Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Aplikasi Mobile Programming 10 Editor Kode Online Terbaik | Fungsi dan Keuntungan

10 Editor Kode Online Terbaik | Fungsi dan Keuntungan

-

Sebagai pengembang, alat utama Anda jelas merupakan alat yang memungkinkan Anda mengubah ide menjadi kode: Editor teks.

Seiring berjalannya waktu, lebih banyak editor kode online dibuat yang dapat membantu Anda membuat kode dari komputer mana pun dengan akses Internet. Pada artikel ini, mari kita lihat 10 editor kode online yang berguna.

Pengaturan nol

Kami tidak tahu pasti, tetapi menyiapkan editor favorit sesuai dengan keinginan Anda di sistem baru bukanlah sesuatu yang diharapkan. Plugin, tema, font, pintasan, cuplikan, pengaturan.

Ada banyak sekali daftar hal-hal yang harus diseimbangkan sebelum semuanya dapat digunakan. Sangat mudah untuk mengabaikan sesuatu, hanya untuk kemudian merasa kesal ketika alur kerja Anda terganggu.

Sebaliknya, tidak ada yang bisa dilakukan dengan editor kode online setelah penyiapan pertama selesai. Build resmi, update, build nightly, platform yang didukung, arsitektur sistem, sinkronisasi FTP, pipeline CI/CD – semua itu tidak penting selama Anda memiliki browser!

Kolaborasi

Lebih sering daripada tidak, Anda perlu berkolaborasi dengan pengembang lain saat mengerjakan masalah atau men-debug sesuatu.

Editor kode tradisional tidak dibuat untuk ini, tidak ada ruang untuk pengeditan kode, komentar, atau penyorotan secara bersamaan, dan menambahkan dukungan untuk itu merupakan hal yang menantang.

Keamanan data

Sekarang, sudah pasti bahwa tidak ada proyek hari ini tanpa kontrol versi, yang berarti salinan kode ada di repositori setiap saat. Meskipun demikian, ada kalanya kontrol versi tidak cukup:

  • Anda lupa untuk mendorong komit yang baru dibuat, dan laptop Anda terbakar.
  • Anda memiliki file penting dan dump data lain yang berinteraksi dengan kode Anda, meskipun ini bukan bagian dari aplikasi langsung.
  • Menegakkan disiplin

Ini mungkin juga diperdebatkan di pengadilan hak pengembang (jika hal seperti itu ada), tetapi kenyataannya adalah bahwa pengembang jarang mengorbankan keinginan mereka untuk kebaikan bersama.

Misalnya, penggemar Sublime Text hardcore akan sepenuhnya merangkul editor kode online terbaik JetBrains dan akan menemukan setiap kesempatan untuk menunjukkan sifat haus memori dan kinerja yang lebih lambat. Hal yang sama berlaku untuk tab vs. spasi (atau bahkan tab dua spasi vs. tab empat spasi)

Artikel Terkait  Apa itu JRE? Mengenal Istilah Java Runtime Enviroment

Mengapa Menggunakan Editor Kode Online?

kode-editor-online-2

Mari dengan cepat merangkum keuntungan menggunakan IDE online (Integrated Development Environment):

Tidak ada Setup

Karena Anda akan membuat kode langsung di browser, Anda tidak perlu mengunduh, menginstal, dan mengkonfigurasi IDE. Menghemat waktu dan kekacauan hard drive selalu merupakan hal yang baik jika Anda bertanya kepada saya.

Kolaborasi Mudah

Sebagian besar IDE dan aplikasi web yang ditampilkan dalam artikel ini memiliki opsi berbagi/kolaborasi tingkat lanjut. Misalnya, Anda dapat mulai membuat kode dan meneruskan URL ke kolega Anda agar mereka dapat melanjutkan pekerjaan Anda atau membantu Anda melakukan debug.

Jadi jika Anda bekerja dalam tim, editor kode online jelas merupakan pilihan yang harus Anda pertimbangkan.

Nol hingga Sedikit Biaya

Sebagian besar dari daftar ini menampilkan IDE gratis, jadi Anda tidak akan menghabiskan banyak uang saat mulai mengerjakan proyek baru yang menarik. Oleh karena itu, IDE online adalah pilihan yang bagus untuk pelajar atau mereka yang ingin menjadi pengembang web.

Daftar 10 Kode Editor Online Terbaik

1. CodePen

Mungkin editor kode online paling populer. CodePen cepat, mudah digunakan, dan memungkinkan pengembang web untuk menulis dan membagikan kode HTML/CSS/JS secara online.

CodePen gratis dan membuat akun tidak wajib, jadi Anda dapat mulai menulis kode dan membuat aplikasi web baru langsung dari browser web Anda dengan cepat dan efisien.

2. Code Sandbox

Code Sandbox adalah editor kode online luar biasa yang memungkinkan pengembang membuat aplikasi dengan cepat menggunakan bahasa dan teknologi pemrograman modern seperti Angular.js, Vue.js, dan React.

Lingkungan pengembangan lengkap ini dimuat dengan banyak fitur dan template kode yang pasti akan membuat pengkodean Anda lebih cepat dan mudah.

3. CodeShare

Seperti namanya, CodeShare adalah editor kode online dengan penekanan pada kode berbagi. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi pengembang untuk berbagi kode dengan orang lain, memecahkan masalah kode bersama dan bagi guru untuk menunjukkan kepada siswa cara membuat kode dalam waktu nyata.

CodeShare mendukung penyorotan sintaks untuk 50+ bahasa, dan menampilkan opsi obrolan video yang sangat berguna saat bekerja dari jarak jauh dengan rekan kerja.

4. JS Fiddle

Selama beberapa tahun sekarang, JS Fiddle telah menjadi pilihan yang sangat populer bagi pengembang yang ingin menulis dan berbagi kode secara online.

Meskipun tidak dapat menggantikan desktop atau editor baris perintah seperti Vim, ini 100% gratis dan menyediakan banyak boilerplate (jQuery, Vue, Reac, React + JSX, Preact, TypeScript, CoffeeScript, SCSS, CSS Grid, Bootstrap, PostCSS ) untuk memulai dengan cepat.

5. JSBin

Seperti yang bisa Anda tebak, JSBin adalah editor teks online yang utamanya berfokus pada Javascript, dengan antarmuka yang cepat dan sederhana. Setiap cuplikan kode Anda dapat diuji melalui browser web Anda, dan kemudian diekspor ke file teks.

Hal baik lainnya yang perlu diperhatikan adalah JSBin dapat mengimpor kerangka kerja HTML/CSS/JS populer seperti jQuery dan Bootstrap memungkinkan Anda membuat halaman dan aplikasi web modern dengan mudah.

6. Play Code

kode-editor-3

Mirip dengan CodePen, Play Code adalah editor teks online yang cepat dan intuitif untuk pengembangan web front-end. Alat praktis ini memungkinkan Anda menggunakan pustaka untuk HTML, CSS, dan JavaScript (jQuery, React, Vue, dll) sambil membiarkan Anda melihat hasilnya secara real time.

Editor online yang hebat ini menampilkan template untuk bekerja dengan kerangka pengembangan web populer dan memungkinkan pengguna yang masuk untuk menyimpan dan berbagi kode.

Artikel Terkait  Mengenal Framework7, Framework HTML untuk Membuat Aplikasi Mobile Hybrid

7. Editor TryIt

Dipersembahkan oleh W3Schools, editor TryIt memungkinkan pengguna mengedit kode HTML, CSS dan JavaScript, dan melihat hasilnya di browser mereka. Editor online ini sangat sederhana dan tidak menampilkan opsi sebanyak yang disebutkan beberapa orang lain dalam daftar kami, tetapi ini masih merupakan alat yang hebat, terutama untuk menguji ide dan teknik baru.

8. EditPad

EditPad adalah editor online sederhana dan minimal untuk pengembang web. Tidak seperti kebanyakan alat yang ditampilkan dalam artikel ini, tidak menampilkan penyorotan sintaks, boilerplate, atau manajemen proyek.

EditPad hanyalah halaman biasa untuk mengetik teks Anda tanpa gangguan. Meskipun jelas bukan editor yang paling kuat untuk pengembangan web, “buku catatan online” ini bisa menjadi penyelamat di komputer yang sangat lambat.

9. StackBlitz

StackBlitz mengklaim memungkinkan Anda membuat kode masa depan di browser Anda. Dan setelah mencobanya, saya yakin Anda akan setuju bahwa aplikasi web ini sangat berguna untuk pembuat kode.

StackBlitz memiliki 5 ruang kerja: React, AngularJS, JavaScript, Ignite UI dan KendoReact. Setelah diluncurkan, Anda akan melihat kesamaan antara StackBlitz dan editor VSCode, yang merupakan hal yang baik jika Anda terbiasa dengan editor Microsoft.

Fitur StackBlitz lain yang sangat keren adalah semua aplikasi disebarkan secara otomatis di server mereka dan dihosting secara gratis.

10. Gitpod

Apakah Anda pengguna GitHub? Jika ya, Anda pasti akan menyukai Gitpod. Cloud IDE ini adalah salah satu editor kode online terbaik dan memungkinkan Anda meluncurkan lingkungan pengembang siap kode untuk proyek GitHub atau GitLab Anda dengan satu klik.

Gitpod menawarkan integrasi penuh dengan GitHub dan mendukung semua bahasa dan kerangka kerja utama back-end/front-end. Sayangnya, ini tidak gratis, mulai dari $8 sebulan.

11. TypeIt

TypeIt bukan editor kode dan kami ragu untuk menampilkannya di posting ini. Alat praktis ini membantu Anda mengakses karakter khusus seperti aksen Prancis, seperti halnya papan ketik visual. Pasti sebuah situs untuk dimasukkan ke dalam bookmark Anda jika Anda sering bekerja di situs multi-bahasa.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya