Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Laravel Pedoman Lengkap Set Maintenance Web App di Laravel |...

Pedoman Lengkap Set Maintenance Web App di Laravel | Seri Belajar Laravel

-

Ingin memperbaiki website tetapi tidak ingin user bisa melihat renovasi yang sedang berlangsung? Gampang, Anda tidak perlu panik. Inilah saat yang tepat untuk mengaktifkan Laravel maintenance mode.

Laravel 8 ternyata bisa digunakan untuk mengatur web app buatan kita ke dalam mode maintenance dengan link rahasia. Sehingga, proses maintenance web app Anda dapat berlangsung dengan baik dan ‘rapi’ dari hadapan user.

Seperti apa itu Laravel maintenance mode? Bagaimana cara mengaktivasi dan menggunakan Laravel maintenance mode?

Anda beruntung karena sudah menemukan artikel yang tepat! Tutorial belajar laravel kali ini akan membahas perihal mengaktivasi dan memakai Laravel maintenance mode secara lengkap. Selamat membaca!

Mengenal Kembali Apa Itu Laravel?

Yuk segarkan ingatan terlebih dahulu tentang apa itu Laravel? Laravel adalah sebuah framework khusus yang dirancang dengan basis bahasa pemrograman PHP. Laravel adalah platform terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan aneka website berbasis bahasa pemrograman PHP dengan praktis, baik dan lancar.

Lebih jauh lagi tak hanya sebatas website, Laravel bisa digunakan untuk mengembangkan web application (web app). Web app adalah sebuah aplikasi yang bisa diakses melalui web browser dan koneksi internet selayaknya saat Anda mengakses website.

Jadi, user tidak perlu repot menginstal aplikasi tersebut di smartphone. Namun saat Anda menggunakan website tersebut, Anda dapat merasakan fitur-fitur unggulan bak sebuah aplikasi normal. Canggih, ya!

Laravel didesain sedemikian rupa untuk produksi aneka jenis web app. Laravel diciptakan oleh Taylor Otwell, yang uniknya, sengaja memilih nama Laravel karena terinspirasi dari istana di novel Narnia “Cair Paravel”. Harapannya, Laravel dapat menjadi framework produksi sekaligus istana coding yang bermanfaat untuk memenuhi segala kebutuhan dari programmer.

Laravel memiliki banyak sekali fitur-fitur unggulan dan resource coding yang amat lengkap untuk mendukung aneka jenis produksi software. Dengan 1 framework Laravel saja, Anda bisa menemukan aneka resources, beragam jenis PHP library, dan fitur-fitur serta tools coding lain. Super lengkap!

Akhirnya, dengan mengandalkan beragam kepraktisan di Laravel, Anda bisa mengerjakan beragam task – termasuk melakukan Laravel maintenance mode. Apa itu maintenance? Yuk lanjutkan scroll ke bagian berikutnya untuk mengenal pengertian mode maintenance pada Laravel!

Artikel Terkait  jQuery Adalah? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

Apa Itu Laravel Maintenance Mode dan Manfaatnya?

maintenance-website-1

Istilah maintenance tentunya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Mungkin Anda sendiri juga demikian. Maintenance mode atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan mode pemeliharaan. Mode maintenance bisa muncul pada beragam jenis software, mulai dari website, aplikasi, hingga web app.

Terkadang, tulisan maintenance mode muncul dan menandakan kepada kita bahwa website sedang tidak bisa digunakan. Namun jangan salah mengartikan maksud dari maintenance mode ini. Maintenance mode bukan berarti website yang Anda kunjungi sedang rusak. Ini adalah pemahaman yang keliru terkait maintenance mode dalam pikiran banyak orang.

Alih-alih rusak, maintenance mode sesungguhnya sering digunakan sebagai tanda kepada user bahwa website, aplikasi maupun web app sedang mengalami mode pemeliharaan dan perbaikan. Dengan menampilkan tulisan maintenance mode dan ‘menutup sementara’ website dari user, maka Anda bisa dengan lebih tenang memperbaiki aneka error, bug ataupun tampilan web yang dirasa belum optimal.

Jika Anda ingin memperbaiki website tanpa gangguan seperti mendapat kunjungan dari user, tidak ada salahnya untuk mengaktivasi maintenance mode ini. Agar tidak mengganggu, maintenance mode dapat Anda pasang di malam hari, atau ketika website sedang sepi dari kunjungan user.

Alhasil, perbaikan dapat dilakukan dengan lancar, baik, optimal dan tidak mengganggu user. Dari segi user (pengunjung web) pun, mereka tidak akan merasa terganggu karena mengunjungi website yang sedang ‘dibongkar dan disusun ulang’.

Lalu bagaimana caranya memasang mode maintenance ini pada website? Sebagian programmer memilih untuk mengaktivasi mode maintenance dengan ngoding CSS. Padahal ada cara lain yang lebih ringkas dan simpel untuk mengaktivasi mode maintenance, lho! Ya, cara tersebut adalah dengan memakai framework Laravel 8. Seperti apa caranya? Lanjutkan scroll yuk!

Artikel Terkait  Apa Itu BAIK? Kenalan dengan Scripting Pemrograman "BAIK" Buatan Indonesia

Developer Wajib Tahu, Ini Cara Aktivasi Mode Maintenance di Laravel

website-maintenance-2

Sudah tahu kalau Anda bisa mengatur mode maintenance website atau web app dengan link rahasia memakai Laravel 8? Fitur maintenance sesungguhnya sudah hadir dari Laravel versi lawas, namun sistem kode yang dijalankan masih sederhana dengan perintah php artisan saja (kode: php artisan down).

Di Laravel 8, cara mengaktivasi mode maintenance jauh lebih mudah, praktis dan rapi tersembunyi dari user. Mode maintenance pada Laravel 8 dapat Anda hidupkan dengan memakai fitur option bernama secret.

Cukup dengan memakai kode php artisan: php artisan down –secret=”131”, Anda sudah bisa mengaktivasi mode maintenance untuk website maupun web app. User tidak akan dapat mengakses platform Anda pasca kode ini dijalankan.

Akan tetapi, Anda selaku developer masih bisa mengakses web seperti biasa memakai kode rahasia dan melakukan konfigurasi atau perbaikan website dengan baik.

Cara untuk mengaktivasi mode maintenance pada Laravel 8 adalah sebagai berikut:

  1. Buka Laravel 8 > buka project Anda.
  2. Buka command line > input kode perintah php artisan: php artisan down –secret=”131”.

Contoh:

admin@PC-CGMLMVN MINGW64 /c/xampp2/htdocs/crud-laravel-8/library (server)

$ php artisan down –secret=”131”

Application is now in maintenance mode

  1. Jalankan ulang perintah php artisan serve.
  2. lakukan uji coba dengan menjalankan aplikasi, web atau mengunjungi web app memakai link normal atau localhost:8000. Hasilnya, Anda tidak akan menemukan tampilan web app di browser. Sebagai gantinya, Anda akan menemukan kode error 503 maintenance. Ini adalah tampilan yang bisa dilihat oleh user.
  3. Bagaimana dengan sisi developer? Tenang, Anda cukup mengakses website dengan kode rahasia localhost:8000/131. Hasilnya, Anda akan mendapati tampilan web, aplikasi atau web app dengan normal. Selamat melakukan perbaikan!
  4. Jika sudah selesai melakukan perbaikan web, jangan lupa untuk mengaktifkan kembali website pasca proses maintenance. Cukup gunakan kode perintah php artisan: php artisan up.

Bagaimana, sudah siap untuk mencoba melakukan maintenance mode pada Laravel 8? Selamat mencoba dan jangan lupa untuk memberikan komentar jika proses aktivasi maintenance mode di Laravel 8 Anda sudah berhasil dilakukan.

Demikianlah pembahasan artikel tutorial belajar Laravel khususnya tentang mengaktivasi Laravel maintenance mode. Semoga artikel edisi kali ini mampu menambah wawasan Anda seputar menjalankan Laravel maintenance mode, ya!


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya