Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Teknologi Web Bagaimana CDN Bekerja Dalam Kecepatan Loading Website? Ini Ulasan...

Bagaimana CDN Bekerja Dalam Kecepatan Loading Website? Ini Ulasan Singkatnya

-

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai CDN. Semakin lumrahnya kegiatan digitalisasi di seluruh dunia, maka akan mendorong permintaan CDN yang semakin banyak.

Jika kita membicarakan kegunaan internet yang dapat menyambungkan banyak orang secara bersamaan, real time, dimana saja dan kapan saja, pastinya kegunaan internet terdengar sangat luar biasa. Hal ini akan berkaitan dengan keberadaan sebuah CDN.

Adanya Jaringan Internet

Adanya jaringan internet juga mendorong potensi dalam melakukan ekspansi pasar. Tidak hanya dapat menjangkau pasar lokal sekitaran daerah di Indonesia saja, tapi juga bisa memasarkan sampai keluar negeri dengan bantuan internet.

Komoditas yang bisa dipasarkan bukan hanya terbatas pada produk dan jasa yang bisa diakses lewat e-commerce, tetapi juga konten-konten yang dibuat oleh para content creator. Konten mereka dapat dinikmati seluruh masyarakat di dunia dan tidak hanya terbatas pada negara asalnya saja.

Tapi tahukah Anda, untuk mendapatkan koneksi yang lancar dalam mengakses konten antar benua dibutuhkan CDN. Entah itu untuk mengakses e-commerce asing, social media asing, website asing dan masih banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang berasal dari negara lain. Lalu apa itu CDN?

Artikel Terkait  Aplikasi Website Terbaik Untuk Membuat Web

Apa itu CDN?

 

CDN adalah singkatan dari Content Delivery Network, yang merupakan bentuk mirroring atau pemantulan dari konten website Anda. Adanya pemasangan Content Delivery Network untuk web Anda, akan memungkinkan konten yang ada pada web seperti, CSS, gambar, custom script, video dan konten lainnya akan di mirroring (pantulkan) pada server cadangan yang diletakkkan di berbagai belahan dunia.

Tentunya lokasi pemasangan Content Delivery Network untuk melakukan mirror pada web Anda, sudah Anda tentukan terlebih dahulu ingin dipasang di mana saja. CDN bisa menyebarkan konten web ke wilayah geografis yang luas, karena hal ini CDN sering kali disebut sebagai jaringan distribusi (distribution network).

Fungsi CDN

Berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan CDN untuk situs Anda :

Menyediakan PoP

Content Delivery Network yang sering kali dikenal sebagai jaringan distribusi, karena menyediakan PoP atau Point of Presence di luar server asal. PoP ini merupakan infrastruktur terluar dari jasa penyedia internet yang menghubungkan penyedia internet ke pelanggan. Singkatnya, PoP akan menghubungkan jaringan ke pengguna walaupun letak server asal sangatlah jauh.

Memperlancar kegiatan e-commerce global

Memiliki sebuah situs e-commerce secara global tentunya akan memiliki traffic situs yang sangat banyak. Karena traffic-nya tidak hanya berasal dari negara asal, tetapi juga negara lainnya.

Adanya mirroring server dengan Content Delivery Network, akan mengurangi beban traffic dan membuatnya lebih seimbang. Masalah yang sering terjadi akibat besarnya traffic yang terjadi pada suatu situs seperti menampilkan halaman web yang sangat lambat, gangguan pada server dan masalah-masalah terkait kecepatan situs akan bisa teratasi. Hal ini akan menciptakan kepuasan bagi user yang menggunakan service Anda.

Mengurangi bandwidth

Hal ini berhubungan dengan mirroring server utama, semakin dekat mirror server yang digunakan dengan area si pengguna situs, maka akan menghemat penggunaan bandwidth. Bandwidth sendiri merupakan jumlah konsumsi dari transfer data yang dihitung dalam satuan bps (bit per second).

Mengurangi resiko “down” pada server

Menggunakan Content Delivery Network akan mengurangi kesempatan terjadinya request timeout saat mengakses situs dari negara lain. Selain itu juga tidak akan menyebabkan terjadinya overload pada hosting Anda karena web sangat ringan sehingga tidak akan membebani resource server share hosting.

Artikel Terkait  Halaman Website Adalah? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Cara Kerja CDN

Setiap situs memiliki server yang berada pada lokasi tertentu. Jika ada pengguna yang ingin mengakses sebuah situs, maka nantinya pengguna tersebut akan diarahkan untuk mengakses konten dari server terdekat di mana pengguna tersebut berada.

Jika ada pengunjung yang berasal dari Korea ingin mengakses situs Anda yang berada di Indonesia tanpa Content Delivery Network, maka pengalaman akses dari pengunjung tersebut akan terasa kurang menyenangkan. Karena jarak antara data center (server utama) dan pengunjung situs cukup jauh serta adanya perbedaan speed international connection antar negara, tidak jarang proses loading konten tersebut akan mengalami request timeout. Karena tidak berhasil menampilkan situs akibat banyaknya kendala pada server.

Dengan menggunakan server Content Delivery Network Korea maka ketika pengunjung meminta akses konten untuk situs Anda, jadi server Content Delivery Network Korea akan secara otomatis merespon permintaan tersebut. Kemudian melakukan mirroring konten situs Anda, sehingga loading situs akan lebih cepat seperti loading situs lain di negara asalnya.

Server Content Delivery Network  ini akan secara otomatis merespon permintaan akses situs yang ditangkap oleh server terdekat dengan area pengguna. Jika permintaan akses berasal dari Indonesia maka yang merespon adalah server utamanya. Begitu pula sebaliknya, jika websitenya berasal dari Korea dan orang Indonesia yang mencoba mengaksesnya maka akan direspon oleh Content Delivery Network Indonesia.

Hasilnya, website lebih cepat dibuka di seluruh dunia. Adanya mirroring ini juga akan meminimalisasikan penggunaan quota bandwidth di server asalnya dengan mencegah server utama merespon semua permintaan (traffic) yang ada sehingga akan membutuhkan bandwidth yang besar untuk merespon semuanya dengan cepat.

Cara kerja Content Delivery Network sebenarnya, ketika pengguna melakukan permintaan akses ke situs Anda, maka browser yang digunakan pengguna akan mengirimkan http request ke server yang kemudian akan direspon oleh server terdekat yang nantinya menampilkan situs konten sama seperti apa yang akan ditampilkan jika dikirim dari server utamanya.

Kecepatan loading konten akan berpengaruh dengan jarak servernya, semakin dekat letaknya maka akan semakin cepat. Misalnya saja, kita membahas proses loading aplikasi Youtube yang sudah sangat dikenal semua orang di belahan dunia. Youtube sendiri berpusat di California, Amerika. Itu artinya data center Youtube berada di Amerika.

Tetapi aplikasi dan situs Youtube tetap bisa diakses dimana saja dan kapan saja, bahkan kegiatan streaming video yang merupakan fitur utama Youtube bisa berjalan dengan baik walaupun data centernya berada di Amerika. Hal ini dikarenakan, Youtube sudah memiliki CDN di seluruh belahan dunia. Tersedia mirroring server di masing-masing area untuk mempercepat akses di negara-negara target pasar Youtube.

Artikel Terkait  Jasa Pembuatan Header Website dan Blog Murah

Pengguna CDN

 

Siapa saja orang yang perlu menggunakan Content Delivery Network? tentu saja jawabannya orang-orang yang mengharapkan adanya akses tidak hanya pada daerah asal situsnya saja. Tetapi juga membuka kesempatan bagi masyarakat global untuk mengaksesnya dalam rangka memperluas pasar. Contohnya seperti :

  1. Bisnis E-commerce Global (Alibaba, Amazon)
  2. Game Online (Yang bisa dimainkan secara global dan real time)
  3. Advertising ( Untuk pengalaman iklan yang lancar tanpa buffering)
  4. Entertainment (Sosmed seperti Youtube)

Kesimpulan

Tidak memiliki Content Delivery Network pada website Anda, entah itu blog ataupun e-commerce yang berkeinginan dapat diakses secara global, tentunya akan merepotkan.

Bayangkan saja, Anda sudah membuat konten yang menarik untuk blog ataupun e-commerce milik Anda dengan harapan dapat menarik minat pasar asing. Namun saat calon konsumen Anda yang berada di beda negara mencoba mengakses situs Anda yang tanpa Content Delivery Network, tentunya proses loading konten yang dibutuhkan cukup lama dibanding web lokal yang ada di negaranya.

Tak jarang juga, terlalu lama menunggu konten untuk ditampilkan  biasanya berakhir dengan istilah request timeout (tidak menampilkan konten karena kehabisan waktu). Sehingga berakhir dengan pengunjung yang membatalkan niatnya untuk mengakses situs Anda karena respon yang terlalu lambat. Menggunakan CDN, tentunya akan menyelesaikan segala masalah terkait akses di beda negara.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya