Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteServer / HostingNameserver: Pemahaman dan Fungsinya dalam Dunia Internet

Nameserver: Pemahaman dan Fungsinya dalam Dunia Internet

-

Last Updated on August 4, 2023 by

Nameserver atau server nama adalah komponen kunci dari sistem Domain Name System (DNS). Mereka bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain yang mudah diingat menjadi alamat IP yang dapat dimengerti oleh mesin. Artikel ini akan menggali lebih dalam tentang apa itu nameserver, bagaimana cara kerjanya dan mengapa hal itu penting dalam dunia web hosting.

nameserver

Apa Itu Nameserver?

Nameserver adalah salah satu komponen penting dalam infrastruktur internet yang bertugas untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Nama domain adalah alamat web yang mudah diingat dan digunakan oleh manusia seperti “example.com”, sementara alamat IP adalah serangkaian angka yang digunakan oleh mesin untuk mengidentifikasi lokasi sebuah situs di web seperti “192.168.1.1”.

Cara Kerja Nameserver

Bagaimana Cara Kerja Nameserver? Proses ini melibatkan beberapa Langkah yaitu:

  1. Permintaan Pengguna

Ketika pengguna mengetikkan sebuah URL dalam peramban, permintaan dikirim ke nameserver local yang biasanya disediakan oleh penyedia layanan internet (ISP).

  1. Cache Check

Nameserver lokal akan memeriksa cache-nya untuk melihat apakah sudah memiliki informasi untuk nama domain yang diminta. Jika informasi ditemukan dalam cache, itu dikembalikan ke peramban dan proses selesai.

  1. Pencarian DNS

Jika informasi tidak ditemukan dalam cache, nameserver lokal akan memulai proses pencarian DNS yang mungkin melibatkan beberapa langkah:

Query ke Nameserver Root

Nameserver lokal pertama mengirim permintaan ke nameserver root yang akan mengarahkan query ke nameserver TLD (misalnya, .com, .org).

Query ke Nameserver TLD

Nameserver TLD akan mengarahkan nameserver lokal ke nameserver otoritatif untuk domain spesifik yang diminta.

Query ke Nameserver Otoritatif

Nameserver otoritatif adalah yang memiliki informasi yang benar mengenai domain, dan akan mengembalikan alamat IP yang sesuai ke nameserver lokal.

nameserver

  1. Pengiriman ke Server Web

Setelah menerima alamat IP yang benar, nameserver lokal akan mengirimkan informasi ke peramban yang kemudian akan terhubung ke server web menggunakan alamat IP.

  1. Pemuatan Halaman

Server web menerima permintaan dan mengirimkan data yang diminta kembali ke peramban. Halaman web kemudian dimuat dan ditampilkan kepada pengguna.

  1. Penyimpanan dalam Cache
Artikel Terkait  Contoh Hosting yang Ditawarkan Oleh Penyedia Jasa Web Host

Nameserver lokal biasanya akan menyimpan informasi dalam cache untuk waktu tertentu sehingga jika nama domain yang sama diminta lagi dalam waktu dekat, proses pencarian tidak perlu diulangi.

Proses ini meskipun terlihat rumit, terjadi dalam hitungan milidetik dan sepenuhnya transparan bagi pengguna. Ini adalah hasil dari desain yang sangat teroptimasi dan teknologi canggih yang membentuk inti dari sistem penamaan domain (DNS) memungkinkan internet berfungsi dengan cepat dan efisien seperti yang kita alami sehari-hari.

Bagian penting lain dari sistem ini adalah keamanan dan integritas dengan protokol khusus yang memastikan bahwa semua pengalihan dan pencarian terjadi dalam cara yang aman dan terpercaya sehingga melindungi pengguna dari potensi risiko dan serangan.

Jenis Nameserver

Nameserver adalah komponen penting dalam arsitektur internet dan ada beberapa jenis nameserver yang berbeda dengan masing-masing peran dan fungsi yang unik. Berikut mari kita simak jenis-jenis nameserver dibawah ini:

  1. Primary Nameserver (Master):

Primary Nameserver adalah server utama yang menyimpan catatan DNS asli untuk domain. Ini adalah sumber otoritatif untuk semua informasi yang terkait dengan domain dan bertanggung jawab untuk menanggapi pertanyaan tentang alamat IP dari nama domain tersebut.

  1. Secondary Nameserver (Slave):

Secondary Nameserver berfungsi sebagai cadangan untuk nameserver utama. Jika yang utama gagal atau tidak dapat diakses, secondary nameserver akan mengambil alih dan memastikan bahwa permintaan masih dapat diproses. Ini memastikan redundansi dan ketersediaan yang lebih tinggi dalam sistem DNS.

  1. Caching Nameserver

Caching Nameserver menyimpan catatan DNS sementara yang telah dipertanyakan sebelumnya untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi. Dengan menyimpan informasi dalam cache, nameserver dapat dengan cepat menanggapi permintaan yang berulang untuk nama domain yang sama tanpa perlu melakukan pencarian penuh setiap waktu.

  1. Forwarding Nameserver:

Forwarding Nameserver bertindak sebagai gateway antara nameserver lokal (seperti yang dijalankan oleh ISP) dan nameserver eksternal yang lebih besar. Ini meneruskan permintaan dari nameserver lokal ke nameserver lain yang akan melakukan pencarian.

  1. Authoritative Nameserver:

Authoritative Nameserver adalah nameserver yang memiliki informasi yang benar dan up-to-date tentang domain. Bisa menjadi primary atau secondary, dan sumber terpercaya untuk alamat IP dari nama domain.

  1. Recursive Nameserver:
Artikel Terkait  Server Side Scripting adalah : Pengertian dan Fungsinya

Recursive Nameserver akan mengikuti seluruh rantai permintaan dari nameserver root, ke nameserver TLD, ke nameserver otoritatif, mengembalikan hasil akhir ke klien yang meminta. Biasanya adalah layanan yang disediakan oleh ISP.

  1. Anycast Nameserver:

Anycast Nameserver adalah teknik di mana banyak nameserver di seluruh dunia berbagi alamat IP yang sama dan permintaan dialihkan ke server terdekat. Ini membantu dalam distribusi beban dan meningkatkan respons waktu.

Kombinasi dari berbagai jenis nameserver ini memungkinkan sistem DNS untuk berfungsi dengan cepat, andal dan fleksibel. Setiap jenis nameserver memiliki perannya masing-masing dalam ekosistem yang lebih besar dan berkontribusi terhadap efisiensi dan stabilitas internet secara keseluruhan. Desain ini juga memungkinkan skalabilitas dan pertumbuhan yang penting dalam dunia digital yang selalu berubah dan berkembang.

Fungsi Nameserver

Nameserver memainkan peran kunci dalam operasi internet dan memiliki beberapa fungsi utama yang memastikan komunikasi yang mulus dan efisien antara perangkat. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari nameserver:

  1. Resolusi Nama ke IP

Nameserver bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain yang mudah diingat (misalnya, www.example.com) ke alamat IP yang sesuai (misalnya, 192.0.2.1). Ini memungkinkan peramban untuk terhubung ke server web yang benar.

  1. Mengelola Catatan DNS

Nameserver menyimpan dan mengelola berbagai jenis catatan DNS, termasuk A (alamat IP), CNAME (alias), MX (mail exchange), dan lainnya. Catatan-catatan ini memberikan informasi detail tentang bagaimana permintaan harus diarahkan.

  1. Redundansi dan Ketersediaan

Dengan menggunakan kombinasi dari primary dan secondary nameserver, sistem ini memastikan bahwa jika satu server gagal, permintaan masih dapat diproses oleh server lain. Ini membantu meminimalkan waktu henti dan meningkatkan ketersediaan layanan.

  1. Optimasi Kecepatan

Caching Nameserver menyimpan catatan DNS sementara dari permintaan sebelumnya, yang memungkinkan respon yang lebih cepat untuk permintaan berulang. Ini membantu meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam menavigasi web.

  1. Keamanan

Nameserver juga dapat berkontribusi terhadap keamanan dengan melindungi terhadap serangan seperti DNS spoofing dan DDoS. Teknik seperti DNSSEC dapat digunakan untuk memberikan tingkat otentikasi dan integritas tambahan.

  1. Delegasi dan Desentralisasi

Nameserver memungkinkan delegasi kontrol atas subdomain ke server otoritatif yang berbeda. Ini mendukung struktur yang terdesentralisasi dan memberikan fleksibilitas dalam pengelolaan nama domain.

  1. Pengalihan dan Balancing Beban
Artikel Terkait  Colocation Server Adalah? Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Dalam beberapa kasus, nameserver dapat digunakan untuk mengarahkan trafik ke server berbeda berdasarkan faktor seperti lokasi geografis atau beban server. Ini mendukung distribusi beban dan optimalisasi kinerja.

  1. Mendukung Protokol Email

Melalui catatan MX, nameserver mendukung pengoperasian email, mengarahkan email ke server mail yang benar dan menangani fungsi-fungsi lain yang terkait dengan pengiriman dan penerimaan email.

  1. Konektivitas Global

Nameserver adalah bagian integral dari jaringan global yang memungkinkan konektivitas dan komunikasi antara perangkat di seluruh dunia, tanpa peduli di mana mereka berada.

Secara keseluruhan nameserver adalah komponen penting dari infrastruktur internet yang mendukung hampir setiap aspek dari browsing web, komunikasi email dan interaksi online lainnya. Tanpa nameserver, navigasi di web seperti yang kita kenal hari ini akan menjadi proses yang jauh lebih kompleks dan lambat.

Kesimpulan

Nameserver adalah elemen esensial dari sistem Domain Name System (DNS) yang bertanggung jawab untuk menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Proses ini melibatkan serangkaian langkah, mulai dari permintaan pengguna hingga penyimpanan dalam cache yang memungkinkan komunikasi antara peramban dan server web.

Ada berbagai jenis nameserver seperti Primary, Secondary, Caching, Forwarding, Authoritative, Recursive, dan Anycast, masing-masing dengan fungsi dan peran unik.

Nameserver memastikan fungsi-fungsi seperti resolusi nama ke IP, pengelolaan catatan DNS, redundansi, optimasi kecepatan, keamanan, delegasi, pengalihan dan balancing beban, dukungan email dan konektivitas global.

Desain dan implementasi nameserver memungkinkan internet berfungsi dengan cepat, aman, dan efisien sehingga memberikan infrastruktur yang mendukung hampir semua aspek dari browsing web dan komunikasi online. Tanpa nameserver, operasi dan navigasi di web akan menjadi proses yang lebih kompleks dan lambat.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/ agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya