Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan AplikasiAplikasi AndroidFitur Handphone Android yang Tidak Ada di iPhone

Fitur Handphone Android yang Tidak Ada di iPhone

-

Last Updated on October 10, 2023 by

Membicarakan tentang handphone Android dan iPhone mengenai mana yang lebih unggul, memang tidak akan ada habisnya. Dan memang tidak ada yang lebih unggul ataupun yang lebih jelek karena pastinya penciptaan sebuah produk disesuaikan dengan kebutuhan dan yang namanya ciptaan manusia pasti tidak ada yang sempuna. Pada kali ini kita akan membahas tentang fitur handphone Android yang tidak ada di iPhone. Penasaran? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Sebelum membahas mengenai hal tersebut, mari kita melangkah dahulu pada keunggulan dan kekurangan Android.

android iphone

Photo by Daniel Romero on Unsplash

Keunggulan Android

Berikut adalah keunggulan dari Android.

Open Source

Android adalah platform sumber terbuka sehingga memungkinkan pengembang untuk mengakses dan mengubah kode sumber sesuai kebutuhan.

Beragam Perangkat

Android berjalan pada berbagai perangkat termasuk smartphone, tablet, smart TV dan perangkat wearable sehingga memberikan pengguna banyak pilihan.

Customization

Pengguna Android dapat menyesuaikan antarmuka dan fungsi perangkat mereka dengan berbagai aplikasi dan widget.

Google Integration

Android terintegrasi erat dengan layanan Google seperti Gmail, Google Drive dan Google Maps sehingga dapat meningkatkan sinkronisasi data antar perangkat.

Aplikasi dan Game

Android memiliki toko aplikasi yang kaya yaitu Google Play Store yang menyediakan akses ke berbagai aplikasi dan game.

Harga yang Beragam

Ada banyak pilihan perangkat Android dengan berbagai harga sehingga memungkinkan akses ke teknologi modern tanpa biaya yang tinggi.

Kelemahan Android

Berikut adalah kelemahan Android.

Artikel Terkait  Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Skill Coding yang Mumpuni

Fragmentasi

Karena ada banyak pabrikan yang menggunakan Android ada fragmentasi perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat membuat pengembangan dan pemeliharaan aplikasi menjadi lebih rumit.

Keamanan

Karena sifat terbuka dari platform ini, Android dapat lebih rentan terhadap malware dan virus dibandingkan dengan sistem operasi tertutup.

Performa Variabel

Performa perangkat Android dapat bervariasi tergantung pada spesifikasi perangkat keras dan beberapa pengguna mungkin mengalami kinerja yang lebih rendah.

Cepatnya Perubahan

Dengan cepatnya pengembangan teknologi, beberapa perangkat Android mungkin tidak mendapatkan pembaruan sistem operasi terbaru sehingga menyebabkan ketidaksesuaian.

Ketergantungan pada Produsen Perangkat

Beberapa perangkat mungkin memiliki antarmuka pengguna yang dimodifikasi oleh produsen yang dapat membuat pengalaman pengguna berbeda antar perangkat.

Keterbatasan Integrasi Eksklusif

Beberapa fitur Google mungkin tidak sepenuhnya terintegrasi atau tersedia di beberapa negara karena batasan hukum atau politik tertentu.

android iphone

Photo by Sebastian Bednarek on Unsplash

Fitur Handphone Android yang Tidak Ada di iPhone

Berikut adalah beberapa diantaranya:

Split-Screen Mode

Mode layar terbagi adalah salah satu fitur utama pada beberapa perangkat Android yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi secara bersamaan dengan layar terbagi menjadi dua bagian yang terpisah. Fitur ini memberikan pengalaman multitasking yang lebih canggih dan memungkinkan pengguna untuk dengan mudah beralih antara dua aplikasi tanpa harus keluar dari satu aplikasi untuk membuka yang lain.

Cara Mengaktifkan

Cara mengaktifkan split-screen mode dapat bervariasi tergantung pada merek dan model perangkat Android. Umumnya pengguna dapat membuka aplikasi pertama lalu menggunakan tombol multitasking (biasanya terletak di bawah layar atau dengan menggunakan gesture khusus) untuk melihat daftar aplikasi yang sedang berjalan.

Di sini pengguna dapat memilih aplikasi kedua untuk dijalankan secara bersamaan dengan aplikasi pertama. Layar kemudian akan terbagi menjadi dua bagian masing-masing menampilkan satu aplikasi.

Instalasi Aplikasi

Salah satu keunggulan Android adalah kemampuannya untuk menginstal aplikasi dari sumber luar Google Play Store. Pengguna dapat mengunduh file aplikasi dari situs web atau sumber lainnya dan mengaktifkan opsi “Sumber Tidak Dikenal” di pengaturan perangkat mereka. Ini memberikan kebebasan lebih besar kepada pengguna untuk mengakses aplikasi yang mungkin tidak tersedia di Google Play Store.

Artikel Terkait  Kemungkinan Penyebab Aplikasi Anda ditolak Dalam Proses Ulasan Apple Store

Tombol Back

Satu dari banyak fitur yang membedakan ponsel Android adalah adanya tombol kembali fisik. Tombol ini ditempatkan di bagian bawah layar dan memberikan pengguna kemampuan untuk dengan cepat kembali ke layar sebelumnya tanpa harus menyentuh layar. Keberadaan tombol ini memberikan konsistensi dalam navigasi antaraplikasi dan sistem operasi Android.

Tombol kembali memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk menjelajah berbagai tingkat dalam hierarki aplikasi dengan mudah. Pengguna dapat menggunakan tombol ini untuk mundur dari tindakan terakhir atau kembali ke menu utama aplikasi. Hal ini memberikan kontrol yang langsung dan instan terhadap perjalanan pengguna dalam antarmuka.

Dapat Membuat Lebih dari Satu Akun

Pada platform Android, pengguna memiliki fleksibilitas untuk membuat lebih dari satu akun pengguna di satu perangkat. Fitur ini memungkinkan pemisahan antara pengaturan, data dan aplikasi antar akun, menciptakan pengalaman pengguna yang lebih terpersonalisasi dan disesuaikan. Beberapa aspek yang perlu dipertimbangkan dalam konteks ini melibatkan keamanan, manajemen akun dan kebutuhan pengguna.

Mengakses Penyimpanan Lewat Kartu USB

Saat terhubung ke PC, iPhone hanya memberikan akses terbatas pada foto dan video. Android memberikan kebebasan penuh untuk mengakses penyimpanan internal dan eksternal serta memungkinkan pengguna berbagi file dengan mudah antara Android dan PC. Opsi “USB tethering” juga memungkinkan pengguna menggunakan HP sebagai sumber koneksi internet untuk PC yang terhubung. Selain itu pengguna dapat memilih opsi “No data transfer” jika hanya ingin mengisi daya.

Dapat Menggandakan Aplikasi

Android memungkinkan pengguna menggandakan aplikasi dan menggunakan dua akun berbeda pada masing-masing aplikasi. Ini sangat berguna untuk memiliki dua instance dari aplikasi seperti WhatsApp pada satu perangkat. Beberapa merek ponsel menyediakan fitur ini secara bawaan atau dapat diakses melalui aplikasi pengganda di Play Store.

Artikel Terkait  7 Aplikasi Pembuat Aplikasi Android Terbaik

Kustomisasi Home Screen

iPhone memiliki batasan dalam opsi kustomisasi home screen meskipun beberapa peningkatan diperkenalkan pada iOS 14. Android unggul dengan berbagai cara kustomisasi termasuk desain ikon, penggunaan launcher berbeda dan konfigurasi kolom aplikasi.

Always On Display

Always On Display (AOD) adalah fitur pada sebagian besar perangkat Android yang memungkinkan sebagian kecil layar tetap aktif dan menampilkan informasi seperti waktu, tanggal dan pemberitahuan bahkan ketika perangkat berada dalam keadaan tidur atau layar dimatikan.

AOD memungkinkan pengguna melihat informasi penting tanpa harus membuka kunci atau menyalakan seluruh layar. Ini dapat memberikan akses cepat ke waktu, tanggal dan notifikasi yang masuk.

Mayoritas perangkat Android yang mendukung AOD juga menyediakan opsi kustomisasi. Pengguna dapat memilih jenis informasi yang ditampilkan, gaya jam dan bahkan gambar latar belakang untuk layar selalu aktif.

Kesimpulan

Membahas perbandingan antara handphone Android dan iPhone selalu menjadi topik yang menarik namun pada dasarnya keduanya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing.

Keunggulan Android yaitu sumber terbuka, beragam perangkat, kustomisasi, integrasi Google, dan harga beragam serta memberikan banyak pilihan kepada pengguna. Selain keunggulan juga terdapat kelemahan seperti fragmentasi, keamanan yang lebih rentan, performa yang bervariasi dan keterbatasan integrasi eksklusif.

Beberapa fitur keunggulan dari Android yaitu mode layar terbagi, kemampuan menginstal aplikasi dari sumber luar Google Play Store, tombol kembali fisik, kemampuan membuat lebih dari satu akun pengguna, akses ke penyimpanan lewat kartu USB, kemampuan menggandakan aplikasi, kustomisasi layar utama dan Always On Display (AOD).

Pilihan antara Android dan iPhone masih tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu karena keduanya menawarkan pengalaman pengguna yang unik dan memiliki keunggulan masing-masing.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Ini Cara Mudah Membuat Redirect PHP | Seri Belajar PHP

Fungsi redirect PHP sangat banyak digunakan dalam kehidupan berwebsite alias mengelola website. Script redirect PHP banyak dipergunakan oleh user...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya