Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteFront endJangan Sepelekan! Ini Manfaat Membuat Aksesibilitas Web untuk Bisnis...

Jangan Sepelekan! Ini Manfaat Membuat Aksesibilitas Web untuk Bisnis Anda

-

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah “aksesibilitas website “. Namun tahukah Anda apa sesungguhnya arti dari aksesibilitas website? Jangan menyepelekan istilah yang satu ini, sebab web accessibility adalah salah satu komponen penting untuk keberlangsungan bisnis online yang lebih baik.

Faktanya, sering kali kita melupakan keberadaan penyandang disabilitas dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, kelompok penyandang disabilitas juga manusia yang memerlukan aneka produk untuk  memenuhi kebutuhan sehari-hari. Alias, mereka juga merupakan bagian dari pasar konsumen target Anda yang harus dipertimbangkan.

Namun tentunya website bisnis Anda harus ramah bagi para penyandang disabilitas. Pun accessibility adalah kemampuan untuk para penyandang disabilitas untuk menjangkau website toko online Anda.

Kalau Anda masih bertanya-tanya accessibility adalah kemampuan untuk apa dan bagaimana mempraktekkannya, maka Anda harus melanjutkan membaca artikel edisi kali ini. Berikut ini kami akan membahas lebih rinci tentang web accessibility standards dan bagaimana cara terbaik untuk mewujudkannya. Selamat membaca!

Apa Itu Web Accessibility?

accesbility-web-1

Sesungguhnya, membuat sebuah web accessibility adalah sebuah keharusan bagi kita agar semua kalangan masyarakat bisa menggunakan website dengan baik. Yang dimaksud dengan semua kalangan masyarakat adalah masyarakat normal dan masyarakat penyandang disabilitas.

Jadi, web accessibility adalah kemampuan untuk membuat website yang ramah digunakan oleh kawan-kawan penyandang disabilitas.

Sayangnya, mayoritas dari kita sering melupakan aspek web accessibility standards ini, hanya karena kita menganggap diri kita normal dan bisa bekerja seperti biasa. Kebiasaan buruk inilah yang harus kita mulai ubah. Mewujudkan web aksesibilitas adalah jalan pertama yang baik untuk memulai perubahan ini.

Aksesibilitas adalah tampilan web yang lebih bisa diterima dan digunakan oleh pengguna disabilitas seperti kelompok tuna netra dan penyandang penyakit Parkinson. Dulu, sempat terjadi diskriminasi dan pembatasan bahwa masyarakat difabel tidak diperbolehkan untuk mengakses website.

Hingga akhirnya lembaga HAM PBB mengeluarkan konvensi khusus bagi kelompok difabel bernama The UN Convention on the Rights of Person with Disabilities. Dalam peraturan ini terdapat bahwa aksesibilitas adalah salah satu hak asasi yang wajib bisa diterima oleh kaum difabel.

Lebih lanjut, aksesibilitas adalah akses yang diperluas pemberiannya mulai dari kelompok masyarakat difabel, hingga negara-negara berkembang, orang-orang lanjut usia, dan juga kelompok masyarakat di kawasan pedalaman.

Menerapkan konsep aksesibilitas adalah sebuah strategi bisnis yang baik pula sebab bisa menguntungkan kedua belah  pihak dari konsumen dan penjual. Dengan segala kemudahan yang tersedia di konsep aksesibilitas web, maka konsumen bisa berinteraksi lebih jauh dengan produk-produk serta jasa layanan yang disediakan oleh perusahaan.

Artikel Terkait  Apa Itu SQL? Definisi, Jenis, dan Fungsinya

Tantangan dan Keuntungan Menerapkan Konsep Aksesibilitas

Menerapkan konsep aksesibilitas tidak hanya menawarkan keuntungan tersendiri. Tetapi ada juga beberapa tantangan yang terselip di balik upaya menerapkan konsep aksesibilitas ini.

Setidaknya ada 2 masalah dan tantangan utama dalam konsep aksesibilitas. Kedua tantangan aksesibilitas adalah sebagai berikut:

  • Tantangan bagi desainer UI/UX website untuk membuat tampilan halaman website yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh kelompok difabel. Para desainer mungkin akan memerlukan bantuan alat tambahan untuk memudahkan penyandang disabilitas untuk mengoperasikan website, seperti screen reader.
  • Tantangan pemberian akses internet dan informasi elektronik lainnya untuk kelompok difabel, seperti cara-cara terbaik agar mereka bisa mendapatkan konten-konten atau iklan produk Anda secara online.

Sementara keuntungan bagi brand atau perusahaan yang mengaplikasikan konsep aksesibilitas adalah mendongkrak UX (user experience) hingga ke titik optimal, mendapat nilai plus dan respon positif dari masyarakat, menaikkan citra brand menjadi lebih baik, menumbuhkan rasa kepuasan pelanggan dan juga memperluas daya jangkau masyarakat konsumen.

Cara Praktis Mengaplikasikan Aksesibilitas ke Website

accesbiliity-web-2

Ingin mengaplikasikan konsep aksesibilitas ke website bisnis Anda? Anda bisa melakukannya mulai hari ini dengan cara-cara praktis berikut ini:

Memastikan Konten Bisa Diakses Semua Orang

Pertama, pastikan konten website Anda bisa diakses siapa saja. Caranya adalah memastikan semua konten Anda dapat diakses, termasuk konten-konten dinamis sejenis pop up, lightbox, screen overlay dan in-page update.

Untuk memastikan semua konten dapat terakses, Anda bisa memakai ARIA  (Accessible Rich Internet Applications). ARIA berfungsi untuk memasukkan informasi aksesibilitas ke elemen-elemen konten yang awalnya sulit terbaca dan dijankau oleh user difabel. Nantinya, ARIA akan dipasang ke sistem HTML5.

Memakai ALT TEXT untuk Screen Reader

Selanjutnya, Anda bisa memakai alt text untuk memudahkan  user difabel seperti tuna netra untuk bisa membaca teks pada website dengan baik.

Alt text akan mempermudah user difabel untuk menikmati konten website dengan bantuan screen reader. Alt text bisa dipasangkan pada konten apa saja,  mulai dari konten biasa hingga infografis sekalipun.

Hati-Hati dalam Memadukan Warna

Anda juga harus berhati-hati dalam memadukan warna, sebab ada penyandang difabel yang tidak bisa mengenali warna dengan baik. Contohnya adalah para penderita buta warna parsial.

Bahkan hasil studi dari University of California, penyandang buta warna parsial ada sekitar 8% orang dari seluruh dunia. Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mempertimbangkan memakai kombinasi warna yang tidak membingungkan, memiliki kontras yang jelas, supaya para penyandang disabilitas bisa menikmati konten Anda dengan baik dan lancar.

Akses Konten Memakai Keyboard

Banyak penyandang difabel tidak bisa memakai trackpad, pointer, atau mouse. Sehingga satu-satunya perangkat yang bisa mereka andalkan hanyalah keyboard. Untuk itu, Anda harus merancang aksesibilitas web yang bisa dijalankan dengan keyboard untuk memudahkan mereka dalam melakukan navigasi beragam konten yang ada di website.

Artikel Terkait  Google AMP Adalah : Solusi untuk Meningkatkan SEO Situs

Memakai Nama Web dan Link yang Unik

Mengingat website Anda akan bekerja menggunakan screen reader, maka Anda perlu memastikan seluruh konten bersifat deskriptif, jelas dan mudah dibaca mesin. Hindari penggunaan kode link redirect yang tidak jelas seperti ‘klik di sini’, ‘link ini’ dan sejenisnya.

Sebab, link-link semacam itu tidak dapat dibaca dengan baik oleh mesin screen reader.  Akibatnya, user tidak tahu kemana link  tersebut dapat membawanya setelah diklik.

Memakai CMS Support Aksesibilitas

Strategi terakhir pengaplikasian aksesibilitas adalah memakai CMS (content management system) yang mendukung konsep aksesibilitas.

CMS sudah biasa digunakan dalam pembuatan website, namun untuk web dengan konsep aksesibilitas, Anda akan memerlukan CMS khusus begitu pula dengan modul, tema, plugin hingga widget khusus yang mensupport aksesibilitas website untuk memudahkan pengembangan website ramah difabel ini.

Namun Anda tidak perlu cemas, sebab CMS yang mensupport aksesibilitas sudah tersedia banyak dan gratis di internet.

Demikianlah pembahasan artikel edisi kali ini tentang web accessibility standards. Semoga pembahasan di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda, ya. Terima kasih sudah membaca sampai di sini, jangan lupa untuk mengecek beragam artikel menarik lainnya seputar dunia IT hanya dari Appkey.id! Sampai jumpa.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya