Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan WebsiteWeb ProgrammingPanduan Membuat Situs Website Resume Professional Dalam Waktu Singkat

Panduan Membuat Situs Website Resume Professional Dalam Waktu Singkat

-

Karena lanskap teknologi yang terus berubah, banyak proses yang biasa kita ubah secara drastis atau menjadi ketinggalan zaman.

Salah satu proses tersebut melamar pekerjaan. Hari-hari secara pribadi mengirimkan resume professional cetak Anda ke tempat kerja yang Anda inginkan sudah lama berlalu.

Mengingat Anda terus memperoleh keterampilan dan kualifikasi baru, Anda memerlukan resume professional yang dapat Anda perbarui dan bagikan setiap saat. Selain itu, calon pemberi kerja juga dapat menemukan Anda secara online dengan mencari nama Anda secara cepat.

Memiliki situs web CV yang dirancang dengan baik yang menyampaikan kepribadian Anda mengirimkan pesan yang jelas kepada perekrut bahwa Anda serius dengan karier Anda.

Untuk membantu Anda menuju kesuksesan profesional, kami telah merinci langkah-langkah tentang cara membuat situs web resume professional Anda sendiri:

  1. Pilih templat situs web resume Anda
  2. Tambahkan gambaran profesional tentang diri Anda
  3. Tambahkan bagian yang relevan
  4. Tambahkan detail kecil
  5. Optimalkan untuk SEO
  6. Pastikan website Anda ramah seluler
  7. Minta opini kedua
  8. Publikasikan dan lacak

Pilih template situs web resume Anda

resume-pic-tengah

Terlepas dari profesi Anda, memiliki situs web resume professional yang fungsional dan indah adalah suatu keharusan. Sekarang, kami memahami bahwa tidak semua orang memperhatikan desain atau mengetahui apa itu nama domain.

Beruntung bagi Anda, Anda dapat menemukan banyak templat situs web resume gratis dan profesional di internet yang dilengkapi dengan semua elemen yang Anda butuhkan agar terlihat bagus saat online. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih favorit Anda dan menyesuaikannya sampai Anda puas dengan hasil akhirnya.

Bergantung pada kebutuhan dan gaya Anda, ada dua jenis situs yang tersedia. Anda bisa menggulir satu halaman lama jika satu-satunya tujuan situs Anda adalah membiarkan orang membaca ikhtisar singkat tentang Anda.

Sebagai alternatif, Anda dapat memilih opsi klasik, di mana setiap bagian memiliki halaman khusus. Ini disarankan untuk orang yang memiliki banyak elemen untuk ditampilkan, seperti proyek untuk klien, fotografi atau portofolio desain, atau makalah penelitian.

Artikel Terkait  Tutorial Simpel Membuat Website Dark Mode dengan CSS dan Javascript

Tambahkan gambaran profesional tentang diri Anda

Tidak perlu dikatakan bahwa Anda harus menyertakan gambar diri Anda di situs web resume professional Anda – lagipula, jika orang-orang ada di halaman Anda, itu karena mereka ingin belajar (dan melihat) siapa Anda. Plus, orang secara alami tertarik pada gambar daripada kata-kata.

Tapi tunggu dulu, sebelum Anda mengunggah foto keluarga dari liburan pulau terakhir Anda, pikirkan persepsi yang ingin Anda buat dengan foto dan situs web resume professional Anda secara keseluruhan.

Meskipun beberapa profesi (desainer, artis, musisi, dll.) Mungkin memiliki kebebasan berkreasi, bagi pencari kerja umum, yang terbaik adalah bermain aman dengan foto wajah yang netral dan terlihat profesional.

Pastikan gambar yang Anda pilih adalah yang terbaru, serta merupakan cerminan sebenarnya dari penampilan Anda sehari-hari. Menemukan keseimbangan yang tepat antara ramah dan serius adalah kuncinya-seperti yang disarankan Tyra Banks: tersenyumlah dengan mata Anda. Anda harus merasa (dan terlihat) sealami mungkin untuk memancarkan rasa mudah didekati.

Jangan berpikir dua kali untuk menyewa fotografer profesional untuk mengambil foto kepala yang bagus. Ini adalah investasi yang akan Anda syukuri dalam jangka panjang.

Adapun di mana menempatkan gambar Anda di situs web pribadi Anda – itu harus selalu di atas. Mengapa? Karena orang perlu memahami dalam hitungan detik apa yang telah mereka tuju. Karena itu, dimensi dan lokasi pasti gambar Anda terserah Anda. Tidak seperti di CV yang dicetak, gambar persegi Anda tidak harus ada di sisi kiri atas resume Anda.

Tambahkan bagian yang relevan

website-resume-2

Ketika datang untuk mengatur konten Anda, Anda memiliki kebebasan untuk memutuskan bagaimana mengaturnya dan apa yang harus disertakan. Namun, seperti halnya saat memanggang kue, ada beberapa bahan utama yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

Itu berarti memasukkan halaman yang tepat sehingga situs resume professional Anda secara keseluruhan benar-benar merupakan representasi akurat tentang Anda.

Baik Anda membuat resume desain grafis atau situs actor profesional , ingatlah bahwa keterbacaan sangat penting di sini. Resume yang baik (dan lengkap) akan selalu mencakup yang berikut:

Beranda yang mengundang

Ini adalah cuplikan pertama Anda yang akan dilihat perekrut, jadi sangat penting bahwa beranda Anda menarik perhatian namun informatif. Beranda Anda harus merupakan ringkasan yang sempurna tentang siapa Anda dan apa yang Anda lakukan.

Ini harus menarik orang untuk mengklik lebih banyak untuk mengetahui lebih banyak tentang Anda. Gunakan halaman ini untuk menampilkan foto diri Anda yang dipilih dengan cermat, nama Anda, detail kontak dan bidang pekerjaan atau posisi Anda saat ini.

Anda juga bisa memasukkan paragraf yang menjelaskan latar belakang atau pengalaman Anda. Buat tetap singkat dan manis, Anda tidak ingin membanjiri perekrut dengan banyak teks. Mereka akan menemukan sisanya di bagian berikut.

Pengalaman Anda

Pilih hanya pengalaman yang paling relevan dengan jenis bidang yang Anda lamar. Ini dapat mencakup pekerjaan, magang, dan pekerjaan sukarela apa pun. Untuk setiap pekerjaan, buat daftar beberapa peran utama, tugas, dan pencapaian.

Anda dapat merepresentasikan pengalaman Anda secara visual dengan menampilkannya di timeline. Gaya desain ini memberikan tampilan yang bersih dan teratur pada pengalaman berharga Anda.

Pendidikan Anda

Bergantung pada tingkat pendidikan Anda, Anda juga dapat memformat ini sebagai garis waktu atau hanya mencantumkan gelar Anda. Pastikan untuk memasukkan nama setiap universitas atau institusi, lokasi dan tanggal kelulusan Anda. Juga sertakan bidang utama / kecil Anda serta penghargaan, publikasi, atau proyek penting yang Anda ikuti.

Keterampilan

Soroti banyak bakat Anda dengan bagian keterampilan khusus. Anda harus membuat daftar sistem komputer apa pun yang Anda kuasai (Photoshop, Microsoft office, PowerPoint, alat manajemen konten, dll.), Bahasa asing apa pun yang Anda gunakan, dan keterampilan lain yang mungkin diperlukan untuk pekerjaan yang Anda lamar yang belum telah disebutkan di tempat lain dalam resume online Anda.

Proyek pribadi

Bagian ini terutama disertakan untuk bidang kreatif. Pikirkan ini sebagai portofolio online dari proyek Anda yang menampilkan gaya dan kreativitas Anda. Dengan proyek yang dipilih yang Anda pilih untuk ditampilkan, berikan deskripsi mendetail dan beberapa konteks tentang bagaimana proyek Anda dihasilkan.

Nilai memasukkan segala jenis kegiatan ekstrakurikuler (meskipun tidak selalu terkait dengan profesi Anda) adalah menunjukkan betapa dinamisnya Anda.

Kontak

Sebagai seseorang yang ingin “ditemukan”, kami tidak dapat cukup menekankan hal ini: pastikan detail kontak Anda mudah ditemukan. Tidak ada yang lebih menarik bagi pengunjung situs daripada harus mencari info kontak Anda. Menambahkan semua detail penting di footer situs Anda dianggap sebagai praktik yang baik.

Artikel Terkait  MySQL vs SQLite : Apa sih Bedanya? Yuk Cari Tahu!

Testimonial dan rekomendasi

Review adalah segalanya hari ini. Pikirkan tentang hal pertama yang Anda lakukan saat memikirkan restoran baru Anda memeriksa ulasannya, bukan? Nah, Anda bisa memberi perekrut pandangan yang sama tentang diri Anda dengan menyertakan testimonial dan rekomendasi dari atasan atau rekan kerja sebelumnya.

Tautkan ke saluran sosial Anda yang relevan

Untuk sebagian besar bidang profesional, Anda harus memperbarui akun LinkedIn Anda dan menautkannya di situs web resume Anda.

Namun, untuk seniman, fotografer, freelancer, dan tipe kreatif lainnya yang menggunakan platform sosial sebagai cara untuk memamerkan karya mereka, mungkin berguna untuk menautkan ke akun Facebook, Instagram , Twitter, atau YouTube profesional Anda.

Tambahkan detail kecil

Kembali ke analogi kue itu, setelah kue Anda dipanggang (dan terlihat lezat), inilah saatnya untuk menghiasnya. Untuk membuat situs web resume professional , ada beberapa elemen branding penting yang Anda perlukan. Ini termasuk:

Memilih warna dan font yang tepat: Pikirkan diri Anda sebagai merek saat menyelesaikan langkah ini. Anda akan membutuhkan tampilan dan nuansa yang ringkas di seluruh situs resume Anda. Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui skema warna dan font yang Anda pilih.

Memilih nama domain yang unik: Pilih nama domain yang lebih disukai, ya, nama Anda sendiri. Inilah yang disebut personal branding . Jika domain sudah dipakai orang lain, pertimbangkan untuk menambahkan jabatan, lokasi, atau kriteria khusus lainnya. Melakukan ini menciptakan rasa percaya dan kredibilitas. Belum lagi membantu Anda terlihat profesional saat berbagi kartu nama dengan domain Anda sendiri.

Menyertakan versi PDF dari resume Anda: Meskipun resume online Anda sangat mengesankan, beberapa perusahaan juga menginginkan versi cetak CV Anda. Untuk melakukannya, sertakan tombol yang tertaut ke versi PDF yang dapat diunduh.

Artikel Terkait  Apa itu Pure CSS? Mengenal Pure CSS, Alternative untuk BootStrap

Optimalkan untuk SEO

Sekarang, sebelum Anda menghindar dari topik yang tampaknya rumit ini – dengarkan kami. SEO (optimisasi mesin pencari) adalah praktik mengoptimalkan situs Anda sehingga halaman Anda dapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Semakin banyak eksposur yang Anda dapatkan di halaman hasil pencarian, semakin besar kemungkinan calon perekrut akan menemukan situs Anda.

Saat Anda membuat situs web resume, ada beberapa hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk segera meningkatkan peringkat Anda. Misalnya, pastikan untuk memilih nama domain yang tepat dan masukkan keyword strategis di seluruh situs resume professional Anda.

Pastikan Website Anda ramah seluler

Smartphone dan tablet ada di mana-mana. Faktanya, penjelajahan seluler menyumbang sekitar setengah dari lalu lintas web secara global. Karena popularitas perangkat ini, Anda perlu memastikan situs web Anda dioptimalkan untuk tampilan seluler.

Untuk melakukan ini, Anda memerlukan situs web seluler – versi situs web resume professional Anda yang menyusut menjadi cukup kecil untuk ditampilkan di layar seluler.

Minta opini kedua

Seluruh tujuan dari situs web resume professional Anda adalah memberi Anda kesempatan untuk mencari pekerjaan. Tidak ada yang bisa merusak semua kerja keras Anda lebih cepat daripada kesalahan ketik yang konyol.

Untuk memastikan resume Anda terlihat halus dan professional, mintalah seorang teman atau siapa pun yang Anda percayai untuk mengoreksi salinan teks Anda dan menguji navigasi situs Anda. Apakah semua tautan berfungsi? Apakah situs resume Anda secara akurat mewakili Anda dalam hal gaya dan nada? Ini semua adalah pertanyaan berharga yang dapat dijawab oleh opini kedua yang tepercaya untuk Anda.

Artikel Terkait  Apa itu RPL? Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Jurusan RPL

Publikasikan dan lacak

Setelah semua itu, saatnya menekan tombol Publikasikan dan menunggu penawaran masuk! Tapi penerbitan hanyalah langkah pertama. Sekarang Anda perlu memelihara, dan melacak semua yang terjadi terkait situs web resume Anda.

Ini termasuk memahami siapa yang mengunjungi situs Anda dan berapa banyak lalu lintas yang dihasilkan situs web resume Anda.

Dalam hal mempertahankan situs Anda, pastikan untuk selalu memperbarui CV Anda. Setiap kali Anda mencapai sesuatu yang baru atau mengubah posisi, itu harus tercermin di situs resume Anda.

Karena Anda adalah lebah yang sibuk dan tidak memiliki waktu berjam-jam untuk duduk di depan komputer, Anda dapat mengedit situs yang ada dari ponsel Anda dari mana saja dan kapan saja sepanjang hari – bahkan saat perjalanan pagi Anda.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Encoding Adalah : Proses Komunikasi Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Cara Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya