunakan untuk pengembangan aplikasi mobile, game, dan desktop.

4. HTML & CSS

css

Cascading style sheet (CSS) & Hypertext markup language (HTML) adalah dua hal yang saling melengkapi untuk membantu pengembangan front-end web karena merupakan bagian utama dari kode front-end setiap website. HTML terdiri dari Hypertext dan markup.

Hypertext adalah metode khusus dimana Anda dapat bergerak diweb dengan mengklik hyperlink yang membuka halaman berikutnya. Markup adalah tag HTML seperti tag pembuka dan penutup dengan teks didalamnya yang dapat memformat teks, menempatkan hyperlink, gambar dan lainnya.

HTML berperan sebagai penopang struktur website, karena HTML merupakan jenis teks dokumen khusus yang digunakan oleh web browser untuk mempresentasikan teks dan gambar untuk membuat konten halaman. Dokumen HTML sering disebut sebagai halaman web yang kemudian dapat diakses dan dibaca seperti sebuah artikel sedangkan CSS membuat website Anda agar terlihat menarik dimata user.

Seperti pemilihan warna, pembuatan layout website, pengaturan ukuran teks, warna teks, spasi, header dan masih banyak lagi. HTML & CSS sangat mudah digunakan bahkan bagi mereka yang tidak mengenal dunia programming terlalu dalam. Hal ini disebabkan karena HTML & CSS menggunakan bahasa program yang bersifat human-friendly language.

Bahasa HTML terdiri dari tag, elemen, serta atribut yang ada didalamnya dan CSS terdiri dari selector, property, dan value. Pada umumnya CSS digunakan dalam memformat tampilan halaman web yang dibuat dengan bahasa HTML serta XHTML. Jika Anda ingin belajar membuat web statis (konten dan halaman web bersifat tetap) terlebih dahulu Anda pasti akan belajar HTML/CSS dasar.

5. PHP

PHP(hypertext preprocessor) yang bersifat open source disebut sebagai bahasa script server-side karena PHP diproses pada komputer server berbeda dengan bahasa pemrograman client-side seperti javascript yang diproses pada web browser (client).

Kode PHP biasanya disisipkan kedalam dokumen HTML pada saat pembuatan web dan dijalankan pada server serta menampilkan hasil dilayar dengan bantuan HTML. Karena fitur ini PHP disebut sebagai bahasa program script  atau scripting language.

Dengan menyisipkan PHP kedalam HTML membuat tampilan web statis kemudian mengembangkannya menjadi web yang dinamis pada halaman webnya. Website dinamis yang dibuat menggunakan bahasa PHP adalah website yang bisa menyesuaikan tampilan konten tergantung situasi.

Website dinamis yang juga bisa digunakan menyimpan data kedalam database, membuat halaman yang berubah sesuai input dari user, memproses form, dll. PHP dapat diintegrasikan dengan berbagai jenis database seperti oracle, mySQL, dan microsoft SQL server dan lainnya.

Anda dapat menulis seperangkat aturan untuk mengakses, menghubungkan dan menampilkan informasi dari database yang dapat ditampilkan pada halaman website dan memanggil mereka ketika mereka dibutuhkan. PHP juga bisa melakukan hal lain, seperti menghasilkan gambar, mengkonversi halaman text menjadi PDF, management cookie dan session.

6. SQL

SQL atau structure query language adalah bahasa yang berfokus pada database. SQL merupakan toolkit yang sempurna bagi para web developer untuk mendapatkan data spesifik dari database besar yang kompleks atau rumit seperti melakukan berbagai operasi data pada database.

Diantaranya mendefinisikan tabel, menampilkan data dengan kriteria tertentu, menambahkan atau memperbaharui data hingga menghapus data tertentu. Banyak perusahaan besar seperti microsoft yang membutuhkan developer yang expert dalam hal SQL programming.

Dalam pembuatan website, pastinya membutuhkan database dalam melakukan penyimpanan data yang nantinya akan dipanggil lagi untuk ditampilkan sesuai dengan perintah tertentu yang perintahnya biasa ditulis dalam PHP.

Sebagai seorang admin website, adanya SQL dapat memungkinkan Anda untuk mengakses maupun mengubah database yang nantinya akan ditampilkan pada website.

Nah, sudah dijelaskan bahasa pemrograman yang tadi disebutkan adalah bahasa yang masih populer ditahun 2020 dalam pembuatan suatu website tapi tentu saja kebutuhan bahasa ini harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat yang menggunakannya.

7. C

C adalah salah satu bahasa program yang populer, sederhana, dan fleksibel untuk digunakan. C terstruktur dari bahasa pemrograman yang tidak bergantung pada mesin. C banyak digunakan untuk menulis berbagai aplikasi dan sistem operasi seperti Windows dan banyak program kompleks lainnya seperto Oracle, Git, dan interpreter Python.

Bahasa pemrograman ini merupakan basic dari banyak bahasa pemrograman lainnya, sehingga belajar bahasa pemrograman C menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda karena dapat membantu Anda untuk lebih mudah belajar bahasa pemrograman yang lain.

C membagikan konsep yang sama dengan bahasa pemrograman lain seperti tipe data, operator, control statements, dan masih banyak lagi. Bahasa pemrograman C juga dapat digunakan di berbagai aplikasi. Bahasa pemrograman ini cukup sederhana dan menyediakan eksekusi yang lebih cepat.

C, adalag bahasa pemrograman terstruktur yang mana bahasa pemrograman ini terbagi menjadi beragam modul. Setiap modulnya dapat menulis secara terpisah maupun bersama membentuk sebuah program C. Struktur seperti ini membuatnya lebih mudah untuk melakukan testing (uji coba), maintaining (pemeliharaan), dan proses debugging. Tidak hanya itu, C juga dilengkapi dengan 32 keywords, ragam tipe data, dan beberapa memiliki fungsi bawaan yang kuat sehingga pemrograman Anda menjadi sangat efisien.

8. C++

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman yang cukup terkenal saat ini dan berada diurutan kelima sebagai bahasa pemrograman paling populer menurut GitHub.  C++ diciptakan oleh Bjarne Stroutrup sebagai ekstensi dari bahasa pemrogramann C. Bahasa C++ merupakan bahasa pemrograman cross-platform yang dapat digunakan untuk membuat aplikasi dengan performa tinggi. C++ memberi para developer serta programmer sebuah kontrol tinggi atas sumber daya sistem dan memori.

C++ mengklaim dirinya menggunakan penulisan statis ketika type checking sedang bekerja selama waktu kompilasi dibandingkan waktu proses.  Bahasa pemrograman pada C++ adalah bahasa pemrograman yang dikompilasi, di mana bahasa pemrograman yang memiliki implementasi umumnya adalah compiler bukan interpreter.

Compiler yang dimaksud adalah penerjemah yang menghasilkan kode mesin dari kode sumber, dan interpreter yang dimaksud adalah pelaksana langkah demi langkah kode sumber, di mana tidak ada terjemahan pra-runtime yang dilakukan.

9. C#

Bahasa pemrograman C# (dibaca: C Sharp) adalah bahasa pemrograman dengan general purpose, modern, serta berorientasi pada objek. Bahasa pemrograman ini dibuat oleh Microsoft yang dipimpin oleh Anders Hejlsberg serta timnya. Bahasa pemrograman C# merupakan bahasa pemrograman yang bersifat open source, sederhana, modern, fleksibel, dan serba guna.

C# berakar pada bahasa pemrograman C Family, dan cocok digunakan untuk Anda yang sudah fasih atau familiar dengan bahasa pemrograman C, C++,  Java, dan JavaScript.  C# menyediakan Anda sebuah overview, dari komponen kebanyakan pada bahasa C# 8 atau yang paling terbaru. Beberapa fitur pada C# membantu Anda membuat aplikasi yang kuat dan tahan lama.

Beberapa fitur yang dimiliki C# adalah garbage collection, untuk melakukan re-klaim memori  yang ditempati oleh objek yang tidak terpakai dan tidak dapat dijangkau.

Kemudian ada Nullable types untuk melindungi variabel yang tidak merujuk ke objek yang teralokasi, Exception handling menyediakan pendekatan terstruktur dan dapat diperluas untuk deteksi dan pemulihan kesalahan, Lambda expression mendukung teknik pemrograman fungsional, sintaks Language Integrated Query (LINQ) membantu Anda membuat pola umum untuk bekerja dengan data dari sumber mana pun, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

10. Go Lang

Go Lang atau disebut juga Go Language adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Google serta bersifat open source. Go dirilis pada tahun 2009 dan sempat menjadi bahasa pemrograman yang paling banyak dibicarakan pada tahyn 2016 berdasarkan Business Insider.  Go lang ditulis secara statis dan menghasilkan biner kode mesin yang terkompilasi

Banyak developer yang mengatakan Go seperti bahasa pemrograman C di abad ke 21 dalam hal sintaks. Hal ini dikarenakan Go Lang mirip dengan C dari segi performa, dan lebih mudah dari Java karena tidak membutuhkan virtual machine, tanpa periode pemanasan, dan tidak ada JAR.

Go pun tergolong bahasa pemrograman yang fleksibel, dan dapat memecahkan berbagai masalah kode dan program. Anda dapat menggunakan Go untuk sistem yang Anda buat, network programing, big data, machine learning, audio dan video editing.

Sama seperti C atau C++, Go merupakan kumpulan bahasa pemrograman dan tidak membutuhkan interpretasi lainnya. Oleh karena itu, tidak dibutuhkan interpreter sehingga Anda tidak membutuhkan usaha yang lebih untuk memberi kinerja yang lebih baik pada Go-built app. Hal ini pun akan diapresiasi lebih tentunya oleh pengguna.

Tidak hanyai itu, Go mengetahui cara pengelolaan memori yang dialokasikan dengan benar. Go Lang juga tidak membutuhkan spesifikasi khusus pada perangkat yang menjalankannya sehingga bagus untuk perangkat-perangkat tua yang masih digunakan oleh developer.

Menggunakan Go Lang, Anda juga dapat menghemat lebih banyak waktu dan uang untuk membuat sebuah aplikasi. Aplikasi yang dibuat dalam Go dapat mengompilasi ke mesin asli dan tidak memerlukan penerjemah atau mesin virtual, sehingga memungkinkan aplikasi Go dapat bekerja lebih cepat dan tidak membutuhkan pemanasan.

Artikel Terkait  Apa itu OOP? Cara Menjelaskan Kepada Pemula

11. R

R adalah bahasa pemrograman untuk statistical computing dan grafis. Bahasa R buat oleh John Chambers dan dinaungi oleh Bell Laboratories. R menyediakan variasi yang luas dari statistik seperti linear dan non-linear, modelling, tes statistik klasik, time-series,  analisis, klasifikasi, klustering, dan masih banyak lagi.

R juga menyediakan teknik grafikal dan dapat diekstensi. Kelebihan dari bahasa pemrograman R adalah mudah digunakan karena didesain dengan baik sesuai dengan plot berkualitas produksi, termasuk simbol serta rumus matematika jika dibutuhkan.

R memiliki lingkungannya sendiri, di mana ia terintegrasi dengan rangkaian fasilita perangkat lunak untuk manipulasi data, perhitungan dan tampilan grafik. Lingkungan ini meliputi di dalamnya yaitu:

  1. Fasilitas penanganan dan penyimpanan data yang efektif.
    b. Seperangkat operator untuk kalkulasi pada array, khususnya matriks.
    c. Kumpulan alat perantara yang besar, koheren, dan terintegrasi untuk analisis data.
    d. Fasilitas grafis untuk analisis data, dan tampilan data baik di layar maupun pada hardcopy.
    e. Bahasa pemrograman yang berkembang dengan baik, sederhana, dan efektif yang mencakup kondisional, loop, fungsi rekursif yang ditentukan pengguna dan fasilitas input serta output.

12. Objective-C

Objective-C adalah bahasa pemrograman yang bersifar general-purpose, berorientasi pada objevt yang menambahkan pesan Smalltalk-style ke bahasa pemrograman C. Bahasa pemrogaman ini digunakan oleh Apple untuk OS X dan sistem operasi iOS serta pada API respektif, Cocoa, dan Cocoa Touch. Objective-C diciptakan oleh NeXT untuk NeXTSTEP OS mereka yang kemudian diambil alih oleh Apple untuk iOS dan Mac OS X.

Bahasa Objective-C ini telah disupport sebagai object-oriented programing atau programing yang berorientasi pada objek, termasuk di dalamnya empat hal yang menjadi dasar pembangunan program berbasis object-oriented yaitu encapsulation (enkapsulasi), data hiding (menyembunyikan data), inheritance (pewarisan), dan polymorphism (polimorfisme).

13. Swift

Swift adalah bahasa pemrograman modern yang dirancang untuk mengatasi beberapa tantangan dari bahasa pemrograman Apple serbaguna seperti Objective C. Bahasa ini diperkenalkan pada 2 Juni 2014 oleh Apple Inc. Swift dikompilasi untuk general purpose serta multi-paradigma. Swift telah memperoleh lisensi Apache 2.0 serta mendukung semua platform iOS termasuk iPhone, iPad, Mac, dan perangkat Apple Watch.

Bahasa pemrograman ini terintegrasi dengan framework compiler LLVM Open Source. Didesain untuk bekerja dengan framework Cocoa dan Cocoa Touch Apple serta kode Objective-C yang besar dan ditulis untuk. Hal ini pun membuat Swift dinyatakan sebagai bahasa resmi Apple yang kedua.

Swift adalah bahasa pemrograman yang dikompilasi untuk tujuan umum, multi-paradigma. Swift adalah bahasa pemrograman iOS yang paling disukai karena menawarkan fitur ekstensif seperti peningkatan kualitas kode, sintaksis yang lebih sederhana, dan sumber terbuka. Sehingga cocok digunakan oleh kalian pecinta Apple.

14. Ruby

Ruby adalah bahasa script yang memungkinkan Anda untuk membangun front end dan back end dari suatu web maupun aplikasi. Ruby adalah bahasa yang kuat, ditulis secara dinamis, dan berorientasi pada objek. Sintaksnya tergolong mudah dipahami sehingga dianggap hampir sama dengan pengkodean dalam bahasa Inggris.

Bahasa pemrograman ini diciptakan oleh seorang programmer asal Jepang, Yukihiro “Matz” Matsumoto dan dirilis pada tahun 1990-an. Ruby memiliki skrip, yang artinya bahasa pemrograman Ruby adalah bahasa yang ditafsirkan, bukan dikompilasi. Pencipta Ruby ini pun menyatakan bahwa bahasa yang dirancang untuk Ruby agar menyenangkan, sehingga membantu developer lebih produktif.

15. TypeScript

TypeScript adalah bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft. Bahasa ini adalah superset dari JavaScript yang menyediakan berbagai elemen yang Anda butuhkan. Typescript menyederhanakan kode JavaScript, membuatnya lebih muda untuk dibaca dan melakukan debug. TypeScript menyediakan development tools yang sangat produktif untuk JavaScript IDEs dan praktisnya seperti cheking secara statis.

Keunggulan lainnya dari TypeScript adalah memberi kita benefit dari ES6 (ECMAScript 6) serta membantu developer untuk menghindari bug yang mana seringkali terjadi ketika menulis JavaScript dengan beberapa fitur.

Dengan demikian, TypeScript adalah bahasa pemrograman yang cocok dipelajari untuk kalian yang sudah mahir dan fasih menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Itulah beberapa Bahasa Pemrograman yang banyak digunakan saat ini oleh para developer kelas dunia. Programmer ataupun developer tidak harus menggunakan semua bahasa ini. Namun tentu saja kebutuhan bahasa juga harus disesuaikan dengan fungsi dan perangkat untuk menggunakannya.

Belajar bahasa pemrograman cukup 1 atau 2 bahasa saja dalam melakukan developing software. Adapun bahasa programan yang bisa Anda pelajari yaitu


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Blog Post Ranking 10

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Jasa Web

Bisnis online

Pengembangan

Murah

Profesional

Toko online

SEO

Pemasaran

Tips

Jasa Aplikasi

Pembuatan Aplikasi

Bisnis online

Pemasaran

Istilah IT

TIPS

TOOLS

JASA

HARGA

Jasa Marketing

Istilah SEO

Teknik SEO

Tips Marketing

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya