Kami siap menjawab pertanyaan Anda. Mohon sebutkan nama dan pertanyaan Anda! Jam Kerja Senin – Sabtu dari pukul 9:00 – 17:00 WITA
APPKEY | Buat Website di Google Bisnisku Secara Gratis
Buat website di google bisa dilakukan dengan mudah, dan gratis. Mau tau caranya? Simak ulasannya berikut ini.
19837
post-template-default,single,single-post,postid-19837,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-17.1,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.5.5,vc_responsive

Buat Website di Google Bisnisku Secara Gratis

Bagi orang-orang yang baru merintis bisnis, pasti merasa bahwa membuat website merupakan sebuah tantangan yang sulit. Pasalnya, mereka merasa masih belum memiliki kemampuan teknis dan belum memiliki cukup banyak waktu dalam mengelola website miliknya sendiri. Apakah Anda juga merasa demikian?

Walaupun sekarang ini, Anda belum memiliki website bisnis sendiri, maka kemungkinan besar Anda sudah memanfaatkan media sosial sebagai perantara untuk memasarkan produk atau jasa secara online. Faktanya memanfaatkan media sosial memang bisa dipilih, namun jangkauan pemasarannya cenderung kurang luas.

Oleh karena itu, Anda memang harus memiliki website sendiri guna untuk menunjang bisnis yang Anda kelola. Jika media sosial dan marketplace merupakan tempat pemasaran cabang, maka website dapat dikatakan sebagai pusatnya. Yang mana, para pelanggan Anda pastinya akan menanyakan alamat website bisnis Anda sebagai wujud profesionalitas yang Anda miliki. Selain dapat meningkatkan profesionalitas, dengan adanya website Anda juga mampu meningkatkan kepercayaan dari para pelanggan.

Jangan khawatir, untuk bisa memiliki website sendiri, Anda bisa memanfaatkan Google My Business. Apa itu? Google Bisnisku merupakan sebuah tools yang dibuat khusus oleh Google untuk membantu para pebisnis dalam mendapat listingan Google secara gratis. Listingan tersebut akan muncul apabila ada pengguna yang mencari bisnis pada bidang yang sama pada Google Search atau Google Maps. Jadi, kehadiran dari layanan ini akan sangat membantu para pebisnis pemula dalam mengelola websitenya.

Buat Website Di Google Bisnisku

Artikel Terkait  Paket Bisnis Website Toko Online Murah

Ketika Anda ingin segera memiliki situs website sendiri, maka Anda bisa mengakses layanan Google Bisnisku melalui dashboard Google. Melalui format website builder, Anda bisa dengan mudah untuk membuat website bisnis satu halaman (one-page) dengan menggunakan detail bisnis sebelumnya sudah dimasukkan untuk listing Google.

Walaupun saat ini, layanan buat website di Google Bisnisku masih terbatas, namun hal tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu cara paling mudah bagi Anda yang merupakan pebisnis pemula dalam mengelola website Anda sendiri.

Dengan memanfaatkan layanan ini, maka kemungkinan besar website Anda akan menjadi lebih unggul, karena memang website tersebut sudah terhubung langsung dengan Google Bisnisku. Yang kemudian, website Anda akan langsung di update, apabila terdapat perubahan pada listing Google My Business yang Anda miliki.

Buat Website di Google Bisnisku Secara Gratis

Buat website di google bisa dilakukan dengan mudah, dan gratis. Mau tau caranya? Simak ulasannya berikut ini.

Dikarenakan website Anda adalah salah satu bagian dari layanan ini, maka untuk menggunakannya, Anda diharuskan untuk memiliki akun Google Bisnisku terlebih dahulu. Setelah membuat akun tersebut, Anda bisa langsung mulai membuat website, yakni dengan mengikuti tata cara yang kami uraikan di bawah ini :

    LINE01

  • Mula-mula, Anda harus sign in ke Google My Business dan masuk ke bagin dashboard. Kemudian, Anda bisa langsung mengikuti link Start Now dari halaman awal. Apabila Anda mempunyai beberapa lokasi yang hendak dimasukkan, maka klik Dashboard Icon untuk bisnis yang ingin Anda berikan website.
  • LINE01

  • Langkah berikutnya, Anda bisa pilih/klik menu Website yang ada di bagian sidebar sebelah kanan akun milik Anda.
  • LINE01

  • Anda akan dibawa ke halaman yang berisi perkenalan informasi tentang website yang ada di Google Bisnis. Lalu, Anda hanya tinggal klik Get Started untuk mulai membuat website.
  • LINE01

  • Selanjutnya, Google akan memulai proses pembuatan website Anda. Yang mana, Anda dapat memantau progressnya hingga selesai pada bagian layar, sehingga Anda hanya diminta untuk menunggu.
  • LINE01

  • Ketika proses pembuatan website terselesaikan, maka Anda akan langsung melihat layar welcome untuk website Anda. Lanjutkan dengan klik icon centang untuk memulai. Dari sini, pihak Google akan memberitahukan bahwa mereka tengah melakukan proses sync antara website Anda dengan informasi yang ada di platform Google Bisnisku.
  • LINE01

  • Pada tahap ini, Anda bisa buat website di Google dengan menyempurnakan tampilan desainnya. Google akan memberikan informasi mengenai langkah-langkah kustomisasi apa saja yang perlu dilakukan. Pertama-tama Google biasanya akan meminta Anda untuk memilih theme atau template untuk digunakan pada website Anda, yakni dengan mengklik icon Pick A Theme.
  • LINE01

  • Lanjutkan dengan memilih tema yang dirasa cocok untuk website Anda, karena Anda pun juga bisa memberikan elemen pada theme yang dipilih tersebut, seperti warna dan font, sehingga Anda bisa sesuaikan dengan keinginan.
  • LINE01

  • Ketika Anda memilih dan menyesuaikan theme, maka Google akan meminta Anda untuk mengupload foto bisnis. Yang mana, foto-foto yang sebelumnya sudah di upload di Google Bisnisku juga akan diupload ke website Anda.
  • LINE01

  • Berikutnya, pihak Google akan menampilkan tombol Publish, sehingga Anda dapat langsung mempublish website yang telah dibuat. Namun sebelum website mulai di publish, Anda perlu mengkonfigurasi beberapa pengaturan seperti Site Address (alamat website) dan Site language (bahasa website).
  • LINE01

  • Nah, barulah klik Publish Now, maka Anda diminta untuk memilih nama domain untuk web gratis yang telah berhasil dibuat, yakni namanya akan berubah dengan format : namabisnisAnda.business.site. Klik “Next” apabila Anda sudah memberikan nama domain yang tepat. Selanjutnya, Anda akan melihat pilihan untuk memilih dan mengkonfirmasi bahwa alamat website tersebut akan menjadi website yang ditampilkan di Google Maps dan Google Search.
  • LINE01

  • Setelah nama domain dikonfirmasi, maka Anda akan mendapatkan notifikasi dari website Anda. Lalu klik View Site untuk melihat website tersebut.
  • LINE01

  • Sekarang, Anda sudah memiliki website baru.

Apabila tidak memungkinkan bagi Anda untuk membuat website sendiri, Anda bisa mencari pengembang yang memang profesional dalam hal membuat website untuk tujuan bisnis. Namun sebelum itu pastikan agar Anda datang ke pengembang dengan membawa rencana bisnis yang matang. Karena seberapa profesionalpun mereka, tidak akan bisa membantu klien yang tidak mengetahui keinginannya sendiri.

Artikel Terkait  Web Perusahaan | Jualan Online Melalui Website

Buat Website Di Google | Optimasi Website

Meskipun sudah berhasil memiliki website yang dibuat dengan mudah dan gratis, namun Anda tetap harus mengedit dan melakukan optimasi, guna untuk mengoptimalkan kemampuan serta tampilannya. Adapun tata caranya adalah sebagai berikut :

Menggunakan Domain Sendiri

Walaupun layanan dari Google Bisnisku sudah menyediakan nama domain secara gratis, namun nama tersebut cenderung susah diingat oleh masyarakat luas. Dalam hal ini, Anda diperbolehkan untuk menggunakan nama domain sendiri. Untuk melakukannya, Anda bisa login hosting Anda, kemudian pilih “Redirect”. Setelah itu, arahkan domain Anda ke URL Google Bisnisku yang telah  dipilih pada proses pembuatan website. Lalu, kembalilah lagi ke ke website Google Bisnisku Anda dan pilih Settings pada toolbar sebelah kiri. Di bagian atas panel, akan terlihat nama domain Anda.

Supaya lebih mudah untuk buat website di Google Bisnisku dengan nama domain Anda sendiri, maka Anda juga bisa langsung menghubungi perusahaan hosting terkait untuk membantu Anda dalam melakukan redirect nama domain yang sudah ada ke website Google baru Anda.

Namun proses akuisisi domain unik bisa jadi bukan perkara yang mudah bagi sebagian orang. Tapi tidak perlu khawatir karena diluaran sana banyak perusahaan jasa web yang bisa membantu Anda mengatasi kesulitan tersebut.

Proses Optimasi Website

Jika diperlukan, Anda bisa melakukan settingan tambahan pada website Google Bisnisku, yakni dengan masuk pada bagian dashboard bisnis, kemudian lihatlah beberapa icon di bagian kiri layar yang bisa digunakan untuk mengedit sesuai kebutuhan Anda.

Jika ingin mengubah desain website Anda dengan tampilan yang lebih sesuai, maka Anda bisa memanfaatkan fitur theme yang tersedia di dalamnya. Namun, pastikan bahwa Anda telah memilih tema yang sudah sesuai dengan branding bisnis yang Anda kelola. Nantinya, theme juga akan mengubah font pada website Anda, sehingga pastikan bahwa Anda telah melihat tampilan seluruhnya pada bagian Headline dan Description website.

Ketika menambahkan foto, pastikan Anda telah foto-foto bisnis yang berkualitas tinggi. Untuk menambahkan foto, Anda bisa menambahkannya dengan memilih “Add Photos”. Kemudian untuk mengubah cover photo, klik Change Cover Photo.

Memilih Call-to-Action (CTA) Yang Baik

Setelah melakukan beberapa pengeditan di dalam website, maka Anda juga memiliki beberapa pilihan untuk memilih beberapa button utama yang banyak digunakan. Namun, Anda harus memilih CTA yang sesuai dengan button Anda. Misalnya, apabila bisnis Anda bergerak di bidang layanan jasa, maka Anda bisa memilih  dan menggunakan tombol Get Quote, yakni yang memungkinkan pengunjung website Anda untuk mengisi formulir yang nantinya akan di email ke akun email bisnis Anda.

Selain Get Quote, di bawah ini ada beberapa opsi CTA yang bisa Anda pilih :

  • Get Direction : Difungsikan untuk menunjukkan jalan pada lokasi keberadaan bisnis Anda melalui layanan Google Maps.
  • Call Now : Difungsikan sebagai media agar pengunjung bisa menelepon pihak Anda melalui nomor telepon yang telah dicantumkan.
  • Find Table : (Cocok digunakan untuk pengusaha restoran) Dapat digunakan oleh para pengunjung untuk membooking tempat pada restoran yang Anda miliki.
  • Place Order : Difungsikan untuk menghubungkan pengunjung pada link ke toko dan halaman order website Anda.
  • Make appointment : Difungsikan agar para klien dapat membuat janji temu atau janji pemesanan kepada pihak Anda.
  • Message us (WhatsApp) : Difungsikan agar para pengunjung website dapat menghubungi Anda melalui WhatsApp

Namun, pastikan bahwa Anda memilih CTA yang sesuai dengan kebutuhan website Anda.

Buat website di Google Bisnisku memang merupakan alternatif pilihan bagi para pebisnis pemula yang hendak membuat website bisnisnya sendiri dengan cara yang mudah dan cepat. Walaupun demikian, belum banyak pebisnis yang mengetahuinya. Maka, dengan menggunakannya, Anda mampu selangkah lebih maju dibandingkan dengan para kompetitor bisnis Anda.

Keuntungan Buat Website Di Google

Selain bisa memudahkan Anda dalam membuat website bisnis dengan cara yang lebih mudah dan cepat, berikut ini ada beberapa keuntungan lain yang dapat diperoleh setelah buat website di Google Bisnisku.

Dapat Membagikan Informasi Terbaru Dengan Cepat

Pada dasarnya, para pelanggan akan mencari informasi yang lebih spesifik mulai dari penawaran, diskon, promosi, spesialisasi hingga membandingkan berbagai bisnis berdasarkan produk atau layanan yang bisa mereka dapatkan. Dengan bantuan fitur Google Bisnisku, Anda dapat memberikan berbagai informasi terbaru secara eksklusif melalui posisi, sehingga kehadiran bisnis Anda pun akan lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain.

Dapat Mempengaruhi Niat Pembelian

Apabila ada orang yang mencari produk atau layanan secara online, dengan fitur Google Bisnisku, mereka bisa menemukan daftar bisnis Anda dengan mudah. Dalam hal ini, Anda dapat mempengaruhi niat pembelian pelanggan, yakni dengan melakukan beberapa tindakan agar bisnis Anda terlihat lebih menarik dan lebih relevan untuk dipilih.

Dengan bantuan postingan Google My Business, maka Anda dapat menyorot penawaran atau tawaran khusus dan dapat memberikan alasan tulus kepada pelanggan potensial untuk mengunjungi website maupun tempat bisnis Anda. Semakin banyak postingan yang menekankan pada keunikan produk dan layanan Anda, maka semakin baik pula peluang untuk sukses.

Sejauh ini, memang belum banyak pebisnis yang memanfaatkan fitur Google Bisnisku, namun melaluinya Anda bisa menemukan dan menarik minat banyak pelanggan, bahkan dari seluruh dunia.

Artikel Terkait  Cara Mendapat kan Uang dari Internet Tanpa Modal

Dapat Membantu Pelanggan Untuk Menemukan Update Terbaru

Saat ini para pelanggan modern tak ingin selalu tetap dalam ranah kegelapan. Oleh karena itu, mereka sering mengunjungi toko, perusahaan maupun tempat usaha yang ditawarkan di dalamnya merupakan sesuatu yang benar-benar istimewa. Dengan menggunakan postingan Google My Business yang Anda miliki, maka memungkinkan Anda dalam berbagi banyak informasi mengenai setiap pembaruan yang dilakukan, seperti paket layanan terbaru, update produk terbaru dan lain sebagainya. Dengan GMB (Google My Business, maka Anda dapat membantu para pelanggan untuk menemukan berbagai informasi terbaru dengan lebih detail. Pasalnya, postingan GMB Anda dapat menyorot beberapa hal, meliputi : pengumuman, penawaran khusus, pembaruan produk, acara baru dan mendatang.

Menarik Lebih Banyak Pengunjung Ke Website Anda

Sekarang ini, pasar modern berubah dengan lebih cepat. Dimana jumlah opsi dalam menjelajah menjadi meningkat pesat sebagai fasilitas bagi pebisnis dan pelanggan. Mengingat bahwa kebutuhan pelanggan saat ini, adalah selalu mencari tahu hal-hal yang sesuai dengan minat mereka, maka Anda bisa menciptakan peluang besar untuk menjadi pusat perhatian banyak pelanggan.

Untuk itu, Anda harus membuat postingan Google My Business dengan sempurna, yakni yang mampu menjawab setiap pertanyaan dan kebutuhan pelanggan dengan tepat. Sebab, sekitar 80% pengunjung website lebih cenderung memilih perusahaan yang memiliki situs website yang dapat membantu mereka untuk mudah menemukan jawaban atas berbagai pertanyaan yang dibutuhkan. Dari sini, Anda harus membuat postingan Google My Business yang unik, menarik dan informatif, sehingga dapat mendapat kunjungan lebih banyak.

Untuk mengembangkan dan memajukan sebuah bisnis, tak cukup apabila hanya dilakukan dengan memasang iklan dan buat website di Google Bisnisku saja, banyak hal perlu dipertimbangkan untuk dilakukan dalam hal mengembangkan sebuah bisnis. Khususnya jika kita ingin berkembang dengan melakukan bisnis di dunia maya. Misalnya saja dengan mengembangkan website official atau bahkan membuat aplikasi mobile. Hal tersebut sangat penting memperkenalkan branding perusahaan.

Tidak dipungkiri bahwa untuk buat website di Google Business merupakan cara yang paling mudah. Namun, bagaimanapun website yang dibuat secara gratis masih menampilkan kesan yang kurang profesional dari pemiliknya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anda juga mempertimbangkan untuk membuat website official khusus untuk bisnis Anda.

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.
Tentang Kami Kontak Kami
Pengenalan Perusahaan Pengenalan Layanan
Tags: