Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteTeknologi WebMengungkap Breadcrumbs: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

Mengungkap Breadcrumbs: Pengertian, Fungsi dan Manfaat

-

Last Updated on August 16, 2023 by

Bagi kalian yang sering mengakses web, mungkin kalian kadang bertanya-tanya jika menemui tulisan yang menunjukkan arah atau navigasi dari menu yang sudah kalian buka. Mungkin kalian sering melihatnya tapi tidak tahu namanya bukan? Itu disebut dengan Breadcrumbs. Penasaran dengan fungsi dan manfaat adanya breadcrumbs di suatu website? Yuk simak!

breadcrumbs

Pengertian

Breadcrumbs dalam konteks navigasi website yaitu tautan berhierarki yang menampilkan jalur navigasi pengguna dari halaman awal situs web atau halaman utama ke halaman tempat pengguna berada saat ini. Fitur breadcrumbs membantu pengguna dengan mudah melacak posisi mereka dalam struktur situs web dan memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana mereka tiba di halaman saat ini.

Istilah “breadcrumbs” berasal dari dongeng Hansel dan Gretel di mana karakter Hansel meninggalkan jejak roti di hutan untuk menandai jalur pulang mereka. Dalam navigasi website breadcrumbs berfungsi serupa dengan memberikan jejak visual tentang bagaimana pengguna mencapai halaman yang sedang mereka lihat.

Contoh sederhana dari breadcrumbs adalah sebagai berikut:

Beranda > Kategori Produk > Produk A > History Produk

Dalam contoh di atas breadcrumbs menunjukkan bahwa pengguna berada di halaman “History Produk” dari “Produk A” yang berada dalam “Kategori Produk” dan mereka bisa kembali ke halaman “Beranda” dari breadcrumbs tersebut.

Breadcrumbs biasanya ditempatkan di bagian atas halaman atau di dekat bagian atas. Biasanya di bawah menu utama. Desain breadcrumbs sering kali sederhana dengan tampilan tautan yang jelas dan mudah dipahami oleh pengguna.

Selain membantu pengguna berpindah antara halaman dengan lebih mudah, breadcrumbs juga membantu meningkatkan pengalaman pengguna dan mengurangi risiko pengunjung tersesat dalam situs web yang memiliki struktur yang kompleks atau banyak halaman.

Breadcrumbs

Fungsi Breadcrumbs

Breadcrumbs (Jejak Navigasi) adalah elemen navigasi yang sering kali terlihat di bagian atas halaman situs web. Elemen ini berfungsi sebagai tanda jalan atau “jejak roti” untuk menginformasikan pengguna tentang posisi dan hierarki halaman yang sedang mereka kunjungi.

Artikel Terkait  Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Meskipun terlihat sederhana breadcrumbs memiliki manfaat yang penting dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan efektivitas situs web secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa manfaat penting dari adanya breadcrumbs dalam navigasi website:

  1. Navigasi yang Lebih Mudah

Breadcrumbs memberikan panduan visual yang jelas bagi pengguna tentang bagaimana mereka tiba di halaman saat ini. Dengan melihat jejak navigasi, pengguna dapat dengan mudah kembali ke halaman sebelumnya atau langsung menuju halaman induk dari subhalaman yang sedang mereka lihat.

  1. Memperjelas Struktur Website

Breadcrumbs membantu menggambarkan struktur hierarki situs web terutama pada situs dengan banyak level halaman. Pengguna dapat dengan cepat memahami hubungan antara halaman dan sub halaman serta bagaimana halaman-halaman tersebut terorganisir.

  1. Meningkatkan User Experience

Dengan memberikan petunjuk tentang lokasi pengguna di situs web, breadcrumbs mengurangi kemungkinan pengguna tersesat atau kebingungan tentang navigasi. Pengalaman pengguna yang lebih baik akan meningkatkan kepuasan dan dapat mengundang mereka untuk tetap berada di situs lebih lama.

  1. Meningkatkan SEO

Breadcrumbs dapat membantu meningkatkan struktur internal situs web yang pada gilirannya dapat berdampak positif pada optimasi mesin telusur (SEO). Mesin telusur akan lebih mudah mengindeks dan memahami struktur halaman jika breadcrumbs digunakan dengan baik.

  1. Fungsi sebagai Anchor Text

Breadcrumbs sering kali berisi kata-kata kunci atau deskripsi halaman yang berfungsi sebagai anchor text. Ini dapat membantu pengguna memahami konten halaman yang mereka kunjungi dan juga meningkatkan relevansi SEO.

  1. Navigasi Mobile yang Lebih Baik

Di era ponsel pintar, breadcrumbs menjadi lebih penting karena layar kecil dapat membatasi ruang untuk tampilan navigasi yang lebih tradisional. Dengan adanya breadcrumbs, pengguna dapat dengan mudah berpindah antara halaman-halaman tanpa perlu kembali ke menu utama.

Artikel Terkait  Cara setting Virtual Host di Localhost

Dengan adanya breadcrumbs dalam navigasi website, pengguna akan merasa lebih nyaman dalam menavigasi situs web kalian, meningkatkan efisiensi waktu mereka dan memberikan pengalaman yang lebih positif secara keseluruhan. Penting untuk merancang dan menempatkan breadcrumbs dengan tepat agar efektif dan membantu pengguna mencapai tujuan mereka dalam menjelajahi situs.

Manfaat Breadcrumbs

Breadcrumbs berfungsi sebagai panduan visual yang membantu pengguna memahami di mana mereka berada dalam situs web dan memudahkan mereka untuk berpindah antara halaman-halaman terkait. Fitur ini sangat bermanfaat terutama di situs web yang memiliki banyak halaman dan tingkat kedalaman yang kompleks.

Berikut adalah beberapa manfaat penting dari penggunaan breadcrumbs dalam situs web:

  1. Navigasi yang Lebih Mudah

Breadcrumbs memberikan tautan yang jelas dan terstruktur sehingga memungkinkan pengguna untuk dengan cepat berpindah antara halaman-halaman dengan hanya mengklik tautan yang sesuai. Ini mengurangi upaya pengguna untuk kembali ke halaman sebelumnya atau kembali ke beranda situs.

  1. Peningkatan Pengalaman Pengguna

Dengan menyediakan panduan visual yang jelas, breadcrumbs membantu meningkatkan pengalaman pengguna dengan meminimalkan kebingungan saat menjelajahi situs web. Pengguna akan merasa lebih percaya diri dalam menavigasi situs dan merasa lebih terarah dalam pencarian informasi yang mereka butuhkan.

  1. Memahami Struktur Situs

Breadcrumbs membantu pengguna memahami struktur hierarki situs web dengan menunjukkan posisi halaman dalam susunan yang terorganisir. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengidentifikasi relasi antara halaman-halaman dan memahami bagaimana informasi diatur secara keseluruhan.

  1. Peningkatan SEO

Penggunaan breadcrumbs dapat memberikan manfaat tambahan dalam hal optimasi mesin pencari (SEO). Breadcrumbs menyediakan teks anchor yang kaya kata kunci, yang dapat membantu mesin pencari memahami konteks halaman dan meningkatkan peringkat situs web dalam hasil pencarian.

  1. Dukungan Navigasi Mobile

Di era penggunaan perangkat mobile yang semakin meningkat, breadcrumbs menjadi lebih penting dalam menyediakan navigasi yang mudah di layar yang lebih kecil. Breadcrumbs dapat membantu pengguna mobile menavigasi situs dengan mudah tanpa perlu menggulir kembali ke atas halaman.

  1. Pengurangan Tingkat Pergantian Halaman
Artikel Terkait  Apa Itu Deepfake dan Bagaimanakah Ciri-Cirinya?

Dengan menggunakan breadcrumbs, pengguna dapat dengan cepat kembali ke halaman sebelumnya atau naik ke level yang lebih tinggi dalam struktur situs sehingga mengurangi tingkat pergantian halaman secara keseluruhan. Hal ini dapat meningkatkan tingkat retensi pengguna dan mengurangi tingkat bounce rate.

Dengan menggabungkan breadcrumbs dalam di dalam situs web menjadikan pengalaman pengguna dapat ditingkatkan secara signifikan. Ini membantu memastikan navigasi yang lancar, meningkatkan tingkat kepuasan pengguna dan meningkatkan efisiensi dalam menemukan informasi yang relevan. Oleh karena itu penggunaan breadcrumbs adalah salah satu aspek penting dalam desain situs web yang ramah pengguna dan efektif.

Kesimpulan

Breadcrumbs adalah fitur navigasi yang menampilkan jalur navigasi pengguna dari halaman awal ke halaman saat ini. Fungsinya meliputi mempermudah navigasi, memperjelas struktur situs, meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan SEO dan mendukung navigasi mobile.

Penggunaan breadcrumbs penting untuk meningkatkan kenyamanan pengguna dalam menavigasi situs web dengan mudah dan efisien. Dengan memberikan panduan visual yang jelas, breadcrumbs membantu pengguna kembali ke halaman sebelumnya atau langsung menuju halaman utama dari subhalaman yang sedang mereka lihat. Desain yang sederhana dan tampilan tautan yang jelas membuat breadcrumbs menjadi elemen penting dalam situs web yang ramah pengguna dan efektif.

Bagaimana dengan informasi diatas? Menarik bukan? Ikuti WEBAPP untuk terus dapatkan update artikel menarik mengenai pengembangan aplikasi dan juga web! Klik https://appkey.id/  agar tak ketinggalan seluruh artikel terbaru dan menarik mengenai teknologi serta pengembangan aplikasi setiap hari! Sampai jumpa lagi!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Mau posting artikel iklan?

Yuk klik dan ikuti ketentuan layanan dari kami, dapatkan penawaran paket dengan harga terbaik!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Contoh PHP Curl : 10 Hal Luar Biasa yang dapat Anda Kembangkan dengan Curl

Meningkatnya jumlah aplikasi yang pindah ke web telah membuat "HTTP Scripting" lebih sering diminta dan diinginkan. Untuk dapat secara...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 7 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

4 Cara Mengatasi Autentikasi Google Play Store dengan Cepat dan Mudah

Apakah Anda sedang mengalami masalah autentikasi Google Play Store? Permasalahan autentikasi Google Play Store adalah permasalahan umum sering dialami...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya