Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteMaintenanceIni Tips 10 Cara Mencari Bug Website dan Aplikasi

Ini Tips 10 Cara Mencari Bug Website dan Aplikasi

-

Suatu software baik aplikasi atau pun website bisa mengalami suatu kegagalan sistem atau cacat dalam programnya. Hal inilah yang dikenal dengan bug. Saat melakukan suatu pengkodean atau programming, Anda mungkin akan menemukan beberapa bug.Kelihatannya memang remeh, namun bug bisa menyebabkan gangguan komputer yang begitu parah. Oleh karena itu Anda perlu mengetahui cara mencari bug website dan aplikasi.

Inilah sebabnya, bug-bug dalam program Anda harus segera diperbaiki. Anda mungkin masih bertanya-tanya apa itu bug dan bagaimana mengatasinya? Untuk lebih jelasnya, pada artikel ini kami akan menjelaskan cara-cara mencari bug website maupun aplikasi.

Cara-cara yang kami sajikan di sini adalah cara-cara yang mudah dan sederhana. Ingin tahu kelanjutannya? Yuk simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu Bug? : Penjelasan Mendalam tentang Bug

Dalam komputasi, bug adalah kesalahan dalam kode sumber yang menyebabkan program menghasilkan hasil yang tidak diharapkan atau bahkan tidak berjalan sama sekali (crash). Bug komputer dapat memengaruhi kinerja aplikasi, jadi pengembang perlu memastikan bahwa bug tersebut diperbaiki sebelum perangkat lunak dijual kepada pelanggan.

Kembali ketika komputer mainframe masih state-of-the-art, beberapa programmer terus mendapatkan hasil yang salah dari program mereka. Ketika mereka memeriksa di bawah kap, mereka menemukan bahwa ngengat masuk ke sirkuit, menyebabkan kesalahan dalam perhitungan. Itu sebabnya kesalahan pemrograman disebut “bug.”

8 Cara Mencari Bug Website dan Aplikasi

cara-mencari-bug-website.

Sebuah program juga berisikan mikrokode yang dibuat menjadi mikroprosseor. Proses menemukan serta mencari bug ini disebut dengan istilah debugging.

Permulaan debugging bisa dilakukan saat pertama kali menulis kode dan dilakukan secara berlanjut serta berurutan ketika kode digabungkan dengan unit pemrograman lain sehingga dapat membentuk produk perangkat lunak berupa sistem operasi, website, maupun aplikasi.

Ini dia 10 cara mencari bug website dan aplikasi

  1. Lakukan Riset

Hal pertama yang dilakukan dalam cara mencari bug website dan aplikasi adalah melakukan riset. Cara melakukan riset adalah sebagai berikut:

  • Buat QnA (Pertanyaan dan jawaban) sesuai dengan perangkat lunak yang akan uji. Dengan pengetahuan yang memadai tentang bagaimana fitur seharusnya bekerja dan bagaimana diharapkan pengguna, maka akan lebih mudah menemukan bug.
  • Jika penguji bukan bagian dari rapat tinjauan HLD teknis, mereka masih dapat berinteraksi dengan developer dan mencari salinan dokumen yang relevan untuk mempelajari fitur tertentu. Selain itu, cobalah untuk bertemu dengan pengembang untuk membahas teknis produk.
  • Fokus pada perspektif pelanggan. Pikirkan apa yang diharapkan pelanggan dari perangkat lunak ketika bertanya-tanya bagaimana menemukan bug di aplikasi.
  1. Pengujian Mobile-Ready

Pengujian ini dilakukan untuk memastikan website maupun aplikasi Anda siap dipakai secara mobile atau seluler melalui smartphone. Pengujian ini sangat penting dilakukan mengingat sebagian besar orang memakai smartphone untuk mengakses website maupun mendownload aplikasi. Ini dia langkah-langkah melakukan pengujian secara mobile.

  • Siapkan daftar perangkat untuk aplikasi atau website Anda. Anda bisa melakukannya dengan dengan menelusuri menggunakan Google Analytics untuk melihat perangkat apa yang sering dipakai oleh pengguna pada website atau aplikasi competitor.
  • Anda bisa memakai extention emulator yang ada pada mobile browser untuk menguji aplikasi Anda.
  • Anda dapat memberikan tim Anda sebuah ponsel atau perangkat yang dari sistem operasi yang berbeda sehingga pengujian waktu nyata dapat dilakukan karena bug tertentu sering terlewatkan oleh emulator. Tentunya hal ini bisa dilakukan jika anggaran Anda cukup besar.
  • Pastikan semua fitur dapat terlihat di ponsel dapat terlihat dan ramah untuk para pengguna. Pastikan juga semua konten sesuai dengan perangkat mobile tersebut.
  1. Pengujian Lintas-Browser

Cara mencari bug di website yang paling penting adalah dengan membukanya di berbagai browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, maupun Safari. Anda juga bisa menggunakan browser lainnya yang baru seperti Avast Browser. Langkah-langkah mencari bug website di browser yaitu:

  • Lakukan pengujian menggunakan alat kompatibilitas lintas-browser selama tahap awal pengembangan. Setelah desain siap unit testing harus dimulai segera
  • Jalankan case testing setelah seluruh pengembangan selesai.

Artikel Terkait  Mengenal Spring Boot, Framework untuk Membangun Aplikasi Java

  1. Pengujian Aksesibilitas

World Wide Web Consortium (W3C) telah menyiapkan serangkaian pedoman dan standar yang harus dipatuhi oleh organisasi atau individu sebelum merilis aplikasi web mereka. Pedoman tersebut menyatakan bahwa aplikasi harus dapat diakses oleh semua orang, terutama penyandang disabilitas. Adapun beberapa pedoman yang harus dipatuhi yaitu:

  • Menguji apakah situs web Anda mematuhi bagian 508, ADA, dan pedoman lainnya.
  • Cobalah untuk jalankan scalability testing guna memastikan bahwa website tetap bisa dibaca ketika gambar atau font diperbesar.
  • Pengujian pembacaan layar harus dilakukan untuk memastikan bahwa orang dengan penglihatan yang buruk dapat menavigasi halaman menggunakan pembaca layar.
  • Situs harus sepenuhnya dapat dinavigasi dengan menggunakan keyboard saja
  • Teks harus disertakan dalam konten media untuk memastikan penyandang disabilitas pendengaran dapat memahami konten audio dan video.
  1. Pemeriksaan HTML dan CSS Umum

Pemeriksaan HTML dan CSS perlu dilakukan untuk memastikan styling pada website atau aplikasi Anda berjalan dengan baik. Pastikan kode HTML atau XHTML Anda bebas kesalahan dengan memvalidasinya menggunakan W3C Markup Validation, alat validator resmi dari World Wide Web Consortium.

Ada alat lain seperti HTML Tidy, alat Google Webmaster, dan lain sebagainya yang dapat mencari kode untuk tag meta duplikat, tautan yang rusak, judul yang hilang, atau bug lainnya.

Layanan Validasi CSS yang disediakan oleh W3C dapat digunakan untuk mengetahui kesalahan atau pelanggaran kepatuhan pada CSS Anda.

Anda disarankan untuk memakai CSS Compressor setelah kode selesai diperiksa. Hal ini pun mampu mengecilkan file dengan mengecilkan seluruh kode menjadi satu baris. Alat ini dapat mempercepat waktu pemuatan besar untuk halaman dengan ribuan baris CSS.

  1. Pengujian Keamanan untuk Login Situs Web

Apabila website atau aplikasi Anda berkaitan dengan perbankan, belanja online, atau aktivitas apa pun di mana data pengguna harus dirahasiakan, pengujian keamanan sangat penting. Adapun pedoman keamanan yang harus dipatuhi yaitu:

  • Pastikan akun terkunci setelah beberapa entri kata sandi atau ID pengguna yang salah.
  • Pastikan login otomatis dicegah melalui teknik seperti verifikasi OTP atau CAPTCHA saat login.
  • Periksa enkripsi cookie dan cache.
  • Setelah pengguna keluar, tekan tombol kembali untuk memastikan bahwa sesi penjelajahan telah kedaluwarsa.
  1. Pengujian Kinerja Aplikasi

Terlepas dari kegunaan dan keamanan, aplikasi web Anda harus mampu menahan beban. Seringkali, situs web terlihat macet atau down ketika lalu lintas Internet atau pengakses website tersebut meningkat secara tiba-tiba. Untuk mengatasi hal ini ada eberapa hal yang perlu dilakukan:

  • Jalankan stress testing untuk mengetahui bagaimana situs berperilaku ketika beban kerja meningkat.
  • Simulasikan sesi login beberapa pengguna dan jalankan pengujian konkurensi untuk mengetahui apakah situs berperilaku normal atau tidak.
  • Jalankan pengujian daya tahan untuk memeriksa kinerja situs web saat menghadapi beban kerja di luar batasnya.
  • Lakukan juga testing pada waktu pemuatan aplikasi ketika jangkauan jaringan sedang rendah.

Artikel Terkait  Seringkali Disamakan! Apa perbedaan Framework dan Library?

  1. Pengujian Beta oleh Pengguna secara Nyata

Ini adalah fase terakhir pengujian ketika situs diluncurkan pada platform di mana pengguna akhir yang akan menguji platform Anda apabila ada kesalahan.

Pengujian beta sangat penting karena pengguna menavigasi situs dan cenderung menemukan titik lemah dari sudut pandang mereka.

Tim pengujian Anda mengikuti serangkaian aturan untuk melakukan pengujian unit. Pengguna nyata sering berpikir di luar kebiasaan dan mungkin menemukan kesalahan yang mungkin terlewatkan oleh tim pengujian.

Terlepas dari semua skenario pengujian yang disebutkan di atas, pengujian dokumentasi juga harus dilakukan untuk memeriksa apakah situs web mengikuti semua spesifikasi yang diperlukan dan logika bisnis seperti yang disebutkan oleh klien.

Setelah aplikasi Anda lulus semua skenario uji kasus dengan semua bug prioritas tinggi diperbaiki, itu dapat digunakan ke dalam produksi.

Itulah cara mencari bug di website dan aplikasi yang bisa Anda lakukan pada program komputer Anda. Cara menemukan bug dalam website yang kami sajikan adalah cara umum yang dilakukan.

Meski demikian ada juga debugging tools yang bisa Anda pakai untuk mencari bug di website dan aplikasi secara lebih mudah dan efisien. Namun, cara tradisional yang kami sebutkan tentunya lebih efektif.

Ingin tahu lebih banyak informasi seputar cara debugging website dan aplikasi? Kunjungi situs WebApp di https://appkey.id/ atau download aplikasinya secara langsung di Google Play Store.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Rekomendasi 10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya