Kami siap menjawab pertanyaan Anda tentang jasa pembuatan website. Silahkan hubungi kami pada jam kerja Senin - Sabtu dari pukul 9:00 - 17:00 wita!
Panduan Tentang Framework Yii Beserta Kelebihan dan Kekurangannya
Framework Yii terkenal cocok untuk mengembangkan website dan web-apps berskala besar berstruktur rapi. Komponen-komponen Yii memiliki performa kerja yang tinggi, sehingga framework ini memiliki reusability maksimum untuk proses pemrograman. Berikut informasi selengkapnya.
23532
post-template-default,single,single-post,postid-23532,single-format-standard,bridge-core-2.0.7,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-title-hidden,qode_grid_1300,footer_responsive_adv,qode-theme-ver-19.4,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.1,vc_responsive
framework-yii-thumbnail

Panduan Tentang Framework Yii Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Pernahkah Anda bekerja menggunakan framework PHP? Framework PHP merupakan salah satu jenis kerangka kerja yang banyak digunakan oleh developer. Hal ini dikarenakan banyaknya kegunaan dari framework PHP itu sendiri, seperti bisa membangun website dan aplikasi dengan baik.

Ada banyak jenis framework PHP, salah satunya adalah Yii. Tahukah Anda apa itu Yii? Jangan salah, Yii adalah salah satu framework PHP berbasis komponen yang cocok sekali untuk digunakan para developer pemula, lho!

Ingin tahu lebih banyak tentang seluk-beluk framework Yii? Yuk simak artikel edisi kali ini yang sudah kami sajikan lengkap informasi tentang Yii.

Mengenal Framework Yii: Definisi, Syarat, dan Instalasi

 

framework-1

Apa itu framework Yii? Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Yii (dibaca: “I” panjang) merupakan framework PHP berbasis komponen. Nama “Yii” sesungguhnya singkatan dari “Yes It Is”. Developer Yii memilih nama tersebut sebab mampu mencerminkan kualitas dari framework mereka.

Kualitas Yii tidak perlu diragukan lagi. Framework yang satu ini terkenal cocok untuk mengembangkan website dan web-apps berskala besar berstruktur rapi. Komponen-komponen Yii memiliki performa kerja yang tinggi, sehingga framework ini memiliki reusability maksimum untuk proses pemrograman.

Kecepatan pengembangan project dengan Yii pun berlangsung secara efektif dan cepat. Tak hanya itu, kelebihan lainnya dari framework ini ialah ramah untuk developer pemula yang baru belajar sistem framework PHP.

Dibandingkan framework lain yang bersifat manual, Yii menyediakan sistem kerja praktis sehingga memudahkan developer baru untuk bekerja sekaligus belajar.

Lalu bagaimana cara menggunakan Yii? Syaratnya tidaklah banyak. Yii dapat dijalankan pada Windows ataupun Linux. Selanjutnya, Anda memerlukan server website yang telah mendukung PHP 5.1.0 dan ke atas.

Jika sudah memenuhi syarat tersebut, Anda bisa mengunduh software Yii dari laman resminya: yiiframework.com. Kemudian untuk instalasi, Anda cukup melakukan unpack dari file Yii ke dalam direktori yang mampu diakses oleh website. Mudah, bukan?

Yii menggunakan konsep MVC selayaknya mayoritas framework PHP. Beberapa contoh project yang cocok dibangun menggunakan Yii adalah e-commerce, CMS (Content Management System), dan portal berlalu-lintas tinggi.

Artikel Terkait  Apa itu Natural Language Processing (NLP) Pemrosesan Bahasa Alami

Fitur-Fitur Praktis Milik Yii

 
Sebelum mencoba menggunakan framework Yii, Anda harus berkenalan terlebih dahulu dengan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Mengetahui fitur Yii sekaligus kegunaannya akan mempermudah Anda saat mencoba praktek menggunakan framework ini.

ORM (Object Relational Mapping)

 
ORM digunakan untuk memproses pengelolaan database pada Yii. ORM mempermudah kerja pengelolaan ini terhadap developer, sebab library Yii sudah menyediakan semua kombinasi fungsi yang dibutuhkan. Nantinya Anda cukup memanggil fungsi yang dibutuhkan saja, tanpa perlu repot-repot menulis query SQL.

MVC (Model View Controller)

 
Arsitektur programming Yii dibangun menggunakan konsep Model, View, dan Controller (MVC). Konsep ini digunakan dan didukung oleh mayoritas framework PHP.

Thema

 
Fitur thema memungkinkan Anda untuk mengubah tampilan pada user interface (UI) dari project yang tengah digarap. Yii menggunakan konsep skinning serta CSS sehingga Anda pun bisa mengkustomisasi tampilan UI sesuai keinginan.

Widget

 
Widget menyediakan komponen UI siap pakai. Sebagian widget telah terintegrasi dengan library Jquery dan dimungkinkan untuk proses AJAX. Beberapa contoh widget Yii adalah tree view, data grid, autocomplete, dan masih banyak lagi.

Caching

 
Fitur selanjutnya adalah caching. Caching berfungsi menjadikan aplikasi atau web yang dibangun dengan Yii bekerja dengan ringan saat dijalankan.

Security

 
Yii terkenal akan fitur security-nya yang lengkap. Fitur ini mampu melindungi project Anda dari beragam serangan hacker seperti CSRF, SQL Injection, Cookie Tampering, XSS dan lainnya.

Translate

 
Tidak seperti kebanyakan framework lain, Yii dilengkapi dengan fitur translate atau penerjemahan pada tanggal, pesan, dan format waktu yang menyesuaikan dengan domisili user.

Autentikasi Error

 
Autentikasi error pada Yii berupa pesan berisikan kode error serta logging yang bisa dipilih oleh user untuk disimpan ke file server atau ditampilkan langsung.

Yii akan otomatis mengirimkan pesan kode error saat mendeteksi adanya bagian dari coding Anda yang mengalami error.

Web Service

   
Fitur terakhir dari Yii adalah web service. Fitur ini memungkinkan Anda untuk otomatis melakukan proses generate spesifikasi WSDL service.

Artikel Terkait  Biaya Bikin Website Toko Online

Plus dan Minus Framework Yii

 

framework-2

Anda telah memahami seluk-beluk tentang framework Yii. Namun sudahkah Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan Yii?

Seorang developer profesional umumnya memahami banyak jenis framework yang dapat digunakan untuk merampungkan pekerjaannya. Tetapi ibaratnya pisau bermata dua, banyaknya jenis framework bisa membingungkan para developer untuk memilih hendak memakai framework yang mana.

Cara terbaik untuk mengetahui jenis framework terbaik adalah dengan memahami plus dan minus-nya. Jadi, ada baiknya Anda menyimak sejumlah kelebihan dan kekurangan framework Yii sebelum menggunakannya untuk kerja.

Beberapa kelebihan dari Yii dibandingkan framework jenis lainnya adalah:

Memiliki Proteksi yang Baik

 
Kelebihan Yii yang pertama adalah memiliki daya perlindungan yang tinggi terhadap akun dan proses kerja Anda. Untuk proteksi akun, Yii memiliki perlindungan berupa hash password. Sedangkan pekerjaan Anda akan dilindungi oleh sejumlah tool seperti input validation standard serta output filtering.

Mudah serta Praktis Digunakan

 
Banyak developer pemula menggemari Yii sebab mudah dan praktis untuk digunakan. Fitur-fitur Yii mudah dipakai, semisal fitur Gill untuk membuat CRUD yang bisa dijalankan dalam satu kali proses. Praktis bukan?

Proses Caching yang Mumpuni

   
Kelebihan Yii yang terakhir adalah memiliki proses caching yang mumpuni dan cepat. Apa itu caching? Caching adalah proses menyimpan suatu variable PHP di dalam cache. Proses caching yang cepat otomatis mempersingkat waktu kerja Anda.

Sedangkan kekurangan dari framework Yii antara lain:

Tidak Populer

 
Yii bukanlah framework yang populer. Meskipun Yii memiliki banyak keunggulan dan patut dicoba, fakta bahwa framework ini masih kalah populer dibandingkan framework lain tetap menjadikannya tertinggal di belakang. Kurangnya popularitas Yii juga berdampak pada sedikitnya developer baru yang tertarik untuk mencoba framework ini.

Tidak Cepat Tanggap terhadap Update

 
Ketidakpopuleran Yii disebabkan salah satunya oleh kelambanan framework ini terhadap sistem update teknologi di masyarakat. Banyak user menilai bahwa sistem Yii masih jadul, tertinggal, dan tidak mengikuti update perkembangan teknologi.

Namun hal ini rupanya dilakukan oleh pihak Yii bukan tanpa alasan. Mereka mengklaim bahwa Yii lebih menghargai “real project” yang mampu bertahan dalam kurun waktu lama, alih-alih selalu memburu dan mengadopsi jenis teknologi yang sedang trend di masyarakat.

Sistem Terlalu Instan

 
Yii dikenal memiliki sistem kerja yang instan, sehingga bisa memudahkan proses belajar sekaligus kerja para developer pemula. Namun pandangan yang bertentangan dirasakan oleh para developer senior. Banyak user menilai sistem yang instan pada Yii membuat mereka kurang mandiri dan tidak kreatif saat bekerja.

Dibandingkan dengan framework lain yang mengharuskan developer melakukan setting manual, dalam sistem Yii semua konfigurasi tersebut berjalan secara otomatis dan instan. Di satu sisi, mayoritas developer sepakat bahwa sistem coding framework memerlukan rangkaian kreatif dari mereka sendiri. Alhasil, banyak developer enggan untuk menggunakan Yii.

Itulah pedoman lengkap tentang framework Yii. Perbandingan kelebihan dan kekurangan Yii di atas masih belum bisa disebut sebagai penilaian mutlak, mengingat selera serta kebutuhan setiap developer berbeda-beda. Ingatlah bahwa anda bebas memilih hendak menggunakan framework apa saja, asalkan pilihan tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan kerja Anda.

Semoga artikel ini berguna menambah wawasan Anda yang ingin mempelajari Yii. Jangan lupa untuk mengecek artikel informatif lainnya dari kami, ya!

Apakah Anda membutuhkan jasa pembuatan website? | PT APPKEY
Selain mengembangkan website, kami juga akan membantu Anda mengelola dan meningkatkan kualitas website Anda, dengan penerapan strategi SEO serta konten pemasaran yang tepat, diharapkan nantinya dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang Anda hadapi.

Tentang Kami
Pengnalan Layanan
Pengenalan Perusahaan
Kontak Kami