Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Aplikasi Android Bebas Main Game Berjam-Jam dengan Emulator Android Terbaik Ini

Bebas Main Game Berjam-Jam dengan Emulator Android Terbaik Ini

-

Kebiasaan bermain game sembari charging smartphone sering dinilai sebagai kebiasaan buruk yang bisa merusak kualitas baterai smartphone. Namun bagi para pecinta game online, bermain di smartphone dengan limitasi daya kerja baterai yang terbatas jelas merupakan masalah yang tak menyenangkan.

Anda sendiri mungkin pernah mengalami momen menyebalkan di mana permainan sedang seru-serunya, tetapi daya baterai smartphone sudah low atau habis. Rasanya menjengkelkan, bukan?

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada emulator android terbaik yang bisa dipakai untuk mengatasi masalah main game sembari charging. Apa itu emulator android ringan? Apa sajakah manfaat memakai emulator android untuk PC ringan dalam aktivitas bermain game? Yuk langsung kita simak pembahasan lengkap tentang emulator android terbaik pada artikel edisi kali ini.

Mengenal Emulator Android Ringan, Bikin Main Game Semakin Lancar

Smartphone android sudah bukan barang baru bagi kita. Bahkan di era modern kekinian, rasanya semua orang sudah beralih menggunakan smartphone android untuk menjalankan beragam aktivitas sehari-harinya.

Kecanggihan smartphone android sangat memungkinkan usernya untuk melakukan beragam pekerjaan, mulai dari chatting, menelepon, menjalankan internet dan media sosial hingga bermain game online.

Kemampuan game online di smartphone Android adalah sebuah terobosan canggih dalam sejarah perkembangan game online dunia. Jika dulu kita harus repot pergi ke rental, warnet atau mempunyai perangkat permainan mahal seperti PlayStation untuk bisa bermain game online, maka kini kita bebas mendownload game apapun yang diinginkan dari Google Play Store secara gratis. Semua game secara praktis pindah ke dalam genggaman Anda dalam 1 gadget saja.

Sayangnya, semua kecanggihan bermain game di smartphone ini juga masih mempunyai kekurangan tersendiri. Kekurangan tersebut tak lain adalah daya kapasitas baterai smartphone yang sangat terbatas.

Tidak seperti PC yang bisa menyala selama 24 jam tanpa terasa panas atau mengalami gangguan kerja, smartphone hanya bisa bertahan menyala selama beberapa jam saja. Bahkan smartphone yang sering digunakan untuk pekerjaan berat seperti bermain game dapat menjadi lebih boros baterai dan perangkat mesinnya lebih cepat panas.

Hal ini jelas akan menjadi gangguan bagi pecinta game android, sebab kita tidak bisa puas bermain game tanpa kekhawatiran baterai habis daya atau mesin yang panas. Banyak juga user yang memaksakan bermain game dalam kondisi smartphone ter-charge.

Jika Anda juga mempunyai kebiasaan ini, kami sarankan untuk segera berhenti karena memakai smartphone sembari di-charge dapat merusak baterai serta perangkat smartphone itu sendiri.

Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan emulator android ringan untuk memaksimalkan kenyamanan bermain game berjam-jam! Tapi, apa itu emulator android untuk PC ringan?

Pada dasarnya, emulator android ringan adalah software yang memungkinkan Anda untuk menjalankan beragam aplikasi android pada perangkat PC atau laptop. Saat ini sudah ada banyak developer yang mengembangkan emulator android untuk PC ringan ini, sehingga kita bisa dengan mudah mendownload emulator android ringan dari internet.

Emulator android ringan ini dapat dijalankan pada beragam jenis OS, seperti Windows, Mac OS X, dan juga Linux. Alhasil, semua aplikasi android Anda yang sulit dijalankan di smartphone seperti aplikasi game online bisa beroperasi dengan lebih baik di PC.

Artikel Terkait  Begini Cara Mudah Buat Avatar 3D Khas Zepeto | Bikin Sosmedmu Makin Kece!

5 Manfaat Mendownload Emulator Android

android-game-1

Mengapa Anda harus mencoba mendownload emulator android ringan meski sudah mempunyai smartphone android? Berikut ini adalah 6 keuntungan yang bisa Anda nikmati jika mempunyai emulator android terbaik terinstal pada PC di rumah:

Smartphone Lebih Awet

Manfaat memakai emulator android ringan yang pertama adalah menjadikan smartphone Anda lebih awet dan tahan lama mengingat semua aplikasi yang berat telah ‘dipindahkan’ dan digunakan pada gadget yang lebih besar seperti PC dan laptop.

Contohnya adalah aplikasi game online itu sendiri. Memainkan game di smartphone butuh daya tenaga yang lebih serta memakan ruang penyimpanan yang banyak. Sehingga wajar saja jika smartphone yang sering digunakan untuk bermain game lebih cepat rusak.

Hemat Baterai Smartphone

Manfaat kedua dari memakai emulator android ringan tentu saja lebih menghemat baterai smartphone karena di smartphone Anda kini hanya tersisa aplikasi-aplikasi yang kecil, ringan dan tidak memakan daya baterai terlalu banyak.

Dengan memanfaatkan emulator android ringan, Anda bisa bebas bermain game berjam-jam di PC tanpa perlu cemas kehabisan baterai.

Layar Lebih Besar, Main Game Lebih Puas

Smartphone memang ramping dan mudah dibawa kemana-mana, tetapi ukuran layar smartphone jelas lebih kecil dan minim dibandingkan PC. Tak sedikit juga user game online android memakai emulator android ringan di PC semata-mata karena mereka ingin bermain game dengan tampilan layar yang lebih besar dan puas.

Pun mengontrol game di PC kadang jauh lebih mudah dibandingkan touch screen smartphone, sebab d PC Anda bisa mengkoneksikan CPU dengan keyboard, gamepad, game console dan mouse sesuai keinginan saat bermain game.

Ruang Penyimpanan Game Lebih Besar

Siapa di sini yang sering mengeluh kehabisan daya penyimpanan di smartphonenya? Limit storage (keterbatasan penyimpanan) adalah masalah yang sering menghantui banyak user smartphone. Hal ini sesungguhnya wajar karena smartphone adalah gadget yang kecil – jadi, jelas mustahil baginya untuk bisa mempunyai ruang penyimpanan sebesar komputer yang mencapai 600 GB hingga 1 TB.

Kalau Anda ingin menyimpan dan mengoleksi banyak game, maka Anda wajib mencoba emulator game android ringan ini agar bisa mengalihkan penyimpanan game ke PC.

Performa Lebih Baik dan Tahan Banting

Manfaat terakhir dari memakai emulator android adalah performa yang lebih baik dan tahan banting. Dengan bantuan emulator, Anda bisa mengoperasikan banyak aplikasi secara lancar, leluasa, tanpa potensi mengalami ‘crash’ dibandingkan saat memakai smartphone. Anda bebas mau menjalankan game, WhatsApp, YouTube atau Spotify secara bersamaan semaunya. Masih yakin tidak ingin menggunakan emulator android sekarang?

5 Rekomendasi Emulator Android Terbaik yang Wajib Dicoba

emulator-android-game-2

Sudah tidak sabar ingin mengetahui rekomendasi emulator android ringan terbaik yang bisa Anda coba gunakan untuk bermain game online di PC? Yuk langsung catat daftar rekomendasinya dari kami berikut ini:

MEmu Play

Pertama adalah emulator android MEmu Play. Emulator ini bisa dijalankan pada semua versi Windows dengan spesifikasi processor x86 atau x86_64 AMD CPU atau Intel. Namun Anda juga membutuhkan komputer PC dengan minimal ruang penyimpanan 2 GB untuk bisa menjalankan MEmu Play.

MEmu Play dirilis sejak tahun 2015 dan masih terus berkembang sampai hari ini. Versi terbaru MEmu Play adalah 7.1.6 yang dirilis di tahun 2020 dengan ukuran hanya 314 MB saja. Sangat ringan untuk ukuran PC, bukan?

LeapDroid Emulator Android

Selanjutnya adalah LeapDroid Emulator Android. LeapDroid adalah aplikasi emulator yang pertama kali dirilis serta gratis untuk seluruh pengguna Windows. Jika MEmu menghabiskan 314 MB, maka LeapDroid hanya berukuran 250 MB saja.

Plus, jika dibandingkan dengan semua emulator android ringan PC lainnya, LeapDroid lebih mudah untuk dikustomisasi dengan mouse dan keyboard. Untuk bisa menjalankan LeapDroid, Anda akan membutuhkan PC dengan spesifikasi Windows 7 (jika Anda memakai Windows 8 ke atas, sebaiknya tambahkan penggunaan Hyper-V untuk memperlancar kinerja), RAM dan ROM minimal 2 GB, GPU GL2.1, mempunyai processor Intel CPU atau Dual-Core AMD.

Nox Player

Sedari tadi kita sudah membahas emulator versi Windows, bagaimana dengan emulator untuk OS lain? Untuk Anda yang menggunakan OS Mac, jangan bersedih sebab Anda bisa memakai emulator Nox Player. Emulator Nox Player bisa digunakan pada Windows ataupun Mac.

Bahkan, emulator ini mempunyai fitur multi simulator yang bikin pengalaman ngegaming lebih asik sebab bisa menjalankan game multi pemain. Mau pakai perangkat tambahan seperti konsol dan joystick juga bisa, Anda hanya perlu mengkoneksikan saja perangkat-perangkat tambahan ke PC.

Beberapa spesifikasi komputer yang cocok atau sudah support dengan Nox adalah minimal mempunyai RAM 2 GB, processor 2.2 GHz, graphics card 1 GB (minimal) dan video memory minimal 1 GB.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Secara Offline

Bluestacks

Nama Bluestacks mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Emulator yang satu ini memang sangat populer belakangan ini baik bagi pengguna Windows ataupun Mac. Hal ini dikarenakan Bluestacks memungkinkan user untuk melakukan multi instance yakni memainkan sejumlah game serentak, atau login ke game yang sama dengan akun berbeda. Canggih sekali, bukan?

Untuk bisa menggunakan software ini, Anda akan membutuhkan PC dengan spesifikasi Windows 7 dan ke atas, RAM minimal 2 GB, memori kosong minimal 5 GB, dan processor Intel atau AMD.

YouWave

Rekomendasi emulator terakhir adalah YouWave. Sangat berbeda dengan emulator android sebelum-sebelumnya, YouWave sama sekali tidak memerlukan komputer dengan spesifikasi memori besar. Hanya dengan kapasitas disk space 500 MB dan 2 GB DRAM saja, Anda sudah bisa memakai YouWave.

Namun YouWave mempunyai 2 versi, yakni versi 4.04 untuk gratis dan Android 5.1.1 untuk yang premium (berbayar). Tertarik untuk mencoba YouWave sebagai emulator Android pertama Anda?

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang emulator android yang ringan dan terbaik untuk melancarkan kegiatan main game online Anda! Saat memilih emulator android untuk digunakan, jangan lupa selalu menyesuaikan fitur-fitur dan spesifikasi yang dimiliki oleh software dengan kebutuhan serta kondisi PC yang dimiliki.

Terima kasih sudah mengikuti artikel edisi kali ini sampai di sini. Jangan lupa simak artikel lain seputar dunia IT hanya dari website Appkey.id. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Jasa Pembuatan Website Untuk Toko Online

Perusahaan yang menyediakan Jasa pembuatan website untuk toko online bisa kita temukan dengan mudah di internet. Masing-masing dari perusahaan...

8 Contoh Search Engine Terbaik yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Dulu jika ingin mencari informasi tentang apapun biasanya kita akan menanyakan kepada seseorang yang lebih mengetahui informasi, atau datang...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya