Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Web Programming Belajar Ngoding Anda Macet? Yuk Segarkan Lagi dengan 10...

Belajar Ngoding Anda Macet? Yuk Segarkan Lagi dengan 10 Tips Ini

-

Tidak sedikit programmer pemula yang mengalami kebuntuan, kehilangan arah dan motivasi saat belajar programming otodidak. Jangan biarkan hal tersebut terjadi pada Anda!

Ayo segarkan kembali semangat belajar ngoding Anda dengan 10 tips fresh belajar coding pemula berikut ini. Selamat membaca!

Jangan Menyerah Belajar Coding!

kelebihan-BAIK

Proses belajar coding pemula merupakan langkah yang panjang dan mungkin melelahkan bagi sebagian programmer pemula. Seiring berjalannya waktu dan proses belajar yang semakin rumit, lambat laun semangat menggebu-gebu yang membara dalam benak Anda ketika memulai belajar coding pasti kian menyurut. Alhasil, Anda akhirnya merasa buntu serta kehilangan motivasi belajar coding.

Namun, Anda tidak boleh menyerah karena belajar coding adalah sebuah bentuk investasi skill dan pengetahuan untuk jenjang karir di masa depan. Apalagi kita sudah berada di era teknologi digital serba canggih, yang berarti kebutuhan tenaga programmer akan selalu bertambah dari waktu ke waktu. Menguasai coding adalah hal penting jika Anda ingin sukses berkarir sebagai programmer dengan bayaran tinggi di kemudian hari.

Jadi, jangan menyerah meski saat ini Anda belajar programming otodidak dari rumah! Masih ada kesempatan untuk mengubah cara belajar coding Anda menjadi lebih mudah dipahami. Pun Anda jangan khawatir, sebab kami sudah menyiapkan 10 tips terbaik untuk me-refresh cara belajar coding yang dirasa mulai menjenuhkan. Let’s check this out!

Artikel Terkait  10 Software Testing Tools Terbaik dan Paling Banyak Digunakan di 2021

Ingat Kembali Apa Tujuan Anda. Jika Perlu, Tulis Motivasi Belajar

Tips kembali semangat belajar coding pemula pertama adalah mengingat kembali apa tujuan Anda belajar coding. Bila perlu, tidak ada salahnya untuk menuliskan motivasi belajar Anda di meja tempat biasa Anda belajar ngoding.

Untuk menumbuhkan semangat belajar ngoding Anda, coba tanyakan kembali kepada diri Anda hal-hal berikut:

  • Mengapa Anda ingin menjadi programmer?
  • Apa tujuan Anda belajar programmer?
  • Apa cita-cita Anda dengan skill programming?

Selain itu, Anda juga bisa mengingat-ingat betapa jauh perjalanan belajar ngoding yang sudah Anda lalui. Pikirkan bahwa semua waktu, biaya dan juga tenaga yang Anda keluarkan untuk belajar ngoding jelas tidak dapat kembali. Anda akan sangat sia-sia dan rugi kalau memutuskan untuk berhenti belajar ngoding di tengah jalan!

Mulai Kembali dengan Teori yang Mudah

Coba analisa kembali mengapa Anda tiba-tiba hilang semangat belajar ngoding? Bisa jadi penyebabnya karena Anda salah memilih cara belajar dengan mempelajari teori ngoding yang susah. Atau mungkin, Anda mempelajari terlalu banyak bahasa programming sekaligus alias tidak fokus pada 1 pembahasan.

Setelah menemukan akar permasalahannya, sekarang coba ubah kembali cara belajar Anda. Pilihlah materi pemrograman yang mudah dipahami dan usahakan untuk fokus pada 1 bahasa itu saja sampai Anda betul-betul menguasainya. Trik belajar ini jauh terasa lebih ringan dan menyenangkan untuk level pemula.

Bergabung dengan Grup / Komunitas

Mempunyai teman diskusi yang asik dan enak diajak bertukar pikiran adalah hal yang menyenangkan dalam proses pembelajaran. Sayangnya, saat belajar ngoding secara otodidak, Anda otomatis sendirian saat mencerna materi dan mencoba berpraktek.

Kalau Anda mengalami kebuntuan saat mempelajari program dan tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, maka solusi terbaik yang bisa dicoba adalah dengan bergabung ke grup atau komunitas programming.

Saat ini ada banyak sekali grup programming yang bertebaran di media sosial. Bahkan setiap grup biasanya spesifik mengumpulkan programmer-programmer yang handal di bidang tertentu.

Anda tidak perlu malu untuk bergabung dengan grup-grup programming yang ada. Bergabung ke grup media sosial akan membuka pintu relasi Anda dengan lebih banyak programmer, plus, memudahkan Anda untuk mendapatkan partner diskusi atau partner curhat seperjuangan selama masa belajar ngoding.

Selalu Jaga Kesehatan dan Istirahat yang Cukup

web-scraping

Tips ini sangat penting dan tidak boleh sampai terlewat! Ingat, Anda bukan robot yang bisa terus dipaksa bekerja dan belajar secara non-stop. Jika tubuh Anda kelelahan, maka otomatis Anda tidak akan sanggup mencerna materi belajar ngoding yang didapat. Alhasil, proses belajar Anda akan sia-sia.

Usahakan untuk selalu membagi waktu belajar ngoding dengan aktivitas-aktivitas penting lainnya. Upayakan diri agar makan secara teratur, cukup tidur dan sesekali berolahraga agar pikiran yang jenuh bisa kembali fresh.

Artikel Terkait  Mengapa Framework Adalah Bahasa Pemrograman Baru?

Coba Buat Program Kecil-Kecilan

Belajar ngoding tidak melulu teori. Anda bisa menjadikan proses pembelajaran lebih kreatif dan seru dengan langsung mencoba membuat program sederhana kecil-kecilan.

Membuat program sederhana juga dapat menjadi sarana evaluasi yang baik untuk Anda mengukur sudah sejauh mana Anda paham akan sebuah materi. Jika ada hal-hal yang masih Anda bingungkan, maka Anda bisa mendalaminya kembali.

Sering Menantang dan Evaluasi Diri

Selalu coba tantang kemampuan diri Anda dalam ngoding dengan mencoba serangkaian test coding. Sudahkah Anda bisa menulis semua rangkaian kode dengan tepat? Atau, masih ada beberapa hal yang salah dan perlu dipahami?

Faktanya, programmer yang sering mengevaluasi proses pembelajarannya dapat menguasai materi dan mempraktekkan coding lebih baik ketimbang programmer yang malas mengikuti test.

Programmer pemula yang rajin mengevaluasi kemampuan dirinya akan selalu mengetahui sudah seberapa mahir skillnya, sehingga ia pun lebih mudah termotivasi menantang dirinya sendiri untuk mempelajari ilmu yang lebih sulit.

Tidak Takut Belajar dari Kesalahan

Poin ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Jika pada proses evaluasi program yang Anda lakukan masih terdapat cukup banyak kesalahan, maka jangan takut untuk menghadapi kesalahan tersebut. Kesalahan bukan berarti Anda bodoh.

Justru, kesalahan ada kesempatan belajar terbaik. Dari kesalahan program inilah Anda bisa belajar mengenali bug, jenis-jenis error, serta cara mengatasinya. Biasanya, ilmu yang didapat dari belajar langsung pada pengalaman akan melekat lebih erat di dalam kepala.

Mempelajari Aplikasi Pendukung

laravel-8-3

Agar tidak bosan dengan materi belajar bahasa pemrograman, Anda bisa mempelajari materi “selingan” yakni seputar aplikasi-aplikasi pendukung proses coding. Mempelajari aplikasi-aplikasi ini juga penting, lho, sebab proses programming Anda biasanya akan memerlukan aplikasi-aplikasi tambahan seperti server, teks editor, browser dan framework.

Saat Anda mempelajari bahasa pemrograman lengkap dengan aplikasi-aplikasi pendukung coding, tanpa terasa begitu materi berakhir, Anda sudah menguasai cara ngoding yang baik secara utuh!

Selalu Update dengan Perkembangan IT Terbaru

Penting juga bagi Anda untuk selalu update dengan perkembangan IT terbaru selama mempelajari coding. Hal ini dikarenakan dunia IT yang sangat dinamis dan selalu melahirkan aneka teknologi terbaru dan tercanggih. Jadi, Anda perlu rajin-rajin mencari informasi perkembangan dunia IT agar tidak ketinggalan zaman.

Membaca artikel perkembangan IT terbaru bisa memberikan banyak manfaat untuk Anda. Pertama, Anda bisa menambah wawasan pribadi dengan mengenal aneka teknologi terbaru. Kedua, Anda bisa termotivasi untuk mempelajari skill IT terbaru tersebut.

Terakhir, membaca-baca artikel IT terbaru bisa menjadi materi belajar ‘selingan’ lainnya agar tidak jenuh saat mempelajari materi bahasa pemrograman. Anda bebas mencari artikel IT terbaru dari internet, termasuk dari website Appkey.id yang selalu menyajikan kumpulan informasi IT terbaru setiap harinya!

Rajin Googling Info

Kenapa Googling? Faktanya, para pakar IT sepakat bahwa Googling serta coding adalah dua kegiatan yang selalu berkaitan. Sebagai pelajar coding pemula, tentunya Anda akan banyak-banyak Gooling informasi untuk melihat referensi belajar dan contoh-contoh coding.

Selain itu, Googling menjadi sumber termudah dan termurah untuk mendapatkan aneka jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Anda seputar dunia ngoding.

Mau mencari cara mengatasi error program? Langsung Googling!

Hendak mencari daftar komunitas IT di media sosial? Langsung Googling!

Ingin mencari artikel IT terbaru? Google juga punya jawabannya!

Bahkan ada juga programmer yang mencari motivasi belajar ngoding lewat Googling! Tidak ada salahnya untuk rajin-rajin mengasah skill Googling Anda sedari sekarang.

Artikel Terkait  Bahasa Perl : Tutorial dan Pembahasan Perl untuk Belajar Programming

Pakai Gaya Belajar Sendiri

Tips terakhir adalah pakai gaya belajar Anda sendiri. Setiap orang punya metode belajarnya sendiri, termasuk saat belajar programming. Memakai metode belajar milik sendiri ini penting, sebab Anda akan merasa lebih enjoy saat belajar kalau memakai metode kesukaan.

Bagaimana caranya mengetahui metode belajar kesukaan? Jawabannya terletak pada diri Anda sendiri. Apakah Anda suka belajar dengan cara menonton video / ilustrasi? Atau, Anda suka belajar dengan cara membaca textbook? Ada juga tipe pelajar yang lebih cepat belajar saat berpraktek langsung.

Renungkan kembali cara belajar seperti apa yang paling membuat Anda nyaman dan cepat memahami materi. Jika sudah menemukan jawabannya, maka itulah gaya belajar terbaik untuk Anda.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang kiat-kiat menyegarkan semangat belajar programming otodidak. Mengalami kesurutan semangat saat belajar coding merupakan hal yang wajar.

Namun tetaplah ingat apa tujuan atau alasan utama Anda memilih untuk menempuh belajar coding coding pemula.

Pun jika Anda merasa cara belajar coding Anda membosankan atau menjemukkan, maka belum terlambat untuk mengubah cara belajar Anda. Selamat mencoba kembali!

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. Jangan lupa simak artikel lainnya seputar dunia IT hanya dari website Appkey.id. Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya