Media Pengembangan Web & App | by APPKEY

Pembuatan Website Front end Inilah 8 Angular IDE dan Editor Terbaik di Tahun...

Inilah 8 Angular IDE dan Editor Terbaik di Tahun Ini!

-

Integrated Development Environtment (IDE) adalah program komputer yang dibuat sebagai lingkungan pengembangan aplikasi yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukann dalam pembangunan software atau perangkat lunak.

IDE berfungsi untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Jika Anda mencari web experience yang modern serta berkualitas tinggi (high-quality), Angular IDE menjadi salah satu pilihan terbaik.

Angular adalah framework JavaScript yang dikembangkan oleh Google di tahun 2009 dengan sebuah tool untuk menciptakan aplikasi web dan mobile yang lebih berkelas. Menggunakan Angular, Anda dapat menggunakan JavaScript dengan HTML dan CSS yang memungkinkan Anda membuat sebuah implementasi dari aplikasi.

Keuntungan lainnya, Angular Framework juga membiarkan Anda untuk mengintegrasikannya dengan pustaka eksternal yang dapat diperluas dengan mudah.

Berikut adalah 8 Angular IDE dan Editor yang cocok untuk Anda gunakan di tahun 2021 ini:

1. Angular IDE

angular-ide-1

Angular IDE adalah IDE yang banyak digunakan oleh kalangan developer JavaScript karena IDE untuk Angular ini merupakan IDE yang cepat serta membantu developer bekerja secara lebih efektif. IDE yang dikeluarkan oleh Angular ini adalah plugin yang berdiri sendiri, yang dapat Anda gunalan bersama dengan plugin Eclips.

Plugin ini pun dibangun secara spesifik untuk Angular, namun awalnya, plugin ini digunakan untuk manajemen tsconfig.json. IDE ini pun terbilang mudah dipahami dan dipelajari untuk pemula yang ingin menjadi developer Angular ahli. Keunggulan Angular IDE adalah:

  1. Menyediakan Anda validasi kode yang real-time, serta menampilkan kesalahan ketikan Anda.
  2. Fitur yang dimiliki IDE ini salah satunya adalah auto-completion dari suatu kode di dalam proyek.
  3. Banyak digunakan untuk mewarnai dan menonjolkan kepekaan terhadap sumber syntax.
  4. Memiliki fitur block dan formatting penuh dengan pengaturan muka.
  5. Support untuk Angular 7 ke atas, serta TypeScript 3.0.

2. Webstorm

Webstorm adalah code editor yang powerful. Webstorm diciptakan oleh IntelliJ dan dikembangkan oleh Jetbrains dan sebuah pilihan luar biasa untuk koding aplikasi berbasis Angular 2 pada TypeScript. Dengan Webstorm, Anda dapat mulai mengembangkan komponen Angular 2 sejak hari ia menyediakan built-in TypeScript.

Hal ini juga menghilang dependensi Anda pada plugin pihak ketiga sebagaimana Anda dengan mudah mengkompilasi kode yang dibuat pada TypeScript menggunakan JavaScript. Keunggulan Webstorm sebagai editor adalah:

  1. perangkat lunak ini support JavaScript, Node.js, HTML, dan CSS.
  2. Webstorm Ini menawarkan navigasi yang kuat dan pemfaktoran ulang.
  3. Perangkat lunak ini juga memungkinkan integrasi dengan VSC dan bantuan pengkodean cerdas.
  4. Webstorm menyediakan plugin tambahan untuk ekosistem dengan konfigurasi lengkap, fitur Riwayat lokal, dan banyak lagi.
  5. Webstorm ini juga mendukung teknologi terbaru dengan debugging, tracing, dan dukungan pengujian.

Artikel Terkait  jQuery Adalah? Pengertian, Fungsi dan Contohnya

3. Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah editor yang dikembangkan oleh Microsoft dan ditujukan untuk berbagai sistem operasi seperti OSX, Windows, dan Linux. Visual Code Studio juga dapat digunakan dalam bahasa pemrograman TypeScript termasuk debugging,  penyelesaian kode cerdas dengan menggunakan jenis variabel, fungsi, dan modul yang diimpor.

Visual Studio Code juga memiliki beragam fitur yang bermanfaat untuk para developer seperti cuplikan dan pemfaktoran ulang kode. Visual Studio Code menawarkan penyorotan sintaks dan pelengkapan otomatis dan Intellisense. Keunggulan yang dimiliki editor ini adalah:

a. Support berbagai bahasa pemrograman.

  1. In-built dengan perintah Git.
  2. Debuggingnya yang cepat.
  3. Mudah dikostumisasikan.

4. Sublime Text

Jika Anda mencari editor yang tepat untuk editing teks kode dan markup, maka Sublime Text dapat menjadi pilihan yang tepat. Editor ini memiliki antarmuka pengguna yang rapi serta diintegrasikan dengan berbagai fitur serta kinerja. Editor ini juga merupakan editor kode terbaik. Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Sublime Text adalah:

  1. Sublime Text support untuk editing kode TypeScript, Anda hanya perlu menginstal plugin TypeScript untuk menikmati fitur ini.
  2. Dapat memicu proses build dan mengompilasi file ke JavaScript yang sedang dikerjakan dengan menekan tombol fungsi F7.
  3. Dapat mengaktifkan kesalahan kode dalam real-time.
  4. tersedia untuk berbagai sistem operasi. Anda dapat menggunakan satu lisensi untuk sistem operasi apapun.
  5. Adanya toolkit khusus yang digunakan untuk kecepatan dan antarmuka sembari memanfaatkan fungsionalitas asli di setiap platform.
  6. Dapat digunakan untuk pengeditan lintas platform.
  7. Anda dapat mengganti proyek apapun secara instan.

5. Brackets

Brackets adalah editor yang menawarkan Anda perpaduan sempurna antara visual tool dalam code editor. Brackets adalah sebuah IDE ringan dan powerful untuk mengembangkan aplikasi mobile dan web menggunakan Angular.

Brackets support berbagai bahasa pemrograman dan sistem operasi seperti Windows, Mac, dan Linux. Keunggulan Brackets adalah:

  1. Brackets memiliki editor inline.
  2. Memiliki dukungan pre-processor.
  3. Terdapat fitur pratinjau secara langsung.

6. Atom

Atom adalah editor yang dikembangkan oleh GitHub dan banyak orang menyukai editor ini karena memiliki lingkungan yang dapat dikostumisasi dan mudah diinstalasi. Anda dapat menginstal paket Atom TypeScript untuk meningkatkan pengalaman Anda dalam menggunakan TypeScript dalam Angular.

Anda juga dapat menggunakan APM CLI sebagai paket instaler built-in. Atom menyediakan fitur-fitur seperti petunjuk kode otomatis (automatic code hints), pemeriksaan tipe statis (static type checking), code introspection atau pemeriksaan kode, dan dapat menggunakan versi otomatos untuk menyimpan.

Editpr ini merupakan editor teks yang modern, mudah digunakan, dan dapat dikostumisasi sehingga memungkinkan kita menggunakannya secara produktif tanpa menyentuh file konfigurasi.

Atom juga berisi generatior tsconfig.json bawaan yang nyaman digunakan. Tidak hanya itu, Atom didukung oleh komunitas aktif yang berkontribusi dalam memberi plugin baru.

Keunggulan Atom adalah:

  1. Penyelesaian code otomatis yang cepat dan mudah.
  2. Dapat mengaktifkan pengeditan lintas platform.
  3. Menyediakan penjelajahan yang mudah dengan banyak panel.
  4. Mendukung browser sistem file.
  5. Memiliki manajer paket built-in.

Artikel Terkait  HTML 5 adalah? Pengertian dan Fungsi HTML

7. Aptana Studio

Dengan Aptana Studio Anda dapat menambahkan ekstensi Angular JS Eclipse.  Aptana adalah IDE untuk Angular yang bersifat open-source dan cocok digunakan dalam berbagai framework lain sebagaimana juga dengan pustaka lainnya.

Aptana diciptakan berdasarkan Eclipse sehingga banyak digunakan untuk pengembangan JavaScript. IDE untuk Angular ini hadir dengan versi berdiri sendiri (stand-alone) dan sebuah plugin Eclipse.

Aptana juga terintegrasi penuh dengan debugger Ruby and Rails untuk menggunakan fitur tersebut dalam berbagai produk-produk professional. Keunggulan Aptana Studio adalah:

  1. Didukung dengan berbagai Testing Tools.
  2. Memiliki Deployment Wizard.
  3. Dapat disesuaikan secara cepat dan menyeluruh.
  4. memiliki terminal in-built.
  5. Menawarkan bantuan kode untuk HTML, CSS, dan JavaScript.

8. ALM IDE

IDE ini adalah IDE berbasis cloud yang tersedia untuk TypeScript. ALM IDE memungkinkan Anda untuk membuat kode secara cepat dalam proyek TypeScript. Anda dapat dengan mudah menginstal ALM IDE hanya dengan menggunakan sebuah perintah npm tunggal.

ALM IDE mudah digunakan dan menghilangkan semua hambatan bagi developer dalam menggunakan TypeScript. Anda bahkan dapat mengembangkan proyek TypeScript dalam Raspberry π.  Keunggulan yang dimiliki oleh ALM IDE adalah:

  1. Memudahkan Anda dalam penggunaan TypeScript.
  2. Tergolong software yang ringan.
  3. Dibuat untuk TypeScript.

Demikianlah IDE dan Editor untuk Angular yang dapat Anda gunakan selama 2021. Angular adalah salah satu framework JavaScript yang saat ini cukup banyak digunakan, sehingga mempelajari berbagai aspek dalam Angular termasuk IDE dan Editor yang digunakan pada

Angular adalah pilihan yang baik. Beberapa IDE dan Editor di atas mungkin bisa menjadi referensi Anda saat ini. Selamat mencoba.


Jasa Pembuatan Aplikasi, Website dan Internet Marketing | PT APPKEY
PT APPKEY adalah perusahaan IT yang khusus membuat aplikasi Android, iOS dan mengembangkan sistem website. Kami juga memiliki pengetahuan dan wawasan dalam menjalankan pemasaran online sehingga diharapkan dapat membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Jasa Pembuatan Aplikasi

Jasa Pembuatan Website

Jasa Pembuatan Paket Aplikasi

Jasa Pembuatan Internet Marketing

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam informasi menarik tentang Website, Aplikasi, Desain, Video dan API langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan terus belajar bersama kami!

Kategori

Blog Post Ranking 10

Rekomendasi 10 Aplikasi Pembuat Animasi 3D Terbaik. Ayo Cek!

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang animator profesional? Belajar membuat animasi kini sudah menjadi hal mudah yang bisa dilakukan...

Cara Mudah Menambahkan Lokasi Alamat Bisnis Anda di Google Maps

Saat ingin hunting tempat makan atau tempat nongkrong terbaru, tak jarang beberapa dari Anda biasanya mendapatkan informasi terkini melalui...

Proses Komunikasi: Encoding dan Decoding

Jika kita dapat melihat percakapan antar komputer, mungkin akan terlihat seperti ini: "010110111011101011010010110". Bahasa ini disebut dengan biner, encoding...

Metadata Adalah? Fungsi dan Jenis-Jenis Metadata

Pernah mendengar istilah metadata? Mungkin, kita sering mendengar istilah metadata. Tetapi, banyak dari kita yang belum tahu arti dari metadata...

Pengertian Internet & Dampak Positif dan Negatif Internet

Internet mungkin bukan sesuatu yang asing lagi, sebab semua kalangan pasti tahu apa itu internet. Hanya saja jika ditanya...

Membuat Aplikasi di Playstore dengan Mudah

Membuat aplikasi di Playstore bisa Anda lakukan dengan mudah. Terdapat beberapa situs yang bisa membantu Anda untuk membuat aplikasi...

Domain Google? Apa Bedanya Dengan Domain Biasa?

Saat memutuskan untuk membuat website menjadi salah satu bentuk media digital marketing Anda dalam bersaing di zaman digital ini,...

7 Aplikasi Membuat Aplikasi Android Secara Offline

Aplikasi membuat aplikasi android saat ini banyak dicari penekun IT untuk membuat aplikasi Android secara offline tanpa harus menggunakan...

10 Aplikasi Coding Android Terbaik

Ketersediaan aplikasi coding Android memang banyak dicari oleh orang-orang yang sedang atau akan memulai untuk membuat aplikasi android. Jika...

Looping Adalah Algoritma Perulangan: Berikut Contohnya

Jika anda sudah mendalami atau sedang mendalami dunia pemrograman terdapat sebuah konsep yang dapat memudahkan anda dalam menyusun struktur...

Bisnis

Online Service

Peluang Bisnis

Model Bisnis

Entrepreneurship

Uang

Ketrampilan

Outsourcing

Monetize

Pemasaran

SEO

Internet Marketing

Dasar Pemasaran

Strategi Pemasaran

Situs Web Analitik

Iklan

Teknologi

Teknologi Terbaru

AI

Komputer

Jaringan

Paling Sering dibaca
Mungkin Anda Menyukainya